15 Pantai dengan Pemandangan Paling Menakjubkan di Indonesia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : bukohsk

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan di dunia dengan garis pantai mencapai 37.653 km, menjadi negara dengan garis pantai paling panjang nomor dua di dunia. Tak heran, Indonesia kaya akan wisata pantai dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Pasir putih, laut yang bening dengan terumbu karang yang terlihat dari permukaan air laut, mendominasi sejumlah pantai-pantai paling indah di Indonesia. Anda penasaran pantai-pantai apa saja yang memiliki pemandangan paling menakjubkan? berikut 15 rekomendasinya untuk anda!

1.Pantai Gili Meno, Lombok

Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal memiliki pantai-pantai dengan keindahan luar biasa. Lombok terkenal memiliki tiga gili (puau kecil), salah satunya adalah Gili Meno. Gili Meno adalah salah satu pulau paling kecil di antara Gili lainnya, yang berjarak sekitar 45 menit dari kota Mataram. Saking kecilnya Gili Meno, ia sudah selesai dijelajahi selama 90 menit, dan dihuni oleh kurang lebih empat ratus orang saja. Di pulau kecil ini, anda akan menikmati pemandangan yang sangat indah dengan pantainya yang menakjubkan. Jika anda pernah melihat gambar sebuah perahu seolah-olah seperti mengapung di atas permukaan lautnya karena airnya begitu jernih – demikian pula di Gili Meno. Nikmati waktu anda dengan bersantai, bermain di pasir putihnya dan melakukan diving atau snorkeling.

Informasi

  • Nama : Gili Meno
  • Lokasi : Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Akses dari Mataram : Perahu kapasitas 20 orang dari Pelabuhan Bangsal Rp.12.000/orang, menempuh kurang lebih sekitar 35 menit perjalanan. Atau anda bisa ke Teluk Nara (untuk penyewaan kapal secara pribadi)
  • Akses dari Bali : Melalui Tanjung Benoa atau Pantai sanur dengan biaya Rp.350.000 – Rp.500.000 sekali jalan menggunakan fast boat.
  • Waktu Operasional : Pk.17.00 semua kapal harus kembali ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara

2.Pantai Nusa Dua, Bali

A post shared by Marc Baschetti (@baschetti) on

Semua orang yang sudah pernah ke Bali ataupun mengenal Bali pasti sudah familiar dengan keindahan Pantai Nusa Dua. Karena pantainya yang indah, banyak hotel-hotel kelas dunia yang berlokasi di daerah Nusa Dua, dengan tamu-tamu penting dari seluruh dunia. Yang teranyar adalah Raja Salman beserta rombongan yang berlibur di salah satu hotel di Nusa Dua. Lalu dari sekian banyak pantai di Bali mengapa Nusa Dua? Ini karena Pantai Nusa Dua memiliki pantai yang sangat bersih, dengan pasir putih dan air lautnya yang tenang. Jika anda ingin bersantai sambil membaca buku dan menikmati hangatnya matahari Bali, Pantai ini sangat sesuai untuk anda.

Informasi

  • Nama : Pantai Nusa Dua Bali
  • Lokasi : Pulau Bali, sekitar 40 km dari Denpasar
  • Wisata : Wisata Pantai dengan pasir putih dan air yang tenang. Disini anda bisa berenang, dan berjemur. Di Nusa Dua juga terdapat sebuah Cafe terkenal bernama Cafe Yasa Segara, yang sering dikunjungi umum dan bisa menyewa kursi untuk duduk di tepi pantai dengan biaya Rp.20.000/kursi/hari

3.Pantai Pulau Lengkuas, Belitung

A post shared by @bigweezeey on

Pulau Lengkuas Belitung adalah salah satu pulau idaman bagi para traveler di Indonesia saat ini. Berlokasi di Pulau Belitung, Pulau Lengkuas merupakan salah satu pulau kecil dimana disana anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah. Pasir putih dengan air laut yang bening, mercusuar tua dari tahun 1882 yang menjulang tinggi yang dapat anda naiki hingga ke tingkat paling atas, jejeran bebatuan di tepi pantai yang sangat artistik. Disini anda juga bisa melakukan diving dan snorkeling di air lautnya yang bening. Jika anda salah satu pencinta wisata pantai, anda harus ke Lengkuas!

Informasi

  • Nama : Pulau Lengkuas
  • Lokasi : Tanjung Binga, Sijuk, Pulau Belitung
  • Waktu Operasional : Pk.09.00 – Pk.20.00
  • Website : http://www.belitungisland.com/new/home.php
  • Akses : Melalui Paket Wisata yang tersedia di tempat anda menginap | Melalui perahu nelayan di tiga tempat : Tanjung Binga, Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi dengan waktu penyeberangan sekitar 35-45 menit. Harga penyewaan perahu sekitar Rp.500.000/perahu

4.Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi salah satu pantai yang sangat terkenal di Indonesia setelah menjadi lokasi syuting dari film Laskar Pelangi yang fenomenal karya Andrea Hirata. Yang membuat Pantai Tanjung Tinggi berbeda dari pantai kebanyakan adalah batu-batu granit besar yang berjejer di sepanjang pantai. Saking besar batu-batu yang ada di sana, anda dapat naik ke atasnya dan berjalan, berdiri hingga berbaring disana!. Dengan pantai yang putih bersih dan laut biru yang sangat bening, anda akan mendapatkan pemandangan pantai yang sangat indah sekaligus artistik!

Informasi

  • Nama : Pantai Tanjung Tinggi / Pantai Laskar Pelangi
  • Lokasi : Keciput, Sijuk, Pulau Belitung
  • Akses : Dari hotel tempat anda menginap, anda dapat menyewa kendaraan roda empat atau roda dua menuju Tanjung Tinggi. Jarak dari Kota Tanjung Pandang ke Tanjung Tinggi sekitar 31 km. Penyewaan roda empat sekitar Rp.500.000/hari; sedangkan penyewaan roda dua Rp.100.000/hari

5.Pantai Selong Belanak, Lombok

A post shared by jarv86 (@jarv86) on

Kembali ke Lombok, kita akan menuju ke Pantai Selong Belanak. Pantai Selong Belanak adalah pantai yang berlokasi di sebuah teluk sehingga pantainya berbentuk bulan sabit. Disini, anda dapat menikmati waktu liburan anda sembari bersantai, berjemur, berenang atau menyewa perahu nelayan untuk memancing. Pantai Selong Belanak kurang populer diantaranya pantai-pantai lainnya di Lombok sehingga suasananya masih sepi dan bersih, sebagian orang bahkan memberinya julukan dengan sepotong Hawaii di Indonesia.

Informasi

  • Nama : Pantai Selong Belanak
  • Lokasi : Selong Belanak, Praya Barat, Lombok, Nusa Tenggara Barat
  • Akses : Dari Mataram melalui Jalur Bandara Internasional. Bertemu perempatan Penujak belok ke Kanan. Bertemu Pertigaan Masjid Nurul Huda Batujai ambil Belok kiri menuju Jalur Penujak. Dari Pasar Penujak Belok Kanan lalu masuk ke Gapura Masuk Selong Belanak
  • Harga Tiket Masuk : Rp.2000,-/orang

6.Pantai Balangan, Bali

A post shared by Ina Chasanah (@inachasanah) on

Pantai Balangan terdapat di Bali, sekitar 35 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Pantai ini tidak seperti Pantai Kuta yang ramai pengunjung. Pantai Balangan memiliki suasana yang lebih sepi, sehingga anda akan mendapatkan pantai indah dengan suasana yang tenang. Jika anda hobil berselancar, ombak di pantai ini cukup besar dan cukup bervolume sehingga anda bisa menikmati berselancar dengan tenang disini. Sehabis berselancar anda bisa menunggu hingga matahari terbenam untuk pemandangan yang lebih mengesankan.

Informasi

  • Nama : Pantai Balangan
  • Lokasi : Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.
  • Akses ke Pantai Balangan : dengan kendaraan roda empat yang dapat anda sewa. Perjalanan sekitar 35 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali

7.Pantai Jemeluk, Bali

A post shared by Jerwin Ponce (@jerwinism) on

Pantai Jemeluk berada di Kabupaten Karangasem Bali. Disini anda akan menemukan sebuah pantai yang tenang dengan permukaan air laut yang sangat jernih dan menyimpan keindahan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Dikelilingi oleh perbukitan dan juga dihiasi dengan pemandangan gunung yang menjulang juga menjadikan pemandangan dan suasana di Pantai Jemeluk sangat disukai oleh wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara.

Informasi

  • Nama : Pantai Jemeluk
  • Lokasi : Jalan Amed, Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Akses : Jarak dari Denpasar sekitar 78 km, anda dapat menyewa kendaraan roda empat atau menggunakan kendaraan umum dari terminal Batubulan naik bus tujuan ke Amlapura selama 2,5 jam. Kemudian anda bisa melanjutkan dengan naik bemo selama 30 menit.

8.Pantai Pandawa, Bali

A post shared by d a v i d (@dvdahmd) on

Pantai Pandawa merupakan destinasi wisata favorit lainnya di Bali. Saking indahnya pantai yang dikelilingi bukit kapur ini, anda bisa merasakan keindahannya bahkan sebelum anda sampai di pantainya. Di Pantai Pandawa anda dapat melakukan banyak hal mulai dari sekedar berjalan di tepi pantainya, bersantai di kursi-kursi kayu berpayung yang ada di pinggir pantai, bermain kano, hingga berenang. Anda juga bisa bermain Paralayang yang bisa anda mulai dari Bukit Timbis mendarat di Pantai Pandawa. Jika anda ke Bali, pantai Pandawa sayang untuk anda lewatkan.

Informasi

  • Nama : Pantai Pandawa
  • Lokasi : Kabupaten Badung, Kuta Selatan Bali
  • Akses : Dari Bandara ke arah Garuda Wisnu Kencana belok kiri ke arah Nusa dua atau Bali Cliff, lurus hingga bertemu plang pantai Pandawa, belok kiri hingga perempatan, lurus hingga anda menuruni tebing batu.

9.Pantai Merah Muda, Pulau Komodo

Jika anda ingin mengunjungi pantai yang unik dan hanya terdapat 7 buah di seluruh dunia, maka anda bisa mengunjungi Pantai Merah Muda di Pulau Komodo. Diberi nama pantai merah muda karena ketika kena sinar matahari, hamparan pasirnya akan berwarna merah muda, sangat unik ya! Nah jika anda sudah puas menikmati pantainya yang berwarna merah muda, anda dapat menikmati pemandangan bawah laut di Pulau Komodo ini. Dengan diving dan Snorkeling, anda dapat mengunjungi rumah bagi para biota laut hingga terumbu karang yang indah.

Informasi

  • Nama : Pantai Merah Muda
  • Lokasi : Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Indonesia
  • Akses : Dari Labuan Bajo, anda dapat menyewa kapal dengan lama perjalanan sekira 45 menit. Di sepanjang perjalanan anda akan dapat mengamati berbagai jenis Komodo yang dilindungi.

10.Pantai Raja Ampat, Papua

A post shared by Journesia (@journesia) on

Pantai Raja Ampat terletak di Kepulauan Raja Ampat, tepatnya di gugusan kepala burung di pulau Papua Barat. Selain karena pemandangan kepulauannya yang sangat indah, Pantai Raja Ampat juga memiliki sejumlah pantai dengan pasir yang putih dan laut biru yang jernih. Sempatkan diri anda untuk diving dan snorkeling di perairan Raja Ampat, karena pemandangan bawah lautnya tidak kalah dengan pemandangan gugus pulaunya.

Informasi

  • Nama : Pantai Raja Ampat
  • Lokasi : Kepulauan Raja Ampat, Kabupaten Raja Ampat, Papu Barat Indonesia
  • Akses : Dari Jakarta ambil penerbangan ke Sorong. Dari Sorong, untuk menjelajahi Raja Ampat anda memiliki dua pilihan, mengikuti tur menggunakan perahu pinisi atau bisa menggunakan kapal cepat dengan biaya Rp.130.000
  • Harga Tiket Masuk : Rp.500.000/orang

11.Pantai Derawan, Kalimantan Timur

A post shared by Diwang seberang (@ridwanpuma) on

Pantai Derawan serupa dengan Pantai Raja Ampat, pantai yang terdapat di kepulauan. Anda dapat mengunjungi pantai Derawan di Kepulauan Derawan berlokasi di Kalimantan Timur. Pantai ini sangat indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Bagi anda yang suka menyelam, Pantai Derawan memberikan keindahan wisata bawah laut yang sangat mengesankan. Karena pemandangannya yang sangat menakjubkan, Pantai Derawan pernah dicalonkan menjadi Unesco Heritage Site pada tahun 2005.

Informasi

  • Nama : Pantai Derawan
  • Lokasi : RT III Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
  • Website : http://www.derawandivelodge.com/
  • Akses : Jakarta ke Tarakan naik pesawat, kemudian naik speedboat dari Tarakan, perjalanan selama 3 jam, harga sekitar 1,5 juta/speedboat.

12.Pantai Ora, Maluku

A post shared by Malaysia (@si_budakkampung) on

Pantai Ora berlokasi di Pulau Seram di Maluku Tengah. Lokasi pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin liburan jauh dari keramaian. Di pantai Ora, selain anda dapat menikmati suasana pantai yang indah, disini juga terdapat penginapan yang mengambang di atas permukaan laut. Pantai Ora juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan dengan pasir putih yang akan membuat anda betah berada di Pulau Seram lalu enggan untuk kembali pulang.

Informasi

  • Nama : Pantai Ora
  • Lokasi : Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah
  • Akses : Dari Jakarta anda menuju ke Kota Ambon. Dari Ambon ke pelabuhan Hulnara, Tuleho. Dari sini anda akan menaiki ferry berkapasitas 350 orang, perjalanan sekitar 2,5 jam.
  • Jadwal Ferry : Senin – Sabtu Pukul 08.00 & Pk.14.00 | Hari Minggu Pk.15.00
  • Biaya Ferry : VIP Rp.260 ribu | Ekonomi R.125 ribu sekali jalan

13.Tanjung Bira, Sulawesi

A post shared by hatni (@hatnii) on

Tanjung Bira berlokasi di Sulawesi Selatan di Kabupaten Bulukumba. Jika anda melihat Tanjung Bira, yang anda bayangkan adalah foto-foto pantai yang biasa anda lihat di majalah atau Instagram travelling dari selebgram karena pemandangannya sangat indah. Pantai Tanjung Bira dikenal dengan pantainya yang sangat halus berwarna putih, dengan laut yang biru dan pemandangan bawah laut yang indah. Jika anda ingin menikmati Tanjung Bira dalam waktu yang agak lama, disini tersedia banyak penginapan dengan harga yang beragam.

Informasi

  • Nama : Pantai Tanjung Bira
  • Lokasi : Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Akses : Jakarta ke Makassar, dari Makassar anda bisa menyewa mobil atau naik kendaraan umum Damri ke Lapangan Karebosi. Pilih angkot ke arah Gowa turun di terminal Malengkeri. Dari Malengkeri anda bisa naik Bus Ac dengan biaya Rp.75.000/orang hingga ke Tanjung Bira

14.Tomini Bay, Gorontalo

A post shared by totofore (@totofore) on

Satu lagi pantai yang menjadi favorit sebagai tempat diving dan snorkeling yaitu Tomini Bay. Tomini Bay adalah sebuah pantai yang sangat terkenal keindahannya berlokasi di Gorontalo. Ia merupakan teluk terluas di Indonesia mencapai 6.000.000 hektar. Teluk seluas ini memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa indah sehingga menjadi idaman bagi mereka yang menggandrungi olahraga diving dan snorkeling. Jika anda beruntung, anda dapat melihat lumba-lumba berenang di perairan Tomini Bay pada bulan-bulan tertentu.

Informasi

  • Nama : Tomini Bay
  • Lokasi : Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah
  • Akses : Dari Jakarta anda bisa menuju ke Gorontalo. Dari Gorontalo naik mobil keBumbula Paguat selama 3jam perjalanan. Selanjutnya naik kapal Cengkeh Afo dan melanjutkan perjalanan selama 6 jam lagi.
  • Waktu Operasional Kapal : Senin-Kamis Pk.08.00

15.Pantai Bukit Berahu

A post shared by Candra Warsita (@candrawarsita) on

Pantai Bukit Berahu terletak di Pulau Belitung. Pantai yang berwarna putih bersih ini terletak di sebuah resort yang tidak ramai pengunjung. Resort Pantai Bukit Berahu ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Disini anda akan menikmati ketenangan karena penginapan anda persis berada di pinggir pantai. Jika anda membawa keluarga, anda bisa membawa bola kaki untuk main di sepanjang pantai atau sekedar berenang. Jangan takut karena ombak di Bukit Berahu tidak begitu besar sehingga aman untuk berenang.

Informasi

  • Nama : Pantai Bukit Berahu
  • Lokasi : Tanjung Binga, Sijuk, Belitung Regency, Bangka Belitung
  • Telp : +62 719 9223305
  • Website : http://www.bukitberahuresort.com/
  • Akses : Dari Tanjung Pandan anda bisa menyewa mobil Rp.500.000/hari atau motor Rp.100.000/hari. Perjalanan sekitar 20 menit dari Tanjung Pandan

Nah itulah ke 15 pantai yang sangat indah dan menakjubkan yang dapat anda kunjungi di Indonesia. Siapkan kamera anda, abadikan setiap momen dan pamerkan keindahan pantai Indonesia ke seluruh dunia. Selamat menikmati liburan ke pantai!

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel