15 Gamis Model Batik Motif Nusantara

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

 
Source:Sue Waters

Gamis atau pakaian muslim wanita kini hadir dalam berbagai jenis model, salah satunya yang menyita perhatian adalah Gamis model batik. Motif batik yang dipakai pun bermacam-macam dan diambil dari motif-motif batik Nusantara, seperti motif batik dari Pekalongan, Kalimantan Selatan, dan masih banyak lagi. Berikut adalah 15 Gamis model batik motif Nusantara yang memiliki tampilan lebih modern dan menjadi trend fashion di Indonesia:

1. Gamis Batik Sarimbit

Batik sarimbit merupakan salah satu batik yang sangat trend sekarang ini. Warna yang digunakan bervariasi dan tidak hanya memakai satu jenis bahan. Bahan yang dominan digunakan adalah bahan polos untuk memberikan kesan modern. Style untuk busana batik sarimbit lebih banyak divariasi warna dan motifnya. Selain itu, ada juga style untuk kemeja, gaun, cardigan, bolero, blus, bahkan gamis. Corak batik juga biasanya dipadukan dengan bahan satin sehingga menghasilkan kesan yang eksklusif dan indah terlihat.

 2. Gamis Batik Songket

Songket merupakan kain tenun asal Melayu dan Minangkabau. Mulanya, songket hanya bisa digunakan oleh para bangsawan, namun seiring perkembangan zaman, songket sudah dapat digunakan olehs semua kalangan dan sekarang didesain menjadi busana yaitu baju gamis kombinasi songket. Model baju gamis batik songket dapat digunakan untuk acara formal atau non formal. Motif dan warna yang disajikan pun beraneka ragam. Anda akan terlihat lebih fashionable dan trendy dalam balutan gamis batik songket ini.

3. Gamis Batik Solo

Gamis batik Solo dominan memiliki model kerah shanghai, rempel dada, berlengan panjang dengan kancing terbungkus pada bagian depan, terdapat kerutan pada bagian belakang, dan sabuk terlepas. Ada juga yang memiliki model dengan menambahkan aksen bungga pada bagian pinggang depan dan untuk model kerah ada yang berbentuk V. Ukuran yang ditawarkan biasanya Allsize dengan panjang 134 cm dan lebar 50 cm. Warnanya pun bermacam-macam, ada ungu, merah, hijau, dan lain-lain. Gamis batik Solo ini biasanya menggunakan bahan katun dengan motif bunga-bunga.

4. Gamis Batik Madura

Gamis batik Madura memiliki motif yang khas dan unik. Warna yang digunakan pun dominan warna cerah. Motif pada batik Madura tidak hanya indah, tetapi memiliki makna yaitu cerminan perilaku masyarakat Madura yang berani, tegas, praktis, elegan, dinamis, dan selalu ingin tampil menawan. Batik Madura juga dapat dipadukan dengan budaya yang lain dan modern sehingga menjadi style yang lebih berkualitas.

5. Gamis Batik Kalimantan Selatan

Sasirangan adalah desain baju dari kain sasirangan asal Kalimantan Selatan. Saat ini, model sasirangan sedang naik daun di Indonesia sehingga banyak di desainer yang mencoba mengkombinasikannya dengan bahan lain. Baju Gamis umumnya berbahan spandek dan sangat diminati oleh para muslimah. Batik sasirangan kini mulai dipadukan dengan baju gamis sehingga menghasilkan perpaduan baju yang sangat indah dan menarik.

6. Gamis Batik Banyumasan

Batik Banyumasan telah mencuri perhatian sejak dari dulu, tapi sempat meredup karena manajemen dan kalah bersaing dengan batik Yogyakarta dan Solo. Namun, sekarang ini Banyumas kembali memperkenalkan batiknya dengan mengikuti berbagai pameran yang diadakan. Batik Banyumas hadir dengan berbagai style busana, salah satunya adalah Gamis. Gamis batik Banyumas dibuat dengan memanfaatkan corak tradisional maupun kontemporer.

7. Gamis Batik Tasikmalaya

Daerah yang juga terkenal dengan batiknya adalah Pekalongan. Batik Pekalongan menyediakan model-model busana batik modern, seperti dress, kemeja, dan Gamis. Pekalongan telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai kota kreatif pertama bidang kerajinan dan kesenian rakyat di Indonesia. Motif batik Pekalongan yang sangat dikenal adalah motif bentuk tumbuhan yang terdapat burung Garudanya. Ada juga motif Jlamprang, yaitu motif geometris membentuk ornamen makhluk hidup dan motif Liong.

8. Gamis Batik Pekalongan

Daerah yang juga terkenal dengan batiknya adalah Pekalongan. Batik Pekalongan menyediakan model-model busana batik modern, seperti dress, kemeja, dan Gamis. Pekalongan telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai kota kreatif pertama bidang kerajinan dan kesenian rakyat di Indonesia. Motif batik Pekalongan yang sangat dikenal adalah motif bentuk tumbuhan yang terdapat burung Garudanya. Ada juga motif Jlamprang, yaitu motif geometris membentuk ornamen makhluk hidup dan motif Liong.

9. Gamis Batik Malang

Gamis batik Malang juga memiliki motif yang sangat indah dan khas, yaitu terdapat gambar candi kota Malang dengan hiasan tanaman dan simbol-simbol. Warna yang digunakan dominan cerah, seperti cokelat, biru, dan putih. Sama seperti batik di daerah lain, batik Malang juga menyediakan model-model busana batik, seperti dress, rok, kemeja, dan Gamis.

10. Gamis Batik Yogyakarta

Batik merupakan trend fashion yang dapat dipakai oleh segala kalangan, baik kalangan tua maupun muda. Tak heran, jika batik mulai banyak mendapat perhatian dari para desainer sehingga memunculkan motif-motif batik yang modern, salah satunya adalah batik Yogyakarta. Batik Yogyakarta mempunyai corak dasar putih dan digunakan pada berbagai model busana, seperti dress atau gamis. Untuk Gamis, bahan batik yang digunakan adalah katun dengan detail busana yaitu terdapat karet pada bagian belakang, karet lengan, dan kancing depan.

11. Gamis Batik Bali

Batik Bali juga hadir dengan motif yang beraneka macam, khas dengan motif-motif asli Pulau Dewata tersebut, seperti motif Barong dan motif songket prada Bali. Model busana yang ditawarkan adalah dress, kemeja, rok, celana, maupun Gamis. Untuk busana Gamis, bahan yang digunakan adalah katun prada bermotif kilap dengan kombinasi polosan satin velvet. Pada busana ini, model kerahnya berbentuk shanghai, terdapat kancing depan dengan tutup menyamping, hias pita, dan diberi karet belakang.

12. Gamis Batik Jepara

Berbeda dengan daerah lainnya, Batik Jepara merupakan batik yang menggunakan motif seni ukir. Ukiran yang dipakai adalah ukiran khas Jepara yang telah dikenal hingga Mancanegara. Berbagai model busana sudah menggunakan batik Jepara ini, salah satunya adalah Gamis. Gamis batik Jepara cukup mendapat perhatian dari berbagai kalangan remaja hingga orang dewasa karena motifnya yang unik dan khas.

13. Gamis Batik Kudus

Batik Kudus juga mulai dipakai dalam pembuatan busana Gamis. Aksen bordir yang biasa terdapat pada Gamis kini diganti dengan potongan-potongan kain batik dari Kudus.  Warna yang biasa lembut, kini diganti dengan nuansa yang sedikit gelap, yaitu hitam, mocca, navy blue, biru turkis, dan pine green. Selain menampilkan model busana Gamis yang unik dan indah, pemilihan batik Kudus dikarenakan untuk tetap melestarikan warisan leluhur. Motif batik Kudus yang terkenal adalah motif kapal kandas.

14. Gamis Batik Minangkabau

Minangkabau juga mempunyai kain batik tenun yang sangat indah. Batik asal Minangkabau dikenal dengan sebutan “batik tanah liek” atau tanah liat. Sebutan ini dikarenakan pewarna batik yang digunakan adalah tanah liat. Meskipun begitu, ada juga pewarna lain, yaitu dari kulit rambutan, kulit gambir, kulit jengkol, daun jerami, dan lain-lain. Batik Minangkabau juga telah dipakai dalam pembuatan busana, seperti Gamis. Motif yang dipakai adalah hewan, seperti burung, kuda laut, dan selebihnya motif lukisan non figur.

15. Gamis Batik Brebesan

Batik Brebesan juga dikenal dengan sebutan batik salem karena berasal dari daerah Salem. Motif batik Brebesan sangat dikenal dengan motif batik manggar, motif batik kopi, dan motif batik ukel. Batik Brebesan mempunyai corak yang indah dan menarik. Beragam jenis busana telah dibuat mulai dari kemeja, rok, dress, dan Gamis menggunakan motif Batik Brebesan ini. Motif batik Brebesan ini memang pas dipakai untuk pergi ke acara formal maupun semi-formal.

Nah, itulah 15 Gamis Model Batik yang menggunakan motif-motif Nusantara. Indah dan menarik, bukan? Tunggu apa lagi, buruan koleksi gamis-gamisnya dan dapatkan penampilan yang menawan!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Fashion