Punya 10 Tanda Ini? Selamat, Bunda Mengandung Janin 11 Minggu!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

PregnantSource: Xusenru 

Kehamilan pada trisemester pertama memiliki gejala dan tanda yang tidak jauh beda. Bunda masih tetap merasa capek luar biasa, mood turun naik dan tubuh yang terasa tidak nyaman. Nah, berikut ini adalah tanda- tanda kehamilan 11 minggu yang mungkin Bunda perlu ketahui agar kondisi mental Bunda sedikit terdongkrak naik.

1. Si Jeruk Limau Yang Mulai Membentuk Diri

Source: Sandid

Janin yang berusia 11 minggu akan berukuran sebesar buah jeruk limau. Nah, Si limau ini punya panjang 1.6 inchi dan berat 0.25 ons dengan rasio 1:1 baik cewek maupun cowok. Rasionya agak aneh, ya? Memang, tapi jangan khawatir karena janin akan terus tumbuh. Bunda akan lebih jatuh hati pada Si Lemon yang masih asyik tumbuh dengan baik di dalm kandungan Bunda karena perkembangannya juga sangat menakjubkan.

2. Umur Janin 2 Bulan 14 Hari


Source: Kangheungbo

Janin yang umur 11 minggu atau 2 bulan 14 hari ini akan menandai bahwa Bunda telah memasuki trisemester pertama tahap kedua. Meski demikian, tidak ada yang banyak berubah pada departemen fisik dan mental karena Bunda kemungkinan besar masih banyak mengalami mual, muntah, sakit kepala, kram, mood naik turun dan masalah fisik yang mengganggu lainnya.

3. Super Capek

Source: AdinaVoicu

Tubuh yang diserang dari dalam bertubi-tubi ini bakal berada dititik kulminasi akut yang mana menyebabkan Bunda capek luar biasa. Istirahat dan konsultasi ke dokter adalah solusi tepat untuk mengahadapi dan melewati momen penentuan ini. Dan, meskipun luar biasa tersiksa, tidak ada seorang ibu pun yang tidak bahagia. Jadi, jangan patah semangat, ya Bund!

4. Tukang Kentunt, Opps?

Source: Todd Mcann

Nah, Bunda bakal jadi silence killer atau pembunuh tanpa suara dengan kentut yang frekuensinya makin lama makin banyak. Buang gas sejatinya lumrah untuk ibu hamil karena gangguan pencernaan dan perut adalah bagian tak terpisahkan dari proses kehamilan. Bunda bisa mengurangi buang gas ini dengan mengontrol asupan makanan. Jaga agar tidak mengonsumsi gorengan, kubis, kacang dan hidangan pencuci mulut. Jika gagal, ya sudahlah!

5. Kram Kaki

Source: Unsplash

Mulai tahapan ini, Bunda akan sering merasakan kram pada kaki saat sedang tidur di malam hari. Sakitnya bukan main dan frekuensi akan terus meningkat seiring makin bertambahnya usia kehamilan. Untuk mengatasi hal ini, Bunda dianjurkan memperbanyak minum air putih saat siang hari dan melakukan stretching kaki untuk melemaskan oto kaki. Selain itu, Bunda juga bisa menambah konsumsi makanan yang kaya akan Potassium dan Magnessium.

6. Kulitku Jadi Jelek!

Source: PublicDomainPictures

Jika suatu saat Bunda menemui kulit di sekitar perut, khususnya munculnya garis hitam di tengah perut secara tiba tiba, maka jangan panik. Hal ini normal terjadi bagi ibu hamil. Linea Nigra merupakan salah satu gejala normal kehamilan yang muncul akibat perubahan hormon hormon dalam tubuh. Garis hitam ini sebenarnya tidak permanen, tetapi akan tetap terlihat selama beberapa waktu terutama ketika Bunda menyusui.

7. Cairan Vagina Masih Diproduksi

Source: Qimono

Leukorrea masih akan terus diproduksi, jadi Bunda mungkin ingin berinvestasi pada pentiliners mulai sekarang. Pasalnya, produksi cairan vagina ini bakal terus meningkat yang kemungkinan membuat area sekitar Miss V tidak nyaman dan lembab. Bunda harus bersabar untuk hal ini, karena meskipun tidak nyaman, leukorrea merupakan gejala yang sehat.

8. Mood Naik Turun

Jadi perubahan hormon yang mempengaruhi emosi masih terus berlanjut. Nah, jangan khawatir. Bunda bisa mulai ikut yoga untuk menenangkan diri dan mengontrol emosi. Kondisi emosi yang stabil sangat berperan penting dalam tahapan janin 11 minggu ini, jadi sebisanya Bunda harus menghindari stress. Meluangkan waktu menonton drama seri kesukaan jadi solusi yang bagus juga.

9. Saat Tepat Untuk Babymoon

Source: Ana_J

Momen usia janin 2 bulan 14 hari ini juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan babymoon alias pergi relaksasi saat kehamilan muda. Selain menghindarkan diri dari stress, Bunda juga bisa sedikit bersenang dengan menghimpun tenaga dan melakukan persiapan mental untuk pertarungan beberapa minggu ke depan. Bunda yang bahagia, begitu pun janinnya.

10. Si Jeruk Limau Yang Bergerak Bahagia

Source: PublicDomainPictures

Nah, apa yang bisa dinantikan ketika kehamilan memasuki usia 11 minggu. Pada tahap ini, janin mulai bergerak dengan baik di dalam kandungan. Janin mulai memiliki kulit yang meski  transparan tapi juga terlihat sedikit buram. Selaput pada jari dan jempol mulai hilang. Janin juga mulai membentuk bakal gigi, folikel rambut dan bakal kuku.

Nah, jika Bunda menemui diri dalam kondisi lemah, suka ngomel, emosi naik turun, sakit perut dan sering buang ketut, maka sebaiknya cepat menemui dokter. Kehamilan yang diketahui lebih dini lebih bagus, terutama untuk perkembangan bagi. Jadi selalu hati- hati, ya Bunda.

Tetap cantik dan semangat, Bunda!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Health, Pregnancy