15 Pulau Paling Indah yang ada di Indonesia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Kanenori

Indonesia dikenal sebagai negara dengan seribu pulau. Terbukti dengan adanya ribuan pulau yang ada di Indonesia dengan berbagai keberagaman keindahan yang ditawarkan setiap pulau. Pasir putih, air yang sejernih kristal, batu karang yang menawan hingga kekayaan fauna bawah laut yang memukau. Maka wajar jika banyak sekali wisatawan mancanegara khusus datang ke Indonesia untuk bisa menikmati keindahan pulau-pulaunya. Kelima belas pulau dibawah ini termasuk dalam daftar pulau paling indah di Indonesia.

1. Pulau Nusa Lembongan


Jimmy McIntyre

Jika kamu berkesempatan untuk berlibur ke Bali untuk menikmati pantainya, jangan lupa pula untuk mengunjungi pulau kecil yang berada di samping pulau Bali. Adalah Pulau Nusa Lembongan yang memberikan sensasi keindahan yang asri dan eksotis. Untuk bisa mencapai Nusa Lembongan, kamu harus menggunakan kapal dengan jarak tempuh sekitar 45 menit. Disini kamu bisa puas snorkeling, menyelam, bahkan berselancar.

Informasi

  • Nama: Pulau Nusa Lembongan
  • Alamat: Klungkung, Bali
  • Biaya: Rp 65.000 untuk tiket penyeberangan per orang

2. Pulau Gili Trawangan


kolibri5

Gili Trawangan masuk dalam gugusan kepulauan Gili bersama dengan Gili Air dan Gili Meno. Tidak hanya bisa melakukan snorkeling, menyelam dan bermain kayak di pulau ini, beberapa wisatawan bahkan bisa belajar menunggangi kuda dan berkeliling ke seluruh penjuru pulau dengan kuda tersebut. Yang menarik dari pulau ini adalah tidak adanya kendaraan bermotor disini sehingga polusinya sangat terjaga. Sehari-hari, penduduk beraktivitas menggunakan sepeda dan cidomo yang merupakan sebuah kereta kuda.

Informasi

  • Nama: Pulau Gili Trawangan
  • Alamat: Nusa Tenggara Barat
  • Tiket Penyeberangan: Mulai dari Rp 15.000 per orang

3. Pulau Weh


@v.d.v.m

Ingat dengan lagu Dari Sabang sampai Merauke? Pulau Weh adalah lokasi dimana kota Sabang bertempat. Terletak di Barat Daya Pulau Sumatera, Pulau Weh memberikan banyak sekali keindahan untuk kamu yang ingin berkunjung kesini. Tidak hanya bisa bermain dengan keeksotisan lautnya seperti menyelam dan snorkeling, kamu juga bisa mengeksplor keindahan pulau Weh dan ikut berfoto bersama di Tugu Nol Kilometer.

Informasi

  • Nama:
  • Alamat: Provinsi Aceh
  • Tiket Penyeberangan: Kapal lambat atau feri (Rp. 25.000 per orang); Kapal cepat (Rp 85.000 per orang)

4. Pulau Belitung


@mugi_mugia

Sempat menjadi buah bibir ketika kesuksesan kisah Laskar Pelangi, Pulau Belitung menjadi salah satu pulau yang saat ini kerap dikunjungi banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Beberapa pantainya dikenal sangat jerning dengan gugusan batu-batu besar yang menjadikan pantai-pantai di Belitung terasa lain daripada yang lain. Penat bermain di pantai, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat-tempat menarik khas Laskar Pelangi yang disulap menjadi tempat wisata seperti Museum Kata Andrea Hirata hingga Replika SD Muhammadiyah tempat si Ikal bersekolah.

Informasi

  • Nama: Pulau Belitung
  • Alamat: Kepualuan Belitung, Provinsi Bangka Belitung

5. Pulau Pagang


@amiphotoworks

Pulau yang berlokasi di Sumatera Barat ini masih belum banyak diketahui para wisatawan. Hal inilah justru yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau Pagang. Kamu bisa menyeberang ke pulau ini dengan menggunakan kapal selama lebih kurang 30 menit. Pulau baru ini masih belum memiliki tempat menginap yang baik sehingga jika kamu berkeinginan untuk menginap disini, sebaiknya bawa tenda segala perlengkapan lainnya. Pasti asyik ya bisa berkemah di pinggir pantai yang indah.

Informasi

  • Nama: Pulau Pagang
  • Alamat: Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

6. Pulau Derawan


@kennychandra23

Jika kamu ingin menikmati terumbu karang yang indah dan mempesona, Pulau Derawan adalah jawabannya. Masuk dalam gugusan Kepualuan Derawan, ternyata terumbu karang yang ada di kawasan ini meliputi 53% terumbu karang yang ada di seluruh dunia. Disini kamu bisa menyelam dan melihat banyak sekali biota laut seperti cumi-cumi, ikan pipa, lobster, kuda laut hingga ikan skorpion. Jika ingin bermalam di Pulau Derawan, sesuaikan saja dengan budget yang kamu punya karena pulau ini memiliki homestay murah hingga Resort bintang lima.

Informasi

  • Nama: Pulau Derawan
  • Alamat: Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

7. Pulau Waigeo


@sewpassions

Bersama dengan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta, Pulau Waigeo juga termasuk dalam lokasi Raja Ampat di Papua. Pulau dengan luas 3155 kilometer persegi serta titik tertinggi pada 1000 meter diatas permukaan laut, kamu bisa menikmati keindahan Raja Ampat dari atas sana. Pulau Waigeo terbagi menjadi tiga bagian yaitu Waigeo Barat dan Selatan dimana kamu bisa menyelam disini dan Waigeo Utara dimana kamu bisa menikmati keindahan kesenian Papua.

Informasi

  • Nama: Pulau Waigeo
  • Alamat: Kepualuan Raja Ampat, Papua Barat

8. Pulau Nias


@ridwansyachpoetra

Pulau yang satu ini cukup dikenal dikalangan para wisatawan. Lokasinya berada di sebelah barat Pulau Sumatra yang masuk dalam provinsi Sumatera Utara. Terdapat empat pantai indah di pulai ini yaitu Pantai Sorake, Pantai Indah Tureloto, Pantai Fodo dan Pantai Laosi Laosi. Kamu juga bisa menyaksikan hiburan lompat batu yang diselenggarakan untuk para laki-laki yang akan menikah sebagai bukti kesetiaannya kepada pasangan.

Informasi

  • Nama: Pulau Nias
  • Alamat: Kabupaten Nias, Sumatera Utara

9. Pulau Anak Krakatau


@guthengsamsi

Ingat dengan uang pecahan 100 Rupiah berwarna merah dengan gambar Pulau Krakatau beserta anaknya? Gunung yang meletus sangat dahsyat pada tahun 1883, saat ini menjadi salah satu objek wisata yang digemari tidak hanya wisatawan lokal tetapi cuma wisawatan mancanegara. Jika sudah sampai di sana, jangan lupa untuk mengikuti perjalanan mendaki Gunung Anak Krakatau yang memakan waktu lebih kurang 30 menit perjalanan. Walaupun kamu tidak diperbolehkan untuk mendaki hingga puncak karena kandungan belerang yang cukup tinggi, kamu tetap tidak akan bisa melupakan momen indah yang akan kamu lihat di sepanjang perjalanan.

