15 Makanan Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Angelorosa

Sebagai kota yang memegang predikat “kota pelajar”, Jogja tidak hanya dikelilingi oleh sekolah dan universitas ternama, tapi juga populer akan kulinernya yang terkenal lezat.  Bukan cuma gudeg saja loh! Masih banyak cafe dan restoran unik di Jogja yang wajib Kamu kunjungi. Kira-kira dimana sajakah itu? Ini dia 15 rekomendasi makanan enak di Jogja untuk Kamu para foodie sejati. Simak yuk!

1. Gudeg Yu Djum

A post shared by Kochu (@_elcielo_blu_) on

Gudeg adalah kuliner populer sekaligus makanan enak di Jogja. Maka itu, jika menyambangi kota pelajar ini, Kamu wajib mencicipi gudegnya. Salah satu yang cukup terkenal dan legendaris adalah Gudeg Yu Djum. Disini Kamu bisa menikmati sajian gudeg berasa manis, gurih lengkap dengan krecek pedas serta lauk telor, ayam dan tempe bacem. Dijamin sekali mencicipinya, Kamu akan ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

  • Nama: Gudeg Yu Djum
  • Alamat: Jalan Kaliurang Km 4,5 Karang Asem CTIII/06, sleman Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00-21.00 WIB

2. Bebek Goreng Haji Slamet

A post shared by WMSA (@adrizamani) on

Masakan bebek goreng yang satu ini pasti sudah tak asing di telingamu. Ya, hampir disetiap kota kita bisa menemukan kedai Bebek Goreng Haji Slamet yang nikmat. Begitupun dengan di Jogja. Tepatnya di jalan Gejayan, Kamu bisa menikmati sajian lalapan bebek goreng yang enak, dagingnya empuk dan bumbunya meresap. Satu hal yang bikin spesial lagi, adalah sambal yang pedas dan menggigit. Hmm, benar-benar membuat ketagihan loh!

  • Nama: Bebek Goreng Haji Slamet
  • Alamat: Jl. Gejayan, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 11.00-21.00 WIB

3. Mie Persis Telap 12

A post shared by I K E (@ikee15) on

Kalau Kamu seorang kuliner sejati, apalagi menetap di Jogja harusnya Kamu tahu persis dengan kedai mie yang satu ini! Yap, Mie Persis Telap 12. Disini Kamu bisa mencoba aneka rasa mie yang dihidangkan dengan plating mirip bungkus mie instan.

Rasa mienya tentu enak banget plus pedas, disajikan bersama telur mata sapi yang sempurna dan sayuran. Oiya, kedai ini biasanya selalu tampak ramai. Jadi jika Kamu mampir kesini sebaiknya sabar untuk antri ya! Kalau untuk urusan harga, hanya berkisar antara Rp.10 ribu-Rp.11 ribu, Murah kan?

  • Nama: Mie Persis Telap 12
  • Alamat: Jalan Pandeyan, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 12.30-22.00 WIB

4. Bakso Klenger

Bakso selalu jadi santapan populer bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali dengan Jogja. Di kota ini, Kamu bisa mencicipi kuliner bakso raksasa dengan berat mencapai 5 kg.  Wah, kira-kira apakah Kamu sanggup menghabiskannya seorang diri? Jika menurut ukuran bakso tersebut terlalu besar, Kamu bisa memesan yang lebih mini, yakni bakso ukuran 250 gram. Cita rasanya sama-sama lezat kok! Dan dijamin akan membuatmu semakin klenger!

  • Nama: Bakso Klenger
  • Alamat: Jl. Nologaten No. 296, Sleman, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB

5. Warung Sate Klathak Pak Pong

A post shared by Bro.taste (@brotaste) on

Apa yang spesial dari warung sate ini? Hmm, selain suasana kedainya yang nyaman dengan unsur pedesaan, cita rasa satenya juga menggugah selera. Daging kambing yang digunakan untuk sate adalah daging muda yang empuk. Bumbunya benar-benar meresap pada daging, dan uniknya lagi sate ini disajikan bersama kuah gulai yang tentunya nikmat sekali, guys! Tapi untuk menikmati kelezatan Sate Klathak Pak Pong nampaknya Kamu harus bisa bersabar, karena warung ini sangat ramai.

  • Nama: Sate Klathak Pak Pong
  • Alamat: Jl. Imogiri Timur Km 10, Bantul Yogyakarta.
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00-24.00 WIB

6. Bakmi Jowo Mbah Gito

A post shared by Mery Rizaldi (@meryrizaldi) on

Apa sih yang tidak bisa Kamu dapatkan di Jogja? Beragam sajian kuliner ada di kota ini, loh! Lengkap banget, dan salah satunya Bakmi. Hmm, apakah Kamu pecinta Bakmi? Jika iya, Kamu bisa mampir di warung Bakmi Jowo Mbah Gito. Bakmi di warung ini bisa dikatakan cukup unik, karena sistem pemasakannya masih tradisional. Yakni menggunakan tungku arang. Cita rasa bakmi jowo juga sangat lezat, biasanya disajikan bersama cabe, bawang goreng, telur dan suiran daging ayam. Maknyus!

  • Nama: Bakmi Jowo Mbah Gito
  • Alamat: Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 11.00-23.00 WIB

7. Entok Slenget Kang Tanir

A post shared by riefa (@nestarifa) on

Untuk Kamu yang menyukai tantangan mengonsumsi makanan pedas, saya sarankan mencicipi Entok Slenget milik Kang Tanir di Jogja ini. Selain rasa pedasnya yang menggoyang lidah, daging entoknya sendiri masih fresh dan dimasak hingga empuk. Bumbunya pun juga mantab! Yang jelas Kamu pasti akan ketagihan. Kamu bahkan tidak perlu membayar mahal untuk menikmati sajian entok spesial ini, cukup merogoh kocek Rp.16.000 Kamu sudah bisa makan kenyang. Tertarik?

  • Nama: Entok Slenget Kang Tanir
  • Alamat: Jl. Pakem – Turi, Donokerto,Sleman, D.I. Yogyakarta
  • Jam operasional:  Setiap hari, pukul 16.00-21.00 WIB

8. Aglioo! Pizza & Pasta

Dari masakan tradisional, kita beralih ke masakan modern ala Amerika. Yaph, apalagi kalau bukan Pizza dan Pasta. Di Jogja, terdapat sebuah resto yang tak pernah sepi bernama Aglioo! Pizza & Pasta. Resto ini menawarkan beragam western food, beberapa diantaranya seperti Salmone Pizza, Turkish Salad, Veggie Soup, Bruchetta, Spagetti, Pasta Tuna, dan masih banyak lainnya.

Menu andalannya tentu saja adalah pizza yang dimasak dengan metode panggang, kemudian disajikan dengan sayuran, keju mozarella, dan saus creamy yang enak banget. Dijamin bikin Kamu ingin nambah!

  • Nama: Aglioo! Pizza&Pasta
  • Alamat: Jl. Prawirotaman no. 29 Jogjakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-24.00 WIB

9. Ayam Goreng Suharti

A post shared by Samantha Tew (@sammytsl) on

Makan ayam goreng memang sudah terlalu mainstream. Tapi khusus untuk ayam goreng milik Ibu Suharti ini benar-benar istimewa. Walaupun lokasinya agak terpencil, tapi kedai ini sudah sangat populer loh! Bahkan menjadi kuliner legend bagi warga Jogja. Ayam goreng disini diolah dengan bumbu khusus. Dagingnya empuk, biasanya disajikan bersama koya sehingga membuat rasanya semakin gurih dan renyah. Apalagi jika ditotolkan ke sambal, hmm semakin mantap deh!

  • Nama: Ayam Goreng Suharti
  • Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.208, Sleman, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-21.30 WIB

10. Bedhot Resto

A post shared by NICK HON YUEN (@juniorchy) on

Makanan enak di Jogja selanjutnya bisa Kamu dapatkan di Bedhot Resto. Kamu bisa memesan makanan sesuai dengan selera disini, mostly masakan nusantara. Seperti ayam goreng, opor ayam, rendang, olahan sayuran dan sebagainya. Satu hal yang unik dari resto ini adalah gaya arsitekturnya yang menyajikan nuansa khas Jawa. Lengkap dengan ornamen-ornamen otentik, meja-kursi yang terbuat dari kayu, serta taplak dengan desain batik. Its homie resto!

  • Nama: Bedhot Resto
  • Alamat: Jl. Sosrowijayan Wetan GT1 No. 127, Sosromenduran, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-23.00 WIB

11. Gubug Makan Mang Engking

Sesuai dengan namanya “gubug”, warung ini mengusung nuansa tradisional berupa tempat makan berbentuk gubug dengan meja-kursi yang terbuat dari kayu. Untuk menu yang dihadirkan cukup beragam, mulai dari kepiting saus tiram, ikan gurami goreng, olahan udang, cumi, es kelapa muda dan masih banyak lainnya.

Menikmati makanan disini sangatlah asyik, karena warung ini terletak di dekat sawah dan kolam, jadi Kamu bisa menyantap hidangan serambi merasakan kesejukan alam.

  • Nama: Gubug Makan Mang Engking
  • Alamat: Jl. Soragan No.13, Ngestiharjo, Bantul, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB

12. Soto Kadipiro

A post shared by Benny Oentoro (@bennyoentoro) on

Soto ini adalah satu satu makanan enak di Jogja yang telah menjadi kuliner legendaris. Kabarnya warung ini telah didirikan semenjak tahun 1921 silam, yang kemudian diwariskan secara turun-menurun hingga saat ini.

Untuk urusan cita rasa, so pasti tidak perlu diragukan. Soto khas Kadipiro ini memberikan sensasi soto yang tidak biasa. Soto ini kental akan rempah-rempah, kuahnya berwarna kuning bening. Biasanya disajikan bersama nasi, suiran daging ayam, sayuran hijau, lethok, sambal dan kecap. Kamu juga bisa menambahkan lauk lain, seperti perkedel, tahu, sate atau yang lain sesuai dengan selera.

  • Nama: Soto Kadipiro
  • Alamat: Jl. Wates KM.2 No.37, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.30-21.00 WIB

13. Soto Bathok Mbah Katro

Masih dalam kuliner soto, recomended warung berikutnya Soto Bathok milik Mbah Katro. Warung ini menyajikan masakan soto daging sapi yang lezat, biasanya disajikan dengan tambahan tempe garit dan sate telur.

Oiya, menikmati makanan disini juga menjadi hal yang berkesan. Karena warung ini berada di tepian sawah, suasananya asri dan damai. Uniknya lagi, Kamu bisa memandang keindahan Candi Sambisari dan burung Bangau yang berlarian. Oiya, harga sotonya juga sangat terjangkau loh! Cuma Rp.5000 Kamu sudah bisa mencicipi kelezatan soto Mbah Katro.

  • Nama: Soto Bathok Mbah Katro
  • Alamat: Jl. Candi Sambisari, RT.03, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00-16.00 WIB

14. Sup Merah Jogja

Cukup dilihat dari tampilannya saja, dijamin Kamu akan ngiler dan segera ingin menyantap sup merah milik Bu Asih ini. Ya, sup ini memang sedikit unik jika dibandingkan sup pada umumnya. Bukannya bening, kuah dari sup ini malah berwarna merah. Lha kok bisa?

Iya, jadi sup ini diolah dengan campuran pasta cabe. Alhasil, warnanya pun juga merah. Umumnya sup merah disajikan bersama suiran ayam, seledri, telur reburs, kubis, dan daun bawang. Kamu bisa meminta tamabahan ceker ayam jika memang berselera. Yang jelas, untuk Kamu penikmat makanan pedas wajib mencicipi sup merah ini!

  • Nama: Sup Merah
  • Alamat: Jl.Kol. Sugiyono No.74, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB

15. Lotek Teteg

Lotek Teteg juga menjadi salah satu makanan enak di Jogja. Warung lotek yang terletak dibawah jembatan Lempuyangan ini memang selalu tampak ramai. Cita rasa loteknya benar-benar menggoda. Sayuran yang disajikan masih fresh, bumbunya meresap sempurna, dan krupuknya juga gurih kriuk-kriuk semakin menambah nafsu makan.

Selain lotek, warung ini juga menyediakan menu gado-gado. Kedua menu makanan tersebut disajikan dalam porsi jumbo, dijamin akan membuat kenyang dan puas.

  • Nama: Lotek Teteg
  • Alamat: Jl. Argolubang No. 184, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta
  • Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan enak di Jogja yang wajib Kamu cobain Guys. Semua makanan diatas benar-benar nikmat, dan pastinya bikin Kamu semakin mencintai kota Jogja. Selamat berkuliner!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Trip and Travel