15 Buah-buahan segar yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


romanov

Kita semua sudah mengetahui manfaat buah untuk kesehatan. Selain serat buah juga memiliki berbagai vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk tubuh kita. Kandungan yang terdapat didalam buah dapat memperbaiki atau meningkatkan fungsi organ tubuh kita.

Buah yang akan dikonsumsi sebaiknya dalam keadaan segar. Tentu buah yang bisa didapatkan dari pasar swalayan juga masih baik, tapi akan lebih baik lagi jika buah yang akan kita konsumsi merupakan buah segar.

Dari berbagai macam jenis buah yang ada, disini penulis mencoba membagikan beberapa diantaranya. Semua buah tersebut memiliki manfaat serta khasiat yang berbeda-beda, karena itu mari kita simak apa saja buah-buah yang dimaksud.

1. Pepaya


nightowl

Buah tropis ini berasal dari Meksiko dan sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Rasanya yang cukup netral serta tidak terlalu manis membuatnya cocok dipadukan dengan berbagai macam makanan seperti rujak misalnya. Pepaya memiliki senyawa yang dapat membantu melancarkan pencernaan.  Pepaya juga  mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulit.

2. Nanas


Pexels

Buah berduri dengan rasa yang tajam ini memiliki kandungan bromelain untuk membantu memecahkan protein. Nanas juga dapat mengobati penumpukan dan penyumbatan pembuluh darah serta dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.  Mengonsumsi  nanas bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Sedikit informasi tambahan, menambahkan nanas juga dapat membantu melembutkan daging.

3. Stroberi


ArtAllAnd

Stroberi biasanya digunakan dalam isian kue ataupun makanan manis lainnya. Ternyata stroberi juga memiliki manfaat lain. Buah merah ini mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu melawan penuaan.  Stroberi juga memiliki zat anti peradangan yang dapat melawan penyakit. Mengonsumsi buah ini secara teratur dapat mengurangi resiko pengeresan pembuluh darah.

4. Alpukat


stevepb

Untuk Anda yang senang dengan tekstur yang kental seperti krim, maka alpukat cocok untuk Anda. Buah ini sering dijadikan bahan utama dala membuat jus atau es campur. Berbeda dengan anggapan kebanyakan orang, alpukat memiliki lemak tak jenuh yang sangat menyehatkan, jadi jangan ragu untuk memakannya. Alpukat mengandung karotenoid yang dapat membantu pembentukan vitamin A.

5. Pir


hansbenn

Pir memiliki kelebihan di banding buah yang lain. Pir memiliki serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Kandungan serat yang unik ini juga mengobati penyakit sembelit atau susah BAB. Buah ini memiliki citarasa yang beragam dari sedikit manis hingga agak sepat. Jika semakin matang maka rasanya akan semakin manis. Sekadar catatan saja, buah pir yang datang ke tokot biasanya belum benar-benar matang. Cukup diamkan satu atau dua hari untuk mematangankannya.

6. Ceri


Hans

Buah ini ternyata memiliki antioksidan yang tidak terdapat di buah lainnya. Kandungan antiosianin berguna untuk mencegah peradangan serta mengurangi kadar kolesterol. Buah ceri juga dapat mengatasi perih otot. Ceri yang matang akan berwarna semakin gelap. Semakin gelap warnanya, maka semakin banyak antioksidan yang dikandung. Beberapa studi juga menyebutkan jika ceri berpotensi melawan kanker.

7. Buah Naga


shirakawaraku

Buah yang berasal dari Thailand ini baru masuk beberapa tahun yang lalu. Tapi ternyata buah ini cukup diminati masyarakat. Daging buah yang berwarna putih ini memiliki rasa manis yang cukup samar dan berair. Beberapa manfaat buah naga antara lain memiliki asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh tapi tak dapat diproduksi. Uniknya lagi kandungan tersebut berada di biji yang terdapat pada daging buah tersebut.

8. Kiwi


pixel2013

Buah ini bermanfaat untuk Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan, buah ini dapat mengobati lambung Anda. Tidak hanya daging buah, kulitnya juga mengandung serat yang tinggi dan karbohidrat kompleks. Ya benar, kulitnya juga bisa dimakan! Kiwi juga baik untuk tulang Anda karena mengandung vitamin K yang tinggi.

9. Labu


ulleo

Walau banyak yang menganggap labu sebagai sayuran, nyatanya labu adalah buah! Labu kaya akan beta karoten serta potasium untuk meredam tekanan darah tinggi. Sama seperti buah naga, biji labu juga ternyata memiliki khasiat. Biji labu mengandung magnesium dan zinc yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya sekadar bagus untuk aksesoris Halloween, buah ini memang baik untuk Anda!

10. Jeruk


pixel2013

Buah ini sudah terkenal dengan statusnya sebagai salah satu sumber vitamin C yang paling populer. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung  kalsium serta potasium serta juga berbagai macam vitamin B lainnya. Meskipun jeruk memiliki rasa menyegarkan yang membuat ketagihan, tubuh manusia memiliki batas dalam menyerap vitamin C, kira-kira sebanyak 1000mg saja perharinya. Karena itu jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini, karena vitamin C yang tidak terpakai akan dibuang dari tubuh.

11. Anggur


VicampoWeinbilder

Indeks glisemiks (GI) yang rendah membuat buah ini aman dikonsumi. Angka GI yang rendah berarti anggur dapat menjaga kestabilan gula darah serta pengaturan hormon insulin yang lebih baik. Satu setengah cangkir anggur hanya mengandung 90 kalori saja, tanpa kandungan lemak dan sodium. Ditambah lagi semua jenis anggur memiliki antioksidan. Luar biasa bukan?

12. Lemon


Unsplash

Masih satu keluarga dengan jeruk, tapi lemon memiliki rasa jauh lebih asam dibandingkan jeruk. Lemon di Indonesia sering digunakan ke dalam pelengkap berbagai masakan, seperti baso tahu, soto, dan lain-lain. Kebetulan, ternyata lemon memang memiliki manfaat untuk pencernaan. Lemon bersifat membersihkan dan sangat baik dikonsumsi setelah makan makanan berat. Segelas jus lemon setelah makan akan sangat membantu pencernaan Anda.

13. Manggis


4537668

Beberapa penelitian menunjukan jika manggis memiliki kandungan anti kanker, anti bakteri, dan anti peradangan. Buah unik yang berwarna keunguan ini  ternyata tidak hanya bermanfaat daging buahnya saja. Di beberapa tempat, daun serta batangnya sering digunakan untuk mengobati gangguan buang air kecil, diare bahkan disentri. Selain itu manggis kaya akan vitamin C, vitamin B16, B2, serta vitamin A.

14. Semangka


congerdesign

Buah yang sangat berair ini mengandung kadar likopen yang lebih banyak dibandingkan tomat. Likopen adalah salah satu antioksidan yang berguna mengurangi resiko penyakit stroke. Beberapa penelitian juga menunjukan jika likopen bermanfaat dalam pengobatan tumor. Semangka juga memiliki kandungan air yang tinggi, berguna agar tubuh Anda tidak kekurangan air.

15. Kelapa

Lebensmittelfotos

Air kelapa merupakan elektrolit alami, artinya bisa membantu untuk menggantikan cairan tubuh.  Elektrolit juga membantu memperbaiki fungsi otot dan menyeimbangkan kadar keasaman tubuh. Kelapa juga kaya akan serat yang terdapat di daging buahnya. Kandungan lemak pada kelapa memang cukup banyak, karena itu disarankan untuk memakan daging buah kelapa secukupnya.

Mengonsumsi beragam buah adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan kita. Buah juga bisa kita jadikan beragam makanan untuk menambah rasa agar lebih lezat. Bila perlu kita jadikan bekal untuk menemani jadwal makan kita.

Salah satu tips yang baik dalam mengkonsumsi buah adalah dengan memakannya bersama dengan air putih 30 menit sebelum makan. Dengan begitu, buah akan melapisi dinding usus kita dan membantu pencernaan. Hal ini juga berguna untuk membantu jika Anda sedang ingin mengurangi berat badan.

Selain mengonsumsi buah, olahraga yang teratur serta pola hidup sehat akan menjaga kebugaran tubuh Anda lebih maksimal. Temukan berbagai artikel menarik lainnya hanya di cintaihidup.com,  tetap jaga kesehatan dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health