15 Manfaat Daun Mimba Bagi Kecantikan dan Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Forest and Kim Starr

Tumbuh-tumbuhan banyak memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Tanpa kita sadari banyak sekali berbagai macam tumbuhan liar yang ada di sekitar kita entah itu tumbuhan yang kita temukan di pinggir jalan atau mungkin di hutan ternyata merupakan jenis tumbuhan yang berkhasiat. Seperti misalnya daun mimba. Daun mimba berasal dari pohon mimba yang memiliki ketinggian sekitar 40-50 kaki. Neem leaves atau yang biasanya di Indonesia disebut dengan daun mimba atau intaran ini tergolong dalam tanaman perdu yang biasanya tumbuh di daerah tropis terutama pada dataran rendah.

Tumbuhan ini pertama kali di temukan di India dan diperkiran menyebar di Indonesia sejak tahun 1500. Di Indonesia sendiri, daun mimba tumbuh subur di daerah Jawa Barat, Jawa Timur dan Madura. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa pohon mimba tumbuh baik di provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Daun mimba yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan Azadirachta indica A. Juss. ini mungkin banyak dikenal orang sebagai insektisida. Namun ternyata, lebih dari itu daun mimba juga menyimpan banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Dalam sejarah penggunaannya di dunia kesehatan, sejak ribuan tahun silam dari zaman Ayurveda kuno di India, tumbuhan ini (mulai dari akar, buah, daun dan bagian lain dari pohon nimba) digunakan sebagai bahan pengobatan alami dan disebutkan mempunyai beragam khasiat yang menguntungkan bagi tubuh.

Daun mimba memiliki beberapa kandungan senyawa seperti β-sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, rutin, azadirachtin dan nimbine dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Beberapa diantaranya tersebut bahkan ada yang diungkapkan berguna sebagai antikanker. Bermacam kandungan yang berkhasiat dalam daun mimba kemudian yang mengakibatkan munculnya banyak produk berbahan dasar daun mimba dalam ranah kecantikan dan kesehatan. Untuk merawat kecantikan rambut hingga wajah misalnya sudah banyak produk seperti sabun, sampo, bedak dan banyak lagi produk lainnya berbahan dasar daun mimba. Di dunia kesehatan, beragam pengobatan herbal dari ekstrak daun mimba diproduksi untuk mengatasi sejumlah penyakit mulai dari penyakit ringan hingga yang berat.

Untuk lebih lengkapnya, berikut sejumlah ulasan mengenai manfaat daun mimba untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Mengusir Jerawat


Source : Kjerstin_Michaela

Jika anda memiliki masalah dengan jerawat di wajah anda, maka bahan alami dari daun mimba ini bisa menjadi solusinya. Daun mimba dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan merebus daun mimba. Kemudian tunggulah air rebusan tersebut dingin, barulah kemudian basuh kulit wajah dengan air tersebut. Anda bisa melakukannya secara rutin.

2. Melembabkan Kulit

Source : Jakob Montraslo

Kulit kering merupakan salah satu masalah yang kerap mengganggu penampilan. Daun mimba bisa juga digunakan sebagai masker untuk melembabkan kulit sehingga tidak kering lagi. Caranya adalah, anda bisa meracik daun mimba dengan mencampurkan rebusan daun mimba dengan jeruk, madu, youghurt dan susu kedelai. Masker ini bisa diaplikasikan pada wajah anda sebanyak tiga kali seminggu.

3. Mengecilkan Pori-pori Kulit

Source : Orin Zebest

Pori-pori kulit kerap kali menjadi sumber masalah pada wajah. Untuk mengatasi masalah pori-pori kulit yang besar dapat dilakukan dengan cara menggunakan pasta daun mimba sebagai masker wajah. Pori-pori wajah yang kecil akan ikut mencegah timbulnya jerawat dan noda hitam pada wajah. Sehingga penampilan dan kesehatan wajah pun akan tetap terjaga.

4. Melembabkan Rambut

Source : Betsy Jons

Tidak hanya untuk kecantikan wajah,daun mimba bisa juga untuk memelihara kelembaban rambut.  Sebagai mahkota terutama bagi para wanita, memiliki rambut yang sehat terawat adalah hal yang penting salah satunya dengan menjaga kelembaban rambut. Caranya mudah saja yaitu dengan merebus bersama-sama daun mimba, air dan madu. Campuran ini bisa digunakan sebagai kondisioner alami.

5. Mengatasi Ketombe

Source : trinhkien91

Ketombe juga merupakan salah satu masalah yang seringkali dihadapi banyak orang. Rasa gatal yang timbul pada kulit kepala yang diakibatkan oleh ketombe tentu saja hal yang cukup myebalkan. Jika dengan pencuci rambut anda biasanya tidak mempan menghilangkan ketombe, maka cobalah dengan menggunakan bahan alami yaitu daun mimba yang mengandung zat antifungi dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah ketombe.

6. Mengatasi Kerontokan Rambut


Source : RyanMcGuire

Rambut rontok merupakan masalah yang biasa terjadi namun ketika semakin banyak rambut rontok dan rambut pun semakin tipis, hal ini bisa saja menyebabkan terjadinya kebotakan jika sudah parah dan tidak diatasi segera. Kurangnya nutrisi bagi rambut menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk menutrisi rambut sehingga menjadi lebih kuat, daun mimba bisa menjadi pilihan. Kandungan alami dalam daun mimba dapat menstimulasi pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat.

7. Memelihara Kesehatan Mulut

Source : Kjerstin_Michaela

Menjaga kebersihan mulut merupakan suatu hal yang penting untuk menunjang kesehatan serta penampilan. Namun beberapa masalah terjadi pada mulut seperti gusi berdarah, bau nafas dan plak. Kandungan dalam daun mimba berkhasiat memelihara kesehatan mulut dari beberapa masalah tersebut. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba menggunakan produk pasta gigi dengan bahan dari daun mimba.

8. Memutihkan Gigi


Source : Kjerstin_Michaela

Memiliki gigi berwarna kuning tentu saja dapat mengurangi kepercayaan diri. Banyak cara bisa dilakukan untuk memutihkan gigi demi menunjang penampilan yang menarik. Salah satunya dengan cara yang alami menggunakan bahan dari alam yaitu daun mimba. Adanya pasta gigi yang terbuat dari daun mimba bisamenjadi solusi memutihkan gigi anda hingga menjadi cemerlang.

9. Mengatasi Demam

Source : stevepb

Ketika terserang demam, kebanyakan orang akan khawatir dan menenggak obat penurun demam atau parasetamol. Sebagai alternatif alami daun mimba dapat mengatasi demam dengan salah satu cara tradisional yang disarankan yaitu merebus kira-kira 10 gram daun mimba yang sudah dicuci terlebih dahulu. Rebus dengan segelas air selama kurang lebih lima belas menit. Setelah dingin air rebusan  yang telah disaring dapat diminum.

10. Mengobati Masuk Angin


Source : PublicDomainPictures

Masuk angin bukanlah perkara sepele. Gangguan kesehatan yang satu ini bisa jadi cukup merepotkan jika tidak ditangani. Ingin mencoba alternatif herbal alami? Daun mimba juga dipercaya dapat mengobati masuk angin. Untuk pengobatan masuk angin, disarankan untuk merebus daun mimba yang sudah dikeringkan dan satu rimpang jahe sampai mendidih lalu disaring dan airnya diminum.

11. Antioksidan

Source : Maialisa

Antioksidan adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi dalam memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat dari radikal bebas. Mengonsumsi antioksidan alami yang terkandung dalam buah-buahan atau tanaman obat lainnya dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa tanaman obat mengandung antioksidan yang tinggi seperti salah satunya yaitu daun mimba.

12. Mengobati Malaria


Source : Freeimages9

Hanya karena gigitan makhluk kecil bernama nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang cukup parah yaitu malaria. Pengobatan penyakit malaria ini ternyata sudah sejak lama ditangani dengan daun mimba. Bukan tanpa alasan daun mimba berguna mengobati penyakit malaria. Hal ini karena daun mimba memiliki senyawa gedunin yang efektif mengobati penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini.

13. Mengobati Diabetes

Source : stevepb

Diabetes merupakan ancaman yang serius bagi kesehatan manusia. Diperkirakan penderita diabetes terus meningkat jumlahnya di masa yang akan datang. Diantaranya berbagai macam jenis obat, adanya daun mimba memperkaya khasanah pengobatan herbal alami. Terlebih lagi bagi para penderita diabetes, daun mimba menjadi sebuah alternatif yang layak dicoba untuk mengobati penyakit diabetes. Daun mimba ampuh dalam mencegah diabetes karena mengandung khasiat yang baik untuk mengontrol kadar gula di dalam darah.

14. Antibakteri


Source : geralt

Sejumlah bakteri berbahaya mampu menimbulkan beragam penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya, anda dapat manfaatkan daun mimba yang bisa berkhasiat menjadi  daun herbal anti bakteri yang dapat mencegah infeksi dan mencegah pemicu penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penelitian yang dilakukan oleh Zenenda, Ria Carolina (2007) menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun mimba dapat memberikan hambataan terhadap pertumbuhan  bakteri Escherichia coli.

15. Antikanker

Source : waldryano

Kanker adalah suatu penyakit berbahaya yang merupakan penyebab kematian terbesar. Salah satu upaya untuk mencegahnya adalah melaui ekstrak yang terbuat dari daun mimba memiliki sifat antikanker yang membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa tipe sel kanker. Menggunakan bahan herbal alami menjadi alternatif lain untuk pencegahan dan pengobatan kanker dengan biaya yang relatif murah dan sebagai upaya meminimalkan efek samping.

Bagaimana menurut anda? Masih ragu dengan manfaat dari daun mimba?

Banyak penelitian terkait manfaat daun mimba begitu juga banyak ahli memang telah mengungkapkan kegunaan dari daun mimba seperti segudang manfaat yang telah disebutkan di atas. Terlebih lagi sejarah penggunaan daun mimba sejak jaman dulu kala menjadi bukti khasiatnya. Namun dalam menggunakan daun mimba tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik yaitu potensi efek samping yang bisa ditimbulkan.

Reaksi atau efek samping yang timbul akibat penggunaan daun mimba tentu saja berbeda pada setiap orang tergantung pada banyak hal dan kondisi. Bisa saja anda mengidap alergi atau sedang mengidap penyakit tertentu yang justru memiliki efek samping yang buruk jika menggunakan daun mimba baik dalam mengatasi masalah kecantikan hingga kesehatan tubuh.

Bagaimanapun juga informasi ini merupakan referensi pengetahuan awal bagi anda yang tertarik dengan khasiat daun mimba. Telususri lebih dalam lagi terkait dengan daun mimba. Oleh karena itu jangan lupa berkonsultasi dengan dokter dan para ahli sebelum memulai menggunakannya.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kesehatan