10 Cara Mendidik Anak Sholeh dan Sholehah

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : chidioc

Anak yang sholeh dan sholehah tentunya bisa menjadi penyejuk bagi kedua orangtuanya. Siapa yang tidak mau selalu didoakan anak-anak yang sholeh sepanjang umur mereka? Untuk itu, simak 10 kiat berikut untuk mendidik anak sholeh yang bisa dimulai dari rumah sendiri.

1. Jadilah Contoh Utama Untuk Anak

Source : ArmyAmber

Anak akan selalu mengikuti apa yang sering ia lihat dan perhatikan. Jika Anda ingin mendidik anak yang sholeh, maka upayakan selalu melakukan hal-hal yang bisa ditirunya dengan baik. Hal ini sebetulnya terlihat mudah, namun seringkali orangtua tidak bisa bersabar dan akhirnya marah di depan anak. Tanpa sadar, anak akan tumbuh menjadi apa yang ditanamkan ketika ia kecil. Oleh sebab itulah jangan berhenti untuk memberi contoh sikap dan perilaku sholeh pada anak.

2. Tunjukkan Perhatian dan Kasih Sayang

Soruce : ebrahim

Jika Anda menunjukkan perhatian dan kasih sayang terhadap anak, tentunya ia akan balik menyayangi kedua orangtuanya dan selalu mendoakan yang terbaik untuk kedua orangtuanya. Bukankah anak sholeh adalah anak yang tidak kekurangan kasih sayang sehingga mengenal dekat orangtuanya dan akan terus mendoakannya sepanjang hidup anak?

3. Jelaskan Makna Ibadah

Source : WikiImages

Untuk mendidik anak yang sholeh, orangtua pasti mengajarkannya berbagai macam ibadah agar ia pandai kelak. Namun jangan hanya berfokus pada tata cara beribadah saja. Tekankan pula mengapa ia harus menjalankan ibadah tersebut dan apa saja esensinya. Misalnya puasa, anak akan lebih jujur pada diri sendiri dan berniat kuat menjalani puasa bila ia tahu puasa adalah untuk merasakan perasaan orang-orang di sekitar yang kurang mampu. Sehingga kelak hatinya akan lebih mudah tersentuh dan banyak berbagi.

4. Membacakan Kisah-Kisah Teladan

Source : WikiImages

Selain mencontohkan dan menjelaskan esensi beribadah, cobalah pula membacakan pada anak kisah-kisah teladan Rasul dan Nabi yang memiiki sifat-sifat agung yang patut dicontoh. Bangun interaksi dengan anak dan tanyakan apakah anak sudah mengerti bagaimana caranya bersabar, tabah, memiliki prinsip yang kuat, dan sebagainya. Membacakan kisah-kisah juga akan menambah pengetahuan anak sehingga ia pun nantinya akan lebih mandiri untuk mencari tahu sendiri.

5. Beribadah Bersama di Tempat Ibadah

Source : 3dman_eu

Secara rutin, cobalah ajak anak selalu untuk beribadah di tempat ibadah, bukan hanya sendiri-sendiri di rumah. Dengan rajin beribadah di tempat ibadah, anak jadi lebih banyak mengenal lingkungannya dan banyak meniru cara orang-orang berdoa dan memohon sesuatu pada Tuhan, sehingga nantinya ia menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Jangan khawatir membuat tempat ibadah gaduh karena hadirnya anak-anak, karena justru dari situlah mereka bisa belajar banyak.

6. Ajarkan Anak Untuk Beramal

Source : ebrahim

Anak yang sholeh tentunya juga harus rajin beramal, baik beramal dengan uang maupun dengan tenaga dan pikirannya. Sedari dini, ajarkan anak untuk menyisihkan sebagian uang jajannya untuk mereka yang lebih membutuhkan dan kurang beruntung. Anak-anak yang masih polos tentu terketuk hatinya jika Anda mulai mengajarkan anak sholeh untuk beramal sedari dini.

7. Tidak Bertengkar di Depan Anak

Source : neildodhia

Dalam dunia anak, segala sesuatunya masih terlihat sempurna di dunia. Oleh karena itu, hindarilah bertengkar antara suami dan istri di depan anak, karena hal tersebut akan sangat melekat di pikiran anak hingga ia besar. Anak yang lebih sering melihat orangtuanya bertengkar juga cenderung tumbuh lebih liar dan sulit diatur. Sebaliknya, anak yang jarang melihat orangtuanya bertengkar lebih cenderung tumbuh menjadi anak yang sholeh.

8. Ajarkan Ia Membaca Kitab Suci

Source : mohammedweb

Untuk membentuk anak yang sholeh, tentunya anak harus paham ajaran-ajaran agama yang berasal dari kitab suci. Sempatkanlah mengajari anak untuk membaca kitab suci dan mengaplikasikan kandungan yang terdapat di dalamnya untuk diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Dengan terbiasa membaca kitab suci sedari dini, anak akan menyadari pentingnya beragama dan memiliki pegangan yang kuat untuk hidupnya kelak.

9. Ajarkan Anak Selalu Berbuat Baik

Source : neildodhia

Anak sholeh tentunya tidak akan mengganggu temannya, memukul, bertengkar, dan hal-hal lainnya yang menyakiti orang lain. Ajarkan kepada anak untuk selalu bersikap manis kepada teman-temannya siapapun itu tanpa memandang fisik, suku, agama, dan ras. Jangan sampai anakk tumbuh menjadi anak yang suka menghina dan menyakiti sesamanya.

10. Kurangi Tontonan Televisi

Source : terimakasih0

Tontonan televisi memang cukup menghibur, namun kerap kali konten yang disajikan kurang begitu ramah terhadap anak-anak. Oleh karena itu, awasi selalu apa saja yang anak tonton, dan cobalah untuk mengurangi menonton televisi. Sebaliknya, ajarkan anak menghabiskan waktunya untuk hal yang lebih bermanfaat seperti membaca buku.

Demikianlah 10 kiat untuk mendidik anak yang sholeh dan sholehah. Selamat mencoba dan bersyukur dikaruniai anak sholeh!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Lifestyle