15 Manfaat Susu Bubuk untuk Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Devanath

Susu adalah bagian terpenting dalam gaya hidup sehat. Cairan putih ini tak hanya bermanfaat, namun sekaligus kaya nutrisi. Ditambah lagi rasanya yang enak membuat banyak orang memasukkan susu dalam menu harian mereka, entah saat sarapan, makan siang, snack sore, maupun makan malam. Susu sendiri bisa berasal dari manusia (ASI), hewan (sapi, kambing), dan juga dari kacang-kacangan (susu kedelai, susu almond). Jenis-jenis susu pun beragam, mulai dari susu segar, susu skim, susu bubuk, susu pasteurisasi, dan susu UHT. Dengan banyaknya pilihan susu, seringkali kita bingung manakah susu yang tepat untuk dikonsumsi?

Sebenarnya, setiap jenis susu memiliki manfaat dan kebaikan yang sama. Semua susu kaya akan vitamin, kalsium, magnesium, dan mineral lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis susu yang populer dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah susu bubuk. Selain kaya nutrisi, susu bubuk juga memiliki keunggulan lain, yaitu: praktis karena tidak perlu disimpan di kulkas terus menerus, tahan lama karena bisa disimpan hingga dua tahun, dan lebih hemat karena harganya biasanya lebih murah daripada susu cair. Karena susu bubuk berasal dari susu segar yang dikeringkan, maka susu bubuk memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan.

1. Menambah Asupan Vitamin


Source: FotoshopTofs

Susu bubuk mengandung vitamin A, B2, B12, D, dan E yang sangat diperlukan tubuh. Vitamin A menjaga agar penglihatan tetap baik dan kulit tetap bersinar. Vitamin B2 atau Riboflavin mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan tubuh. Vitamin B12 membantu produksi darah merah yang membawa oksigen ke otot. Vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tulang dan gigi. Sedangkan vitamin E baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

2. Sumber Mineral dan Protein

Tak hanya kaya akan vitamin, susu bubuk juga mengandung protein dan mineral-mineral lain yang diperlukan tubuh. Salah satu mineral yang paling banyak dalam susu bubuk adalah kalsium. Selain itu, susu bubuk juga mengandung mineral lain seperti: potasium, fosfor, sodium, sulfur, dan juga sedikit besi, iodine, mangan, dan seng. Protein dan mineral dalam susu bubuk ini membantu tubuh agar tetap sehat.

3. Cegah Osteoporosis


Source: David Hodgson

Kalsium adalah komponen paling penting untuk kekuatan tulang. Pengeroposan tulang atau osteoporosis terjadi sebagai akibat kurangnya kalsium. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya asupan kalsium juga dapat menyebabkan patah tulang. Mengonsumsi susu bubuk dapat membantu mencegah osteoporosis.

4. Kesehatan Gigi


Source: woodypino

Anak-anak yang mengonsumsi susu bubuk sejak dini akan memiliki kesehatan gigi yang baik. Susu bubuk membantu melindungi lapisan email gigi dari makanan yang bersifat asam. Rajin minum susu bubuk juga membuat anak-anak mengurangi minum minuman bersoda yang dapat menimbulkan plak pada gigi. Ingin punya senyum yang indah? Mulailah rutin mengonsumsi susu bubuk setiap hari.

5. Mengembalikan Cairan Tubuh

Meski berbentuk kering, ternyata susu bubuk tetap mengandung molekul air yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh. Bagi balita dan anak-anak yang sedang aktif bergerak, minum susu bubuk sangat dianjurkan sebagai salah satu sumber cairan tubuh.

6. Kulit Bercahaya

Inilah salah satu alasan mengapa Cleopatra rajin mandi susu. Ternyata, susu dapat membuat kulit lembut, halus, dan bercahaya. Untuk hasil maksimal, minumlah dua gelas susu setiap hari. Lalu, Anda juga bisa melakukan perawatan dari luar misalnya dengan menggunakan masker susu bubuk.

7. Pembentukan Otot


Source: ThoroughlyReviewed

Protein dalam susu bubuk bermanfaat untuk membentuk otot-otot tubuh. Tak heran bila banyak atlet yang mengonsumsi susu pasca berolahraga. Selain bagus untuk membentuk otot, susu bubuk juga bermanfaat untuk memulihkan otot yang lelah setelah latihan fisik yang berat.

8. Menurunkan Berat Badan


Source: PublicDomainPictures

Banyak mitos yang mengatakan bahwa minum susu bubuk dapat membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Padahal menurut penelitian, wanita yang rutin mengonsumsi susu bubuk setiap hari lebih mudah menurunkan berat badan ketimbang mereka yang tidak minum susu bubuk. Ketika minum segelas susu bubuk, tubuh akan menjadi kenyang sehingga tidak ingin untuk makan camilan lain. Bila Anda sedang dalam program diet, Anda dapat memasukkan susu bubuk sebagai salah satu snack sehat.

9. Mengurangi Stres


Source: caio_triana

Kandungan vitamin dan mineral dalam susu bubuk ternyata bermanfaat untuk meredakan stres. Jika Anda merasa kelelahan setelah seharian bekerja di kantor, atau pusing melihat tumpukan pekerjaan rumah yang seakan tak ada habisnya, cobalah untuk menyeduh segelas susu bubuk hangat. Duduk dan bersantai sejenak sambil menyesap susu akan membuat ketegangan berkurang.

10. Mengurangi Gejala PMS

Hampir setiap bulan para wanita mengalami gejala PMS (Pre-Menstrual Syndrome) yang ditandai dengan rasa tidak nyaman di area perut serta perubahan emosi yang tak menentu. Susu bubuk dapat membantu membuat tubuh menjadi rileks dan mengurangi emosi negatif selama siklus mesntruasi Anda.

11. Menambah Energi


Souce: StockSnap

Minum segelas susu bubuk di pagi hari akan membuat Anda siap menghadapi hari. Energi Anda bertambah dan perut tidak lagi keroncongan karena lapar.

12. Menjaga Kesehatan Tubuh

Susu bubuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, tingkat kolesterol dalam liver juga akan berkurang. Susu bubuk juga dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

13. Perkembangan Syaraf Otak Anak

Sejak kecil ibu kita sering berkata: “Habiskan susunya.” Kalimat tersebut ternyata ada maksudnya. Kandungan zat besi dalam susu bubuk ternyata bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Mulai sekarang masukkan susu dalam menu harian anak Anda.

14. Tidur Lebih Nyenyak


Source: Unsplash

Sering insomnia? Seduh susu bubuk dengan segelas air hangat agar tidur Anda lebih nyenyak. Kandungan asam amino tryptophan dalam susu bubuk akan membantu mendorong rasa kantuk datang lebih cepat.

15. Memelihara Daya Ingat


Source: geralt

Saat lanjut usia, kemampuan otak untuk mengingat sesuatu pun mengalami penurunan. Tak jarang banyak lansia juga mengalami Alzheimer. Kandungan vitamin B12 dalam susu bubuk bukan hanya baik untuk otot, tetapi juga memelihara kemampuan kognitif Anda.

Dengan segala manfaat dan kelebihan yang dimiliki susu bubuk, tak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri rutin mengonsumsi susu bubuk setiap hari. Agar tidak bosan, Anda dapat memvariasikannya dengan memasukkan susu bubuk pada jus, kue, atau puding.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health