10 Resep Unik Makanan Untuk Diet

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

saladSource: jill111

Ada banyak cara unik yang dilakukan oleh orang orang dalam melakukan diet. Mulai dari mengurangi porsi makan hingga hanya mengonsumsi satu jenis makanan dalam beberapa waktu. Meskipun demikian, diet yang sehat bukan berarti tidak makan sama sekali. Kebutuhan tubuh harus tetap tercukupi meskipun dalam misi penurunan berat badan. Ada banyak resep makanan untuk diet sehat anda. Berikut ini 10 resep makanan untuk diet.

1. Salad Buah

Source: StockSnap

Buah-buahan sangat baik untuk program diet. Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral, buah buahan juga memenuhi kebutuhan gula dengan kalori yang lebih rendah dibanding konsumsi makanan pokok seperti nasi. Buah buahan beraneka warna juga dapat memenuhi kebutuhan serat yang dapat membantu pencernaan lemak dalam tubuh. Salad buah dapat menjadi resep makanan untuk diet yang bisa anda coba.

2. Smoothie

Source: WDnet Studio

Smoothie merupakan cairan kental dari campuran buah buahan, sayur, atau keduanya. Tergantung dari bahan pembuatnya, smoothie dapat menjadi sumber serat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Smoothie dipercaya dapat menjadi makanan untuk diet penurunan berat badan yang sehat. Untuk program penurunan berat badan, disarankan untuk menghindari penambahan pemanis atau keju pada smoothie.

3. Yogurt dan Oatmeal

Source: Pexels

Yogurt merupakan makanan untuk diet yang cukup populer. Makanan yang berasal dari fermentasi susu ini memiliki kandungan vitamin B12, B2 dan mineral fosfor yang cukup tinggi. Yogurt juga dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan sehingga proses pencernaan dan pembakaran lemak dapat terjadi lebih optimal. Campuran yogurt dengan oatmeal dapat memperpanjang rasa kenyang sehingga tubuh tidak tergoda dengan camilan yang membuat berat badan bertambah.

4. Salmon Sandwich

Source: Snufkin

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya beberapa sumber protein biasanya merupakan sumber lemak juga. Sehingga orang yang berdiet biasanya menghindari makanan dengan kandungan protein tinggi. Namun masalah ini bisa diselesaikan dengan mengonsumsi ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan protein tinggi namun rendah lemak. Oleh karena itu, salmon merupakan sumber protein yang cocok sebagai makanan untuk diet. Salah satu resep makanan yang bisa dibuat adalah sandwich salmon.

5. Salad Kentang

Source: Anna Retter

Orang yang berdiet biasanya menghindari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Nasi dapat digantikan menggunakan kentang rebus. Kentang rebus memberikan rasa kenyang yang hampir sama dengan memakan nasi. Kentang memiliki kandungan yang dapat menyerap lemak dan mengeluarkannya bersama kotoran. Oleh karena itu kentang sangat dianjurkan dalam diet penurunan berat badan. Sebaiknya kentang hanya diproses dengan cara direbus. Resep yang bisa dicoba salah satunya adalah salad kentang.

6. Infused Water

Source: GlassDharma

Infused water beberapa waktu lalu sangat populer menjadi salah satu cara dalam menurunkan berat badan. Infused water sebenarnya hanya air putih yang ditambahkan potongan buah buahan dan diminum setelah didiamkan beberapa saat. Bukan rahasia lagi bahwa memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu membakar lemak lebih cepat. Infused water diklaim dapat menambah kandungan vitamin dan mineral dalam air.

7. Alpukat dan Almond

Source: Sharon Ang

Beberapa jenis buah memiliki kecenderungan mampu menurunkan berat badan yang lebih besar dibandingkan jenis buah lain. Salah satunya adalah buah alpukat. Banyak yang mengira alpukat justru dapat menambah berat badan. Ternyata alpukat justru memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu pencernaan lemak lebih cepat. Resep pudding almond-alpukat dapat menjadi makanan untuk diet yang sehat.

8. Oatmeal dan Blueberry

Source: Pexels

Salah satu makanan untuk diet yang baik adalah mengonsumsi oatmeal. Oatmeal dapat memberikan rasa kenyang dan memiliki nilai gizi yang sangat lengkap. Blueberry juga merupakan buah yang dipercaya dapat menurunkan berat badan. Campuran oatmeal dan blueberry dapat menjadi pilihan resep sarapan yang bergizi dan bagus untuk diet.

9. Sayur Sop

Source: ImagesBG

Bukan rahasia lagi bahwa sayuran merupana sumber serat yang bagus bagi pencernaan tubuh. Serat juga membantu pencernaan lemak agar berjalan lebih cepat. Selain itu serat dapat mencegah sembelit dan melunakkan feses. Akibatnya feses tidak tertimbun lama dalam tubuh. Pengolahan yang paling bagus adalah dengan merebus sayuran daripada menumisnya. Salah satu resep yang paling baik adalah sayur sop.

10. Pie Apel

Source: ponce_photography

Apel adalah buah yang paling baik untuk diet penurunan berat badan. Menurut Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, buah apel sangat baik sebagai makanan untuk diet karena membuat tubuh kenyang namun memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Selain itu apel juga kaya serat dan polifenol yang baik bagi tubuh. Apel dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi makanan tertentu. Salah satunya adalah pie apel.

Demikian 10 resep unik makanan untuk diet. Anda dapat melakukan variasi lain menggunakan bahan bahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Sebaiknya sebelum memulai diet, konsultasikan dulu dengan dokter anda. Dengan begitu, anda dapat melakukan diet yang sehat tanpa membuat tubuh kekurangan nutrisi penting. Semoga bermanfaat.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary