10 Makanan Cina Terlezat Yang Wajib Kamu Cicipi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Jonny Silvercloud

Cina atau Tiongkok  yang juga dikenal dengan sebutan Negeri tirai bambu adalah salah satu negara dengan kebudayaan paling tua di dunia. Sebagai salah satu negara yang terbesar didunia dengan jumlah penduduk terbanyak, kebudayaan Cina menyebar luas hingga ke seluruh dunia termasuk budaya kuliner atau masakannya. Sobat cintaihidup.com pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Chinese food atau makanan Cina, tapi sudahkah Anda mencicipi sepuluh hidangan masakan Cina terlezat berikut ini? Simak ulasannya Ya.

1. Gong Bao Chicken

Gong Bao ChickenSource: Alpha

Gong Bao Chicken atau yang juga dikenal dengan istilah Kung Pao Chicken adalah sajian Chinese food atau makanan Cina yang terbuat dari potongan daging ayam berbentuk dadu dan kacang goreng yang dimasak dengan bubuk cabai kering dan saus asin manis khas Sichuan.  Jenis panganan ini bisa ditemukan dihampir seluruh Restoran China diberbagai belahan dunia.

2. Ma Po Tofu

Source : Edsel Little

Bisa dibilang, Ma Po Tofu adalah hidangan masakan Cina yang telah dikonsumsi sejak zaman dahulu atau sekitar seratus tahun yang lalu dan banyak dikonsumsi sejak Dinasti Chuan. Ma po Tofu dalam bahasa Tionghoa berarti Tahu yang pedas dan panas. Sajian ini terbuat dari tahu susu yang dipotong dadu dan dimasak dengan campuran daging sapi, daun bawang serta saus pedas yang terbuat dari bubuk cabai. Pastinya Ma Po Tofu akan membuat siapa saja bersemangat untuk menyantapnya.

3. Wonton

wontonSource: wikimedia

Wonton, makanan Cina yang terbuat dari adonan tepung yang diisi daging atau sayuran ini biasa dikonsumsi dalam kuah sup atau minyak cabai. Konon, wonton sudah lama dikenal dan telah dikonsumsi sejak zaman Dinasti Tang atau sekitar tahun 618 Masehi. Wonton dapat dengan mudah dikenali dari bentuknya yang menyerupai segitiga dan sekilas makanan ini mirip dengan pasta Italia yang disebut tortellini.

4. Chow Mein

Source : Yumi Kimura

Cina memang terkenal sebagai negara yang gemar mengkonsumsi olahan Mie karena memang hidangan yang satu ini berasal dari negeri Tiongkok sana. Chow Mein atau istilahnya mie goreng Cina adalah salah satu menu favorit yang banyak dipesan direstoran atau gerai yang menyajikan Chinese Food. Hidangan ini terdiri dari mie sehat yang terbuat dari tepung dan telur dan dimasak dengan campuran udang, sayuran, bawang dan bahan-bahan lainnya.

5. Bebek Peking

Source : Photaubay98

Sering melihat bebek panggang yang digantung dietalase restoran? Ya, bebek yang bergelantungan tersebut dikenal dengan sebutan Bebek Peking. Hidangan yang berasal dari kota Beijing ini adalah hidangan yang paling populer diseluruh dunia dan termasuk hidangan mewah yang bisa ditemukan direstoran Cina ternama. Sebelum dipanggang, bebek peking diolesi berbagai macam bumbu dan dipanggang secara perlahan hingga matang. Dijamin air lir Anda akan menetes jika melihatnya diatas meja saji.

6. Lumpia

Spring rollSource: qq53536283

Lumpia atau spring roll tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tergolong sebagai snack, lumpia dibuat dengan bentuk yang mudah disantap dan digenggam. Lumpia sendiri adalah hidangan yang terdiri dari kulit lumpia dan isian yang berupa daging, sayuran, udang atau bahan lainnya. Kulit lumpia yang telah diisi adonan selanjutnya akan digoreng atau dikukus sebelum disantap bersama saus pelengkapnya.

7. Dimsum

dim-sumSource: Nipapun

Kata dimsum berasal dari bahasa Kanton yang berarti makanan mini. Memang sesuai namanya hidangan ini dibuat dengan ukuran kecil dan disajikan juga dalam porsi yang mini. Ada banyak jenis dimsum yang biasa disajikan sebagai menu sarapan maupun cemilan saat minum teh, diantaranya dumpling atau pangsit, kaki ayam, mantau dan lain sebagainya.

8. Tang Yuan

Source : Alpha

Jenis masakan yang satu ini tergolong sebagai dessert atau makanan penutup. Tang yuan atau sup bola manis terbuat dari fermentasi beras yang dimasak dengan ketan dan sirup gula. Di Indonesia sendiri, hidangan tang yuan mungkin lebih dikenal dengan sebutan wedang ronde. Masyarakat Cina biasa mengkonsumsi makanan ini saat festival Yuanxiao atau festival lampion.

9. Kue Bulan

Source : Varintorn

Kue bulan atau yang juga dikenal dengan sebutan Gwee pia adalah salah satu panganan khas negara Cina yang populer diseluruh dunia. Kue yang terbuat dari tepung gandum dengan berbagai isian seperti kacang merah, kacang hijau, atau buah-buahan ini sudah dikonsumsi sejak zaman dinasti Ming dan menjadi makanan yang harus ada saat festival musim gugur.

10. Dumpling

Source : Liana Smith Bautista

Dumpling atau pangsit adalah makanan Cina yang banyak digemari baik oleh mereka yang masih muda atau sudah tua. Hidangan ini terdiri dari kulit dumpling yang terbuat dari tepung dan diisi dengan daging sapi, babi, ayam, udang atau sayuran. Setelah kulit diisi adonan, dumpling dikukus  atau digoreng hingga matang baru setelah itu disajikan dengan saus asam manis atau saus pelengkap lainnya.

Kesepuluh makanan Cina yang disebutkan diatas pasti bisa diperoleh dengan mudah direstoran Cina terdekat atau Anda bisa memasaknya sendiri dirumah dengan mengikuti resepnya. Jadi tunggu apalagi, coba rasakan kelezatan makanan Cina tersebut dan jangan bilang jika Anda ketagihan ya! “Keep healthy and be happy, friends”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary