Janin 5 Bulan, Ini 10 Hal Menarik Dalam Perkemangannya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: nguyentungson

Kehamilan yang menginjak bulan ke 5 atau trimester kedua sering kali disebut-sebut sebagai masa kehamilan paling nyaman yang dirasakan para ibu hamil. Hal ini memang benar adanya, sebab tubuh bunda telah mulai dapat beradaptasi dengan kondisi perut yang kian membesar sejalan dengan usia janin 5 bulan. Mual dan juga muntah pun tak lagi menyerang sesering bulan-bulan sebelumnya. Berikut perkembangan janin 5 bulan yang menarik untuk diikuti.

1. Janin Tumbuh Begitu Pesat


Source: TawnyNina

Bunda, saat ini kehamilan telah berjalan hampir setengah jalan. Janin 5 bulan yang ada di perut bunda kini memiliki panjang tubuh kira-kira 22 centimeter dengan bobot kurang lebih 350 gram. Dan sudah lebih mirip dengan bayi yang akan dilahirkan namun ukurannya masih sangat kecil jika harus dilairkan saat ini. Perut bunda juga akan lebih buncit karena perkembangan janin yang sangat pesat.

2. Janin Memiliki Kelopak Mata


Source: Robertofoto

Meski belum dapat membuka kedua matanya, janin 5 bulan ini sekarang telah memiliki kelopak mata. Dan sudah dapat membedakan cahaya gelap maupun terang. Bobot janin di minggu-minggu terimester kedua ini telah semakin membesar, tentunya ini dapat mengakibatkan adanya tekanan pada rahim bunda. Dan terkadang terasa seperti ditusuk-tusuk pada bagian ulu hati.

3. Tubuhnya Dipenuhi Bulu-Bulu Lanugo


Source: Riad135

Kadang bayi memiliki rambut yang lebat saat baru dilahirkan, inilah lanugo. Meski sesungguhnya bulu-bulu tersebut akan rontok sesaat sebelum bayi dilahirkan, namun pada sebagian bayi bulu tersebut masih ada hingga ia lahir. Bulu-bulu tersebut akan tumbuh di seluruh tubuh janin 5 bulan, yang nantinya akan melindungi tubuh janin dengan menjaga suhu tubuhnya tetap dalam keadaan normal.

4. Bisa Mengenali Suara


Source: Andriele

Dengan bertambahnya organ pendengaran pada janin 5 bulan, saat ini ia telah dapat mengenali suara dan memberikan respon seperti berputar atau menendang bila bunda memperdengarkan suara yang sedikit keras. Jaanin juga akan memberikan respon saat bunda mengajaknya berbicara, hal tersebut bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mempererat ikatan batin antara bunda dengannya.

5. Sistem Pernapasannya Hampir Sempurna

5 MonthSource: Gracie and Viv

Paru-paru janin 5 bulan kini telah hampir sempurna dengan berkembangnya bagian-bagian organ paru-paru yang mulai menghasilkan surfaktan. Sebuah senyawa kimia yang memiliki fungsi untuk membuat organ paru-paru bayi terisi oleh udara segera setelah bayi dilahirkan. Bayi yang mendapatkan suplai oksigen melalui plasenta akan mulai belajar bernapas. Hal ini sebagai awal untuk mempersiapkan organ paru-paru agar mampu bekerja dengan baik setelah lahir ke dunia.

6. Pergerakan Janin Lebih Rutin


Source: Herney

Bunda tak akan lagi merasakan janin bergerak setiap saat, ini karena pergerakan janin 5 bulan ini telah lebih teratur. Seperti saat di pagi hari menjelang sore, gerakan janin tidak terlalu banyak sebab saat ini janin sedang ‘beristirahat’. Lain halnya saat dimalam hari janin akan mulai bergerak dengan sangat lincah di dalam rahim bunda karena saat ini ia sedang ‘beraktifitas’. Mungkin hal ini bisa membuat waktu istirahat malam bunda menjadi sedikit terganggu.

7. Janin Mulai ‘Berolah Raga’


Source: Aleksandr Balandin

Bila bunda merasakan janin 5 bulan yang ada di dalam perut bergerak dengan begitu aktifnya, mungkin saat ini ia sedang ‘berolah raga’. Janin mulai belajar menggerakan semua anggota tubuhnya, seperti bereksplorasi dengan otot jemari tangan dan lengan juga kakinya dengan lebih teratur. Bunda juga jangan lupa berolah raga. Dengan berolah raga mulai dari saat ini akan membantu bunda menghadapi persalinan menjadi lebih mudah nantinya.

 8. Janin dapat Mengenali Lingkungannya


Source: Pexels

Meski masih berada didalam rahim, janin 5 bulan bunda telah dapat mengenali keadaan lingkungan disekitarnya. Ia pun mulai dapat merasakan situasi berbeda jika bunda sedang di tempat yang berbeda, misalnya jika sedang berjalan-jalan. Kondisi kehamilan bunda di trimester kedua ini cukup stabil, dan bunda bisa melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru yang akan membuat suasana hati menjadi lebih fresh.

 9. Kulit Janin Mulai Berkembang


Source: Claire51700

Meski masih terlihat merah, namun kulit janin telah mulai berkembang. Lemak dalam tubuh bayi juga sedikit demi sedikit mulai dihasilkan, walau begitu tubuh bayi maih terlihat keriput. Hal tersebut dikarenakan tubuh bayi lebih banyak menghasilkan sel kulit dari pada lemak. Kulitnya belum memiliki pigmen dan masih transparan, ini mengapa kulitnya terlihat merah karena pembuluh darah janin 5 bulan ini terlihat dengan jelas dengan kulit yang transparan.

 10. Deteksi Resiko Lahir Lebih Dini


Source: Hozsona

Jika bunda mengalami kram perut yang cukup sering di usia janin 5 bulan ini, maka segera lakukan tes untuk mendeteksi jika ada kemungkinan bunda melahirkan lebih cepat. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel protein yang terdapat di kantung ketuban dan juga membran janin yang disebut fFN atau Fetal fibronectin. Diusia janin 5 bulan ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk melakukan pemeriksaan ini karena protein tersebut akan menghilang dengan bertambahnya usia kandungan bunda.

Bagi sebagian besar wanita hamil ini merupakan masa kehamilan yang paling nyaman, meski demikian banyak hal yang harus bunda perhatikan. Seperti rutin memeriksakan kehamilan pada dokter kandungan atau bidan, lakukan olah raga khusus ibu hamil dan juga perhatikan asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Jaga kesehatan dan juga nutrisi selama kehamilan, Bunda!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy