10 Fakta Memutihkan Kulit Ketiak Anda

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source:Xiaonaoo

Ketiak hitam merupakan masalah kecil yang sangat mengganggu bagi wanita. Ketika menggunakan baju tanpa lengan anda mungkin  merasa kurang nyaman karena takut bagian ketiak anda terlihat. Ketiak yang hitam dapat disebabkan banyak hal seperti  infeksi bakteri, gesekan dengan baju atau penyakit dasar seperti hipotiroid dan acanthosis nigricans. Namun, jangan khawatir karena terdapat 10 fakta menarik yang dapat membuat anda tampil percaya diri ketika menggunakan baju tanpa lengan

1.Aloe vera

Source:tianium22

Aloe vera sering digunakan untuk perawatan tubuh. Mulai dari rambut, kulit tubuh dan wajah. Untuk masalah ketiak hitam, aloe vera benar- benar membantu. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa bahan aktif aloin mempunyai efek memutihkan kulit dengan membantu agregrasi melanin. Melanin merupakan pigmen yang mewarnai kulit manusia. Selain itu, aplikasi gel aloe ke kulit anda membatasi aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi atau kulit yang menggelap. Selain itu, aloe mengandung properti antibakterial dan meredakan peradangan kulit. Beberapa ahli merekomendasikan menggunakan gel aloe yang alami karena beberapa tambahan pada gel aloe vera kemasan seperti parfum dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

2.Mulberry

Source:Shenxin

Mulberry tidak hanya buah untuk cemilan tetapi juga merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti pengobatan Unani dan Ayurveda. Mulberry mengandung zat aktif yang disebut Mulberroside F, yang dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga mengurangi hiperpigmentasi  dan mencegah proses penghitaman kulit. Anda dapat menghancurkan buah murberry agar mendapatkan ekstraknya atau menggunakan daun pohon Murberry yang dikeringkan. Kemudian oleskan pada kulit ketiak anda dan diamkan selama beberapa menit baru bersihkan.

3.Jeruk atau Lemon

Orange LemonSource: manolofranco

Buah jeruk atau lemon membantu membuat warna kulit menjadi lebih cerah dengan mengaplikasikan secara topikal pada kulit ketiak. Ekstrak kulit jeruk mengandung bioflavonoid yang disebut hesperidin. Penelitian menunjukkan bahwa komponen ini memiliki efek penghambat terhadap sintesis melanin dan juga meningkatkan kecerahan warna kulit. Selain itu, kulit jeruk memiliki efek antiseptik dan antibakteri. Jadi, setelah anda menikmati kesegaran jeruk atau lemon jangan dibuang dulu kulit buahnya. Simpan dulu tetapi jangan terlalu lama agar tidak membusuk kemudian gunakan sebagai skrub untuk kulit anda yang menghitam. Setelah pengaplikasian jeruk pada kulit anda, oleskan pelembab pada kulit anda karena jeruk dapat membuat kulit anda kering.

4.Pir

Source:PublicDomainPicture

Beberapa penelitian terhadap ekstrak tumbuhan menunjukan bahwa arbutin, sebuah komponen organik yang ditemukan pada pir mungkin memiliki efek yang lebih bercahaya pada kulit lewat supresi enzim tyrosinase. Enzim ini terlibat dalam reaksi kimia pigmentasi kulit pada sel melanosit. Komponen ini terkonsentrasi pada kulit, daun, buah dan pohon pir. Anda bisa menghaluskan kulit dan buah kemudian mengoleskannnya pada bagian ketiak anda yang menghitam.

5.Kentang

PotatoSource:Mike Mozart

Kentang tidak saja memiliki rasa yang enak, namun juga sangat bernutrisi dan membantu mencerahkan kulit. Kentang mengandung banyak nutrisi esensial seperti vitamin B kompleks, kalium, magnesium, zinc dan lainnya. Namun zat yang bertanggung jawab terhadap kecerahan kulit adalah niacinamide, turunan dari vitamin B kompleks. Penelitian menunjukan bahwa niacinamide bekerja secara efektif dalam mencerahkan kulit. Anda dapat menggunakan kulit kentang untuk mencerahkan kulit bawah ketiak anda. Selain itu, anda dapat menggunakan potongan daging kentang. Anda dapat  menggosokan potongan daging kentang pada kulit anda yang menghitam dengan gerakan sirkuler.

6.Baking Soda

Source:evitaochel

Baking soda sering disebutkan sebagai bahan alami untuk terapi memutihkan kulit atau gigi. Baking soda bekerja dengan cara mengelupas kulit mati ketiak anda. Kulit mati pada ketiak anda akan membut kulit ketiak anda tampak lebih gelap. Baking soda dapat digunakan sendiri atau digabungkan dengan air mawar. Untuk menghilangkan kulit hitam pada kulit ketiak, anda dapat mencampur baking soda dengan air agar menjadi pasta tebal dan mengaplikasikan pada ketiak anda. Kemudian gosoklah secara perlahan selama beberapa menit baru kemudian bersihkan ketiak anda. Perawatan ini dapat anda ulangi beberapa kali dalam seminggu.

7.Krim pemutih kulit

Source:andreas160578

Bahan alami cenderung lebih aman digunakan dibandingkan dengan yang sudah dalam kemasan. Namun, jika anda malas atau merasa memiliki sedikit waktu untuk mengolah bahan alami, anda dapat mencoba krim pemutih kulit. Krim ini mengandung sejumlah zat kimia seperti hydroquinon, steroid, retinol / Retin A, tretinoin , hauronoside ( ditemukan dalam mitracarpus scraber), dan arbutin (terkandung dalam pir atau daun uva ursi). Bahan- bahan ini bekerja dengan mencegah aksi tyrosinase dan membantu proses pengelupasan kulit mati  sehingga membantu memutihkan dan mencerahkan kulit anda. Ketika anda menggunakan krim pemutih pada ketiak anda, oleskan krim tersebut pada area yang gelap saja, jangan ke daerah yang tidak gelap. Dan hentikan ketika anda sudah mendapatkan efek putih yang anda inginkan. Sebagian besar krim pemutih memerlukan waktu yang lama, minimal 6 bulan untuk memberikan hasil yang anda inginkan.

8.Laser

eyeSource: TheShiv76

Jika dengan menggunakan bahan alami hingga krim pemutih, kulit ketiak anda masih hitam. Anda perlu mempertimbangkan menggunakan terapi yang agak lebih mahal. Terapi laser tidak hanya untuk kulit keriput, bekas jerawat, menghilangkan tato, flek wajah, tanda lahir dan lain sebagainya. Namun, juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Termasuk kulit ketiak anda. Cara ini merupakan salah satu cara tercepat dan paling efektif dalam memutihkan kulit. Prosedur memutihkan kulit dengan laser adalah dengan mengarahkan energi laser pada daerah kulit yang hitam. Laser ini akan membuang kulit hitam lapis demi lapis.

9.Peeling

Source:kerdkanno

Seperti kulit wajah, untuk mencerahkan kulit ketiak anda, metode peeling dengan bahan kimiawi dapat diterapkan. Peeling kimiawi menggunakan larutan asam untuk membuang lapisan kulit terluar. Bahan yang digunakan untuk peeling kimiawi adalah alpha hydroxy acids (AHA), phenol, retinoic acid, beta-hydroxy acid (BHA), trichloroacetic acid (TCA). Bahan- bahan ini akan memberikan anda kulit yang lebih cerah, halus dan menghilangkan berbagai pigmentasi kulit yang tidak merata.

10.Terapi memutihkan dengan mikrodermabrasi

Source:Ruth Hartnup

Teknik mikrodermabasi adalah teknik abrasif non-kimia yang bertujuan untuk memutihkan kulit dan mengatasi berbagai kerusakan pada kulit. Mikrodermabasi membuang kulit mati dan membuat area kulit manapun tampak lebih cerah dan meremajakan kulit dengan memperbaiki tekstur kulit. Mekanisme mikrodermabrasi dalam membentuk kulit yang lebih indah adalah dengan merangsang terbentuknya lapisan kulit baru yang lebih sehat setelah kulit mati diabrasi. Alat yang digunakan untuk mengelupas kulit yang mati adalah mikrokristal AL(OH)3 atau aluminium trioksida.

Kulit putih dan cerah merupakan faktor penambah kepercayaam diri wanita. Bahkan kulit pada daerah- daerah tersembunyi dalam tubuh anda dapat menambah rasa percaya diri anda berkali- kali lipat. Semoga info ini bermanfaat bagi perawatan kulit anda!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health, Lifestyle