15 Buah dan Sayuran Yang Cocok Untuk Diet Sehat Anda

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: pixabay

Saat ini banyak cara yang bisa membuat anda memiliki berat dan bentuk tubuh yang ideal, mulai dari diet, olahraga, hingga obat-obatan. Namun akan lebih baik bila anda mengandalkan bahan-bahan alami untuk dapat menurunkan berat badan anda, sehingga nantinya tidak ada resiko atau efek samping yang terjadi kedepannya. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang memang direkomendasikan untuk program diet anda. Tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian anda saja, namun buah dan sayuran juga dapat membantu menurunkan berat badan anda yang berlebih. Berikut ini 15 buah dan sayuran yang sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang melakukan program diet.

1. Brokoli


Source: pixabay
Sayuran hijau ini memang dikenal karena kandungannya yang bisa menangkal penyakit kanker. Namun tahukah anda bila brokoli juga baik untuk menu diet anda sehari-hari? Hal ini dikarenakan kandungan 60% karbohidrat kompleks serta 40% protein yang sangat baik untuk tubuh.Kandungan karbohidrat di dalam brokoli berbeda dari karbohidrat pada umumnya, jenis karbohidrat di dalamnya mampu membantu untuk menurunkan berat badan yang berlebih serta baik untuk sistem pencernaan anda. Selain itu, serat di dalam brokoli juga cukup tinggi sehingga membuat anda kenyang lebih tahan lama.

2. Buah-Buah Berry


Source: pixabay

Yang masuk ke dalam buah-buahan berry disini adalah blueberry, strawberry, serta blackberry. Buah-buahan berry ini memang sangat cocok untuk program diet anda karena adanya kandungan hormon Adinopectin serta Leptin di dalamnya. Hormon Leptin akan membuat rasa sensasi penuh pada tubuh sehingga membuat anda merasa kenyang. Sedangkan hormone Adinopectin berfungsi untuk memecah kolestrol di dalam tubuh. Tak salah jika anda memasukkan buah-buahan ini ke dalam menu diet anda sehari-hari.

3. Apel


Source:pixabay

Apel memang dikenal sebagai salah satu buah yang sangat baik untuk diet. Hal ini dikarenakan kandungan kalori apel yang sangat rendah, yaitu hanya 100 kalori pada satu buah apel saja. Selain itu, kandungan serat nya yang tinggi membuat anda bisa kenyang lebih lama. Belum lagi dengan berbagai varian nutrisi yang di dalamnya membuat tubuh tetap dalam kondisi yang sehat meskipun sedang melakukan program diet. Untuk itu tak ada salahnya memasukkan buah apel ke dalam menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam anda.

4. Bunga Kol


Source: pixabay

Sayuran lainnya yang direkomendasikan untuk program diet adalah bunga kol. Bunga kol merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi dibandingkan sayuran-sayuran lainnya. kandungan vitamin C inilah yang sangat membantu dalam pembakaran lemak di dalam tubuh pada saat anda sedang beraktivitas. Diet dengan menggunakan bunga kol dapat menggantikan asupan karbohidrat seperti nasi, gandum, kentang, dan lainnya. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara merebus ataupun membuatnya dalam bentuk jus.

5. Pisang


Source: pixabay

Anda juga dapat menggunakan pisang sebagai menu andalan dalam program diet anda. Bahkan sudah banyak orang yang menggunakan pisang untuk menurunkan berat badan anda. Hal ini dikarenakan buah pisang sangat efektif membuat rasa kenyang bertahan lama karena kandungan serat di dalamnya yang tinggi. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau mencampurkan nya dengan beragam buah-buah lainnya ke dalam jus. Buah pisang juga memiliki kalori yang rendah serta karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk diet sehari-hari.

6. Pepaya


Source: pixabay

Buah pepaya juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Kandungan seratnya yang cukup tinggi mampu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh anda. Bila sistem pencernaan tubuh berjalan dengan lancar, tentu saja lemak-lemak di dalam tubuh akan ikut terbuang dengan sendirinya. Buah pepaya juga memiliki kalori yang cukup rendah sekitar 120 kalori, sehingga sangat efektif dalam penurunan berat badan.  Selain itu, papaya juga kaya akan carotene, flavonoids, serta vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

7. Pear


Source: pixabay

Buah pear memiliki kesamaan dengan buah apel sebagai buah yang digunakan untuk program diet. Hal ini karena kandungan seratnya yang cukup tinggi sehingga membuat rasa kenyang lebihdapat  bertahan lama. Bahkan kandungan serat di dalam buah nya lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Selain serat, buah pear juga mengandung potassium yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh serta menjaga kondisi jantung agar tetap sehat.

8. Bayam


Source: pixabay

Sayuran lainnya yang cocok untuk program diet anda adalah bayam. Kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya mampu memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh. Serat juga dapat berfungsi untuk mengurangi penimbunan air di dalam tubuh yang dapat membuat berat badan menjadi meningkat. Bahkan kandungan serta di dalamnya lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran-sayuran lainnya.

9. Lemon


Source: pixabay

Tak hanya dapat menurunkan berat badan yang berlebih saja, buah lemon diyakini mampu untuk mendetoksifikasi tubuh serta memperlancar sistem peredaran darah. Selain itu, kandungan di dalamnya juga mampu menurunkan kadar kolestrol jahat serta membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Mengkonsumsi buah lemon sehari-hari bisa mengurangi rasa lapar sehingga membuat porsi makan lebih terjaga. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi infuse water.

10. Alpukat 


Source: pixabay

Banyak orang yang menganggap bahwa mengkonsumsi alpukat akan membuat berat badan bertambah. Namun pernyataan ini sangat salah, alpukat sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan diet karena kandungan seratnya cukup tinggi sangat baik untuk tubuh. Tak hanya itu saja, di dalam alpukat terkandung anti inflamasi, vitamin dan potassium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung anda.

11. Wortel


Source: pixabay

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi yang dapat membantu metabolisme tubuh serta dapat membakar lemak tubuh lebih cepat. Tak hanya itu saja, wortel juga mengandung serta yang mana setengahnya merupakan serat larut kalsium pektat yang dapat berguna untuk menurunkan kolestrol serta nafsu makan berlebih. Selain itu, wortel juga sangat membantu menjaga kesehatan kulit sertamencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

12. Kacang-kacangan


Source: pixabay

Kacang-kacangan merupakan solusi efektif bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan di dalam kacang-kacangan mampu untuk membakar lemak di dalam tubuh lebih cepat. Studi yang dilakukan di Universitas Minnesota menunjukkan bahwa fiber yang ada di dalam kacang-kacangan mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain itu, kacang-kacangan juga sangat kaya akan mineral, vitamin serta anti oksidan yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

13. Kiwi


Source: pixabay

Buah kiwi juga bisa anda masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari demi menunjang program diet anda. Hal ini dikarenakan kandungan seratn yang tak mudah dicerna nya yang cukup tinggi membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, kiwi juga mengandung serat yang mudah dicerna sehingga dapat membuat rasa kenyang menjadi lebih cepat. Entah dikonsumsi langsung, jus, ataupun salad, anda bebas mengkreasikan buah kiwi sebagai menu andalan diet anda.

14. Nanas


Source: pixabay

Buah tropis yang satu ini tak hanya memiliki rasa yang manis saja, nanas mampu mengontrol lemak yang ada di dalam tubuh. Selain itu, buah nanas bebas dari lemak dan kolestrol serta kaya akan serat sehingga dapat membantu pembuangan kotoran-kotoran di dalam tubuh menjadi lebih cepat. Bahkan menurut beberapa penelitian menujukkan bahwa diet dengan menggunakan buah nanas, dapat menurunkan berat badan hingga 20 kg hanya dalam 6 hari saja.

15. Jeruk Bali


Source: pixabay

Buah lainnya yang direkomendasikan untuk diet anda adalah jeruk bali. Buah yang satu ini memiliki kalori yang sangat rendah, hanya sekitar 37 kal yang ada pada setengah buah jeruk bali. Kandungan serat nya pun juga cukup tinggi sehingga  sangat efektif dalam menurunkan berat badan yang berlebih. Yang uniknya lagi, terdapat suatu enzim di dalam jeruk bali ini yang dapat membuat pembakaran lemak menjadi lebih cepat. Selain itu, di dalam jeruk bali ini terkandung beragam vitamin, anti oksidan, magnesium serta potasium yang baik untuk tubuh.

Nah itu tadi 15 buah dan sayuran yang sangat direkomendasikan untuk diet. Menggunakan buah dan sayuran untuk menunjang diet anda akan membuat hasil akhirnya menjaid lebih maksimal. Bahkan diet menggunakan buah dan sayuran dapat memberikan hasil permanen, sehingga anda tidak mudah untuk gemuk kembali. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kesehatan