Ini Dia 15 Pantai Cantik yang Wajib Dikunjungi di Malang

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : mruizdeassin

Jika berbicara tentang liburan, Malang sering disebut-sebut sebagai daerah yang wajib dikunjungi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kota ini memang memiliki beragam wisata yang menarik hati dan membuat Anda terlepas dari beban kepenatan aktivitas sehari-hari. Salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Malang adalah pantai, yang mana sangat indah dan masih alami. Berikut adalah beberapa pantai cantik yang dapat Anda kunjungi di Malang.

1. Pantai Balekambang

Jangan sampai melewatkan pantai Balekambang jika Anda berkunjung ke kota apel yaitu Malang. Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Malang ini terletak di desa Srigonco, kecamatan Bantur, Malang. Di pantai Balekambang terdapat sebuah pulau karang yang bernama pulau Ismoyo, dan Anda dapat mencapai pulau itu hanya dengan berjalan kaki melalui jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau. Keindahan alam yang sangat cantik ini akan membuat Anda merasa benar-benar refreshing dan memanjakan mata Anda.

2. Pantai Tiga Warna

Jika ingin berkunjung ke pantai eksotis yang belum banyak dikunjungi oleh orang, Anda dapat mengunjungi Pantai Tiga Warna ini. Dinamakan seperti itu karena warna gradasi air laut dan pasir pantai yang terdiri dari perpaduan cantik dari warna biru, hijau, serta putih. Untuk mencapai pantai ini, Anda perlu menempuk perjalanan sekitar 2 kilometer lagi dari perkampungan terakhir di desa Sendang Biru, Situarjo. Jika Anda kesini pada musim hujan, ingat untuk selalu berhati-hati karena medan perjalanan yang cukup berbahaya dan licin.

3. Pantai Ngliyep


Source : astama81

Destinasi pantai yang wajib dikunjungi di Malang yang selanjutnya adalah Pantai Ngliyep, yang berlokasi di desa Kedung Salam, Donomulyo. Pantai ini juga termasuk pantai yang belum ramai dikunjungi orang, sehingga masih sangat alami dengan pasir putih keemasan berikut air laut yang sangat jernih. Tak jauh dari pantai ini, terdapat sebuah pulau kecil yang ditemukan oleh perantau dari Jogja, Mbah Atun, yang kemudian dinamakan Gunung Kombang.

4. Pantai Segara Anakan

A post shared by @aadiaa on

Pantai yang satu ini mungkin cenderung lebih kecil dibanding pantai-pantai sebelumnya, atau bahkan bisa disebut danau; namun memiliki keindahan air hijau-nya yang sangat eksotis. Pantai Segara Anakan terletak di Pulau Sempu, yang perlu ditempuh dengan menyebrang dari dermaga Sendang Biru menggunakan kapal. Namun semua kelelahan dan perjalanan panjang itu akan langsung terbayar begitu sampai di tempat yang sangat cantik ini, terlebih lagi dibatasi tebing yang memisahkannya dari Samudera Hindia dan membuat pantai ini terasa jauh lebih eksotis.

5. Pantai Sendang Biru

Jika Anda ingin berkunjung ke pantai namun masih berpikir dua kali kalau harus menyebrang ke pulau, Anda dapat mengunjungi Pantai Sendang Baru. Pantai yang tak jauh dari dermaga untuk menyebrang ke Pulau Sempu ini memiliki keindahan yang tak kalah cantiknya dengan pantai lain, dengan airnya yang biru jernih serta pemandangan alam asri di sekitarnya. Kalau berniat mengunjungi pantai yang cantik dan eksotis ini, Anda dapat menemukannya di Sumbermanjing Wetan, daerah bagian selatan dari kota Malang.

6. Pantai Goa Cina

Tak jauh dari Pantai Sendang Biru, terdapat pantai lain yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Goa Cina. Awalnya Pantai Goa Cina ini bernama Pantai Rowo Indah, namun nama pantai tersebut berubah seiring berjalannya waktu setelah adanya peristiwa seorang pertapa yang meninggal di goa tak jauh dari pantai itu. Karena itu, sampai sekarang pantai tersebut lebih dikenal dengan sebutan Pantai Goa Cina. Pantai ini memiliki tiga pulau karang yang indah, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

7. Pantai Kondang Merak

A post shared by Malang Mbois (@malang_mbois) on

Satu lagi pantai yang masih alami adalah Pantai Kondang Merak yang terletak sekitar 2 kilometer dari Pantai Balekambang, atau sekitar 64 kilometer dari pusat kota Malang. Dinamakan Pantai Kondang Merak karena banyak burung merak yang singgah untuk minum air tawar yang ada di sekitar pantai. Pantai ini memiliki ciri khas yaitu lumut yang banyak ditemui di pinggiran pantai serta berbagai hewan seperti landak, gurita kecil, dan ikan kecil yang bersembunyi di balik karang.

8. Pantai Bajulmati

Destinasi pantai selanjutnya adalah Pantai Bajulmati yang terletak sekitar 58 kilometer dari pusat kota Malang, tepatnya di desa Gajahrejo, Gedangan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, ditambah lagi adanya beberapa teluk yang membuatnya tampak lebih eksotis. Ombak di pantai ini memang cenderung tinggi dan besar, sehingga Anda perlu berhati-hati ketika berkunjung kesini untuk tidak berenang terlalu jauh dari pinggir pantai karena khawatir terbawa ombak.

9. Pantai Sipelot

Pantai yang satu ini selain memiliki keindahan laut, juga mengandung eksotisme bukit kapur yang ditumbuhi tanaman hijau di sekitar pantai. Pantai Sipelot yang berlokasi di desa Pujiharjo, kecamatan Tirtoyudo ini juga memiliki arus ombak yang cukup besar dan deras, sehingga Anda harus berhati-hati saat berkunjung, bermain air, atau berenang di area pantai tersebut. Tak jauh dari pantai terdapat sebuah air terjun kecil yang dapat Anda kunjungi, yaitu Coban Sipelot. Untuk mengunjungi Coban Sipelot ini, Anda dapat menyewa perahu nelayan sekitar dengan biaya sekitar Rp 50.000.

10. Pantai Wonogoro

Pantai yang wajib dikunjungi saat Anda di Malang yang selanjutnya adalah Pantai Wonogoro, yang terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan. Pantai ini masih sangat jarang dikunjungi oleh orang, bahkan Anda tidak memerlukan tiket masuk untuk berkunjung. Karena ombak di pantai ini cukup besar, disarankan Anda tidak berenang saat berkunjung kesini. Namun tenang saja, Anda masih bisa menikmati keindahan Pantai Wonogoro yang eksotis sekaligus melakukan kegiatan memancing.

11. Pantai Lenggoksono

Jika Anda hobi berselancar dalam air atau surfing, Anda wajib untuk mengunjungi Pantai Lenggoksono yang terletak di desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo ini. Pantai ini memiliki gulungan ombak yang sempurna untuk olahraga surfing, sehingga tak heran mereka yang hobi berselancar banyak datang kesini. Pantai ini juga terkenal dengan hasil kekayaan lautnya yang berlimpah, seperti cumi-cumi, lobster, hingga cangkalang. Lumayan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, bukan?

12. Pantai Jonggring Saloko

Nama ini mungkin tidak begitu asing lagi, karena sama dengan nama kawah di Gunung Semeru yang cukup terkenal. Nama Jonggring Saloko sebenarnya adalah nama yang diambil dari kisah perwayangan, yang merupakan sebuah khayangan tempat Batara Narada tinggal. Untuk mencapai pantai yang terletak di desa Mentaraman, Donomulyo ini, Anda perlu melewati medan perjalanan yang cukup terjal karena lokasinya yang agak terisolir. Namun tenang saja, semua itu akan terbayar begitu Anda melihat keindahan pantai yang satu ini.

13. Pantai Ngantep

Satu lagi pantai yang cocok untuk berselancar air atau surfing adalah Pantai Ngantep, yang letaknya bersebalah dengan Pantai Wonogoro. Pantai ini memang cenderung baru dan belum banyak orang berkunjung, sehingga akan lebih menyenangkan dan menenangkan jika berkunjung kesini. Meski begitu, di pantai ini sudah terdapat berbagai fasilitas wisata seperti kantor wisata, warung makan, hingga penginapan. Anda juga bisa berenang di muara sungai yang terletak di bagian timur pantai jika ragu untuk berenang di pantai karena khawatir ombak yang besar.

14. Pantai Clungup

Tak jauh dari Pantai Goa Cina, terdapat pantai lain yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Clungup. Pantai Clungup memang relatif baru dibuka dan masih belum banyak pengunjung, sehingga Anda tidak memerlukan tiket masuk ke dalamnya. Pantai ini memiliki keindahan alam yang eksotis, terlebih lagi dengan beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Ombak di Pantai Clungup cenderung lebih tenang dan kecil, sehingga cukup aman jika Anda ingin berenang atau bermain air di pantai ini.

15. Pantai Gatra

Satu lagi pantai yang baru dibuka adalah Pantai Gatra, yang terletak setelah Pantai Clungup jika diakses melalui Pantai Goa Cina. Pantai ini terletak di kawasan mangrove dan Anda perlu memberikan sumbangan sebesar Rp 6.000 untuk bibit mangrove yang akan ditanam di sekitar pantai. Karena masih belum terjamah banyak orang, pantai ini masih sangat alami dan asri. Terlebih lagi, petugas pantai memang mendata barang bawaan yang dapat menimbulkan sampah dan memberlakukan peraturan berisi denda pada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Benar-benar hal yang bagus untuk menjaga alam untuk tetap asri, bukan?

Itulah beberapa pantai yang wajib Anda kunjungi di Malang, Jawa Timur. Pantai-pantai di Malang memang masih banyak yang perawan atau belum banyak dikunjungi orang, dan tentunya memiliki keindahan alam yang sangat cantik. Meski butuh waktu dan usaha untuk mencapai pantai tersebut, namun hal itu tidak akan menyurutkan niat Anda untuk berkunjung ke pantai-pantai canti tersebut, bukan? Let’s explore the beauty of Malang’s beaches!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel