10 Cara Mengajari Anak Membaca Dalam Sehari

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Pixels2013

Rumah adalah surga bagi anak-anak. Di sanalah anak-anak memiliki ketenangan dan rasa nyaman. Tentu mengajari anak membaca di rumah adalah cara yang paling efektif dan menyenangkan. Mengingat itu bisa dilakukan setiap waktu. Tapi kalau caranya monoton dan biasa-biasa saja, anak bukanya cepat bisa membaca. Malah yang ada anak bakal cepat bosan dan tidak mau belajar. Nah, berikut beberapa cara mengajari anak membaca agar cepat bisa dan menyenangkan:

1. Menggunakan media buku cerita bergambar

Source: sobima

Untuk anak-anak gambar bakal menjadi hal yang menarik. Jadi bukan berarti karena mau belajar membaca, buku yang dipakai adalah buku tanpa gambar.  Anda salah besar jika melakukanya. Pilihlah buku dengan kualitas gambar yang menarik. Bila anak sudah tertarik dengan gambar di buku tersebut, secara otomatis anak akan dengan senang hati belajar membacanya.

Kriteria buku cerita bergambar:

  • Memiliki gambar yang berwarna
  • Memiliki tulisan yang tidak terlalu banyak
  • Ukuran font cukup besar
  • Bercerita soal dunia kayalan atau fabel
  • Bercerita soal tokoh yang disenangi anak.

2. Menggunakan Media Kartu Baca

Source:kentdballand

Sudah jadi rahasia umum kalau anak menyukai sesuatu yang bergambar. Apalagi kalau itu merupakan gambar-gambar yang berkaitan dengan hewan atau tokoh yang ia sukai. Menggunakan flash card atau kartu baca juga efektif untuk mengajarkan anak membaca. Kamu bisa memilih beberapa flash card yang kira-kira disukai anak.

Kriterian flash card yang baik:

  • Mengandung gambar berwarna terkait dengan hewan atau tokoh tertentu
  • Memiliki tulisan dibagian bawah atau atas kartu.
  • Gambar yang ditampilkan jelas dan sesuai dengan namanya.

3. Membaca sambil bernyanyi

Source: EricaWittlieb

Kalau kamu ingin mengajarkan anak cara yang efektif dalam membaca, kamu bisa sampaikan lewat nyanyian. Sebuah lagu yang ditulis kemudian dinyanyikan bersama akan mengajarkan anak secara tersirat bagaimana cara membaca.

Gunakan metode:

  • Pilih lagu dengan lirik yang sering diulang
  • Ambil kertas, lalu tulis lagunya
  • Nyanyikan bersama dengan anak sambil menunjukkan tulisanya

4. Belajar Menggunakan Karpet Huruf

Source: geralt

Anak biasanya suka tidur-tiduran di karpet. Maka ada baiknya jika karpet yang kamu pilih adalah karpet yang memiliki gambar tertentu yang menarik lengkap dengan keteranganya. Usahakan tulisan yang dimuat memiliki ukuran yang cukup besar dengan jenis font yang biasa saja. Dengan begitu, ketika anak tidur-tiduran di karpet, ia akan melihat tulisan dan gambar. Begitu ia tertarik dengan gambar, cobalah untuk melihat tulisan dan ajarkan bagaimana cara membacanya.

5. Membaca Via Gadget

Source: blinkpixel

Perkembangan teknologi bukan berarti sesuatu yang negatif bagi anak. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk mengajari anak membaca. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk belajar bersama anak. Kamu bisa memilih aplikasi yang mengenalkan anak pada huruf. Aplikasi yang menyanyikan abjad. Bahkan kamu juga bisa memilih aplikasi matematika buat anak. Jadi kamu cukup menyesuaikan saja mana kebutuhan kamu.

6. Bawa Anak Ke Kedai Buku

Source: Marisa_Sias

Kalau terbiasa bawa anak ke shopping center jangan hanya mampir ke toko baju dan mainan. Ajarkan juga kebiasaan baik pada anak. Buat ia jatuh cinta pada buku. Mampirlah ke kedai buku. Biarkan ia melihat-lihat buku, siapa tahu ada yang disukai. Belikan. Tentu itu lebih baik ketimbang membelikan ia mainan yang tidak mendidik. Toh buku sampai kapanpun akan tetap bermanfaat bagi si anak.

7. Rutin bawa si anak ke Perpustakaan

Source: Alexas_Fotos

Pemerintah sekarang sudah lumayan peduli dengan pendidikan usia dini anak. Bahkan kebanyakan perpustakaan daerah, biasanya sudah dilengkapi dengan area bermain anak. Nah, kalau kebetulan kamu punya hari luang, bawalah anak bermain ke perpustakaan bersama. Biarkan ia mencintai buku. Begitu ia jatuh cinta ke buku, pasti minatnya untuk membaca meningkat. Dengan begitu, ketika kamu ajari membaca, anak akan mudah untuk menangkap.

8. Tempel Abjad ABC di Dinding

 

Source: geralt

Meski cara ini relatif adalah cara lama, menempel abjad ABC di dinding bakal menarik perhatian anak. Begitu mereka sudah tertarik, baru kamu ajarkan bagaimana cara membacanya. Apalagi abjad ABC sekang ini sudah di desain dengan sangat menarik. Kalau anak tidak tertarik, tempel pula beberapa gambar hewan dan buah. Gunakan itub  sebagai media yang menarik anak. Dekat dengan tempat bermain atau tempat tidurnya lebih baik.

9. Beri Contoh

Source: oldievan

Jangan harap kamu punya anak yang pandai membaca sejak dini kalau kamu sendiri tidak punya kebiasaan membaca. Kalau kamu tidak cinta pada buku, bagaimana anak bisa mencintainya. Jadilah contoh yang baik buat anak. Jika kamu rajin membaca, anak akan tertarik pula untuk ikut dalam kebiasaan kamu. Saat itu terjadi, bacalah bersama anak.

10. Ajar anak terlibat dalam buku bacaan

Source: sasint

Cara mengajari anak membaca dengan menyenangkan berikutnya tentu melibatkan anak dalam cerita yang kamu baca. Walau anak belum bisa membaca, begitu ia kamu libatkan dalam cerita yang sedang kamu baca. Maka ia akan tertarik dan antusias untuk mengetahuinya. Ajarkan cara membaca sedikit demi sedikit menggunakan cerita tersenut. Masa Kanak-kanan adalah masa terbaik untuk menerima pembelajaran.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Lifestyle, Love