10 Makanan Terenak dan Terhits di Dunia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

DumplingsSource: n23club

Apapun itu, kalau bepergian ke suatu negara tanpa mencicipi makanan khasnya, pasti rasanya seperti ada yang kurang. Meskipun kadang, saat traveling ada masa-masa dimana kita kangen sama makanan kampung halaman sendiri, tapi tetap wajib loh setidaknya tahu kuliner apa yang sedang happening di negara tempat kita kunjungi. Nah, berikut ini ada 10 makanan yang terlezat di 10 negara berbeda di dunia. Yang pasti, kalo ke negara ini harus makan makanan ini. So, mari kita kulik satu persatu.

1. Moussaka, Yunani

MoussakasSource: CTO Zurich

Moussaka adalah masakan khas dari Yunani, yang merupakan perpaduan antara daging dan berlapis-lapis sayuran. Sayuran yang digunakan seperti terung, kentang, zucchini dan lainnya. Semua disusun dalam wadah dengan campuran keju, saus daging serta diguyur saus bechamel, dan selanjutnya dipanggang. A little bit like lasagna, dengan kandungan karbo nya pasta diganti kentang. Enak dan menyehatkan tentunya ya. Selain di Yunani, Moussaka juga bisa ditemui di negara-negara Balkan seperti Rumania, Serbia, Macedonia serta Turki. Tentunya dengan berbagai versi sesuai dengan kekhasan masing-masing negara itu. Di Turki, Moussaka atau biasa disebut Musakka , tidak dibuat berlapis-lapis, tetapi disajikan begitu saja dengan tumisan terung, bawang bombay, paprika, tomat dan daging giling. Sementara versi Balkan, dibandingkan terung, lebih populer menggunakan kentang, dengan campuran daging sapi atau daging babi giling, lapis bagian atasnya susu atau yogurt yang dicampur dengan telur, terkadang ditambah dengan tepung terigu. Ada juga beberapa versi yang menggunakan custard, parutan keju atau bread crumbs untuk lapisan atasnya.

2. Massaman Curry, Thailand

Source : jules

Ok, mungkin terdengar aneh ya, ada masakan sejenis kari di Thailand, sementara yang kita tahu selama ini kalau Thailand lebih terkenal dengan Tom Yam Goong dan Pad Thai-nya. Tapi, ini benar loh. Bahkan CNN lewat web travel-nya telah melabelinya dengan sebutan “Raja dari Semua Makanan”. Massaman Curry bukan merupakan masakan asli Thailand, akan tetapi ada pengaruh dari negara Muslim, tepatnya dari pedagang Persia sejak abad ke 16. Oleh karena itu, hidangan ini biasanya menggunakan daging non haram seperti sapi, ayam atau bebek. Bumbu kari didominasi rempah-rempah yang rata-rata tidak digunakan oleh masakan Thailand pada umumnya seperti kayu manis, cengkeh, pala, kapulaga, pekak, kunyit dan lain-lain. Dan dikombinasikan dengan bahan-bahan lokal seperti daun cilantro, sereh, cabe kering, pasta udang, bawang putih dan lainnya. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan lalu ditumis dengan minyak kelapa, yang selanjutnya dicampurkan bahan-bahan lainnya seperti daging, kentang, asam, gula, garam dan santan kelapa. Massaman biasanya disantap dengan menggunakan nasi hangat. Hmm, menggugah selera sekali bukan? Yang pasti, orang Indonesia akan langsung ingat dengan kampung halamannya bila menyantap Massaman Curry, karena bahan-bahan dan cara memasaknya yang hampir sama dengan masakan Indonesia pada umumnya.

3. Fried Chicken, Korea Selatan

Korean ChickenSource: Arnold Gatilao

Korea Selatan telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang ramai dikunjungi berkat demam K-Pop dan Hallyu Wave yang tengah merajai di seantero dunia. Masakan unik nan enak pun banyak ditawarkan, tetapi hingga saat ini tidak ada yang menandingi kelezatan ayam goreng versi Korea-nya, terutama buat kamu yang mulai bosan dengan ayam goreng sejenis ala warabala Amerika Serikat yang terkenal sejagad raya. Yang membedakannya adalah, ayam goreng Korea ini digoreng dua kali ssehingga kandungan minyaknya setelah digoreng menjadi berkurang, dan dibumbui dengan rempah-rempah, garam dan gula. Teksturnya berbeda dengan ayam goreng Amerika yang sarat dengan baluran tepung yang crunchy dan kerimg, ayam goreng Korea ini dilumuri saus yang bercitarasa asam, pedas dan manis, daging ayamnya chewy dan juicy, biasanya disantap begitu saja ditemani dengan minuman soda, bir atau soju.

4. Pho, Vietnam

PhoSource: Kasman

Pho adalah hidangan berkuah, kaya cita rasa kaldu sapi, dengan campuran mi dan sayuran ala vietnam. Uniknya dari Pho adalah kuahnya yang bening tapi dengan rasa kaldu yang kental. Hidangan ini sederhana tetapi mengandung makna yang dalam bagi bangsa Vietnam. Dengan sejarah yang panjang dan penuh kontroversi, Pho sudah terlanjur menjadi ikon Vietnam. Digandrungi oleh masyarakat pendatang dan pengungsi, Pho konon berasal dari Utara Vietnam dan mulai populer pada Abad ke-20. Awalnya Pho hanya terdiri dari kuah, daging dan mi, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman Pho mulai mengalami penambahan di sana sini. Misalnya , penambahan kaldu dan daging ayam, irisan cakwe, saus ikan dan beraneka macam jenis mi. Bahkan bertransformasi menjadi Mie Gulung Pho, Salad Pho dan Mie Goreng Pho. Segala macam kreativitas itu tentunya tidak mengurangi romantisme menyantap Pho di negara asalnya, Vietnam.

5. Paella, Spanyol

Feda WongSource: Feda Wong

Ke Spanyol tanpa mencicipi nasi Paella adalah hal yang sangat disayangkan. Karena proses memasak dan bahan-bahannya yang tidak mudah didapatkan, maka berburu Paella merupakan salah satu itinerary yang wajib bila berkunjung ke Spanyol. Paella berasal dari Valencia, akan tetapi jangan khawatir hampir di sepanjang kota di Spanyol menawarkan menu Paella. Hidangan ini dimasak dalam wajan pipih yang besar dengan bahan utama beras, seafood, ayam, tomat, bawang putih, saffron, rosemary dan lain-lain. Banyak yang salah menginterpretasikan Paella seperti nasi goreng, akan tetapi proses memasaknya jelas berbeda. Bila nasi goreng menggunakan bahan berupa nasi, Paella memasak langsung beras dicampur dengan bahan-bahan lainnya hingga menjadi nasi Paella. Beras yang digunakan biasanya berbulir lonjong dan besar. Hidangan ini merupakan simbolisasi dari dua macam warisa budaya yang mempengaruhi Spanyol pada saat itu yaitu Romawi dan Arab.

6. Penang Assam Laksa, Malaysia

LaksaSource: Jonathan Lin

Laksa adalah hidangan mi berkuah bercita rasa pedas, yang berasal dari kuliner peranakan atau perpaduan antara kuliner cina dan malaysia. Biasanya terdiri dari mi atau bihun dengan campuran ikan, udang atau ayam, diperkuat dengan kuah santan yang pedas. Banyak versi dari laksa tergantung daerahnya. Selain di Malaysia, laksa juga kerap dijumpai di Indonesia, bagian Selatan Thailand dan Singapore. Namun, CNN menobatkan Penang Assam Laksa dari Malaysia sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Yang membedakan Penang Assam Laksa dengan laksa sejenis lainnya, tidak menggunakan santan, rasa kuah asam dengan tambahan nanas, irisan timun dan bawang merah mentah, tanpa ada tambahan tahu goreng dan telur rebus, mi yang digunakan sejenis vermicelli yang terbuat dari tepung beras, ikan yang biasa digunakan adalah ikan kembung, menggunakan herbs seperti daun kesom, bunga kantan dan daun mint. Bila jalan-jalan ke Penang, wajib mencicipi kuliner satu ini. Rasanya yang asam pedas, sangat menyegarkan dan selalu jadi daftar wajib incaran kuliner turis mancanegara. Assam Laksa yang populer banyak di temui di daerah Pasar Air Itam, atau Cafe Joo Hooi di Jalan Penang, Taman Emas Coffee Shop di Jalan Gotlieb, atau Kafe Lok Pin di Jalan Anson.

