15 Budaya Kerja yang Harus Kamu Miliki untuk Meraih Kesuksesan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Unsplash

Menjadi sukses adalah keinginan semua orang, baik itu sukses dalam berkarir, sukses dalam pendidikan, prestasi, dan lainnya. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjadi sukses yang seringnya kurang memperhatikan budaya kerja. Kamu boleh pintar setinggi langit, tapi satu kebiasaan jelek yang secara fatal dapat merusak karirmu. Jangan sampai deh itu terjadi, simak 15 budaya kerja agar kamu sukses berikut ini:

1. Jujur


Source: thinkpublic

Sifat jujur akan menjadi bekal yang sangat baik untuk setiap orang. Karena orang yang jujur akan selalu dihargai dan dipercaya oleh siapapun di manapun mereka berada. Jangan pernah berfikir kamu akan sukses jika kamu tidak memiliki kejujuran. Jujur adalah prinsip yang harus selalu dipegang teguh di manapun kamu bekerja. Kebohongan pasti akan ketahuan suatu saat dan begitu orang tahu kamu seorang pembohong, maka kamu akan kehilangan kepercayaan dari orang-orang.

2. Rajin


Source: startupstockphotos

Rajin adalah hal kedua yang akan membuatmu menjadi sukses. Sebuah keberhasilan tidak akan pernah tercapai jika kamu tidak rajin mengerjakan tugas dan kewajibanmu. Selain itu, bekerja dengan rajin berarti kamu memberikan kontribusi maksimal terhadap perusahaan. Yakinlah dengan kerajinanmu, maka atasan akan selalu mempertimbangkan untuk memilih kamu dalam tugas yang bakal mengantarkanmu pada promosi.

3. Tepat Waktu


Source: pixels2013

Kebiasaan buruk yang dimiliki oleh kebanyakan orang adalah tidak tepat waktu. Datang terlambat ke kantor atau tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, tidak akan membuatmu menjadi sukses. Efisiensi waktu sangatlah penting dalam dunia kerja. Ada istilah “Time is money” yang berarti waktu adalah uang. Jadi kalau kamu tidak tepat waktu dan menyia-nyiakan waktu, sama saja dengan membuang-buang uangmu yang berharga.

4. Tidak Bergunjing di Kantor


Source: baruska

Bergunjing atau bergosip di kantor juga merupakan salah satu kebiasaan buruk dari pegawai-pegawai perusahaan, terutama para pegawai wanita. Bergunjing di kantor tidak akan membawamu pada kesuksesan, karena kamu hanya akan membuang waktumu dengan percuma. Pekerjaanmu akan terbengkalai dan tertunda. Bukannya akan menjadi sukses, kamu akan ditegur oleh atasanmu jika ketahuan suka bergunjing. Kerugian lainnya, kamu akan mengembangkan sikap curiga sehingga bisa salah menilai orang lain. Wah, jangan-jangan orang yang bakal mengantarkanmu ke kesuksesan malah kamu nilai negatif lho.

5. Memisahkan Masalah Pribadi dengan Pekerjaan

A post shared by Derek (@lwyderek) on

Dalam bekerja kamu haruslah profesional. Hal ini berarti kamu tidak boleh menyatukan masalah pribadi kamu dengan pekerjaan. Jika kamu memiliki masalah pribadi di rumah, jangan sampai masalah tersebut mempengaruhi pekerjaanmu. Karena jika kamu tidak memisahkan masalah pribadi dengan pekerjaan, otomatis pekerjaanmu akan terganggu dan terbengkalai. Jika hal ini terjadi, yang ada peluang kesuksesan kamu akan semakin kecil bukan semakin besar.

6. Hindari Nepotisme

A post shared by Ashraf Haidari (@mashrafhaidari) on

Nepotisme adalah sikap lebih memilih kerabat atau teman dekat untuk menempati posisi tertentu tanpa melihat kemampuannya. Hal ini sangatlah tidak adil dan bisa menimbulkan kekacauan di dalam perusahaan. Hanya karena ia adalah kerabat atau teman dekatmu, kamu memasukkannya dalam posisi tertentu di mana kemampuan yang dimilikinya tidak sesuai dengan posisi tersebut. Hal ini akan menghambat kinerja perusahaan, malah membebani perusahaan. Kamu boleh saja lolos karena jabatanmu tinggi, tapi sekali atasanmu mengetahui orang-orang yang kamu rekrut ngga bisa kerja dan malah merugikan perusahaan, kamu bisa kehilangan segalanya.

7. Inovatif


Source: jarmoluk

Berinovatif berarti meningkatkan kemampuan yang kamu miliki secara terus-menerus dan bertahap. Jika kamu tidak berusaha untuk menambah kemampuanmu atau mempelajari hal baru, maka kemampuanmu hanya akan segitu-gitu saja dan tidak bertambah. Hal ini akan membuatmu kalah saing dengan pendatang baru, yang tidak lelah menambah ilmu dan kemampuan mereka. Selain itu, untuk mencapai posisi yang lebih tinggi di dalam suatu perusahaan, kemampuan yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, terus tingkatkan kemampuanmu agar kamu bisa cepat menggapai kesuksesan. Seberapa inovatifmu akan tercermin dalam karya dan kontribusimu untuk perusahaan yang selalu baru dan segar.

8. Hindari Affair di Kantor


Source: tswedensky

Pekerjaan yang menuntut kamu untuk bekerja lembur dan pulang malam bersama rekan-rekan kerjamu, bisa menjadi salah satu faktor terjadi sebuah affair di kantor. Jika kamu ingin sukses, hindari affair di kantor. Selain ini akan membuatmu tidak fokus dalam bekerja, di sisi lain saat affair yang kamu miliki diketahui oleh pasanganmu, akan terjadi sebuah masalah. Yang lebih parah, kamu bisa jadi sasaran pergunjingan dan dianggap orang yang tidak bermoral.

9. Kembangkan Wawasan


Source: jill

Seorang pegawai yang tidak memiliki wawasan yang luas cenderung akan berfikiran sempit dan tidak berfikir jauh. Semakin banyak wawasan yang kamu miliki, maka akan semakin baik keputusan yang kamu ambil dan hasil kerjamu pun akan semakin bagus. Karena kamu lebih mengetahui dampak positif dan negatif dari suatu hal. Di sisi lain, dengan wawasan yang terus berkembang, kemampuan yang kamu miliki juga akan ikut berkembang.

10. Bisa Bekerja dalam Tim


Source: vaitmcright

Kerjasama dalam perusahaan merupakan hal penting. Karena di dalam sebuah perusahaan tidak akan terlepas dari kerjasama sebuah tim. Kamu harus pandai bekerjasama dalam tim, tidak boleh berperilaku semau-mau dan kamu harus menghargai rekan-rekan timmu. Harus sopan dalam bertutur kata dan jangan menyinggung satu sama lain. Karena jika terjadi keributan dalam sebuah tim, maka pekerjaan tim itupun tidak akan terselesaikan. Dan hal ini tentu akan berdampak buruk pada peluangmu untuk menjadi sukses.

11. Mampu Memimpin


Source: hillyne

Kemampuan memimpin sangatlah penting untuk mencapai sebuah kesuksesan. Jika kamu tidak dapat memimpin, maka kamu tidak akan bisa menjadi sukses. Orang sukses tahu apa yang harus dikerjakan dan mereka bertanggung jawab. Jika kamu tidak bisa memimpin rekan-rekanmu yang berada di bawahmu, otomatis pekerjaan yang harusnya dapat di selesaikan sesuai ketentuan waktu akan menjadi terlambat. Kamu perlu kepercayaan diri dan wibawa untuk dapat memimpin, agar kamu di dengar oleh bawahanmu.

12. Siap dipimpin


Source: ambroochizafer

Meskipun kemampuan memimpin akan membuat peluang kesuksesanmu semakin besar, namun hal itu akan sia-sia jika kamu tidak siap dipimpin. Kamu harus pintar menempatkan posisi diri kamu. Jika kamu ditunjuk menjadi seorang pemimpin, maka kamu harus bisa memimpin rekan-rekanmu dengan baik. Namun jika kamu terpilih sebagai seorang bawahan, maka kamu harus siap untuk dipimpin dan mendengarkan arahan dari atasanmu.

13. Memberi Masukan

Memberi masukan atau saran tidak akan membuatmu rugi ataupun memperkecil peluang kesuksesanmu. Justru, dengan memberikan masukan kepada sesame rekan kerja, kepada atasan dan perusahaan, akan membuatmu memiliki nilai tambah di mata rekan kerja dan atasanmu. Hal ini tentu akan membuat peluang kesuksesan kamu semakin besar. Namun perlu diingat dalam menyampaikan atau memberikan masukan, kamu harus sopan dan jangan menggunakan kata-kata yang tidak baik dan dapat menyinggung perasaan orang lain.

14. Mampu Menerima Masukan

A post shared by BiSAS SU ARITMA (@bisassuaritma) on

Menjadi seorang manusia yang merupakan makhluk sosial, kamu juga harus mampu menerima masukan dari orang lain. Baik itu dari rekan kerja, atasan maupun bawahan kamu. Karena dengan menerima masukan mereka, akan membuat kamu lebih mudah untuk berintrospeksi diri dan memperbaiki kelemahan kamu. Dengan menerima masukan dari orang lain, kamu akan mampu menjadi lebih baik dan meningkatkan kualitas diri kamu.

15. Kerjakan Bagianmu


Source: Pexels

Tentu dalam sebuah perusahaan, tugas dan kewajiban setiap pegawai telah diatur sedemikian rupa. Jangan sampai kamu mengejakan pekerjaan orang lain, sedangkan pekerjaanmu sendiri belum selesai. Kerjakan bagianmu terlebih dahulu hingga selesai, lalu kamu bisa membantu rekan kerjamu dalam menyelesaikan bagiannya. Namun jangan terlalu sering melakukan hal ini, dan kamu harus bisa mengatakan tidak pada rekan kerjamu yang meminta bantuanmu terus-menerus. Jangan sampai kamu menjadi suruhan rekan-rekan kerjamu dan menambah beban pekerjaanmu sendiri.

Itulah 15 budaya kerja untuk menjadi sukses yang perlu kamu ketahui. Memang terdapat berbagai cara untuk menjadi sukses, namun semoga informasi di atas berguna untuk kamu dan membuat kamu cepat menggapai kesuksesanmu.

Are you open for next challenge? Expand Your Opportunities in Leaptalent

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Bisnis