15 Fakta Sejarah Uang Malaysia Dari Masa Ke Masa

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Ahmad Bakri

Malaysia adalah negara terdekat dengan Indonesia. Walau hubungan politik kedua negara pasang surut, namun kesamaan budaya masyarakat tidak dapat dipisahkan. Turis Malaysia banyak berasal dari Indonesia. Untuk dapat berbelanja disana tentu mata Ringgit yang digunakan. Namun tahukan anda beberapa fakta tentang uang malaysia itu? Berikut kami berikan pada anda.

1. Menggunakan Rupee Hingga 1837


Dinesh Cyanam

Pada masa sebelum Inggris memasuki wilayah Malaysia dan membentuk sebuah aera Penempatan Selat, negeri ini menggunakan mata uang Rupee yang di populerkan oleh para pedagang India yang berlabuh di Malaysia. Penggunaan mata uang ini sangat populer hingga para koloni Inggris masuk ke Malaysia dan menggantinya dengan mata uang terbitan sendiri.

2. Menggunakan Uang Terbitan Inggris


Transport Pixels

Kolonial Inggris masuk ke Malaysia pada 1826. Pada awal-awal masa kedatangannya, Rupee masih populer sebagai alat tukar bagi para pedagang. Hingga para koloni Inggris menerbitkan dolar selat untuk dipergunakan di wilayah Malaysia saat itu. Dolar selat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah, dan senilai dengan 2 shiling  pence, uang yang digunakan Inggris saat itu.

3. Menggunakan Uang Kolonial Jepang


Walsh

Jepang masuk ke Malaysia pada 1941, dengan niatan ingin menaklukan negeri tersebut. Tentara Jepang berhasil memukul mundur para koloni Inggris dan mengambil alih pemerintahan di Malaysia. Seiiring itu juga Jepang menerbitkan mata uangnya sendiri untuk di gunakan di Malaysia. Uang ini kemudian tetap populer walaupun Inggris kembali mengambil kekuasaan di Malaysia.

4. Ringgit Terbit Pertama Kali Pada 12 Juni 1967


Ahmad Bakri

Sepuluh tahun setelah kemerdekaan Malaysia dari Inggris, Bank Negara Malaysia sebagai otoritas keuangan negara tersebut menerbitkan Ringgit sebagai mata uang resmi negara mereka. Penerbitan mata uang ini untuk menghapus peredaran mata uang yang sebelumnya digunakan pada masa kolonial. Dan sebagai identitas negara mereka sebagai negara yang merdeka. Nilai mata uangnya mengikuti uang yang beredar sebelumnya.

5. Dari Bahasa Spanyol


Randen Pederson

Meskipun Malaysia adalah negara jajahan Inggris, namun kata Ringgit sendiri tidak berasal dari bahasa Inggris melainkan dari bahasa Spanyol. Hal ini merujuk pada koin mata uang spanyol yang sempat beredar memiliki gerigi disampingnya. Hal ini dianggap unik saat itu. Dan Riggit merujuk pada gerigi tersebut. Uang singapur yang juga bergerigi pada saat itu juga dipanggil Ringgit.

6. Hingga 1970, ‘dipakai’ di Indonesia


Ahmad Bakri

Karena kedekatan kedua negara, Ringgit juga sempat populer dan digunakan di Indonesia. Nilai 1 Ringgit setara dengan 2,5 Rupiah saat itu, dan beredar pecahannya. Namun masa ini tidak berlangsung lama karena Ringgit kemudian dihapus dan Rupiah menjadi satu-satunya alat tukar resmi di Indonesia. Namun di daerah yang berdekatan dengan Malaysia, Ringgit tetap digunakan secara tidak resmi.

7. Gambar Tunku Abdul Rahman


Stardex

Semua lembaran kertas mata uang Ringgit yang pernah dan sedang beredar memiliki satu kesamaan. Semua lembaran Ringgit hanya memiliki satu gambar tokoh yang sama disetiap pecahannya. Dia adalah Tuanku Abdul Rahman, Yang Dipertuan Agung yang pertama pasca kemerdekaan Malaysia dari Inggris.

8.Pernah Menggunakan Simbol $


Ahmad Bakri

Walaupun tidak menggunakan dollar, Ringgit Malaysia pernah menggunakan simbol $ di terbitan pertama Ringgit. Ini mengacu pada Dolar Selat yang dulu populer sebelum Ringgit dan untuk membuatnya menjadi familiar di kalangan masyarakat di masa transisi peralihan mata uang. Hingga pada 1993 simbol RM mulai diperkenalkan.

9. Dicetak Di Luar Malaysia


Miss Isz

Pada masa awal penerbitan Malaysia mempercayakan percetakan Ringgitnya kepada Australia, hal ini dilakukan karena Malaysia saat itu belum mampu untuk mencetak uang yang butuh keamanan khusus, yang berpotensi meningkatnya peredaran uang palsu. Pencetakan di luar negerri belangsung hingga tahun 1971.

10. Mulai Mencetak Sendiri Pada 1971


Ahmad Bakri

Malaysia mulai menceteka uang Ringgitnya sendiri pada 1971. Sekitar 5 tahun setelah Ringgit terbit, kali ini Malaysia telah memiliki teknologi sendiri untuk keamanan terhadap uang cetakannya. Hal ini juga untuk menekan ongkos produksi cetak di luar negeri yang lebih mahal.

11. Digunakan Di Beberapa Negara ASEAN


Huffpost

Karena negara Malaysia berbatasan langsung dengan banyak negara. Maka Ringgit tidak hanya populer di Malaysia saja. Ringgit juga di banyak beredar di perbatasan Indonesia, Philippines, dan Thailand. Bahkan di Ho Chi Minh City, Vietnam, Ringgit juga populer walau kota in tidak berbatas langsung dengan Malasyia.

12. Ringgit Kijang Emas

Bank Malaysia juga menerbitkan koin khusus bernilai 50RM, 100RM, dan 200RM. Koin ini terbuat dari emas dengan berat masing-masing  ¼ oz, ½ oz dan 1 oz. Koin ini tidak terbit secara massal dan lebih kepada sebagai bentuk investasi bagi para pemiliknya. Koin ini diterbitkan pada tahun 2001, dan membuat Malaysia sebagai negara ke-duableas sebagai penerbit koin emas.

13. Edisi 50 Tahun Kemerdekaan


Ahmad Bakri

Pada 2007 seri Ringgit khusus diedarkan dalam jumlah terbatas. 20.000 lebar edisi khusus pecahan 50RM untuk merayakan 50 tahun kemerdekaan dirilis bsecara khusus. Edisi ini memiliki warna kuning ditepinya dan hanya diedarkan pada tahun itu. Ringgit ini menjadi incaran para kolektor dan memiliki nilai yang lebih tinggi dari nominal tertera.

14. Tulisan Arab Pada Lembaran Ringgit


William Warby

Bila kita melihat uang-uang Ringgit yang beredar, terdapat tulisan arab pada cetakannya, Walaupun arab bukanlah bahasa resmi dinegara itu. Ini karena kerajaan Malaysia yang mendeklarasikan Islam sebagai agama resmi. Islam yang identik dengan arab juga menjadi agama mayoritas di negara itu.

15. Sebagai Mata Uang Terburuk Di 2015


Malaysia Stylo News

Malaysia pernah selamat dari krisis moneter ASEAN pada 1997 meskipun nilai ringgit sangat jatuh pada masa itu. Pada 2015 hal itu terulang kembali, nilai Ringgit terus merosot karena Cina sebagai mitra bisnis Malaysia sedang tidak stabil. Nilai Ringgit terus merosot hinga 2017, dan Bloomberg menyebutnya sebagai mata uang terburuk di Asia sejak 2015.

Itu beberapa fakta tentang uang Malaysia, Ringgit. Sebelum menukarkan uang anda ke Ringgit pada saat berlibur di Malaysia ada baiknya anda mengetahui sejarah uang negara tersebut. Kenali negara tetangga kita itu menyenangkan!

Are you open for next challenge? Expand Your Opportunities in Leaptalent

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Bisnis, Pengetahuan