15 Cara Ampuh Menghentikan Cegukan Pada Bayi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: mulan

Cegukan tentunya merupakan sesuatu yang dialami semua orang, baik bayi mapupun orang dewasa. Bayi Anda pasti pernah mengalami cegukan dan ketika cegukan tersebut tak kunjung berhenti, tentunya Anda akan mulai merasa khawatir. Anda sebenarnya tidak perlu khawatir karena cegukan bukanlah indikasi dari penyakit ynag membahayakan. Namun, tetap saja cegukan pastinya membuat buah hati Anda merasa kurang nyaman. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai 15 cara mengatasi cegukan pada bayi. Yuk disimak!

1. Tenangkan Bayi Anda

Source: mulan

Cegukan bisa terjadi karena bayi Anda terlalu bersemangat ketika disusui, lho. Ini karena udara masuk ke dalam diafragma si kecil pada saat ia terlalu bersemangat. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menenangkan bayi Anda. Jika bayi Anda tenang, maka cegukan akan berangsur-angsur berhenti. Tenangkan bayi Anda dengan cara mengelus punggungnya dengan lembut sambil sedikit mengayunkannya.

2. Peluk


Source: mulan

Selain menenangkannya dengan cara mengelus-elus punggungnya, Anda juga dapat mencoba memeluk bayi Anda. Cara ini tidak terbukti efektif secara alamiah, namun ini merupakan cara yang kerap dilakukan oleh orangtua ketika bayinya mengalami cegukan. Biasanya, ketika Anda mendekap bayi Anda waktu ia sedang cegukan, cegukannya akan hilang dalam beberapa menit. Cara sederhana ini patut dicoba.

3. Posisi Menyusui

Source: mulan

Terkadang, posisi menyusui Anda dapat berpengaruh juga, lho. Jika Anda sedang menyusui buah hati Anda dan tiba-tiba ia mulai cegukan, maka Anda dapat mencoba mengubah posisi menyusui Anda. Ubahlah posisi menyusui Anda secara lembut sambil menyusui buah hati Anda. Terkadang, cara ini juga sangat ampuh untuk menghentikan cegukan, lho. Yuk dicoba!

4. Gula


Source: mulan

Metode ini kurang dikenal, namun banyak ibu yakin bahwa metode ini merupakan metode yang sangat ampuh untuk mengatasi cegukan pada bayi. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menggunakan jari Anda. Basahi jari Anda dengan sedikit air kemudian celupkan kedalam gula sehingga gula akan menempel pada jaru Anda. Kemudian, masukan jari Anda ke dalam mulut bayi Anda agar ia bisa mengemutnya selama beberapa menit. Secara perlahan, cegukan akan berkurang dan bayi Anda akan merasa lebih nyaman.

5. Pijat

Source: mulan

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menghentikan cegukan pada bayi Anda dengan cara memijatnya? Ya, Anda hanya perlu memosisikan bayi Anda secara tegap ketika Anda sedang menggendongnya, kemudian sAndarkan kepalanya pada pundak Anda. Lalu, Anda hanya perlu memijat punggungnya secara lembut selama beberapa saat sampai cegukannay berhenti. Ini karena pada saat Anda memijatnya, angin akan keluar dari perut bayi Anda dan cegukan akan mereda.

6. Berhenti Menyusui Dulu

Source: somedragon2000

Jika cegukan tak kunjung berhenti meskipun Anda sudah mengubah posisi menyusui sambil mengelus punggungnya, maka ada baiknya jika Anda berhenti menyusui terlebih dahulu. SAndarkan buah hati Anda tegak ke pundah Anda, kemudian tepuklah punggungnya secara lembut seperti ketika Anda berusaha menyendawakannya. Setelah cegukannya berhenti, baru Anda bisa menyusuinya lagi.

7. Makan Sedikit Demi Sedikit


Source: Quinn Dombrowski

Ada baiknya jika Anda memberikan makanan sedikit demi sedikit kepada bayi Anda. Biasanya, ketika Anda telah memberikan sang buah hati makanan pendamping asi, ia akan lebih mudah cegukan jika terburu-buru makannya. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba memberikan makanan secara perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit agar bisa menghindari terjadinya cegukan.

8. Bersantai dan Istirahat


Source: Max Talbot-Minkin

Nah, Anda juga perlu memperhatikan apa yang bayi Anda inginkan pada saat ia makan. Disini maksudnya, ketika Anda memberikan ia makanan terkadang buah hati Anda membuat suara meneguk yang bisa terdengar. Ini artinya ia terlalu terburu-buru dan menelan angin. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berhenti memberikan makanan selama beberapa menit untuk membuatnya rileks, kemudian Anda dapat melanjutkannya lagi.

9. Periksa Dot


Source: Bev Sykes

Ketika bayi Anda sedang meminum susu dengan dot, maka penting sekali bagi Anda untuk mengecek apakah bayi Anda mengisap dengan benar atau tidak. Sama hal nya ketika Anda sedang memberikannya ASI. Ini karena terkadang bayi bisa tidak mengisap dengan benar sehingga terkadang air susu nya dapat kemana-mana dan bayi Anda pun dapat menelan air, yang pada akhirnya akan menyebabkan cegukan. Kemudian, periksalah dot bayi Anda, apakah dotnya masih bagus atau tidak.

10. Tegakkan Bayi


Source: RikRoK Yu castro

Biasanya, yang menyebabkan cegukan pada bayi adalah karena ia menelan terlalu banyak udara yang membuat perutnya buncit. Nah, untuk menghindari hal ini, maka Anda dapat memosisikan bayi Anda 30-45 derajat ketika ia sedang makan. Posisi ini dapat membatasi jumlah udara di dalam perut bayi Anda, sehingga ketika bayi Anda makan tidak akan cegukan, ataupun ketika bayi Anda cegukan, maka cegukan akan berangsur-angsur berhenti.

11. Suhu

Source: Toshiyuki IMAI

Tahukah Anda bahwa suhu ruangan atau lingkungan sekitar juga dapat menimbulkan cegukan? Ya, faktanya, ketika terjadi penurunan suhu yang cukup ekstrim, maka bayi Anda dapat mengalami cegukan. Oleh karena itu, jika bayi Anda tiba-tiba cegukan, perhatikan suhu ruangan Anda. Kemungkinan besar, suhunya terlalu dingin untk buah hati Anda. Anda dapat pindah ke ruangan yang lebih hangat untuk menghentikan cegukannya.

12. Biji Adas Manis

Source: Jeremy SALMON

Cara yang satu ini sepertinya sangat jarang diketahui oleh orang-orang. Anda dapat menggunakan biji adas manis untuk mengatasi cegukan pada buah hati Anda, lho. Faktanya, biji adas manis sangat efektif dalam mengatasi cegukan. Selain itu, biji ini aman bagi bayi. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok biji adas manis ke dalam segelas air hangat. Tunggu sampai minuman tersebut telah dingin dan berikan pada bayi Anda untuk menghentikan cegukan.

13. Makan Secara Teratur


Source: Alfonso Jimenez

Anda juga bisa mengatasi cegukan dengan cara memberi bayi Anda makan secara teratur. Ya, penting sekali untuk memastikan bahwa bayi Anda makan sebelum ia terlalu lapar. Ini karena perutnya akan mengandung banyak gas. Cegukan juga bisa disebabkan karena adanya masalah dengan lambung. Oleh karena itu, untuk mengatasi dan mencegah cegukan, pastikan Anda memberikan buah hati Anda makan secara teratur.

14. Botol Susu


Source: Arne Hjoth Johansen

Penting juga bagi anada untuk memperhatikan botol susu yang digunakan oleh bayi Anda, lho. Anda harus memastikan bahwa botol yang digunakan buah hati Anda mempunyai lubang dan regulator. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan dot yang lubangnya lebih kecil. Ini akan membantu Anda untuk mencapai ritme yang lebih teratur dalam meminum susu, sehingga tidak akan terjadi cegukan.

15. Stress


Source: Lirica Aragao

Tahukah Anda bahwa ketika bayi Anda sedang stress, maka ia akan lebih mungkin mengalami cegukan? Stress dapat menyebabkan cegukan pada bayi. Oleh karena itu, perhatikan mood bayi Anda, cobalah untuk menghiburnya dengan cara bermain dengannya selama beberapa saat. Jika bayi Anda sudah terlihat tidak stress, maka Anda dapat mulai memberinya makanan atau susu. Dengan begitu, bayi Anda akan terhindar dari cegukan.

Itulah 15 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children