Inilah 15 Wisata Kuliner yang Wajib Dikunjungi di Makassar

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : RitaE

Jika Anda berkunjung ke Makassar, tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi berbagai makanan khas dari kota ini. Makanan khas Makassar dikenal dengan rasanya yang lezat dari rempah-rempah dan penggunaan minyak pada proses memasak, yang tentunya sayang sekali untuk Anda lewatkan. Berikut adalah beberapa wisata kuliner di Makassar yang wajib Anda datangi dan coba!

1. Pallu Basa Srigala

Eits, jangan takut dan khawatir dulu ketika mendengar nama makanan yang satu ini. Pallu Basa Srigala dinamakan seperti itu karena terletak di Jalan Srigala yang dimiliki oleh H. Haerudin. Menu utama dari tempat tersebut adalah daging pallu basa lembut dan nikmat serta disajikan bersama nasi. Makanan yang ditawarkan disini pun cukup terjangkau, Anda sudah dapat menikmati berbagai menu yang tersedia mulai dari Rp 15.000.

2. Ulu Juku

Wisata kuliner menarik di Makassar selanjutnya adalah Ulu Juku yang berlokasi di Jalan Prof. Dr. Abdurrahman Basamalah, Karampuang, Panakkukang. Menu Ulu Juku sendiri adalah kepala ikan yang diracik bersama kuah kaldu yang diberikan bumbu rempah khas Makassar. Anda sudah dapat menikmati kuliner lezat dan nikmat ini tanpa mengeluarkan biaya mahal, yaitu mulai dari Rp 20.000.

3. Coto Nusantara

Jika mendengar kata Makassar, kebanyakan orang akan teringat dan menghubungkan dengan makanan khasnya yaitu coto Makassar. Tempat coto Makassar yang menjadi favorit banyak orang adalah Coto Nusantara yang berlokasi di Jalan Nusantara milik H. Makmur. Di tempat ini, Anda dapat menikmati kelezatan coto Makassar yang khas dengan daging dan bumbu rempahnya. Tempat ini buka dari jam 07.00 – 18.00 WITA, dengan harga makanan mulai dari Rp 12.000.

4. Mie Hengki

Wisata kuliner yang wajib Anda datangi di Makassar yang selanjutnya adalah Mie Hengki yang terletak di Jalan Nusantara No 354. Jika berkunjung ke Mie Hengki, Anda wajib mencoba menu andalan dari rumah makan ini yaitu mie kering Makassar yang merupakan semacam mie Cina kering yang diolah dan dimasak dengan bumbu serta rempah yang membuat mie ini semakin sedap. Ditambah dengan taburan irisan ayam, jamur, cumi-cumi, atau hati diatasnya, Anda sudah dapat menikmati sajian lezat ini mulai dari Rp 18.000 saja.

5. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

Wisata kuliner yang satu ini berlokasi di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara, Makassar. Sesuai dengan namanya, menu andalan dari tempat ini adalah makanan legendaris Makassar yaitu sop konro dan iga bakar. Selain itu, Anda juga dapat menikmati menu unik yang menjadi ciri khas tempat makan ini yaitu konro bakar. Anda dapat menikmati berbagai menu lezat khas Makassar yang mempunyai citarasa unik itu mulai dari Rp 30.000.

6. Coto Daeng

Masih dengan menu khas Makassar yaitu coto Makassar, ini adalah salah satu tempat yang wajib Anda datangi di Makassar. Coto Daeng yang sudah berdiri sejak tahun 2006 ini berlokasi di Jalan Sultan Alauddin, Tamalate. Yang membuat tempat ini menjadi favorit adalah daging pada coto yang sangat empuk dan rasanya yang khas. Makanan lezat ini sudah dapat Anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 8.000.

7. Coto Cagak

Wisata kuliner yang juga menawarkan menu andalan coto Makassar selanjutnya adalah Coto Cagak yang berlokasi di Jalan Cagak No. 27, Mariso. Coto Cagak yang dimiliki oleh H. Jamaluddin ini banyak digemari pengunjung karena rasanya yang khas dan tentunya lezat. Anda pun tak perlu khawatir jika tiba-tiba ingin menyantap coto Makassar di malam hari, karena Coto Cagak ini buka 24 jam.

8. Sop Saudara

Makanan lain yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Makassar adalah sop saudara, yang berisi daging sapi dicampur bihun dan kentang yang sudah digoreng serta kuah sop yang sedap. Ada beberapa tempat yang menyajikan menu sop sodara yang akan menggoyang lidah Anda ini, seperti Sop Saudara di Jalan Irian dan Sop Saudara di Jalan Andalas. Anda sudah dapat menikmati sajian nikmat dan sedap ini mulai dari Rp 15.000.

9. Pisang Epe

Jika sebelumnya kita selalu membahas makanan besar, kuliner yang satu ini bisa dijadikan pencuci mulut atau teman bersantai sambil mengobrol. Pisang Epe sangat tepat untuk Anda cicipi sambil menikmati pemandangan Pantai Losari yang tak jauh dari lokasi kuliner. Sambil bersantai dan bercengkrama dengan orang-orang terkasih, Anda dapat menyantap Pisang Epe yang memiliki beragam varian rasa seperti keju, cokelat, dan durian yang sudah dapat dinikmati mulai dari Rp 6.000 saja.

10. Mie Awa Pattimura

A post shared by @kanyaat on

Tempat kuliner yang satu ini menyajikan menu andalan mie kering Makassar yang tentunya memiliki citarasa khas Mie Awa Pattimura. Anda dapat mengunjungi tempat makan ini di Jalan Pattimura No. 19, Bulogading, Makassar. Selain rasanya yang enak, Mie Awa Pattimura terkenal dengan pelayanannya yang ramah dan menyenangkan serta harganya yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 15.000 untuk menikmati santap sedap tersebut.

11. Nasi Kuning Riburane

Jika Anda ingin menyantap nasi kuning yang komplit, banyak, dan enak, Anda bisa mengunjungi Nasi Kuning Riburane yang berlokasi di Jalan Riburane No. 11, Makassar. Tempat ini menyajikan nasi kuning komplit dengan dendeng sapi, abon sapi, telur bebek, kentang manis, rendang, dan sayuran. Porsinya yang banyak akan memuaskan dan memanjakan perut Anda dengan harga mulai dari Rp 15.000.

12. Mie Titi

Tempat kuliner yang wajib didatangi selanjutnya adalah Mie Titi yang sudah terkenal dan banyak digemari pengunjung di Makassar. Mie Titi adalah menu andalan dari tempat ini, yang mana terbuat dari mie yang digoreng kering lalu disiram dengan kuah dari adonan telur dan sayur serta ditaburi potongan daging ayam dan udang diatasnya. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan Mie Titi ini karena sudah memiliki banyak cabang di Makassar, salah satunya yang mudah Anda capai dari pusat kota adalah yang terletak di Jalan Irian.

13. Songkolo

Songkolo adalah makanan khas Makassar yang berupa olahan ketan beserta taburan kelapa diatasnya. Songkolo memang bukan jenis makanan besar, namun sangat cocok sebagai penganan cemilan untuk menemani Anda bersantai menikmati keindahan kota Makassar. Tidak sulit mendapatkan makanan khas yang satu ini, karena banyak orang yang menjualnya terutama di daerah Antang Raya Pannara. Harganya pun cukup terjangkau, Anda sudah dapat menikmatinya mulai dari Rp 5.000.

14. Ikan Bakar Lae-Lae

A post shared by Popa Hutasoit (@popadamos) on

Berkunjung ke Makassar tak lengkap rasanya jika tak mencicipi ikan bakar Lae-Lae yang merupakan menu andalan dari restoran Lae-Lae. Menu ikan bakar adalah menu andalan dari restoran yang terletak di pinggiran Pantai Losari ini. Selain ikan bakar, Anda juga bisa mencicipi menu lain seperti udang goreng tepung dan otak-otak. Untuk minumannya, Anda bisa mencoba untuk memesan jus terong Belanda yang segar.

15. Es Pisang Ijo

Anda tentu tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini, karena sudah banyak tersebar dimana-mana pada berbagai daerah. Namun tentunya akan berbeda menikmati es pisang ijo yang terbuat dari pisang dibalut tepung pandan ditambah santan dan sirup ini langsung di Makassar yang merupakan asal dari penganan segar dan enak ini. Awalnya, kuliner yang satu ini hanya dapat ditemukan pada bulan puasa saja, lho! Namun tenang saja, sekarang es pisang ijo sudah banyak dan mudah ditemukan di Makassar.

Itulah beberapa kuliner khas Makassar yang wajib Anda coba ketika berkunjung kesana. Makanan Makassar memang khas dengan penggunaan bumbu dan rempah yang kuat sehingga rasanya sangat lezat dan sedap. Jadi jangan heran kalau Anda akan ketagihan untuk berburu kuliner di kota Makassar ini, ya. Selamat berwisata kuliner di Makassar!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary