10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Kehamilan 7 bulan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: erik langner

Usia kehamilan 7 bulan merupakan saat yang penting bagi calon ibu. Bulan ke-7 ini adalah awal dari trimester terakhir kehamilan. Berikut 10 hal penting yang perlu Anda ketahui pada usia kehamilan 7 bulan.

1. Pertumbuhan janin makin sempurna


Source: Dave Matos

Bayi akan berkembang semakin sempurna di usia kehamilan 7 bulan. Janin akan berukuran sekitar 39 cm dengan berat sekitar 1,3 kg. Kepala bayi akan menjadi proporsional dengan tubuhnya. Paru-paru dan saluran pencernaan janin hampir sempurna berkembang. Janin sudah mampu menelan cairan mengeluarkan air seni dari kandung kemihnya, dan sumsum tulangnya telah mampu memproduksi sel-sel darah merah.

2. Masa yang penting bagi pertumbuhan otak janin


Source: Flavia Brandi

Trimester terakir kehamilan merupakan saat yang penting dalam pertumbuhan otak janin. Pada usia kehamilan 7 bulan, ukuran otak bayi semakin berkembang dan tempurung kepala semakin mengeras. Pastikan nutrisi calon ibu tercukupi untuk menunjang pertumbuhan otak bayi. Makanan yang baik untuk pertumbuhan otak bayi diantaranya hati ayam atau sapi, daging, kuning telur, yogurt, dan kacang-kacangan.

3. Umumnya bayi sudah dalam posisi siap lahir


Source: edgarholguin

Umumnya, pada bulan ke-7 kehamilan bayi sudah dalam posisi siap lahir, yaitu posisi kepala berada di bagian bawah. Tetapi pada sebagian wanita, posisi kepala bayi masih berada di atas. Pastikan ibu hamil tetap bergerak aktif dan berolahraga ringan, dan melakukan posisi seperti sujud agar posisi kepala bayi berada di bawah.

4. Aktifnya gerakan bayi menunjukkan kesehatannya

7months
Source: pixabay

Di usia kehamilan 7 bulan, gerak bayi akan semakin aktif. Gerakan bayi dapat berupa gerakan menendang atau berputar. Calon ibu sudah dapat mengenali kapan bayinya bangun dan tidur. Aktifnya gerakan bayi menandakan kesehatan bayi Anda dalam kondisi baik. Konsultasikan dengan dokter atau bidan jika Anda merasa gerakan bayi Anda semakin berkurang.

5. Calon ibu mengalami konstipasi


Source: кофе

Sebagian wanita akan mengalami konstipasi di usia kehamilan 7 bulan. Gejala konstipasi ini jika dibiarkan dapat menyebabkan hemorrhoid atau wasir. Atasi dengan mengkonsumsi banyak serat dan kurangi suplemen makanan yang mengandung zat besi. Olahraga ringan seperti berjalan juga dapat mengurangi konstipasi. Jika gejala wasir cukup mengganggu, konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk penanganan yang tepat.

6. Kolostrum sudah mulai keluar


Source: Kristin Banks

Pada sebagian wanita, kolostrum atau cairan berwarna kekuningan yang mengawali keluarnya ASI sudah mulai keluar dari payudara di usia kehamilan 7 bulan. Bagi Anda yang mengalaminya, gunakan bantalan penyerap pada bra untuk menyerap cairan ini. Setelah melahirkan, kolostrum sangat baik untuk diminum bayi yang baru lahir untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

7. Terjadi kontraksi palsu


Source: Sara Neff

Kontraksi palsu atau atau Braxton Hicks dapat terjadi pada sebagian wanita di usia kehamilan 7 bulan. Gejala ini berupa mengencangnya otot rahim sekitar 30 detik sampai 2 menit. Buat diri Anda rileks dengan berendam air hangat atau ubahlah posisi Anda (dari berdiri ke duduk atau sebaliknya). Jika kontraksi ini terjadi berulang-ulang, segera konsultasikan ke dokter atau bidan.

8. Nyeri di bagian punggung


Source: Julita B.C.

Seiring dengan bertambahnya berat badan janin, banyak ibu hamil yang mengalami sakit punggung di bulan ke-7 kehamilan. Kurangi gejala nyeri punggung ini dengan mengatur posisi agar punggung lebih tegak saat Anda duduk. Ibu hamil juga dapat mengurangi nyeri punggung dengan stretching ringan atau berjalan sebentar. Kompres hangat atau berendam di air hangat juga dapat membantu mengurangi  nyeri punggung.

9. Kurangi aktivitas berat


Source: Adam Selwood

Calon ibu yang bekerja mungkin belum memulai cuti hamil pada usia kehamilan 7 bulan, dan masih melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Aktivitas fisik ringan dapat membantu ibu hamil agar tetap sehat dan aktif, namun hindarilah aktivitas fisik atau olahraga yang terlalu berat. Pastikan calon ibu untuk menghindari mengangkat atau membawa benda yang berat di trimester ke-3 ini.

10. Tetap berhubungan intim dengan pasangan


Source: Nicu Buculei

Perut yang semakin membesar di usia kehamilan 7 bulan ini tidak menjadi halangan untuk tetap mesra  bersama pasangan. Gunakan momen ini untuk mengasah kreatifitas Anda dan berkomunikasi dengan suami untuk menemukan posisi yang nyaman untuk bercinta. Selain latihan olahraga ringan seperti berjalan-jalan, aktivitas berhubungan intim juga dapat membantu usaha persalinan alami.

Di bulan ke-7 kehamilan ini juga Anda mungkin mulai memikirkan tentang persalinan. Pastikan Anda telah mempersiapkan semua kebutuhan dan perlengkapan bayi di bulan ini.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health