10 Fakta Janin 14 Minggu yang Harus Kamu Tahu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Merelize

Janin sudah memasukin waktu 14 minggu. Itu artinya sudah masuk antara priode trisemester kedua. Pada priode ini, perkembangan janin terjadi sangat pesat. Itulah mengapa para dokter pasti menyarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung tertentu. Tetapi sebenarnya bagaimana sih kondisi janin 14 minggu itu? Berikut 10 fakta janin usia 14 minggu yang harus kamu tahu:

1. Tumbuh Rambut

Source: c

Perkembangan terbesar pada janin 14 minggu terlihat pada bagian rambut kepala yang sudah mulai tumbuh. Sehingga kalu dilihat sudah mulai tampak dan terbentuk. Selain itu, bulu-bulu halus juga terjadi pada hampir semua bagian. Tidak hanya di kepala saja, melainkan juga di alis dan seluruh tubuh. Bulu-bulu di bagian bawah tubuh bayi atau disebu logona juga mulai tumbuh. Meski bulu-bulu tersebut akan menghilang saat lahir.

2. Ukuran bayi 40 Gram

Source: Alireza GHABRAEI

Patut ibu-ibu tahu, pada usia 14 minggu ukuran tubuh bayi makin tampak jelas. Bahkan panjang bayi dari kepala hingga bokong sudah mencapai 8 cm. Beratnyapun sudah sampai 40 gram. Walau memang tentu panjang dan berat badan bayi masing-masing berbeda. Tetapi secara umum beratnya mencapai 40 gram. Dengan menggunakan alat medis, para calon orang tua bisa melihatnya.

3. Perkembangan bagian lain lebih cepat ketimbang kepala

Source: Bonnie Kittle

Jika pada priode-priode sebelumnya perkembangan bagian kepala cenderung lebih dominan ketimbang bagian lain. Pada priode 14 minggu ke atas, perkembangan tubuh bayi cenderung lebih cepat ketimbang bagian kepala. Misalnya pada bagian lengan yang sudah mulai terlihat proporsional mengikuti ukuran tubuhnya. Bulu-bulu yang yang tumbuh dibagian tubuh juga menjadi proses yang mengikuti perkembangan tubuh.

4. Memahami beberapa ekspresi

Source: KManzella

Taukah ibu kapan bayi dalam kandungan anda memahami beberapa ekspresi? Pada priode inilah itu terjadi. Otot-otot pada wajah bayi sudah mulai bisa digerakkan dan mulai melatih beberapa ekspresi berkat signal yang dikirimkan oleh otak. Bagian paling terlihat adalah ekspresi bayi ketika menghisap ibu jarinya. Meski sebenarnya juga ada beberapa ekpresi lain yang bisa ditujukan bayi.

5. Organ internal sudah dapat bekerja

Source: qimono

Selain perkembangan bagian luar yang jelas terlihat. Pada janin 14 minggu, secara bersamaan bagian organ dalam juga sudah mulai bekerja. Bahkan ginjal pada bayi sudah mampu memproduksi urin dan melepaskanya ke dalam cairan tubuh. Pada bagian lain, seperti hati juga sudha mampu memproduksi cairan empedu. Juga, limpa sudah mampu memproduksi sel darah merah.

6. Mulai menelah cairan ketuban

Source:sbtlnett

Cairan ketuban bisa dibilang sebagai sumber makanan bayi dan yang melindungi bayi selama masa kehamilan. Ia menjadi bagia yang paling vital bagi bayi. Nah pada usia kehamilan 14  minggu, bayi sudah mulai menelan cairan ketuban yang, melingkupinya sedikit demi sedikit. Cairan yang sudah ditelan kemudian akan masuk ke perut dan akan diproses oleh ginjal. Baru selanjutnya akan dialirkan kembali ke bagian tubuh sebagai urine.

7. Pembentukan wajah

Source: Monica King

Pada bayi, bagian wajah juga sudah mulai jelas terlihat. Mata telah berpindah ke tempat yang seharusnya. Beda dengan wajah sebelumnya. Juga, telinga telah berad di bagian sekitar leher di samping kiri dan kanan. Untuk sementara, rahang bahkan telah terbentuk sempurna. Pokoknya pada minggu ke 14, kamu sudah bisa melihat bagaimana wajah bayi kamu saat itu.

8. Rahim yang terus berkembang

Source: Egor105

Rahim terus mengalami perkembangan dari masa ke masa selama kehamilan. Kalau pada minggu ke 14, begitu coba diukur oleh para ahli kesehatan. Mereka mencatat bahwa ukuran rahn ibu hamil dari puncak rahim sampai dengan tulang kemaluan adalah sekitar 14 cm di atas tepi tulang genital. Mereka melakukan pengukuran ini pada sejumlah ibu hamil di masa 14 minggu. Sementara saat memasuki 20 minggu, tingginya sudah mencapai 20 cm.

9. Merasakan sesak?

Source:mayahowk

Maklum jika ibu hamil dengan masa 14 minggu merasakan sesak. Hal ini biasanya disebabkan oleh hormon progesteron yang menekan sirkulasi ke membran mukus. Sehingga membran tersebut membengkak Kondisi semacan ini biasanya dikenal sebagai rhinitis kehamilan. Kamu yang sedang hamil harus menahanya, sebab tak banyak yang bisa kamu lakukan. Paling kamu hanya bisa memberikan sedikit pelembab untuk kulit.

10. Pada Ibu timbul strecth mark

Source: Pexels

Perubahan fisik sudah terjadi pada ibu hamil sejak awal kehamilan. Nah pada masa kehamilan 14 minggu, tanda paling mudah adalah timbulnya strecth mark atau garis kehamilan. Strecth mark akan muncul pada beberapa bagian tubuh seperti pada bagian perut atas, paha, payudara, dan juga luput bokong. Di waktu yang bersamaan pula, payudara juga mulai mempersiapkan prosuksi Asi. Maka ia akan terasa lebih kencang dari sebelumnya ketika disentuh.

Betapa rapuhnya kita dulu, dimana kehidupan kita sepenuhnya ada di ibu.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Anak, Kehamilan, Kesehatan