Informasi

  • Nama: Pulau Anak Krakatau
  • Alamat: Lampung Selatan, Lampung

10. Pulau Kecil Karimunjawa


@jana_maesiati

Pulau Kecil atau Pulau Cilek yang masuk dalam gugusan Kepulauan Karimunjawa ini adalah layaknya mutiara yang tersimpan di dasar laut. Berlokasi sekitar 30 menit dari Karimunjawa Besar, kamu akan dibuat terpana dengan pemandangan yang ada di bawah lautnya. Terumbu karang yang ada di pulau ini sangat sehat dan subur sehingga kamu akan bisa melihat banyak sekali ikan-ikan berenang di sana. Karena kesuburan karangnya, kamu bisa menemukan ukuran karang hingga 3-5 kali lebih besar dari tubuh normal manusia.

Informasi

  • Nama: Pulau Kecil Karimunjawa
  • Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

11. Pulau Komodo


@giusti596

Terkenal karena pulau ini adalah habitat Komodo, wisata yang ditawarkan untuk para turispun akan bernuansa Komodo. Binatang purbakala ini menjadi primadona pulau yang selalu dicari keberadaannya oleh para wisatawan. Pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini menjadi rumah bagi 2000 komodo . Jika kamu ingin melihat-lihat bagaimana komodo ini hidup, pastikan bahwa kamu membawa pemandu profesional karena bisa sangat berbahaya jika kamu berjalan-jalan sendiri.

Informasi

  • Nama: Pulau Komodo
  • Alamat: Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

12. Pulau Samalona


@otiketindonesia

Pulau yang berlokasi di timur Indonesia ini akan memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan pulau lainnya. Jika kita ingin menikmati keindahan terumbu karang di daerah lain, kita harus menyelam untuk dapat melihat secara jelas. Di pulau ini, kamu tidak perlu susah-susah untuk bisa menikmatinya. Terumbu karang yang ada di Pulau Samalona ini bisa dinikmati dari atas kapal yang kamu gunakan karena airnya yang sangat jernih dan bersih. Gimana? Tertarik untuk menikmati terumbu karang tanpa perlu berbasah-basahan?

Informasi

  • Nama: Pulau Samalona
  • Alamat: Makassar, Sulawesi Selatan

13. Pulau Tidore


@thomasherda

Pulau Tidore memang tidak secemerlang nama Ternate dan Morotai. Walaupun begitu, pulau ini memiliki cerita masa lalu yang sangat menarik untuk diselami. Disini kamu bisa mempelajari dan napak tilas sejarah kebesaran Kerajaan Tidore disamping juga menikmati keindahan pantai dan gunung yang ada di Pulau Tidore. Selain itu, kamu bisa mengambil gambar keindahan Pulau Tidore dan mencocokkannya dengan lembaran uang seribu Rupiah yang menggambarkan pulau ini.

Informasi

  • Nama: Pulau Tidore
  • Alamat: Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara

14. Pulau Buru


@adisyudistira

Salah satu pulau yang cukup besar di Kepulauan Maluku adalah Pulau Buru dengan luas lebih dari 8000 kilometer persegi dan garis pantai lebih dari 400 kilometer. Pulau ini secara umumnya terdiri dari bukit dan pegunungan dengan puncak tertinggi yang ada mencapai lebih dari 2000 meter diatas permukaan laut. Salah satu tempat yang wajib untuk kamu kunjungi ketika berada di Pulau Buru adalah Danau Rana.

Informasi

  • Nama: Pulau Buru
  • Alamat: Kabupaten Maluku Tengah, Maluku

15. Pulau  Arborek


@eclohh

Akan sangat kurang rasanya jika kita tidak memasukkan Pulau Arborek sebagai salah satu pulau terindah di Indonesia. Pulau ini berlokasi di Raja Ampat yang merupakan habitat bagi lebih dari 500 karang, 1500 berbagai jenis ikan hingga 700 jenis moluska. Pantainya yang indah dengan pasir putih, pohon kelapa yang berjajar rapi hingga airnya yang jernih akan membuat kamu betah berlama-lama menghabiskan waktu di Pulau Arborek.

Informasi

  • Nama: Pulau Arborek
  • Alamat: Kepualuan Raja Ampat, Papua Barat

Siap-siap dengan peralatan snorkeling dan menyelam kamu ya!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel