15 Alasan Kenapa Jilbab Wajib Bagi Muslimah

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


herman yahaya

Terlepas dari semua alasan lainnya, menggunakan jilbab adalah kewajiban bagi seluruh wanita muslimah. Kewajiban menggunakan jilbab ini tertuang dalam ayat suci Al Qur’an, dan disebutkan dalam empat ayat berbeda. Namun selain itu, ada beberapa hal lain yang membuat jilbab menjadi hal yang sangat penting dan wajib bagi para wanita muslimah.

1. Perintah Al-Qur’an QS. Al A’Raf: 26


Michał Huniewicz

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasaan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

Seperti yang tertuang dalam surat ini, disebutkan bahwa seluruh umat muslim, diwajibkan untuk menutup auratnya, baik pria atau pun wanita. Terlepas dari semua alasan lainnya, seorang wanita wajib menutup auratnya sesuai dengan ketetapan Al Quran dan Hadist. Dengan begitu, ia bisa terhindar dari fitnah, dosa dan tentunya azab Allah SWT.

2. Perintah Al-Qur’an QS. Al-Ahzab: 59


ajuprasetyo

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-isti, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali dan sebab itu mereka tidak dinganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi Maha Penyayang”

Dalam ayat ini, secara lebih spesifik diperintahkan bagi para wanita muslimah untuk menutup aurat mereka yg meliputi seluruh tubuh mereka. Selain itu juga disebutkan bahwa perintah menutup aurat bertujuan agar para wanita tidak diganggu. Aurat seorang wanita memang meliputi seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Selain itu, seorang wanita juga seharusnya tidak menggunakan pakaian yg ketat atau mencetak bentuk tubuh.

3. Qur’an QS. Al-Ahzab: 33


ObeyGravity

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahilyah dahulu, dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai Ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.”

Pada ayat ini, diperingahkan pada para wanita untuk tidak berhias seperti layaknya orang-orang pada zaman jahiliyah dimana tidak ada aturan dan perempuan tidak dihargai. Zaman jahiliyah adalah zaman sebelum Nabi Muhammad SAW menyampaikan wahyu dari Allah. Saat itu kedudukan perempuan dianggap sangat rendah dan bahkan tidak dihargai. Perintah menutup aurat pun bertujuan untuk melindungi para wanita agar mereka lebih dihormati.

4. Perintah Al Qur’an QS. An-Nuur: 31


rana ossama

“Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasaannya (auratnya) kecuali yang biasa terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya dan janganlah menampakkan perhiasaannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan.”

Pada ayat ini dijelaskan dengan lebih spesifik mengenai pentingnya para wanita mengenakan jilbab. Selain itu juga ditegaskan siapa saja yang boleh melihat aurat mereka. Ayat ini juga menegaskan bahwa seorang wanita muslimah tak bisa sembarangan menunjukkan tubuh mereka pada sembarang orang. Tidak hanya pada pria yang bukan muhrim, seorang wanita seharusnya juga tidak menunjukkan aurat mereka pada wanita lain yang bukan muslim.

5. Untuk Menutup Aurat


milansari7

Seperti yang sudah tertuang dalam empat poin sebelumnya, wanita wajib menutup aurat mereka. Karena itu menggunakan jilbab pun menjadi wajib bagi seorang wanita muslimah, sesuai dengan perintah Allah SWT. Tidak ada toleransi bagi seorang wanita dewasa dan berakal untuk tidak menutup auratnya dan menjaga dirinya dari pandangan lelaki. Dengan menggunakan jilbab seorang wanita muslimah berarti mentaati Allah SWT dan Rasul-Nya dan menghindarkan mereka dari adzab Allah SWT.

6. Jilbab Adalah Kemuliaan


andreas160578

Allah SWT mewajibkan seorang wanita muslimah untuk menggunkan jilbab sebagai tanda Iffah yang berarti untuk menahan diri dari maksiat. Seperti beberapa ayat yang sudah disebutkan pada poin- poin awal, seorang wanita diwajibkan untuk menutupi tubuh mereka demi menghindari dan menahan diri dari perbuatan tidak terpuji atau dosa dan juga fitnah. Biasanya saat menggunakan jilbab seorang wanita memang lebih mampu menahan dirinya.

7. Alat Perlindungan Diri


Erik

Ditetapkannya kewajiban seorang wanita menjaga auratnya dan menggunakan jilbab tentu tidak diturunkan oleh Allah SWT tanpa alasan. Tak bisa kita pungkiri, dengan menggunakan jilbab, seorang wanita akan terlindung dari mata para lelaki dan membuat mereka lebih segan dan sungkan. Dengan tertutupnya aurat, maka biasanya para lelaki akan lebih segan untuk menggoda atau berbuat kurang ajar pada seorang wanita. Karena itu, kita tak bisa memungkiri bahwa jilbab bisa jadi salah satu cara awal bagi seorang wanita untuk melindungi diri mereka dari berbagai ancaman.

8. Untuk Menjaga Sikap Dan Perilaku


Rikie Rizza

Biasanya dengan menggunakan jilbab seorang wanita akan lebih berhati-hati dengan setiap gerak-gerik mereka. Beban moral yang mereka rasakan saat menggunakan jilbab, biasanya membuat para wanita lebih hati-hati dalam bertingkah laku. Dengan menggunakan jilbab, seorang wanita biasanya akan segan untuk berlaku tidak senonoh di depan umum. Secara tidak langsung menggunakan jilbab bisa menjadi salah satu alat bagi seorang muslimah dalam mengontrol tutur kata, perbuatan dan tingkah laku mereka di masyarakat.

9. Mendidik Seorang Muslimah Untuk Berperilaku Baik


Duke726

Belakangan banyak orang tua yang mengenalkan jilbab pada puteri mereka pada usia sangat diri. Hal ini terbukti sangat membantu tumbuh kembang seorang wanita muslimah. Seorang wanita yang sudah terbiasan menggunakan jilbab sedari kecil biasanya akan lebih sungkan dalam berperilaku tidak baik di tengah masyarakat. Menanamkan pentingnya jilbab sedari kecil ternyata juga membuat wanita muslimah menyadari pentingnya menjaga akhlak mereka lebih dini dan menghindarkan mereka dari dosa dan fitnah di kemudian hari.

10. Sebagai Identitas Diri


zharif hussein

Saat seorang wanita menggunakan jilbab di mana pun ia berada, ia akan langsung dikenali sebagai seorang muslimah. Walau di beberapa tempat hal ini tidak terlalu menguntungkan lantaran beberapa negara sentimen terhadap Islam. Namun begitu, di sisi sesama muslim akan lebih mudah mengenali satu sama lain walau mereka tidak saling mengenal sebelumnya.

11. Mencegah Kanker Kulit


nazmi hamidi

Selain beberapa alasan di atas, seorang wanita juga wajib mengenakan jilbab demi masalah kesehatan. Berpakaian terbuka akan membuat kulit seseorang terpapar sinar matahari. Walau sinar matahari baik untuk kesehatan, terlalu lama terpapar sinar matahari, sama sekali tidak baik untuk kulit. Tidak hanya membuat kulit menjadi kering dan berubah gelap, sinar matahari juga beresiko menyebabkan kanker pada kulit. Karena itu dengan menggunakan jilbab dan pakaian tertutup, seorang wanita muslimah dapat menghindari hal ini.

12. Menjaga dan Melindungi Rambut


herman yahaya

Sinar matahari, debu dan polusi tentu juga bisa berdampak sangat buruk bagi rambut dan kulit kepala. Mulai dari rambut rontok, ketombe, dan berbagai masalah rambut lain yang biasa dialami oleh wanita. Namun bila seorang wanita mengenakan jilbab, tentu rambut tak akan terpapar sinar matahari atau debu. Akan tetapi, perlu diingat bahwa berjilbab atau tidak, seorang wanita perlu menjaga rambutnya agar tetap bersih.

13. Mencegah Penuaan Dini


Azlan DuPree

Penuaan adalah proses natural yg tentu akan dialami oleh setiap orang. Keriput, uban dan timbulnya flek hitam akan terjadi seiring dengan pertambahan usia seorang wanita. Walau belakang sudah banyak beredar berbagai macam krim kecantikan untuk memperlambat hal ini, menggunakan jilbab secara syar’i ternyata juga bisa memperlambat dan menjaga kulit dari penuaan dini. Karena dengan menutup seluruh bagian tubuh maka kulit akan terlindung dari paparan langsung sinar matahari. Apalagi bila menggunakan burqa yang juga menutupi sebagian besar wajah dan menghindarkannya dari dampak berbahaya sinar UV, debu dan polusi.

14. Sebagai Bentuk Bukti Cinta Pada Pasangan


HENG FU MING

Jilbab selaras dengan perasaan cemburu yang adalah fitrah seorang pria sempurna. Seorang pria biasanya tidak senang dengan pandangan-pandangan khianat yang tertuju pada istri mereka. Seorang wanita muslimah tentu ingin menjaga hal ini dan menjaga rasa cemburu dari suami mereka. Dengan menutup aurat seorang wanita menjaga pandangan orang lain terhadap dirinya dan tentu juga menjaga harga diri suaminya.

15. Menghemat Biaya Perawatan Rambut


zharif hussein

Tak bisa kita pungkiri bahwa rambut adalah mahkota bagi seorang wanita. Karena itu tak jarang bila wanita rela mengeluarkan banyak biaya untuk rambut mereka. Namun taukah Anda bahwa biaya ini bisa dipangkas saat seorang wanita muslimah menggunakan jilbab? Tentu mengenakan jilbab atau tidak, seorang wanita tetap harus merawat rambut mereka.

Terlepas dari berbagai alasan minor kenapa seorang wanita wajib menggunakan jilbab, semua wanita muslimah tentu paham betul bahwa jilbab bukan hanya sekedar trend fashion belaka. Menggunakan jilbab dan menutup aurat adalah kewajiban setiap muslimah, sama seperti perintah untuk Shalat, berpuasa atau membayar zakat yang tidak bisa kita tinggalkan. Semoga istiqamah!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Fashion, Hijab