15 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Memilih Cincin Berlian Wanita

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

@Global Rings

Cincin berlian wanita yang indah dan cocok dikenakan tentu dipengaruhi oleh pribadi pememakainya, model atau bentuk serta nilai karat, dan ring.

Mungkin Anda sedang mencarinya untuk pernikahan? Atau ingin menghadiahi pasangan atas prestasi, mungkin? Agar pemberian kepada orang terkasih atau ke diri sendiri tidak hanya berkesan asal jadi, kita tetap perlu mengamati dahulu, bagaimana rupanya cincin berlian wanita yang benar-benar kita inginkan. Berikut ini liputannya.

1. Cincin Berlian Berbentuk Cushion

@Etsy

Berlian dengan bentuk cushion, yaitu kotak atau sedikit persegi panjang dengan siku-siku yang membulat, diperkenalkan di industri perhiasan pada tahun 1800-an. Desain yang sederhana dalam detil namun tetap memperlihatkan kesan mewah sangat tepat dipakai pada kesempatan khusus, seperti acara pernikahan resmi atau bahkan pertemuan bisnis. Dipadu busana dan makeup yang elegan dan suasana yang tepat, Anda akan tampak anggun namun tidak berlebihan.

2. Cincin Berlian Berbentuk Emerald

@Erstwhile

Berlian dengan bentuk emerald umumnya persegi panjang dibentuk bertingkat pada permukaan dan sedikit bulat pada sudut-sudutnya. Dengan ukuran berlian yang tidak terlalu besar dan lingkar cincin yang unik, cincin ini akan tampak menarik di jari Anda. Cincin dengan desain yang kasual namun tetap memberi kesan ‘girly’ cocok untuk pribadi yang selalu berjiwa muda namun aktif dan dinamis.

3. Cincin Berlian Berbentuk Bulat

@Ebay

Berlian dengan bentuk bulat, atau sering disebut round cut diamond, adalah bentuk yang paling disukai penggemar perhiasan berlian karena kesimpelan dan kemampuannya memantulkan cahaya melebihi bentuk berlian yang lain. Tapi jika kita salah memilih cincin,  kita akan tampak terlalu dewasa dan terlalu mewah di saat yang tidak tepat. Untuk lebih kasual namun tetap prestisius di komunitas bisnis misalnya, Anda bisa memilih berlian round cut dengan ukuran super kecil.

Berlian dengan bentuk bulat adalah pilihan tepat sebagai cincin tunangan atau pernikahan.

4. Cincin Berlian Berbentuk Princess

@Ringtoperfection

Didesain pada 1980 di Amerika Serikat. Berlian ini mempunyai bentuk kotak dengan sudut 90 derajat pada siku-sikunya. Princess cut diamond ini lebih diminati daripada berlian dengan potongan persegi panjang. Dengan lingkar cincin yang dibuat sesederhana mungkin, tanpa detil khusus, cincin ini sangat terlihat simpel, muda, namun tetap cocok untuk Anda yang feminin.

5. Cincin Berlian Berbentuk Asscher

@Purseblog

Disebut Asscher karena awalnya model ini dibentuk oleh seorang ahli potong berlian dari Belanda, yaitu Joseph Asscher. Keunikan dari model ini adalah pada sudutnya, yang memberi kesan klasik pada berlian. Dan memang, memakai cincin berlian pada segala kesempatan adalah sesuatu yang klasik, bukan?

Potongannya yang antik, tidak menonjolkan kesan mewah, pantas digunakan kaum muda yang mencintai kesuksesan.

6. Cincin Berlian Berbentuk Radiant

@King of Jewelry

Radiant cut diamond atau berlian dengan radian terhitung bentuk berlian yang baru, karena diperkenalkan pada 1990. Hasil pemotongan untuk bentuk radiant ini bermacam-macam, dari bujur sangkar hingga persegi panjang. Namun bedanya dengan bentuk lain adalah pada facet dan kilau yang berbeda. Sesuai dengan namanya, radiant cut diamond lebih berkilau.

7. Cincin Berlian Berbentuk Hati

@Joy of London Jewelry

Seperti bentuknya, berlian berbentuk hati atau love ini adalah simbol cinta dan kasih sayang. Anda sangat tepat jika memilih bentuk hati sebagai pemberian kepada pasangan Anda, terutama pada momen khusus seperti pada hari jadi pernikahan. Bentuk hati merupakan salah satu jenis berlian yang paling diminati, sementara pembuatannya memerlukan keterampilan dan kecermatan yang paling tinggi. Pilihlah kombinasi berlian dengan lingkar cincin yang manis, agar memberikan ekspresi ceria dalam hubungan Anda.

8. Cincin Berlian Berbentuk Pear

@Wedding Forward | Inspirations Ideas Planning

Pear cut diamond Sering disebut juga diamond dengan bentuk tetes air mata karena bentuknya. Cincin berlian dengan bentuk pear ini biasanya akan lebih indah dengan variasi-variasi desain yang menggunakan beberapa berlian atau batu lain juga. Memang kesannya akan lebih meriah. Tapi desain yang tidak berlebihan justru akan menampakkan aura klasik. Apalagi jika menggunakan emas.

9. Cincin Berlian Berbentuk Oval

@Jean Dousset

Bentuk oval hampir sama dengan bentuk bulat, termasuk dalam kemampuannya memantulkan cahaya. Perbedaannya hanyalah pada bentuknya, yang memberi kesan lebih besar. Bentuknya yang lebih besar lebih tepat dikenakan oleh wanita yang menyukai penampilan dewasa dan mewah. Padukan dengan aksesoris lainnya, seperti anting atau kalung. Dan sesuaikan kemewahan penampilan Anda dengan suasana atau kesempatan yang Anda hadiri.

10. Cincin Berlian Berbentuk Marquise

@EverAfterGuide

Dahulu rumornya adalah, berlian berbentuk marquise diciptakan atas permintaan Raja Louis XIV dari Perancis, untuk menggambarkan senyuman selir kesayangannya, Marquise de Pompadour. Bentuknya yang melengkung dengan kedua sudut memberi kesan dramatis. Marquise cut diamond alias berlian dengan bentuk marquise, yang memang mirip bentuk bibir ini cocok dijadikan perhiasan ke pesta-pesta dengan balutan busana elegan dan feminin.

11. Cincin Berlian Berbentuk Trillion

@Etsy

Trillion cut diamond, yaitu cincin berlian berbentuk segitiga. Dengan desain yang unik namun sederhana, cincin ini termasuk cocok dikenakan sehari-hari, bagi Anda yang memang suka menggunakan perhiasan. Gunakan perhiasan yang tampak ringan agar hari-hari Anda tampak menyenangkan.

Cincin dengan model yang tidak ‘berat’ cocok untuk dijadikan hadiah kelulusan, ulang-tahun, atau kesempatan istimewa lainnya bagi orang terkasih.

12. Cincin Berlian Dengan Ring Emas

@Etsy

Ring atau lingkaran cincin berupa emas berwarna kuning akan tampak menarik dengan bentuk yang unik. Desain yang mengangkat tema klasik akan tampak menarik jika Anda menggunakan busana tradisional, seperti untuk acara pernikahan dan mengenakan pakaian adat. Berlian dengan emas berwarna kuning adalah ciri perhiasan tradisional, dalam hal ini suku atau adat di Indonesia.

13. Cincin Berlian Dengan Ring Emas Mawar

@The Knot

Emas mawar alias yang berwarna merah muda memang tidak sepopuler emas berwarna kuning. Namun rose gold jika dipadukan dengan berlian kesukaan Anda akan menjadikan perhiasan Anda, dalam hal ini cincin berlian wanita akan tampak makin feminin. Perhiasan ini sangat cocok untuk Anda yang lembut dan cinta keluarga. Cocok pula untuk wanita yang aktif.

14. Cincin Berlian Dengan Ring Platina

@Erstwhile Jewelry

Platina, atau yang sering kita sebut emas putih sangat cocok untuk hampir semua jenis berlian. Tidak akan ada kesenjangan antara warna dan kilau. Kombinasi keduanya dengan bervariasi desain dapat menghasilkan kesan klasik, tradisional, muda, bahkan modern.

Tips jika Anda takut atau tidak percaya diri dengan desain yang di luar ekspektasi, pilih saja desain yang sederhana, tanpa banyak detail. Karena desain dengan banyak detail yang berkesan wah, terkadang terlalu mencolok bagi sebagian wanita yang tidak begitu suka tampil.

15. Cincin Berlian Dengan Ring dari Logam Lain

@Saks Fifth Avenue

Sebenarnya dengan melimpahnya kreatifitas kita bisa menemukan berbagai paduan berlian dengan komponen lain pada cincin berlian wanita. Misalnya perak, yang memang berbeda dari platinum. Jika beruntung, kita bisa menemukan desain cincin yang unik, memadukan unsur tradisional dan modern dan tampak klasik. Atau, desain itu bisa jadi justru berkesan pop culture, yang sesuai dengan budaya luar yang masuk melalui anak muda.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle