15 Fakta dari Cincin Tunangan: Untuk apa, harga dan Kepentingannya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: erik_stein

Bagi Anda yang mendengar berbagai hal perihal tunangan atau yang akan bertunangan kemungkinan kurang tahu mengenai cincin pertunangan. Misalnya, mengapa harus dijari manis? Penting sekali untuk mengetahui fakta-fakta mengenai cincin tunangan agar Anda tidak kaget nantinya. Oleh karena itu, kita akan membahas 15 FAKTA dari Cincin Tunangan: Untuk apa harga dan Kepentingannya. Mari disimak!

1. Cincin di Jari Manis

Source: Olessya

Tahukah Anda mengapa cincin disemat pada tangan kiri dijari manis wanita? Ini dikarenakan dahulu dipercaya bahwa jari manis tangan kiri memiliki pembuluh vena yang khusus yang disebut Vena Amoris, dimana pembuluh darah tersebut akan terhubung langsung ke jantung. Oleh karena itu, hingga sekarang banyak orang yang melangsungkan pertunangan mereka, cincin akan dipakaikan di jari manis tangan kiri.

2. Emas dan Platinum

Source: kgorz

Kebanyakan dari semua orang yang melangsungkan pertunangan memilih emas dan platinum sebagai cincin pertunangan. Apalagi dengan cincin bahan Platinum yang banyak peminatnya dikarenakan Hypoallergenic yang artinya tidak menimbulkan alergi yang berakibat gatal-gatal bagi pemakainya walaupun harga platinum lebih mahal dibandingkan emas. Hal ini dikarenakan platinum mengandung lebih sedikit tambang dibandingkan emas putih.

3. Makna Cincin Tunangan

Source: MasterTux

Seperti yang kita tahu, makna cincin kawin bagi setiap pasangan adalah pengikat janji untuk hidup bersama selamanya, berbeda dengan makna cincin pertunangan. Makna cincin tunangan sendiri adalah mengikat pasangan satu sama lain untuk berkomitmen tetap bersama hingga hari pernikahannya tiba dan dilaksanakan sekaligus menunjukkan kepada orang bahwa sebentar lagi ia akan melangsungkan pernikahannya.

4. Harga Cincin Tunangan

Source: Olessya

Bagi seorang pria dalam menunjukkan kemapanannya adalah melalui pemberian cincin dengan harga yang bagus. Melalui jajak pendapat bahwa sekitar 2 dari 3 pria menghabiskan gaji nya 2 bulan untuk membelikan cincin untuk tunangannya. Cincin tunangan yang diberikan bukan hanya sekedar pemberian melainkan juga sebagai bukti cinta pria kepada wanita untuk hidup bersamanya melalui ikatan pernikahan.

5. Pelanggaran Janji Pernikahan

Source: 8minwoo

Sebuah Undang-undang di Amerika pada abad ke 20 yaitu Pelanggaran Janji Pernikahan menjelaskan bahwa cincin pertunangan yang diberikan pada wanita adalah hadiah untuk wanita dari tunangannya. Namun ada pengecualian terhadap hal tersebut yaitu ketika mereka berpisah sebelum pernikahan berlangsung maka wanita tersebut harus mengembalikan cincin pertunangan tersebut kepada pria yang memberikannya.

6. Awal Mula Tradisi

Source: Matt Biddulph

Tahukah Anda bahwa tradisi tukar cincin sudah ada sejak dulu pada zaman Mesir Kuno dan zaman Yunani Kuno. Padaa zaman tersebut, ada letak perbedaan jenin cincin pertunangan keturunan bangsawan dan rakyat biasa. Keturunan bangsawan menggunankan cincin jenis batuan berharga dan warna yang indah, sedangkan rakyat biasa umumnya menggunakan emas atau besi. Pada saat itu juga laki-laki yang menggunakan cincin pertunangan untuk menunjukkan kekayaannya.

7. Bentuk Cincin Tunangan

Source: KellyB

Dahulu di awal mula tradisi tukar cincin, bentuk cincin pertunangan hanya satu yaitu bulat melingkar pada tangan yang melambangkan keabadian bagi pasangan yang bertunangan. Namun, sekarang sudah mengalami banyak perubahan. Beraneka ragam cincin yang bermotif telah diperkenalkan seperti misalnya cincin bermata berlian. Meskipun demikian, masih banyak pasangan yang melangsungkan pertunangan dengan menggunakan cincin bulat melingkar yang polos yang disematkan di jari manis.

8. Tradisi Hindu

Source: Matt Biddulph

Tahukah Anda ada hal unik dari tukar cincin tradisi Hindu di India. Jika biasanya orang akan menyematkan cincin di jari tangan pasangannya maka tradisi Hindu di India menggunakan cincin pertunangan di jari kaki pasangan yang dinamakan ‘Bichiya’ sebagai upacara pemakaian cincin di jari kaki. Bagi orang banyak, hal ini bisa dikatakan sangat jarang dan cukup aneh. Tetapi untuk orang India yang melakukan tradisi ini, pemakaian cincin dijari kaki adalah hal yang biasa.

9. Cincin Tradisional Irlandia

Source: Sean Hamlin

Tahukah Anda apa cincin tradisional Irlandia? Claddagh adalah cincin tradisional di Irlandia. Cincin ini pertama kali dibuat pada abad ke 17. Cincin tradisional ini merupakan cincin yang umumnya digunakan untuk ikatan persahabatan, pertunangan dan pernikahan. Untuk membedakan mana pasangan yang bertunangan dengan pasangan yang bersahabat atau sudah menikah akan dilihat melalui desain dari cincin tersebut. Setiap ikatan akan ditAndai dengan perbedaan desain cincin. Untuk itu akan kelihatan mana pasangan yang bertunangan, mana yang hanya bersahabat saja, dan yang sudah menikah.

10. Cincin Bermata Permata

Source: fen-tastic

Di Amerika ada tradisi dimana cincin tunangan dan cincin pernikahan adalah berbeda. Pada saat melangsungkan pertunangan cincin bermata permata akan lebih kecil permata nya di bandingkan cincin yang akan digunakan pada saat pernikahan nanti. Hal ini dikarenakan bahwa cincin pertunangan adalah ikatan tentang komitmen setiap pasangan menuju ikatan pernikahan dimana puncak adalah sebuah pernikahan yang sakral. Pernikahan akan lebih spesial dibandingkan acara pertunangan yang dilangsungkan.

11. Keaslian Cincin Berlian

Source: Tela Chhe

Bagi Anda yang telah melangsungkan pertunangan dan penasaran dengan keaslian cincin berlian Anda yang diberikan pasangan, Anda patut menguji keaslian berlian tersebut dengan menjemurnya di bawah sinar matahari beberapa saat. Setelah itu, bawa cincin berlian ada ke tempat yang gelap. Jika cincin Anda adalah berlian yang asli maka cincin berlian tersebut akan bersinar beberapa saat setwlah Anda membawanya ketempat gelap. Selamat mencoba.

12. Bahan Cincin Terbaik

Source: ilovebutter

Pada umumnya, mereka yang melangsungkan pertunangan akan menggunakan bahan emas dan platinum sebagai ikatan pertunangan. Namun, tahukah Anda bahwa ada bahan yang lebih bagus yaitu Palladium. Palladium mengandung mineral murni yang bagus dan keras di banding emas dan Platinum. Bahkan harga Palladium lebih mahal jika dibandingkan dengan cincin berlian. Bagi Anda yang akan bertunangan dapat mempertimbangkan yang satu ini.

13. Membeli Cincin

Source: Victoria Barton

Menurut survey yang dilakukan, kebanyakan pasangan akan membeli cincin pertunangan di bulan Desember. Sekitar 15% pasangan melangsungkan pertunangannya pada bulan Desember apalagi pada saat Natal. Selain Desember, momen melakukan pertunangan juga dilakukan pada saat hari valentine, thankgiving, dan hari istimewa lainnya.

14. Pergeseran Makna

Source: Jessica Fiess-Hill

Jika Anda mengganggap cincin pertunangan sebagai komiten seorang pria kepada wanita untuk tetap bersama dengan seorang wanita sampai pernikahan bisa dikatakan tidak salah. Hanya saja zaman sekarang cincin pertunangan sebagai simbol cinta telah mengalami pergeseran. Banyak pria memberikan cincin pertunangan sebagai bukti kemapanannya untuk menghidupi calon istrinya. Namun tidak semua beranggapan demikian. Dari keduanya dimanakah Anda?

15. Cincin Pertunangan Berlian Pertama

Source: Alex Gorzen

Apakah Anda sudah mengetahui siapa wanita yang pertama kali mendapatkan berlian sebagai cincin pertunangan? Cincin tunangan berlian pertama kali diberikan oleh Archduke Maximilian dari Austria kepada wanita yang dicintainya Mary of Burgundi pada tahun 1477. Mary of Burgundi adalah wanita pertama yang mendapatkan cincin berlian dihari pertunangannya. Bagaimana dengan Anda?

Sekian Artikel mengenai 15 Fakta Cincin Pertunangan ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pengetahuan, Pernikahan