15 Fakta Menarik Mengenai Cincin Pernikahan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Meditations

Anda tentunya tidak asing dengan cincin pernikahan. Ya, cincin pernikahan adalah cincin yang digunakan oleh orang-orang pada saat mereka menikah. Tentunya, jika Anda telah menikah maka Anda pasti mempunyai cincin pernikahan. Biasanya, pasangan yang akan menikah akan memilih cincin pernikahan mereka bersama-sama, bahkan tidak jarang ada pasangan yang ingin cincin pernikahannya dibuat khusus untuk mereka. Pada kesempatan ini, kita akan membahas fakta-fakta menarik mengenai cincin pernikahan yang belum tentu Anda ketahui. Yuk kita mulai!

1. Mengapa Harus Pakai Cincin Kawin?

Source: scottwebb

Sebenarnya, hal ini merupakan pertanyaan bagi segelintir orang. Namun, tidak ada jawaban yang pasti. Sudah sejak dulu ritual pernikahan disertai oleh cincin pernikahan. Cincin pernikahan dianggap sebagai simbol nyata dari perjanjian atau sumpah yang dilakukan di depan Tuhan, cincin pernikahan juga bisa dianggap sebagai bukti atau tAnda bahwa Anda sudah dimiliki oleh orang lain, sehingga Anda tidak bisa diklaim.

2. Harga


Source: toanmda

Menggelar atau melakukan pernikahan tentunya membutuhkan uang yang tidak sedikit, namun berapakah harga dari sebuah cincin kawin? Sebenarnya, hal itu bergantung pada Anda dan pasangan Anda. Jika Anda bukan merupakan orang yang ribet dan tidak perduli kepada tetek bengek seperti itu, maka Anda tidak akan bermasalah jika pasangan Anda memilih untuk membeli cincin yang murah. Namun, kebanyakan pasangan biasanya ingin mempunyai cincin spesial yang hargannya cenderung mahal. Cincin yang murah bisa mempunyai harga 800ribu sampai 1 juta. Namun, cincin yang mahal bisa sampai berjuta-juta, tergantung berat dan batu yang digunakan.

3. Pentingnya Cincin Pernikahan


Source: rojurnalist

Jadi, apakah cincin pernikahan itu penting? Jawabannya adalah ya, cincin pernikahan itu penting karena di dalam masyarakat kita sekarang ini, hampir semua orang yang kita kenal menggunakan cincin pernikahan ketika mereka menikah. Tentunya, tidak ada hukum yang dapat memenjarakan atau menghukum orang yang tidak menggunakan cincin pernikahan, namun mayoritas orang menggunakannya karena ini merupakan tradisi yang turun temurun, tradisi yang telah dilakukan sejak dahulu diseluruh dunia.

4. Tradisi

Source: langll

Tahukah Anda darimana tradisi cincin pernikahan bermula? Faktanya, tradisi ini bermula pada tahun 1477. Pada saat itu, seorang Archduke Maximillian yang berasal dari Austria memberikan cincin emas yang mempunyai hiasan batu berlian kepada Mary of Burgundy, wanita yang dicintainya. Ia mengatakan adalah itu merupakan Anda cintanya kepada Mary. Sejak saat itu, banyak orang mulai mengikuti contoh Archduke Maximillian, dan kebiasaan ini pun lama-kelamaan menjadi tradisi.

5. Jari Manis Tangan Kiri


Source: gpalmisanoadm

Faktanya, 70% pengantin di dunia memakai cincin mereka pada tangan kiri, tepatnya di jari manis mereka. Tahukah Anda mengapa cincin pernikahan ditempatkan disitu? Sebenarnya, kebiasaan ini berasal dari tradisi, yang berasal dari kepercayaan orang Roma. Kepercayaan ini menyatakan bahwa pada jari manis, ada vena amoris atau vein of love. Oleh karena itu orang memakai cincin pernikahan mereka pada jari manis di tangan sebelah kiri mereka.

6. Tradisi Terkenal

Pada saat pernikahan, sang pengantin pria akan menyematkan cincin kawin pada jari manis pengantin wanita. Sejak dahulu, tersebar kabar atau tradisi bahwa jika pada saat proses penyematan cincin kawin, sang pengantin pria tidak sengaja menjatuhkan cincin pernikahan tersebut, maka perkawinan itu tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, hati-hati dalam melakukannya, ya. Walaupun tradisi ini mungkin tidak benar, jika Anda tidak sengaja menjatuhkan cincin kawin pada pernikahan Anda tentu saja Anda akan merasa malu dan momen indah itu akan sedikit rusak.

7. Bahan

Ada bermacam-macam cincin pernikahan yang terbuat dari bahan yang berbeda pula. Anda bisa memilih dari cincin berbahan platinum, perak sampai bahkan emas. Tidak ada keharusan memilih cincin berbahan tertentu, semuanya tergantung pilihan dan keinginan Anda dan pasangan Anda. Namun, bahan yang paling sering digunakan adalah emas. Faktanya, setiap tahun sekitar 17 ton emas diolah menjadi cincin kawin di Amerika Serikat. Itu hanya di satu negara, bisakah adna bayangkan ada berapa banyak emas yang diolah menjadi cincin kawin di seluruh dunia setiap tahunnya?

8. Cincin Tunangan dan Cincin Pernikahan

Tahukah Anda perbedaan dari cincin pernikahan dan cincin perkawinan? Faktanya, ada orang yang tidak tahu perbedaannya lho. Cincin tunangan adalah cincin yang Anda gunakan untuk melamar pasangan Anda. Biasanya, cincin tunangan diberikan oleh pria kepada wanita yang ia cintai. Sementara cincin pernikahan adalah cincin yang Anda sematkan pada jari pasangan Anda (dan sebaliknya) pada hari pernikahan. Kedua cincin ini tentunya mempunyai fungsi dan tujuan berbeda.

9. Simbol

Mengapa simbol cinta atau janji dihadapan Tuhan ini berbentuk cincin? Mengapa tidak berbentuk lain? Banyak orang mengatakan bahwa ini disebabkan karena sebuah cincin adalah sebuah lingkaran tanpa akhir, tanpa permulaan dan tanpa akhir. Oleh karena itu, cincin merupakan simbol dari kekekalan, dimana disini cinta antara para pasangan tidak akan pernah berakhir sampai kapanpun. Romantis sekali, ya?

10. Asal Muasal

Walaupun cincin pernikahan mulai dikenal pada tahun 1477, faktanya keberadaan cincin pernikahan paling pertama yang kita ketahui ada pada masa Mesir Kuno. Pada masa itu, para pasangan akan bertukaran ‘lingkaran’ (yang pada akhirnya disebut cincin) yang merupakan simbol dari kekekalan, serta dewa-dewi bulan dan matahari. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa eksistensi cincin perkawinan sebenarnya sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Luar biasa, ya.

11. Alasan Historis

Seperti yang telah disebutkan diatas, keberadaan cincin perkawinan adalah sebagai simbol cinta yang kekal, sebagai bukti bahwa Anda saling memiliki, sebagai bukti dari janji dihadapan Yang Maha Kuasa. Namun sebenarnya, ada satu lagi alasan historis dari keberadaan cincin kawin. Alasan itu adalah bahwa dengan adanya pertukaran cincin kawin, pengantin pria dapat membuktikan bahwa ia sudah stabil secara finansial sehingga dapat menanggung pengantin wanita. Oleh karena itu biasanya cincin terbuat dari bahan yang mahal seperti emas, dan batu permata.

12. Berlian

Salah satu batu yang paling populer dan disukai oleh para pengantin yang akan menikah adalah batu berlian. Batu yang indah ini mempunyai harga yang tidak murah, lho. Namun, ada alasan lain mengapa batu berlian merupakan salah satu pilihan utama para pengantin. Faktanya, kata ‘berlian’ berasal dari bahasa Yunani yaitu adamas. Kata ini sendiri mempunyai arti tidak dapat dikalahkan, oleh karena itu banyak orang percaya bahwa dengan menggunakan berlian, perkawinan mereka akan awet karena ‘tidak akan terkalahkan’.

13. Anniversary di Romania

Bukanlah hal yang jarang bagi pasangan yang sudah menikah selama bertahun-tahun untuk merayakan ulang tahun pernikahannya. Salah satu tradisi yang menarik ada di Romania. Disana, pada ulangtahun pernikahan ke 25 tahun, pasangan biasanya akan bertukaran cincin perak. Pengantin pria dan wanita akan mulai menggunakan gelang perak tersebut selain cincin yang mereka gunakan pada saat pernikahan mereka.

14. Roma Kuno

Ada tradisi cincin pernikahan dari Roma Kuno yang biasanya dilakukan pada pernikahan. Pada saat itu, tidak jarang pengantin pria memberikan cincin pernikahan yang dihiasi oleh sebuah kunci kecil. Faktanya, kunci kecil ini merupakan simbol sebagai kunci dari hatinya. Romantis sekali, bukan? Sayang sekali hal ini bukanlah hal yang biasa kita temui di Indonesia, ya.

15. Mengapa Emas?

Source: Olessya

Selain karena alasan emas merupakan bahan yang mahal, sehingga sang pengantin pria dapat membuktikan kemapanannya pada keluarga wanita, sebenarnya ada alasan lain mengapa emas merupakan pilihan favorit para pengantin. Emas pada dasarnya dianggap sebagai logam yang paling murni dan berharga, dan pernikahan tentu saja merupakan hubungan yang paling murni dan berharga diantara manusia. Oleh karena itu, emas dianggap sebagai simbol yang sempurna bagi pernikahan itu sendiri.

Itulah 15 fakta cincin pernikahan yang mungkin belum Anda ketahui. Menarik sekali ya!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Knowledge, Love