Inilah 10 Fakta Janin 7 Minggu yang Wajib Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Mirlidera

Masa kehamilan yang sudah mencapai usia minggu ke-7 membuat para Ibu harus sudah mempersiapkan beberapa hal untuk kepentingan perkembangan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Beberapa perubahan baik psikologis ataupun fisik pada tubuh Ibu juga akan terjadi. Janin 7 minggu masih sangat rentan sehingga anda harus benar-benar paham dan mengerti apa saja yang harus anda lakukan. Seperti mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan tetap menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang prima agar janin dalam kandungan juga sehat. Berikut adalah fakta janin 7 minggu yang wajib anda ketahui:

1. Lengan dan Kaki Janin Sudah Mulai Terbentuk

Diiringi oleh pertumbuhan dan perkembangan janin 7 minggu yang mulai pesat, pertumbuhan organ gerak tubuh juga mulai mengikuti. Bentuk lengan dan kaki sudah mulai terlihat di minggu ke-7 ini. Walaupun ukurannya masih sangat kecil, namun janin mengalami pertumbuhan tinggi yaitu sekitar 1,25 cm. Janin nan mungil ini kadang bergerak namun belum stabil pergerakannya. Pergerakannya menandakan pertumbuhan dalam tubuh janin, belum berati bahwa janin tersebut mulai dapat bergerak.

2. Sistem Pencernaan Mulai Terbentuk


Source: nguyentungson

Selain dengan beberapa organ vital yang mulai tumbuh seperti otak, jantung, hati, dan ginjal, janin berumur 7 minggu sudah terbentuk sistem pencernaannya. Sistem pencernaan ini terbilang sangat kecil dan dapat terlihat secara transparan jika anda bisa melihatnya. Pentingnya perkembangan dan pertumbuhan saat terbentuknya sistem pencernaan harus didukung oleh asupan makanan yang baik oleh Ibu. Konsumsilah ikan, telur, dan hati ayam untuk dapat memberi asupan protein untuk perkembangan tubuh pada janin.

3. Hati Janin Mulai Berfungsi


Source: sbtlneet

Berbeda dengan organ vital yang masih terbentuk, namun fungsi hati dalam janin 7 minggu sudah mulai bekerja memompa sel darah merah. Sel darah merah yang dipompa hati tersebut mengalir dalam jumlah yang besar sampai terbentuk sumsum tulang belakang yang nantinya berfungsi sebagai organ vital kedua setelah otak. Banyaknya sel darah merah pada janin 7 minggu juga berfungsi untuk beberapa pertumbuhan pada tubuh janin itu sendiri.

4. Mulai Terbentuk Alat Kelamin


Source: mvorocha

Pada masa kehamilan memasuki minggu ke-7 mulai terbentuk cikal bakal alat kelamin pada janin. Pertumbuhan ini akan sangat cepat setiap detiknya sampai terbentuk alat kelamin yang sempurna. Melalui USG anda belum dapat melihat alat kelamin janin tentunya, karena ukurannya yang sangat kecil sehingga sulit untuk dilihat. Pada bulan ke 5 kehamilan, anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin bayi anda, jadi bersabar ya!

5. Rahim Ibu Mulai Berkembang

Berbeda dengan ukuran rahim pada minggu-minggu sebelumnya, ukuran rahim Ibu sudah mulai berkembang sebesar buah melon. Hal ini mengakibatkan perubahan fisik pada bagian perut Ibu sudah terlihat jelas pada minggu ini. Perkembangan rahim ini nantinya akan berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan janin yang akan tumbuh semakin cepat dan pesat. Pembesaran pada rahim mengakibatkan rasa mudah lelah dan lesu pada Ibu. Untuk itu selama kehamilan minggu ke -7 anda perlu banyak beristirahat.

6. Ibu Perlu Banyak Istirahat


Source: xusenru

Sampai memasuki minggu ke 12, Ibu masih akan sering mengalami mual dan muntah-muntah. Untuk itu anda harus banyak istirahat dan tidak melakukan pekerjaan yang berat dan membuat Ibu stres. Jagalah kondisi tubuh Ibu sebisa mungkin dan harus lebih sering melakukan hal positif di waktu luang untuk menjaga mood Ibu agar tetap stabil. Jangan terlalu banyak minum obat untuk mengurangi rasa mual, sebaiknya meminum obat sesuai dengan petunjuk dokter.

7. Ibu Masih Sering Emosional

Anda yang sedang berada pada masa kehamilan minggu ke-7 akan sering merasa emosional dan cepat naik darah dengan kesalaha-kesalahan yang sepele. Hal ini wajar karena bayi dalam kandungan sedang mulai berkembang dan anda belum terbiasa dengan keadaan itu. Belum lagi hal ini diakibatkan oleh pelepasan beberapa hormon saat masa kehamilan yang akan berdampak pada perubahan psikologis dan juga perubahan fisik Ibu. Maka jika anda memiliki pasangan yang sedang ada pada masa kehamilan minggu ke-7, anda harus lebih bersabar menangani dan membantu pasangan anda.

8. Hati-hati dengan Mual-mual dan Pendarahan Berlebihan


Source: Greyerbaby

Beberapa orang mungkin akan merasa kerepotan dengan gejala mual-mual disaat kehamilan minggu ke-7. Hal ini dianggap sebagai gejala yang umum yang terjadi pada usia janin 7 minggu. Namun perlu diwaspadai jika rasa mual dan muntah terjadi secara berlebihan sehingga membuat anda merasa sangat lemas. Konsultasikan pada dokter agar anda diberi resep yang dapat mengurangi rasa mual anda. Waspadai juga pendarahan yang berlebihan pada daerah kewanitaan.

9. Kepala Janin Sudah Terlihat Jelas Menunduk

Pada usia kehamilan memasuki minggu ke-7 kepala janin sudah nampak sangat jelas. Kepala janin akan terlihat menunduk dan terlihat berada dalam cairan yang merupakan air ketuban. Air ketuban itu akan membantu masa pertumbuhan janin dalam kandungan. Kulit bayi masih terlihat sangat tipis dan transparan sehingga otak dan juga bagian pencernaan masih dapat terlihat jelas dari luar. Namun bentuk lubang hidung, mata dan telinga pada bagian kepala mulai jelas terlihat bentuknya.

10. Janin Mulai Terhubung dengan Plasenta


Source: trestletech

Keistimewaan perkembangan janin 7 minggu adalah mulai terjalinnya hubungan yang solid antara janin dan plasenta. Plasenta adalah sekumpulan jaringan yang terbentuk menjadi satu. Plasenta atau biasa disebut dengan ari-air ini merupakan organ yang melindung kelangsungan hidup janin. Salah satu tugas plasenta adalah menghalangi mikroorganisme dan zat-zat kimia pengganggu yang berbahaya mendekati janin. Karena perannya yang penting dan selalu beriringan menjaga janin, plasenta juga disebut sebagai kakak dari janin anda.

Itulah fakta tentang tentang janin 7 minggu yang wajib untuk anda ketahui. Beberapa informasi tentang janin 7 minggu tersebut bisa menjadi gambaran bagi anda untuk mempersiapkan kehamilan anda memasuki minggu ke-7. Anda harus tetap menjaga kondisi kesehatan dan psikologis anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk memberikan informasi mengenai perkembangan dan pertumbuhan janin anda saat memasuki minggu ke-7.

 

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Pregnancy