15 Fakta Unik Tentang Mata Uang Jerman

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : cocoparisienne

Mata uang Jerman yang resmi digunakan pada saat ini adalah Euro. Bahkan bukan Cuma Jerman, sebagian besar negara Eropa menggunakan Euro sebagai mata uang resmi untuk transaksi yang dilakukan.

Namun, sekarang saya akan membahas tentang Deutsche Mark atau Mark Jerman yang merupakan mata uang negara Jerman yang resmi digunakan sebelumdegantikan dengan penggunaan Euro.

Saya akan menyajikan 15 fakta menarik untuk kalian semua berkaitan dengan mata uang Jerman yang satu ini.

Berikut ini penjelasan lebih dalam untuk kalian simak.

1. Awal Penggunaan Mata Uang Jerman


Source : cocoparisienne

Mark Jerman pada awalnya merupakan mata uang yang digunakan sebagai mata uang resmi Jerman Barat. Kemudian Mark tetap digunakan sebagai mata uang saat Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu menjadi satu negara yang sama di tahun 1990. Sampai akhirnya Mark Jerman tidak lagi menjadi mata uang resmi Jerman karena telah digantikan dengan keberadaan Euro.

2. Mata Uang Sebelum Duetsche Mark


Source : wikimediaimages

Faktanya Mark Jerman bukanlah mata uang yang pertama kali digunakan oleh masyarakat Jerman dalam kegiatan transaksi di negara tersebut. Sebab sebelum adanya Duetsche Mark, masyarakat Jerman telah menggunakan mata uang lain sebagai mata uang mereka.

Apa nama mata uang yang digunakan tersebut ?

Jawabannya adalah Reichmark yang menjadi mata uang Jerman sebelum beralih ke Duetsche Mark.

3. Duetsche Mark Pertama Kali Dikeluarkan


Source : the3cats

Seperti yang telah disampaikan di penjelasan yang sebelumnya, bahwa mark Jerman diperkenalkan pada saat Jerman Barat dan Jerman Timur belum bersatu menjadi satu negara.

Lalu kapan tepatnya Duetsche Mark resmi dikeluarkan oleh pemerintah Jerman ?

Tepatnya, Mark Jerman dikeluarkan pertama kali sebagai mata uang yang berlaku umum pada tahun 1948.

4. Resmi Digantikan Oleh Euro


Source : alexas_fotos

Sejak diedarkan untuk yang pertama kalinya pada tahun 1948. Mark Jerman terus digunakan oleh masyarakat Jerman dalam melakukan transaksi sehari-hari. Bahkan Mark Jerman masih digunakan pada saat Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu.

Barulah pada tahun 1999, Mark Jerman mulai digantikan dengan mata uang Euro. Dimana Euro telah menjadi mata uang resmi masyarakat Uni Eropa.

5. Masih Beredar Meskipun Telah Menggunakan Euro


Source : webandi

Saat Mark Jerman digantikan oleh Euro sebagai mata uang yang baru. Jerman tidak langsung menghentikan peredaran Mark Jerman didalam masyarakat. Dimana uang kertas dan koin Mark Jerman masih dapat diterima sebagai alat tukar sampai tanggal 28 Februari 2002.

Hal ini jelas sangat berbeda dengan negara Eropa yang lainnya, dimana mereka hanya menggunakan waktu selama 2 bulan, saat mata uang lama dan mata uang euro beredar secara berdampingan. Selanjutnya mereka menghentikan peredaran mata uang lama dan menggunakan Euro sebagai mata uang yang baru.

6. Tokoh yang Mengenalkan Uang Mark Jerman


Source : 221438

Faktanya ada seorang tokoh penting yang mengenalkan Suetsche Mark kepada masyarakat Jerman.

Tahukah kalian siapa yang mengenalkan mata uang Jerman yang baru ?

Jawabannya adalah Ludwig Erhard yang menjadi tokoh penting memperkenalkan Mark Jerman pada 20 Juni 1948 kepada masyarakat Jerman. Pada saat itu Mark Jerman Menggantikan Reichmark yang telah lebih dulu menjadi mata uang Jerman.

7. Tujuan Diperkenalkannya Mark Jerman


Source : wikimediaimages

Pengenalan Mark Jerman sebagai mata uang baru bukan semata-mata tanpa tujuan sama sekali. Sebab ada alasan penting yang mendasari mengapa Ludwig Erhard memperkenalkan mata uang baru tersebut kepada masyarakat.

Alasannya adalah untuk melindungi jerman Barat dari serangan hiperinflasi yang kedua dan menghentikan kegiatan barter dan transaksi di pasar gelap yang merajalela.

8. Kurs Awal Antara Reichmark dan Duetschemark


Source : the3cats

Saat mata uang ReichMark digantikan dengan Duetsche Mark, pemerintah Jerman telah menetapkan nilai tukar diantara kedua mata uang tersebut.

Nilai tukar awal antara Reichmark dan Duetsche mark pada awak diperkenalkan adalah DM 1 = RM 1 untuk beberapa hal mendasar seperti upah, gaji, dan sewa. Namun untuk sisa saldo kredit swasta bukan bank ditetapkan sebesar DM 1 = RM 10 dengan setengahnya dibekukan.

9. Pernah Ada Masa Dimana Masyarakat Jerman Ingin Kembali Ke Duetsche Mark


Source : picturepest

Penggantian Duetsche Mark kedalam mata uang baru yaitu Euro pernah mengalami kemerosotan popularitas. Dimana sebagian besar penduduk Jerman lebih menginginkan kembali menggunakan Duetsche Mark dibandingkan menggunakan Euro.

Survey tersebut dilakukan lembaga Ipsos yang menunjukan 51 persen masyarakat ingin kembali menggunakan Duetsche Mark sedangkan orang yang ingin mempertahankan Euro hanya sebesar 30 persen dan sisanya masih ragu-ragu.

Hal tersebut dapat terjadi akibat tidak populernya dana talangan miliaran Euro untuk membantu Yunani yang pada saat itu sedang mengalami krisis.

10. Kode Mata Uang Jerman


Source : assy

Sama seperti kebanyakan mata uang lain yang banyak beredar di dunia. Duetsche Mark juga memiliki kode ISO 4217 yang digunakan untuk mempermudah dalam setiap transasksi bisnis dan ekonomi.

Lalu apa Kode ISO 4217 untuk mata uang Jerman tersebut ?

Jawabannya adalah Duetsche Mark memiliki kode ISO 4217 dengan simbol DEM.

11. Bisa Diganti Euro Kapanpun


Source : will spaetzel

Pihak Duetsche Bundesbank menjamin bahwa mata uang DEM dalam bentuk yang tunai dapat ditukarkan dalam bentuk Euro tanpa memiliki batas waktu. Artinya setiap masyarakat Jerman yang masih memiliki DEM dapat lengsung menukarkan DEM di setiap cabang Bundesbank manapun. Bahkan setiap warga Jerman bisa mengirimkan uang tersebut ke Bundesbank melalui pos.

12. Mata Uang Jerman Timur


Source : wilhei

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Duetsche Mark pada awalnya adalah mata uang Jerman Barat sebelum resmi menjadi mata uang Jerman yang bersatu pada tahun 1990.

Lalu muncul pertanyaan apa nama mata uang Jerman timur sebelum adanya DEM ?

Jawabannya adalah Ostmark, inilah nama mata uang Jerman Timur sebelum mereke resmi menggunakan DEM dan bersatu dengan Jerman Barat.

13. Nama lain Deutsche Mark


Source : 2211438

Selain DEM sebagai simbol yang merujuk pada Duetsche Mark, faktanya ada nama lain yang banyak digunakan masyarakat Jerman atas mata uang mereka.

Tahukah kalian apa nama yang dimaksud tersebut ?

Salah satu nama yang sering digunakan masyarakat Jerman adalah D-Mark yang merupakan nama unik yang merujuk kepada mata uang Jerman, Duetsche Mark.

14. Stabilitas Mark Jerman


Source : publicdomainpictures

Duetsche Mark memiliki reputasi sebagai mata uang paling stabil di dunia dan hal ini didasarkan pada kebijakan yang dikeluarkan oleh Bundesbank yang merupakan bank sentral Jerman.

Kestabilan Mark Jerman sangat terlihat di tahun 1993 yaitu saat terjadi spekulasi terhadap Franc Perancis dan mata uang Eropa yang lainnya. Sehingga hal tersebut menyebabkan berubahnya mekanisme nilai tukar di Eropa.

15. Jerman Mengeluarkan Mata Uang Terbesar


Source : 2211438

Pernah ada suatu masa saat Jerman menghadapi masalah inflasi pada tahun 1923 yang mengakibatkan mereka harus mengeluarkan mata uang dengan nilai yang tinggi.

Dimana pada tahun terjadinya inflasi, Jerman pernah mengeluaran uang dengan nominal 1 Triliun Mark.

Itulah berbagai fakta menarik dan unik berkaitan dengan mata uang Jerman. Semoga pengetahuan diatas dapat menginspirasi kalian.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Business, Knowledge