7. Pastel de Nata, Portugal

Pastel de NataSource: fw42

Pastel de Nata adalah egg tart yang sangat populer di Lisbon, Portugal, dengan cita rasa lemon, cinnamon dan vanila, terkadang di taburi gula halus, dan sangat mudah dimakan dalam satu gigitan kecil. Dipercaya sudah ada dari 200 tahun silam, hasil handmade dari para biksu di biara Jeronimos, Belem, Lisbon. Pastel de Nata terbaik dan tersohor di seluruh Portugal di percaya ada di Pasteis de Belem. Bila kita mengunjungi bakery tersebut, akan terjawab mengapa pie susu di Belem adalah yang terbaik. Kerenyahan kulit pie-nya tanpa kandungan minyak yang berlebihan, cream custard-nya yang manis dan langsung lumer di mulut, benar-benar seperi heaven. Pie susu nya selalu disajikan hangat, fresh from the oven, benar-benar kuliner yang legendaris dan harus dicoba bila mengunjungi Portugal.

8. Pizza Neapolitan, Itali

PizzaSource: Thomas Duesing

Itali tak ditampik adalah surganya makanan lezat. Dan salah satunya yang terbaik adalah pizza. Sampai saat ini, pizza dengan kekhasan original dan kelezatan yang tiada bandingannya adalah pizza buatan Itali. Pizza Neapolitan terbuat dari tomat yang segar, yang di tanam di pegunungan vulkanis Vesuvius,  dan keju mozarella Campana, yang dibuat dari susu kerbau yang diternakkan di peternakan Campania dan Lazio. Menggunakan tepung terigu berkualitas tinggi, adonannya dibuat dengan tangan tanpa bantuan mesin atau alat lainnya, dengan tebal adonan tidak lebih dari 3 milimeter dan dipanggang dalam perapian kayu yang masih bernuansa tradisional. Dengan menggunakan bahan yang minimalis, hanya terdiri dari basil, minyak zaitun, garam laut, Neapolitan Pizza merupakan warisan kuliner yang tak mudah dicarikan penggantinya di belahan dunia lain. Hanya orang Itali lah yang bisa meramu bahan-bahan sederhana itu menjadi hidangan yang luar biasa lezat.

9. Ohmi-Gyu Beef Steak, Jepang

Mendapat julukan “Rolls Royce”nya daging steik, tentunya mengundang penasaran pemerhati kuliner untuk mencobanya. Sudah terkenal sebagai daging wagyu yang premium selama 400 tahun terakhir, daging Ohmi merupakan daging wagyu terbaik di Jepang bersama-sama dengan daging Kobe dan Matsusaka. Buat pecinta daging steik sejati, harus mencoba Ohmi wagyu ini karena rasa yang ditawarkan sangat kaya dan merupakan salah satu tradisi warisan estetika kuliner Jepang.  Teksturnya sangat juicy, dan langsung lumer di mulut. Guratan-guratan putih lemak pada dagingnya menandakan tingginya kualitas wagyu itu sendiri, akan tetapi setelah dimakan terasa ringan dan tidak menimbulkan eneg.

10. Rendang, Indonesia

RendangSource: Kyle Lam

Akhirnya, masakan dari tanah air kita sendiri. Tidak sah, bila tidak menyebutkan rendang sebagai masakan terenak di dunia. Perpaduan rempah-rempah, cabe, santan dan daging kualitas terbaik, dengan pengolahan yang masih tradisional, menghasilkan hidangan yang khas dan tak perlu diragukan kelezatannya. Meski terkesan sederhana, tapi proses memasak yang menghasilkan rendang dengan cita rasa tinggi tidaklah semudah yang disangka. Perlu kesabaran dan ketelatenan, karena rendang dimasak hingga berjam-jam lamanya, diaduk pelan-pelan dengan api kecil, untuk mengeluarkan kepekatan kuahnya dari kombinasi rempah-rempah di dalamnya.

Bagaimana, daftar makanan terenak versi kita? Menarik bukan, pastinya menggugah untuk segera merencanakan perjalanan ke negara-negara yang disebutkan di atas, dan mencicipi hidangan tradisi kulinernya. Yang jelas, selain mencicipi kulinernya juga memahami sejarah panjang dari hidangan di atas. Mengajarkan kita untuk menghormati budaya leluhur dan menambah kearifan dalam hidup. Jadi, sudah siap untuk segera melancong dan berwisata kuliner?

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Lifestyle, Trip and Travel