Kenali dan Konsumsi 10 Makanan Penurun Kolesterol Ini

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

MeditationsSource: Meditations

Berapa kadar kolesterol Anda? Apakah masih dalam rentang normal atau sudah tergolong tinggi? Kadar kolesterol normal berkisar antara < 200 mg/dl. Kadar kolesterol tinggi akan sangat berbahaya dan dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit lain seperti jantung koroner. Pola hidup sehat sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Hal yang harus paling dijaga adalah jenis makanan yang kita makan. Jika Anda termasuk ke dalam penderita kadar kolesterol tinggi, maka daftar 10 makanan ini sangat berperan dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Apa saja ya makanannya? Berikut daftar dan ulasannya.

1. Beras Merah


Source: smilingpixell

Beras merah sekarang sangat eksis sebagai pengganti beras putih. Beras merah sering dipilih oleh individu-individu yang menerapkan program diet. Akan tetapi selain manfaatnya untuk program diet, beras merah juga dapat menurunkan kadar lemak darah. Kandungan seratnya yang tinggi juga menjadi pilihan paling baik untuk mereka yang menderita diabetes.

2. Bayam

SpinachSource: MabelAmber

Sayuran hijau yang satu ini menyimpan manfaat besar bagi kesehatan jantung. Rutin mengkonsumsi bayam dapat melindungi jantung dari lemak yang menempel pada pembuluh darah. Sayuran ini sangat disarankan untuk para penderita kadar kolesterol tinggi.

3. Gandum


Source: Einladung_zum_Essen

Mengganti nasi putih dengan makanan olahan gandum merupakan pilihan yang tepat bagi siapa saja yang bermasalah dalam kadar gula darah. Gandum dipercaya mampu menurunkan kolesterol, trigliserida darah, hingga mengatur kadar gula dalam darah. Serat tinggi dalam gandum setidaknya dapat menurunkan 4%-10% kadar kolesterol dalam darah.

4. Kacang Kedelai


Source: usdagov

Makanan selanjutnya yang cocokuntuk menurunkan kolesterol adalah segala jenis makanan yang berasal dari kacang kedelai. Makanan penurun kolesterol ini seperti tempe, tahu, susu kedelai. Kandungan isoflavon dalam makanan ini berfungsi sebagai zat yang menekan kolesterol jahat untuk berkembang. Akan tetapi ada yang salah kaprah dalam persepsi di masyarakat. Mereka mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai tetapi cara pengolahannya tidak diperhatikan. Misalnya membeli gorengan di pinggir jalan yang justru menggunakan jelantah dalam menggorengnya maka samasaja tidak berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Jadi, selain perhatikan bahan makanannya, perhatikan pula cara pengolahannya.

5. Bawang Putih


Source: PublicDomainPictures

Sebagai bumbu dapur, bawang putih sangat kaya akan manfaat. Kandungan antioksidan dalam bawang putih sangat tinggi. Rutin mengkonsumsi bawang putih secara rutin dipercaya dapat menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, mencegah berkembangnya molekul kolesterol dalam pembuluh darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan melindungi tubuh dari infeksi.

6. Ikan Salmon


Source: Meditations

Ikan salmon terkenal akan kaya nutrisinya. Kandungan omega 3 yang tinggi pada salmon dapat berperan dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, dan kandungan trigliserida-nya berufngsi untuk meningkatkan produksi kolesterol baik. Selain kedua zat tersebut, kandungan EPA dan DHA juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Cukup mengkonsumsi ika salmon minimal 2 porsi dalam 1 minggu makan akan snagat baik dalam mengoptimalkan penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Alpukat


Source: stevepb

Alpukat terkenal dengan kandungan kalorinya yang sangat tinggi. Namun alpukat justru merupakan buah sumber lemak tak jenuh yang dapat berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kandungan asam pantotenat adalah senyawa penting dalam alpukat yang berperan meredam kolesterol jahat dalam darah. Usahakan dalam mengkonsumsi alpukat dengan mengkombinasikannya dengan berbagai macam sayuran. Hal ini untuk menyeimbangkan kadar kalorinya. Sebagai acuan, tubuh manusia memerlukan minimal 1800kalori dan 30gr lemak tak jenuh setiap harinya. Sedangkan 1 buah alpukat setidaknya mengandung 300 kalori dan 30 gr lemak tak jenuh.

8. Buncis

ChickpeaSource: jackmac34

Apakah buncis merupakan salah satu sayuran pilihan Anda? Jika ya maka Anda boleh sedikit tenang dalam hal kadar kolesterol dalam darah. Serat dalam buncis mampu mengurangi kolesterol dan juga menjada kadar gula darah. Buncis merupakan sayuran rendah lemah. Selain cocok untuk penderita kadar kolesterol tinggi, sayuran ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain sebagai campuran sayuran, Anda dapat meminum jus buncis ini setidaknya ¾ cangkir setiap harinya. Efeknya adalah kadar lemak tak baik, trigliserida, dan kolesterol total akan berkurang.

9. Seledri


Source: stevepb

Seledri lebih sering dikenal sebagai bahan tambahan dalam membuat sop. Atau bahkan sering dipilih oleh para ibu yang ingin rambut anak-anaknya tumbuh lebat dan indah. Hanya dengan menambahkannya dalam setiap masakan Anda, kandungan dalam seledri ini akan berperan dalam menurunkan risiko jantung dan mencegah kolesterol jahat berkembang dalam darah.

10. Oatmeal


Source: Tabeachhalt

Senada dengan gandum, kandungan serat beta-glucan dalam oatmeal dalam berfungsi mengurangi kolesterol yang berlebih. Memilih oatmeal sebagai pilihan untuk sarapan atau makan malam dapat membantu mengurangi kolesterol berlebih sebesar 8%-23%. Bagi penderita kadar kolesterol tinggi, sebaiknya mengkonsumsi oatmeal sekitar satu setengah cangkir.

Sekian berbagai makanan pilihan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan penurun kolesterol ini tidak harus Anda konsumsi semuanya setiap harinya. Variasikan makanan agar Anda lebih nyaman dalam menerapkan pola hidup sehat. Jangan lupa olahraga teratur dan minum air putih.

Keep your healthy body!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary