10 Hal Penting dalam Menerapkan Diet Air Putih

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: klimkin

Sudah lelah mencoba berbagai macam diet tanpa mendapatkan hasil sesuai harapan? Enggan mencoba program diet berbayar yang bisa menguras kocek tanpa jaminan hasil? Cobalah diet dengan air putih. Selain terjangkau dan mudah didapatkan di mana-mana, air putih menyimpan segudang manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menurunkan berat badan. Namun, agar membuahkan hasil yang maksimal, perhatikan kesepuluh hal di bawah ini saat menerapkan diet air putih:

1. Tekun dan konsisten


Source: Alan Cleaver

Pepatah bilang, Roma tidak dibangun dalam semalam saja. Keberhasilan dalam hal apa pun selalu membutuhkan usaha keras. Begitu pun dengan berat badan idealmu. Menjalankan diet air putih, meskipun terdengar sederhana dan mudah dilakukan, tetap saja membutuhkan ketekunan dan konsistensi, sebelum dapat mencapai hasil yang diharapkan. Jadi, jangan cepat menyerah dan teruslah perbanyak minum Anda.

2. Minum air putih di pagi hari dan sebelum makan


Source: Tella Chen

Biasakan meminum dua gelas air putih pada pagi hari segera setelah bangun dan sekitar 30 menit sebelum makan, untuk menimbulkan rasa kenyang sehingga nafsu makan pun akan berkurang. Selain itu, ada juga dugaan bahwa minum air juga dapat meningkatkan pengeluaran energi dari dalam tubuh, meski mengenai hal ini masih diperlukan riset lebih lanjut untuk menguji kebenarannya.

3. Tingkatkan konsumsi air putih, terutama di siang hari

Source: pixabay

Semakin banyak jumlah air yang dikonsumsi tubuh kita, terutama saat melakukan aktivitas sehari-hari, semakin kecil pula godaan untuk menenggak minuman lain yang berkalori tinggi, yang biasanya lalu memicu keinginan untuk mengudap. Sebuah studi juga menemukan bahwa wanita yang minum air biasa dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Wanita yang minum banyak air juga berisiko kecil terkena batu ginjal.

4. Gantikan minuman manis dengan air putih


Source: Lauren Polinsky

Minuman manis adalah musuh utama kesehatan. Selain menghambat rasa kenyang, gula buatan di dalamnya juga bisa melemahkan otot dan memicu berbagai penyakit, misalnya serangan jantung atau kanker pangkres. Maka dari itu, kurangilah, atau lebih bagus lagi, hilangkan kebiasaan mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan, meskipun diembeli istilah rendah gula, dan gantikan minuman seperti itu dengan air putih yang lebih sehat.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur


Source: Olearys

Selain air yang diminum secara langsung, untuk menurunkan berat badan perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur segar. Kedua jenis makanan tersebut mengandung sekitar 90% air yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Selain itu, juga kaya serat dan berkalori rendah, sehingga mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu  membakar lemak dalam tubuh.

6. Mengurangi konsumsi garam


Source: Leonid Mamchenkov

Penambahan konsumsi air putih harian yang dibarengi dengan pengurangan asupan garam dapat menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Garam adalah zat yang amat penting, terutama untuk merasai makanan. Akan tetapi, kelebihan konsumsinya bisa mengakibatkan banyak masalah kesehatan, misalnya hipertensi, gangguan pencernaan, dan gangguan pada saraf. Mengurangi garam bukan berarti menghilangkannya sama sekali dalam masakan, tetapi mengontrol asupan sodium ke dalam tubuh.

7. Padukan dengan teh hijau atau campuran air jeruk nipis/lemon


Source: John Robinson

Untuk menghindari kebosanan meminum air putih yang tak memiliki rasa, sesekali boleh juga menambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon untuk menambah kesegarannya. Apalagi, kandungan nutrisi dalam buah-buahan tadi berkhasiat untuk menjauhkan berbagai jenis penyakit dari tubuh kita. Selain itu, teh hijau bisa juga dikonsumsi sesekali, sebab mengandung banyak manfaatnya untuk metabolisme tubuh.

8. Menjaga asupan makanan


Source: Global Panorama

Meskipun banyaknya jumlah air putih yang dikonsumsi dapat mengurangi nafsu makan sehingga mempercepat penurunan berat badan, agar tetap fit kita tetap harus memperhatikan keseimbangan asupan makanan ke dalam tubuh kita. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan beku yang tidak memiliki kandungan nutrisi, dan gantilah dengan makanan yang mengandung banyak  protein nabati  dan rendah kalori.

9. Bergaya hidup sehat


Source: LaVladina

Jerih payah kita dalam melaksanakan diet air putih, seketat apa pun, rasanya akan percuma saja jika kebiasaan-kebiasaan buruk terus dilanjutkan.  Meskipun air putih mengandung banyak khasiat bagi tubuh, kesaktiannya tidak dapat melawan segudang kebiasaan buruk yang mungkin sering kita lakukan, misalnya terlalu banyak minum alkohol, merokok, mengkonsumsi kopi berkafein, atau begadang.

10. Berolahraga secara teratur


Source: KCBalletMedia

Beraktivitas fisik secara teratur dan sesuai dengan kemampuan tubuh kita selalu menyenangkan. Selain baik untuk membentuk tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, olahraga juga menimbulkan perasaan positif dan gembira, yang tentu saja menyehatkan. Olahraga juga memicu rasa haus yang pada akhirnya memudahkan kita menambah porsi minum air putih.

Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih adalah minuman terbaik yang bisa kita konsumsi. Namun, meminumnya dengan cara-cara khusus di atas, dipadukan dengan makanan yang tak kalah sehatnya dan gaya hidup yang seimbang, bisa menghasilkan manfaat yang luar biasa. Tidak percaya? Silakan buktikan saja. Ambil gelasmu dan minumlah banyak-banyak, mulai dari sekarang. Selamat mencoba!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle