Ini Dia 10 Makanan Khas Bali Terlezat dan Terpopuler

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Bali FoodsSource: Thomas Depenbusch

Siapa tak kenal dengan Bali? Warga lokal Indonesia maupun warga negara asing sudah sangat familiar dengan Bali. Kota tujuan wisata terpopuler ini sangat diminati. Bukan hanya tempat-tempat wisata fenomenal, tetapi wisata kulinernya juga tak kalah saing. Makanan khas Bali yang akan dipaparkan berikut sangat populer di kalangan para wisatawan. Sehingga serasa ada yang kurang jika melewatkan kuliner pilihan yang lezat nan populer ini. Apa saja sih kuliner itu? Berikut ulasannya:

1. Ayam / Bebek Betutu


Source: m4sh.3d

Masakan betutu sangat populer di Bali. Bahkan siapa saja yang mendengar kata betutu pasti langsung terpikirkan Bali. Bebek atau ayam sering dijadikan bahan utama olahan yang satu ini. Rasa pedas dan gurih masakan ini akan sangat memanjakan lidah Anda dan dijamin akan membuat Anda ketagihan. Bumbu-bumbu dapur yang digunakan langsung dimasukkan ke bagian dalam ayam atau bebek. Proses pemasakannya pun tidak kalah unik. Daging dibungkus dengan daun pisang dan langsung dipanggang dalam bara api. Pemanggangan ini bahkan memakan waktu hingga 24jam. Proses inilah yang membuat daging ayam atau bebek menjadi super empuk dan bumbu meresap secara sempurna di dalam daging.

2. Sate Lilit

A post shared by angi (@karangwangi) on

Berbicara tentang sate, pasti yang terlintas di pikiran adalah daging yang ditusuk bukan? Tapi jenis sate ini berbeda. Daging yang akan dibuat sate dicincang halus dan dicampur dengan bumbu khas Bali. Setelah itu daging dililitkan pada batang serai. Di Bali, daging yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, ayam, atau babi. Sate yang dibakar akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Aroma ini keluar selain dari bumbu yang digunakan juga dari batang serai. Rasa sate ini sangat bervariasi, pedas, manis, gurih.

3. Nasi Campur Ayam Bali

Kuliner satu ini juga tidak kalah sedap dan populer. Makanan khas Bali ini berisi nasi, ayam sisit, sate lilit, lawar ayam, sayur urap dan beberapa lauk lainnya. Bagi Anda yang suka pedas, ada tambahan sambal matah atau sambal embe khas Bali. Paduan nasi hangat dan aneka lauk yang digunakan sangat wajib dicoba. Cocok juga sebagai salah satu pilihan menu sarapan Anda.

4. Rujak Bulung

Rujak Bulung terkenal juga dengan Rujak Kuah Pindang. Makanan khas Bali yang satu ini merupakan rujak yang berisi irisan mangga dengan kuah tuna yang lezat. Sensasi segar dan pedas dari kuah akan memberikan sensasi luar biasa saat Anda memakannya. Variasi lain dari rujak ini adalah dengan digunakannya beraneka buah dan tambahan rumput laut.

5. Bubur Mengguh

Bubur mengguh adalah bubur khas Bali, khususnya di daerah Buleleng. Bubur ini lebih sering dibuat saat ada upacara adat. Tapi bukan tidak mungkin ada dapat menyantapnya di acara-acara biasa. Bubut ini dibuat dari tepung beras dan santan, dilengkapi dengan ayam suwir, kacang, urap sayur dan kuah kental. Urap sayur biasanya disediakan terpisah dengan bubur.

6. Srombotan

Srombotan adalah nama lain dari lalapan sayur, akan tetapi khas Bali. Makanan ini berisi anek sayuran seperti kangkung, kacang panjang, dan kubis. Kemudian dicampur menggunakan bumbu santan. Kuah kental ini kemudian dicampur ke dalam sayuran dan dipadupadankan dengan bumbu kacang dan bumbu pedas. Aduk rata dan makanan khas Bali ini siap memanjakan lidah para penikmatnya.

7. Lawar Kuwir

Lawar kuwir merupakan campuran antara daging cincang dan sayuran yang dibalut dengan bumbu rempah khas Bali. Biasanya daging yang digunakan adalah daging babi. Akan tetapi dari waktu ke waktu masyarakat Bali mulai menemukan variasi lain menggunakan daging bebek. Dan rasanya pun tak kalah sedap.  Lawar kuwir ini sangat cocok jika disantap bersama nasi putih, sate lilit, dan suwiran ayam betutu. Wah….akan sangat memanjakan lidah Anda pastinya.

8. Tipat Blayag

Apakah Anda sudah mengenal makanan khas Bali yang satu ini? Makanan ini berasal dari Buleleng Bali. Bahan dasar makanan ini adalah ketupat. Ketupat ini berbeda karena bentuknya justru menyerupai lontong, dan dibungkus menggunakan daun janur muda atau daun enau. Kuah dari makanan ini dibuat dari bumbu rempah khas Bali dan dicampur dengan tepung beras. Campuran ini membuat kuah bertekstur sangat kental. Lauk yang biasanya dikombinasikan dalam tipat blayag adalah ayam sisit, sayur urab, kacang kedelai,atau aneka lauk lainnya.

9. Tum Ayam

Makanan khas Bali yang satu ini mirip seperti pepes. Dan cara pembuatan juga sama. Tum ayam berisi daging ayam yang dicincang halus dan dibumbui dengan bumbu rempah khas Bali yang telah dicampur santan. Bungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus.

10. Nasi Tepeng

Makanan khas Bali bernama nasi tepeng ini berasal dari Gianyar. Tekstur nasi ini hampir seperti bubur. Nasi ini dipadu dengan bumbu khas Bali yang membuat nasi ini menjadi semakin gurih. Jika Anda penyuka makanan pedas, dapat pula makanan ini dikombinasikan dengan rasa pedas. Aneka lauk yang biasanya menyertai nasi tepeng ini adalah ayam goreng, telur, nangka muda, terong, kacang merah, dan kacang panjang. Sekian informasi tentang makanan khas Bali. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, atau bahkan membuat para pembaca semakin tertarik untuk mencicipi berbagai olahan makanan khas Bali.

Selamat Bersantap Ria!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Makanan