Mengenal 15 Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Stacy Spensley 

Aktivitas yang cenderung padat di hari-hari kerja tidak terasa dapat menimbulkan berbagai penyakit yang datang tiba-tiba, seperti sakit kepala, sulit buang air besar, radang tenggorokan, hingga lambung yang kadang terasa nyeri dan sakit. Penyakit-penyakit tersebut pun bukan tanpa alasan tiba-tiba menyerang, bisa karena tidak teraturnya pola makan akibat sibuk bekerja, terlalu sering mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan, serta banyak mengkonsumsi camilan instan tanpa kandungan vitamin.

Jika sudah begini, kebiasaan yang paling banyak dilakukan ialah membeli obat komersil lalu mengkonsumsinya. Padahal, obat-obatan alami dan yang lebih tradisional dapat membantu penyembuhan secara natural dan lebih mempercepat proses pemulihan tubuh secara maksimal. Memangnya apa saja sih obat-obatan tradisional yang aman secara langsung dikonsumsi dan menyembuhkan alami? Salah satunya ialah daun cocor bebek.

Namanya memang kurang akrab sebagai pilihan obat tradisional, karena biasanya, daun cocor bebek yang memiliki struktur daun mirip paruh seekor bebek ini lebih sering dijadikan tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Namun ternyata, dibalik bentuk cantik dan uniknya tersebut, daun cocor bebek dapat menjadi salah satu obat alami yang membantu mengurangi berbagai penyakit, loh.

1. Meringankan Sakit Kepala

 Ian T. McFarland

Seperti yang telah disebutkan diatas, daun cocor bebek adalah salah satu dari sekian banyak tanaman yang dapat dikonsumsi secara langsung atau utuh setelah dimasak terlebih dahulu. Dengan begini, vitamin dan kandungan zat baik dalam daun cocor bebek, dapat diserap secara maksimal oleh tubuh. Kandungan yang terdapat pada daun cocor bebek sendiri bermacam-macam, mulai dari asam alami seperti asam malat, asam formiat, asam citric, hingga magnesium, kalsium dan gula alami atau Glucoside. Cara mengkonsumsi daun cocor bebek juga mudah untuk Anda yang sibuk dengan aktivitas padat, karena cara mengolah daun cocor bebek sangatlah mudah. Karena memiliki kadar air yang tinggi, cukup perlu direbus atau diasap sebentar hingga cukup lunak untuk dikonsumsi, kemudian setelah itu bisa disantap menjadi hidangan lalap yang menyegarkan. 

2. Mengurangi Pembengkakan Amandel

stevepb

Saat kelenjar Tonsillitis atau biasa dikenal dengan amandel membengkak, tentu rasanya membuat tak nyaman, khususnya saat mengkonsumsi makanan. Hal tersebut wajar, karena pembengkakan kelenjar amandel membuat gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan panas dingin jadi terasa. Cara mengolah daun cocor bebek agar meredakan pembengkakan cukup dengan meminum sari-sarinya yang diambil dari daun cocor bebek yang dihaluskan atau diblender kasar dengan air. 

3. Melancarkan Buang Air Besar

 joel 

Terlalu sering duduk di kantor dan tidak cukup berolahraga saat akhir pekan lama kelamaan seringkali membuat masalah sulit buang air besar menjadi tidak terhindarkan. Kurangnya zat serat dalam makanan yang dikonsumsi dan air putih yang jarang dikonsumsi juga beberapa penyebab yang paling umum. Tenang saja, ternyata daun cocor bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pelancar buang air besar secara alami. Jemurlah beberapa helai daun cocor bebek hingga kering, kemudian lumatkan daun cocor bebek hingga menyerupai bubuk. Selanjutnya, bubuk tersebut dapat dikonsumsi seperti layaknya kopi bubuk, dilarutkan dalam air hangat, campurkan madu alami, kemudian diminum setiap pagi sebelum beraktivitas atau sesuai dengan kebutuhan.

4. Mengatasi Lambung yang Terasa Nyeri

 
Foundry

Masalah pada sistim pencernaan tidak hanya menyebabkan adanya gejala sulit buang air besar, melainkan dapat membuat lambung menjadi nyeri karena pola makan yang kurang baik. Daun cocor bebek bisa menjadi salah satu alternatif obat alami yang dianggap bisa mengurangi nyeri pada lambung Anda. Cara mengolahnya adalah dengan memasukkan beberapa lembar daun cocor bebek ke blender, dan campurkan air secukupnya. Sama seperti layaknya membuat jus buah, biarkan daun cocor bebek menjadi hancur dan menyatu dengan air. Setelah itu, jus daun cocor bebek dapat disaring hingga tersisa hanya air sarinya. Minum air sari daun cocor bebek tersebut dengan campuran garam ataupun madu.

5. Menjadi Antiseptik Luka

ulleo

Karena daun cocor bebek bersifat anti inflamasi dan dapat menghentikan pendarahan ringan secara alami, air daun cocor bebek dapat menjadi pengganti cairan sterilisasi untuk luka yang terbuka pada kulit. Cuci terlebih dahulu daun cocor bebek yang jumlahnya disesuaikan dengan luka, kemudian hancurkan daun hingga membentuk pasta dan tambahkan sedikit air. Baru kemudian Anda dapat menempel pasta daun cocor bebek tersebut pada luka, dan diamkan selama beberapa jam. Bakteri dan kuman yang menempel pada luka pun akan lebih bersih sehingga proses penyembuhannya akan lebih cepat. 

 

6. Menjadi Obat Untuk Mengurangi Muntah Darah

Pexels

Saat Anda atau anggota keluarga mengalami muntah darah, pertolongan pertama dapat dilakukan dengan menggunakan olahan daun cocor bebek agar mengurangi frekuensi muntah. Caranya ialah dengan meminum air sari daun cocor bebek yang sebelumnya direbus dan dihaluskan, kemudian untuk memberikan rasa manis, dapat juga dicampur dengan gula merah. Baru setelah itu diseduh dengan air panas, tunggu hingga hangat, kemudian konsumsi hingga habis.

 

7. Meringankan Gejala Asma

alfcermed

Apabila gejala asma Anda sedang kambuh, jangan terburu-buru langsung ke dokter ataupun apotek, apalagi dibiarkan. Mengolah daun cocor bebek sebagai obat untuk meringankan gejala asma adalah langkah tepat, karena selain praktis, kesembuhan asma akan terjadi lebih alami dan cepat. Rebus beberapa helai daun cocor bebek hingga lunak, kemudian sama seperti resep daun cocor bebek untuk mengurangi sakit kepala, Anda dapat mengkonsumsi rebusan daun cocor bebek bersama santapan makanan Anda yang lain.

 

8. Mengurangi Kemerahan Jerawat

Kjerstin_Michaela

karena sifat daun cocor bebek yang anti inflamasi dan mengandung citric acid, daun cocor bebek yang telah dihaluskan dan dicampurkan air mawar atau rose water dapat juga digunakan sebagai obat anti jerawat yang dapat mengurangi kemerahan secara perlahan-lahan pada wajah.

 

9. Mengatasi Demam Ringan


 Myriam-Fotos

 air rebusan daun cocor bebek tidak disangka-sangka, bisa juga menjadi obat alami untuk atasi demam ringan yang sedang mampir. Kandungan berbagai vitamin dan zat baik yang terdapat pada daun cocor bebek, membuat air rebusan daun cocor bebek yang hangat menjadi minuman yang tepat untuk redakan demam secara alami dan perlahan-lahan.

10. Menyembuhkan Bekas Jerawat

Rajes Jhawar

Kandungan daun cocor bebek yang dapat dijadikan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi, membuat sari-sari dari daun cocor bebek cocok untuk menjadi salah satu resep kecantikan wajah yang favorit. Campurkan dengan air biasa ataupun air mawar, selain dapat mengurangi kemerahan jerawat, campuran daun cocor bebek yang telah dilumatkan dengan air, dapat membantu Anda untuk mendapatkan wajah berseri bebas dari flek hitam dan bekas jerawat yang terlihat.

11. Suplemen Alami Untuk Tulang

jayswaldharin

Telah disebutkan sebelumnya bahwa daun cocor bebek mengandung zat magnesium dan kalsium, sehingga konsumsi daun cocor bebek yang sesuai dan rutin dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Diminum jusnya atau dikonsumsi secara langsung sebagai lalap dengan santapan makan siang dan malam, daun cocor bebek memberikan asupan magnesium dan kalsium yang dibutuhkan tubuh dan tulang Anda.

12.Mengurangi Tingkat Stress

caio_triana

Sering merasa stress dan mudah marah karena aktivitas yang padat, atau keadaan jalan yang terkadang macet dan tidak dapat ditebak? Konsumsi daun cocor bebek dapat membantu Anda merasa rileks karena magnesium yang terdapat pada daun cocor bebek dapat membantu otot menjadi lebih rileks serta regulasi jantung menjadi lebih lancar.

13. Menjadi Santapan Diet Lezat

James Lacey Westlake Village

Menyantap daun cocor bebek secara langsung ternyata dapat dipercaya juga sebagai salah satu cara untuk membantu proses diet menjadi lebih mudah. Karena kandungan yang terdapat pada daun cocor bebek membantu aliran karbohidrat, protein, lemak, dan karbohidrat menjadi lebih lancar terdistribusi dalam tubuh.

14. Menjadi Pengusir Hama Tanaman


John Morfitt

Anda memiliki berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan dirumah seperti cabai, kemangi, dan jeruk? Gunakanlah air rebusan daun cocor bebek untuk menyirami tanaman-tanaman Anda satu kali sehari, sehingga potensi hama-hama yang muncul dan merugikan tanaman Anda pun berkurang.

15. Mengurangi Efek Radikal Bebas pada Tubuh

Sering terpapar radikal bebas yang terutama berasal dari polusi udara kendaraan bermotor dan paparan sinar matahari secara langsung, membuat tubuh jadi rentan mengembangkan sel kanker. Mengkonsumsi daun cocor bebek sebagai santapan sehari-hari disebut dapat menjadi salah satu pencegahan alami yang mudah dilakukan .

Steve Kinnersley

Wah, dengan manfaat segudang dari daun cocor bebek, jadi semakin menyukai tanaman yang satu ini ya! Selain bisa menjadi tanaman cantik yang menghiasi halaman rumah, apabila sewaktu-waktu kita membutuhkan tanaman sebagai pengobatan alami, daun cocor bebek bisa menjadi pilihan utama. Karena selain mudah didapatkan, untuk membudidayakan daun cocor bebek sendiri juga tidak sulit.

Salah satu cara yang paling mudah dalam menanam daun cocor bebek dirumah ialah dengan sistim stek daun cocor bebek dengan menggunakan media tanah. Sama seperti tanaman singkong yang hanya perlu ditancapkan batang segarnya pada tanah, daun cocor bebek juga bisa tumbuh dari daun segar yang ditancapkan pada tanah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kadar air tanah dengan menyiramkannya secara teratur. Tunggu hingga daun dari tanaman mulai memiliki beberapa tunas kecil, karena itu artinya, tanaman cocor bebek yang Anda tanam berhasil tumbuh.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health