10 Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Bergadder

Banyak dari kita yang sudah tak asing lagi dengan jerawat. Bisa dibilang jerawat menjadi momok yang menakutkan bagi kulit wajah. Permukaan wajah terdiri dari pori-pori yang jika tersumbat, maka jerawat akan muncul. Selain itu, jerawat mudah muncul di kulit wajah yang berminyak.

Pada dasarnya setiap orang memiliki produksi minyak di wajah yang kadarnya berbeda-beda. Tak sama bagi setiap orang. Kadar minyak di wajah sangat dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Kalau ingin wajah yang mulus, hindari 10 jenis makanan yang menyebabkan jerawat ini.

1. Bayam


Source: Nillerdk
Mungkin kedengerannya agak aneh jika bayam menjadi penyebab jerawat, karena biasanya sayur-sayuran baik untuk kesehatan. Terlebih lagi bayam mengandung zat besi yang tinggi yang sangat baik untuk kulit. Tapi bayam termasuk dalam makanan penyebab jerawat karena mengandung iodium yang dapat memunculkan jerawat jika bayam dikonsumsi berlebih. Idealnya, kamu bisa makan bayam tapi jangan berlebihan.

2. Lemak


Source: Agamaszota

Menurut Swami Sadashiva Tirtha, penulis buku Ayurveda Encyclopedia: Natural Secrets to Healing, Prevention & Longevity, lemak jenuh dan lemak terhidrogenasi dapat merangsang kulit, menyumbat pori-pori, mendorong pembentukan kista dan meningkatkan produksi jerawat. Wajah menjadi kemerahan, mengalami peradangan dan pembengkakan. Makanan yang kaya lemak jenuh di antaranya daging sapi, domba, babi, mentega, krim, susu dan keju. Sementara, makanan seperti kue, kentang goreng, ayam goreng, ikan tongkat, keripik dan kerupuk sarat dengan lemak terhidrogenasi parsial.

3. Produk susu


Source: Myriam

Susu dan produknya mengandung banyak nutrisi dan hormon pertumbuhan yang dihasilkan saat pengolahannya. Nah, hormon inilah yang dituding memicu jerawat. Susu juga dapat meningkatkan produksi insulin di dalam darah. Hormon insulin mendorong lebih banyak penyerapan gula ke dalam darah. Jika makan produk susu, artinya semakin banyak tubuh menyerap gula. Selanjutnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak kelenjer minyak dan membuat kulit wajah semakin berminyak.

4. Makanan bergula


Source: Jeffharis

Gula adalah salah satu makanan terburuk bagi kesehatan dan dapat memicu jerawat. Tidak saja menjadi penyebab diabetes dan kegemukan, gula memproduksi jerawat karena indeks glikemiknya yang tinggi. Setelah tubuh dimasuki makanan bergula, gula darah melonjak secara drastis disertai dengan kenaikan insulin. Hasil akhirnya, produksi minyak di wajah pun meningkat.  Dewasa ini sangat mudah menemukan makanan bergula. Kita berpikir susu dan cokelat adalah makanan yang sehat, namun ternyata tidak karena mengandung gula. Bahkan, jus buah juga menjadi tidak ada gunanya setelah dicampur gula.

5. Gluten


Source: Kamila

Gluten adalah protein nabati yang dapat ditemukan pada gandum. Jika kamu sedang berjerawat, sebaiknya hentikan konsumsi makanan yang mengandung gluten. Seperti gula, gluten mengakibatkan masalah peningkatan kadar gula darah dan inflamasi (rasa nyeri) kronis. Hal ini memicu produksi minyak berlebih yang menyumbat pori dan penyebab munculnya bakteri. Beberapa orang mungkin dapat toleran pada gluten, tapi sebagian lagi tidak, apalagi jika terlalu banyak. Kamu bisa merasakan sendiri apakah tubuhmu toleran terhadap gluten atau tidak dengan melihat gejalanya. Makanan yang paling populer mengandung gluten adalah roti.

6. Kacang


Source: Forwimuwi

Belum ada yang bisa menjelaskan hubungan langsung antara jerawat dan kacang. Tapi banyak yang merasakan pengalaman mengonsumsi kacang dapat menimbulkan jerawat. Diperkirakan kandungan asam lemak omega-6, agglutinin dan aflatoxin menjadi penyebabnya. Agglutinin adalah penyebab masalah pencernaan, sementara aflatoxin dapat memicu jamur dan membuat kulit wajah menghasilkan jerawat. Selai kacang memiliki efek dobel dalam memproduksi minyak wajah karena tambahan karbohidrat dan gula pada selai kacang. Insulin dan gula darah meningkat sehingga produksi androgen juga bertambah. Androgen adalah hormon yang bertanggung jawab meningkatkan produksi kelenjer minyak.

7. Makanan pedas


Source: Alpha

Makanan yang mengandung banyak cabai menjadi salah satu penyebab terbesar jerawat. Ada banyak studi yang menunjukan jerawat muncul secara signifikan setelah makan makanan pedas. Meskipun, tidak jelas diketahui apa hubungan langsung antara makanan pedas dan jerawat.  Konsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan. Sensasi nyeri yang ditimbulkan oleh makanan pedas pada organ pencernaan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah hingga memerah. Kemungkinan karena makanan pedas membuat orang berkeringat yang kemudian menyumbat pori-pori wajah.

8. Junk food


Source: Vagueonthehow

Junk food atau “makanan sampah” mengandung segala penyebab jerawat seperti gluten, gula, lemak dan keju. Makan sepotong pizza atau hamburger dapat memicu gula darah dan insulin naik dengan cepat. Apalagi jika ditambah dengan minuman bersoda. Sebuah studi pada tahun 2002 mengungkap tidak ditemukan jerawat pada 1.315 remaja usia 15 sampai 25 tahun di Papua Nugini dan Paraguay. Sebaliknya, 79 sampai 95 persen remaja di negeri-negeri maju memiliki jerawat. Hal ini dikaitkan dengan konsumsi junk food.

9. Udang dan makanan laut lainnya

ShrimpSource: mp1746

Yodium yang terkandung dalam udang dan makanan laut dapat menghasilkan iritasi pada folikel rambut dan kelenjer sebasea. Produksi minyak wajah jadi meningkat. Meskipun yodium sebenarnya sangat penting bagi kesehatan kelenjer tiroid, namun asupan yang berlebih dapat menghasilkan efek samping berupa jerawat. Penyumbatan pada pori-pori wajah serta peradangan folikel rambut memicu munculnya benjolan yang kita kenal sebagai komedo. Udang air tawar lebih ramah terhadap kulit karena kandungan yodiumnya yang lebih sedikit.

10. Buah yang mengandung Vitamin C tinggi


Source: Counselling

Hal ini kedengarannya tidak masuk akal bahwa jenis makanan yang kita kenal baik bagi kulit ini dapat menyebabkan jerawat. Buah yang mengadung vitamin C tinggi seperti jeruk dan stoberi berpotensi meningkatkan jerawat karena Vitamin C dan asam dapat mengiritasi kulit, terlebih jika kamu sensitif terhadapnya. Tablet Vitamin C juga dapat memperparah kondisi jerawat. Menyiasatinya, kamu tetap dapat makan buah-buahan asam ini dengan menambahkan buah lain seperti bluberi dan raspberi.

Itulah daftar 10 makanan yang menyebabkan jerawat yang harus kamu tahu agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk menghidari jerawat perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti alpukat dan anti-inflamasi seperti bawang putih. Minum banyak air putih membantu kulit terhidrasi.

Tetap sehat dan pertahankan kulit mulusmu ya!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health