Kenali 10 Hal Wajib Tahu Mengenai Janin 10 Minggu Ini, Sayang Kalau Dilewatkan!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pexels

Bunda pasti tak mau melewatkan perkembangan bayi di dalam kandungan sekecil apapun dong? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib tahu mengenai janin yang berumur 10 bulan, termasuk juga beberapa keluhan yang sering muncul menemani Si Jabang Bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim bunda.

1. Si Strawberry Yang Mungil


Source: Kheinz

Nah, kalau Bunda penasaran seberapa besah sih janin yang berusia 10 minggu itu, ini adalah jawabannya. Jika Bunda meraba perut bagian bawah maka akan terasa kalau dindingnya lebih keras. Janin 10 minggu yang sehat biasanya sudah sebesar buah strawberry, lho. Kira- kira memiliki panjang 1.2 inchi dan berat 0.14 ons. Kecil, ya? Eits, jangan kahwatir, meski kecil Si Strawberry ini bakal tumbuh pesat 3 minggu ke depan.

2. Umur 2 Bulan 7 Hari


Source: Kangheungbo

Janin berusia 10 minggu menandai bahwa Bunda sudah memasuki masa 2 bulan kehamilan. Saat ini biasanya bagi Bunda yang tidak sadar kalau dirinya hamil, pasti sudah merasakan banyak perubahan, baik secara fisik maupun emosional.  Tentu yang paling mudah disadari adalah mentruasi yang tidak datang lagi. Nah, kalau sudah begini, Bunda sebaiknya sesegera mungkin menemui doketr kandungan untuk konsultasi.

3. Sering Kram Perut? Itu Pertanda Baik

Mengalami kram perut atau sakit diseputar area perut sangatlah lumrah untuk ibu hamil. Meski semuanya tidak merasakan atau mungkin memilih untuk tidak memikirkan rasa sakit di sekitar perut ini, pertanda ini sebenarnya adalah salah satu janin Bunda sedang berkembang. Perut mengalami stretching untuk mengakomodasi pertumbuhan janin. Nah, bagi Bunda yang mengandung bayi kembar, rasa sakit perut diseputar area ini terasa lebih intens lagi.

4. Payudara Mulai Berisi


Source: OmarMedinaFilms

Di masa inilah Bunda akan menemui bahwa payudaranya mulai mengencang dan sensitif. Hal ini lumrah saja karena payudara sudah disiapkan untuk menampung produksi ASI untuk Si Buah Hati. Sebenarnya, salah satu pertanda Bunda mengandung adalah perubahan di bagian payudara. Selain lebih sensitif, payudara juga terasa lebih lembut.

5. Morning Sickness

Mual dan muntah untuk masa trisemester pertama banyak dialami oleh ibu hamil. Selain tak nafsu makan, ada beberapa kasus morning sickness yang menyebabkan Bunda jadi kepayahan dan banyak kehilangan berat badan. Jika hal ini yang menimpa Bunda, maka sebaiknya konsultasikan ke dokater kandungan sesegera mungkin untuk memperoleh vitamin dan obat anti mual yang sesuai dengan kondisi Bunda saat ini.

6. Mood Naik Turun

Ketidaknyamanan, kelelahan dan kondisi tubuh yang berubah ubah pastinya membuat kebanyakan Bunda jadi tertekan sehingga memperngaruhi mood. Well, ini juga sangat lumrah. Salah satu penyebabnya adalah perubahan beberapa hormon dalam tubuh yang mengakibatkan banyak kondisi tidak menyebangkan untuk Bunda. Rahasia mengatasi hal ini adalah minta Ayah lebih sabar saja.

7. Bunda Capek, Yah!

Kalau Ayah mendapati Bunda yang tiba tiba menangis saat momen ini, maka hal ini diakibatkan tubuh sudah sangat capek. Tak jarang ibu hamil mengalami insomnia sehingga mempengaruhi kebugaran secara keseluruhan. Selain itu, tubuh Bunda sangat letih karena menyokong pertumbuhan janin yang sedang giat giatnya tumbuh besar. Ayah, yang sabar, ya!

8. Vagina Mengeluarkan Cairan Lebih Banyak

Peningkatan sirkulasi darah di vagina disertai dengan pertambahnya produksi estrogen dapat menyebabkan produksi dan pengeluaran leukorrea atau cairan bening tak berbau di Vagina Bunda. Jangan khawatir akan hal ini karena sebenarnya ini adalah kerja alami tubuh ibu hamil untuk mengeluarkan bakteri. Namun, jika leukorrea bercampur dengan sedikit darah dan berbau tak sedap, maka sebaiknya Bunda cepat menemui dokter kandungan untuk berkonsultasi.

9. Pembuluh Darah Berebut Untuk Muncul

Jika Bunda mendapati banyak pembuluh vena bermunculan dan sangat kentara sekali, maka tidak perlu panik. Hal ini sangat normal dan berarti baik untuk kesehatan janin. Pembuluh pembuluh darah tersebut pertanda bahwa suplai darah ke janin terjaga dengan baik. Cukup berlapang dada, ya Bunda dan berdoa agar Si Buah Hati tumbuh baik dalam kandungan.

10. Organ Vital Bayi Sudah Sempurna


Source: Skitterphoto

Saat janin berusia 10 minggu, sendi dan tulang rawan tangan pada bayi sudah mulai terbentuk. Organ-oragan vital pun sudah terbentuk sempurna dan sudah mulai difungsikan. Bunda juga bisa melihat kuku dan rambut yang sudah mulai muncul. Dan percayakah Bunda kalau janin usia 2 bulan 7 hari ini malah sibuk menelan dan menendang ringan di dalam kandungan? Well, itu faktanya.

Itu dia tadi 10 hal yang wajib Bunda semua tahu mengenai janin 10 minggu. Tentunya bahagia bisa menyaksikan pertumbuhan janin lebih dekat. Sebaiknya Bunda mulai menambah berat badan sekitar 5 kg untuk mengimbangi pertumbuhan janin. Untuk Bunda yang mengandung anak kembar, maka berat badan yang harus ditambah lebih banyak.

Stay healthy dan tetap bahagia, Bunda!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Health, Love, Pregnancy