10 Makanan India Terbaik Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Public Domain Pictures

Mencicipi berbagai macam kuliner dari seluruh dunia pastinya menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Kenikmatan kuliner negara lain yang berbeda dengan kuliner negeri sendiri memang menjadi daya tarik khususnya jika budaya negara tersebut sudah banyak dikenal dalam masyarakat misalnya saja kuliner negara India. Banyaknya tayangan drama maupun acara berbau India saat ini pasti membuat kita penasaran dan ingin mencicipinya. Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas India, berikut ini kami sejikan referensi mengenai jenis makanan India terbaik yang bisa dinikmati.

1. Chicken Tandoori

Source : PD Pics

Hidangan yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu hidangan yang paling populer dari negeri India. Sesuai namanya chicken tandoori adalah hidangan yang terbuat dari ayam yang direndam dalam yogurt dan bumbu lainnya kemudian dipanggang dalam oven tradisional yang disebut tandoor. Chicken tandoor bisa ditemukan dihampir setiap restoran India diseluruh dunia.

2. Samosa

Source : Soniya Goyal

Snack yang berasal dari India ini banyak digemari tidak hanya di negara asalnya tetapi juga diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Kulit snack yang mirip dengan pastel berbentuk segitiga ini terbuat dari tepung dan telur serta isiannya yang terbuat dari kentang atau kacang-kacangan dengan bumbu kari. Di negara asalnya samosa biasa disajikan dengan saus mint. Pastinya snack ini akan sangat cocok jika disajikan dengan teh hangat saat pagi maupun sore hari.

3. Vindaloo

Source : Stu Spivack

Vindaloo merupakan salah satu jenis kari daging pedas yang berasal dari daerah Goa, India.  Kari ini biasanya terbuat dari daging ayam atau sapi serta kentang yang dimasak dengan berbagai macam rempah, cuka, gula, jahe dan cabai. Bisa dikatakan jika Vindaloo adalah salah satu masakan India dengan rasa yang paling pedas dan biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap.

4. Pani Puri

Source : Apurva Jinka

Roti khas India ini dapat dikenali dengan mudah dari bentuknya yang bulat dan bagian tengahnya yang berongga. Pani puri biasa disajikan sebagai makanan pembuka dan dimakan dengan berbagai pelengkap seperti pasta asam, kentang, tomat dan kacang lentil. Sajian ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan berbagai macam rasa dalam satu piring saji.

5. Chapati

Source : Ccfoodtravel

Meskipun sama-sama roti yang terbuat dari tepung, bentuk dan tekstur chapatti berbeda dari hidangan sebelumnya yakni pani puri. Chapatti juga merupakan makanan yang banyak dikenal sebagai makanan pokok dan disajikan bersama makanan pelengkap lainnya seperti Daal dan Paneer.

6. Biryani

Source : Meditations

Nasi biryani, pastinya kita sudah sering mendengar makanan khas India yang satu ini karena hampir seluruh restoran India didaerah manapun menyajikannya sebagai salah satu makanan pokok. Nasi Biryani adalah nasi yang ditanak dengan berbagai macam bumbu kari, saffron dan rempah serta dengan campuran daging ayam, sapi maupun domba. Tekstur nasi biryani cenderung seperti nasi pera karena nasi ini memang terbuat dari beras khusus yang disebut beras basmati.

7. Dhokla

Source : Harinder Singh

Masyarakat India memang banyak dikenal sebagai vegetarian dan terbiasa menyantap makanan yang terbuat dari bahan nabati saja, seperti Dokhla. Dokhla adalah snack vegetarian yang terbuat dari beras yang difermentasi dan campuran mentega serta potongan lentil atau kacang polong. Makanan ini biasanya disajikan sebagai cemilan disore hari bersama dengan secangkir teh hangat.

8. Gulab Jamun

Source : Ikon

Tidak lengkap rasanya jika mencicipi makanan dari suatu negara tanpa merasakan hidangan penutup dengan rasa yang manis seperti Gulab Jamun. Hidangan ini sebenarnya tidak hanya dikenal sebagai makanan khas India saja, akan tetapi juga sebagai makanan khas dinegara lain seperti Pakistan, Bangladesh dan Sri Lanka. Gulab jamun terbuat dari susu yang dipadatkan atau yang disebut Khoya. Adonan susu tersebut dibentuk bulat dan digoreng baru setelah itu direndam dalam sirup gula serta air mawar.

9. Masala Dosa

Source : Nurabooo

Masala dosa atau yang dikenal dengan istilah dosa saja adalah salah satu hidangan serupa roti tipis atau crepes yang terbuat dari tepung beras. Dosa biasa disajikan saat sarapan dan disantap dengan pelengkap seperti saus kacang polong atau sambar dan juga chutney atau saus yang terbuat dari rempah-rempah segar.

10. Rajma

Source : Dave Miller

Hidangan yang satu ini mungkin belum banyak dikenal dan tidak sepopuler makanan khas India lainnya namun tetap layak untuk dicoba. Rajma merupakan hidangan otentik India yang terbuat dari kacang merah dan dimasak dengan kuah bumbu rempah yang kental. Masyarakat India biasa mengkonsumsi rajma bersama nasi putih dan bahkan tidak hanya di India, di negara lain seperti Nepal, rajma justru menjadi salah satu hidangan pokok yang harus ada dimeja makan setiap harinya.

Nah, setelah mengetahui kesepuluh makanan khas India diatas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jangan khawatir jika Anda tidak bisa memasaknya sendiri karena saat ini hidangan tersebut sudah banyak tersedia disetiap restoran India yang Anda ketahui. “Keep healthy and Enjoy the Foods, Guys”

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Makanan