15 Manfaat Daun Sambiloto, Si Pahit Dengan Banyak Khasiat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Dinesh Valke

Siapa tidak kenal sambiloto? Satu dari sekian banyak tanaman herbal yang terkenal memiliki berbagai macam khasiat (yang paling populer adalah sebagai obat diabetes). Tanaman yang termasuk kedalam famili Acanthaceae ini biasa tumbuh di dataran rendah, dengan habitat seperti kebun, sawah, ataupun hutan.

Kandungan andrographolide dalam sambiloto lah yang membuatnya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, andrographolide merupakan senyawa utama dari sambiloto yang berkhasiat sebagai antiinflamasi, antidiabetes, antioksidan, dan juga antiaterosklerosis.

Dan kandungan andrographolide juga lah yang menyebabkan sambiloto memiliki rasa pahit di semua bagiannya, (daun, batang, bunga hingga akarnya). Tapi biarpun demikian si pahit ini memiliki banyak sekali manfaat serta khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Lihat apa saja yuk manfaat dan khasiat dari si pahit ini, sebagai referensi bagi anda supaya tidak melulu mengkonsumsi obat-obatan kimia.

1. Sebagai Obat Flu


silviarita

Ketika terjadi perubahan cuaca tak jarang diiringi juga dengan menurunnya daya tahan tubuh kita, jika sudah demikian, maka potensi untuk terjangkit flu terbuka lebar. Dan jika anda sudah terlanjur terserang flu, ada baiknya mencoba pengobatan herbal atau tradisional terlebih dahulu, agar tidak melulu mengkonsumsi obat kimia yang tentunya mengandung efek samping.

Daun sambiloto ternyata berkhasiat juga untuk mengobati flu. Caranya, siapkan bubuk daun sambiloto kering sekitar 1 gram, lalu diseduh dengan air panas ke dalam cangkir. minum sekaligus setelah dingin, Jika perlu minum 3 sampai 4 kali sehari.

2. Sebagai Penurun Demam/Panas


gadini

Ketika anda demam, jangan buru-buru minum obat, ya. Coba minum dulu minum air putih yang banyak sembari siapkan ramuan sambiloto sebagai berikut. Siapkan 1 genggam daun sambiloto segar, lalu tumbuk. Setelah ditumbuk, tambahkan air sekitar 1/2 gelas. Saring lalu minum sekaligus sampai habis. Atau anda bisa juga menggunakannya untuk obat luar. Caranya, daun segar yang digiling tadi bisa di letakan di dahi sebagai kompres.

3. Pereda Sakit Kepala


geralt

Sakit kepala memang sangat menggangu. Anda jadi sulit konsentrasi dan berpikir jernih. Kadang jika sudah terasa sangat berat, membuka mata saja terasa sulit. Jangan khawatir, ada daun sambiloto yang siap membantu meringankan penderitaan anda. Caranya? Olah daun sambiloto seperti untuk sakit demam di atas. Jangan lupa istirahat juga, ya.

4. Mengobati Batuk Rejan


William Brawley

Batuk rejan (pertusis) adalah batuk yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru serta saluran pernapasan. Dan karena batuk ini disebabkan oleh infeksi bakteri, maka batuk ini mudah menular. Ciri batuk rejan adalah batuk yang keras dan berlangsung terus menerus. Biasanya diawali dengan tarikan napas yang panjang lewat mulut. Batuk ini kadang bisa menyerang seseorang hingga selama tiga bulan.

Daun sambiloto ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati batuk rejan, lho. Caranya, Sediakan daun sambiloto segar sebanyak 5 hingga 7 lembar, lalu seduh dengan 1/2 gelas/cangkir air panas. Setelah itu, tambahkan madu secukupnya sembari diaduk. Minum segera setelah dingin. Jika perlu minum 3x sehari.

5. Obat Tifus


Ankarino

Tifus atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan awam “tipes”, atau biasa juga disebut demam tifoid adalah penyakit yang terjadi dikarenakan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Biasanya bakteri tersebut menjangkit melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Penderita tifus biasanya menunjukan gejala setelah 1 hingga 3 minggu terinfeksi. Gejala yang muncul biasanya demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala, dan sakit perut.

Adapun cara pengobatan penyakit ini dengan menggunakan daun sambiloto adalah dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun sambiloto untuk direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Biarkan mendidih hingga air berkurang setengahnya (kira0kira saru gelas). Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

6. Mengatasi Diabetes


TesaPhotography

Diabetes kini tidak hanya menyerang mereka dengan usia 40 atau 50 tahun ke atas. Ada juga orang-orang usia 20-an yang kini menderita penyakit ini. Gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya porsi olahraga mungkin menjadi pemicu timbulnya penyakit ini. Bagi anda penderita diabetes, mungkin bisa mencoba ramuan daun sambiloto berikut ini.

Siapkan segenggam daun sambiloto lalu cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, dan biarkan hingga air tersisa sekitar 2 gelas. Saring menggunakan saringan teh, minum setelah makan.

7. Pencegah dan Pereda Asam Urat


d_d_c_71

Penyakit asam urat (gout) adalah suatu penyakit yang ditandai dengan pembengkakan serta rasa panas di persendian, kondisi ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.  Sebetulnya semua persendian di tubuh manusia bisa terjangkit asam urat, tapi bagian tubuh yang paling sering terjangkit adalah sendi jari tangan, pergelangan kaki, lutut, serta jari kaki.

Daun sambiloto bisa dibuat ramuan untuk mengobati penyakit ini. Caranya, Sediakan beberapa lembar daun sambiloto dan beberapa ruas kunyit. Rebus keduanya dengan segelas air, didihkan, lalu dinginkan. Minum teratur agar asam urat tidak berani menghampiri lagi.

8. Anti Malaria


Yasser

Malaria adalah jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Plasmodium. Parasit tersebut banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis dan sub-tropis, termasuk Indonesia. Sebetulnya ada lima jenis Plasmodium yang berpotensi menyerang manusia. Namun Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, dan Plasmodium falciparum lah yang paling berbahaya, mengapa? karena dapat menyebabkan kematian.

Buatlah ramuan daun sambiloto untuk mengobati malaria dengan cara sebagai berikut. Siapkan segenggam daun sambiloto, lalu rebus dengan empat gelas air, dan biarkan mendidih hingga menjadi 2 gelas. Setelah itu saring dan minumlah secara teratur (3 kali sehari sebanyak ½ gelas) hingga kondisi membaik.

9. Obat Sakit Gigi


geralt

Sakit gigi memang sangat menyiksa. Yang sakitnya satu gigi, yang terkena dampaknya banyak. Seluruh gigi terasa sakit, kepala ikut nyut-nyutan. Duduk salah, berdiri salah, berbaring pun tidak nyaman. Belum lagi mood yang ikutan berantakan gara-gara si gigi yang sakit. Jangan sampai deh Anda mengalami kejadian di atas. Rajinlah menyikat gigi dan rutin memeriksakan kondisi gigi anda ke dokter gigi. Tapi jika sudah terlanjur sakit, anda bisa mencoba ramuan daun sambiloto berikut untuk meringankan hinga menyembuhkan sakitnya.

Buatlah rebusan 9 hingga 15 gram daun sambiloto dengan 3 gelas air. Didihkan hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minumlah 2 kali sehari.

10. Sebagai Obat TB Paru


Myriams-Fotos

Radang paru bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Penyakit ini sangat berbahaya karena di Indonesia, radang paru merupakan penyakit penyebab kematian ketiga setelah penyakit kardiovaskuler dan tuberkolosis. Radang paru bisa terjadi karena penghirupan mikroorganisme dari udara yang tercemar, bisa juga karena aliran darah dari infeksi yang terjadi di organ tubuh yang lain, atau perpindahan organisme langsung dari infeksi yang terjadi dekat paru-paru.

Adapun untuk pengobatan radang paru, daun sambiloto bisa diolah dengan cara berikut. 9 hingga 15 gram daun yang sudah dikeringkan direbus dengan 3 gelas air, didihkan sampai tersisa 1 gelas. Saring setelah dingin, dan minum air rebusannya sebanyak 2 kali dalam sehari (1/2 gelas setiap kali minum).

11. Meringankan Hingga Meredakan Radang Tenggorokan


Markus Spiske

Penyebab radang tenggorokan terbagi kedalam dua golongan umum, yaitu penyebab infeksi, yaitu yang disebabkan oleh virus dan bakteri, serta penyebab non-infeksi, adalah yang disebabkan oleh alergi, iritan, atau tumor. Namun yang paling sering terjadi adalah infeksi karena virus. Terkena radang tenggorokan sudah pasti menimbulkan perasaan sakit dan tidak nyaman; perasaan panas dalam, sakit menelan, dan kadang pening seringkali menyertai kehadiran si radang.

Jangan khawatir, daun sambiloto siap membantu anda mengusir si radang. Caranya siapkan 1 gram daun sambiloto yang sudah dalam bentuk bubuk untuk diseduh dengan air panas. Minum ketika sudah dingin. Konsumsi 3 sampai 4 kali sehari jika perlu.

12. Mempercantik Wajah


alehidalgo

Untuk anda kaum hawa, daun sambiloto juga bisa dipakai untuk mempercantik kulit lho, coba haluskan beberapa helai daun sambiloto. Lalu simpan hasil tumbukan sambiloto dtersebut ke dalam kain untuk kemudian diletakkan pada bagian kulit yang anda inginkan (terutama wajah).

13. Anti Jerawat


Kjerstin_Michaela

Kesal dengan jerawat yang kerap datang tanpa diundang? Coba manfaatkan khasiat si pahit untuk mengusir jerawta anda. Daun sambiloto memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Anda bisa memanfaatkan daun sambiloto sebagai obat luar maupun obat dalam.

Untuk menggunakannya sebagai obat luar, anda harus membuat ekstraknya terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup siapkan beberapa helai daun sambiloto lalu cuci hingga bersih. Setelah itu haluskan daun hingga terbentuk ekstrak yang bisa langsung anda oleskan sebagai obat jerawat di wajah anda. Sedangkan untuk digunakan sebagai obat dalam, anda bisa meminum rebusan daun sambiloto.

14. Flek Hitam di Wajah


tommerton20

Khawatir dengan maraknya isu bahan kimia berbahaya di dalam krim wajah? Padahal anda perlu untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan flek hitam di wajah? Pakai cara tradisional saja kalau begitu. Selain murah, bebas efek samping, juga membuat anda merasa tenang karena anda  tidak membiarkan bahan kimia berbahaya meresap ke dalam kulit wajah anda. Caranya? Contek cara membuat ramuan untuk mempercantik wajah di poin 12 di atas ya, dijamin flek hitam tidak betah berlama-lama di wajah anda.

15. Mengatasi Keputihan


snapwire

Daun sambiloto juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan organ intim wanita, khususnya untuk mengatasi keputihan. Jika selama ini anda memiliki masalah keputihan, mungkin  ada baiknya anda mencoba daun sambiloto sebagai solusinya. Caranya, rebus dalam 3 gelas air, 30 gram daun sambiloto kering dan sirih secara bersamaan, masak hingga mendidih lalu dinginkan. Gunakan larutan tersebut untuk membersihkan area kewanitaan anda 2 kali sehari untuk menjaga kesehatannya serta menghindari keputihan berlebih.

Itulah 15 manfaat dan khasiat daun sambiloto untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa anda praktekkan di rumah, Namun alangkah lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada para ahli (dokter atau pakar herbal) sebelum anda mengkonsumsi atau mengaplikasikan manfaatnya guna memaksimalkan khasiatnya.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kesehatan