15 Manfaat Daun Ungu untuk Kecantikan dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: iggy

Tanaman bernama latin Graptophyllum pictum adalah tanaman obat-obatan yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia, yang menyebar ke Indonesia. Tanaman yang juga disebut daun ungu ini, termasuk ke dalam apotik hidup yang kerap dibudidayakan di pekarangan rumah. Karena memang, daun ungu memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan sehari-hari dan merupakan salah satu ramuan tradisional untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat daun ungu untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Pelembut Kulit


Source: dzeeshah

Daun ungu atau yang disebut juga daun temen-temen oleh orang-orang Sunda ini, ternyata ampuh untuk membuat kulit menjadi lembut dan tidak kering. Emolien yang terkandung di dalam daun ungu mencegah dan mengurangi kekeringan pada kulit untuk melindungi kulit dari panas dan terik matahari, sehingga mampu melembabkan kulit lebih lama.

2. Menyembuhkan Borok


Source: Hans

Apakah anda memiliki bekas luka lama atau borok yang tidak kunjung hilang-hilang? Anda bisa menggunakan daun ungu untuk menghilangkan borok pada tubuh anda. Caranya cukup dengan menumbuk beberapa lembar daun ungu dengan sedikit air. Lalu tempelkan daun ungu yang telah ditumbuh tadi pada bekas luka atau borok Anda. Lakukan secara rutin setiap hari dan bekas borok andapun akan hilang secara alami.

3. Menghilangkan Bisul

A post shared by Fery Wardiyanto (@feryardiant) on

Daun ungu sangat bermanfaat untuk mempercepat pemasakan bisul, sehingga bisul di tubuh anda akan cepat kempes dan menghilang. Sama seperti cara untuk menghilangkan borok pada tubuh anda cukup menempelkan daun ungu yang telah ditumbuh pada bisul anda. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin hingga bisul anda menghilang dan kulit anda kembali mulus tanpa bisul.

4. Memperlancar Haid


Source: foundry

Haid yang tidak lancar tentu sangat mengganggu dan membuat perempuan menjadi uring-uringan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan daun ungu yang memiliki banyak khasiat tanpa perlu meminum obat-obatan kimia dari apotik. Rebus 10-15 gram daun ungu dengan 2 gelas air hingga air susut menjadi 1 gelas. Minum air rebusan daun ungu sebelum atau saat anda sedang haid.

5. Mencegah Sakit Menopause


Source: jprohaszka

Tanaman yang memiliki daun berwarna ungu kemerah-merahan ini tidak hanya bisa mempelancar haid, namun juga bisa mencegah rasa sakit menopause. Terkadang seorang wanita mengalami menopause dini karena beberapa faktor tertentu, namun bisa juga dikarenakan faktor usia yang sudah tidak muda lagi. Menopause biasanya dibarengi dengan rasa sakit. Untuk mencegah rasa sakit saat menopause ini, anda dapat mengonsumsi air rebusan daun ungu secara rutin. Agar pada saat anda mengalamai menopause, anda tidak akan merasakan rasa sakit.

6. Mengobati Pembengkakan


Source: cnick

Ibu yang menyusui atau memberikan ASI eksklusif untuk bayinya pasti mengalami pembengkakan di bagian payudara. Pembengkakan ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Salah satu solusi untuk mengatasi pembengkakan ini adalah dengan mengonsumsi daun ungu. Daun yang disebut daun tobi-tobi di Ternate ini, memiliki khasiat untuk mengobati pembengkakan. Dan tidak hanya pembengakakan pada payudara, namun daun ungu juga dapat mengobati pembengkakan akibat benturan keras seperti memar.

7. Melancarkan Buang Air Kecil


Source: jetcarson

Daun ungu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memperlancar buang air kecil. Di Madura, daun yang disebut daun karotong ini memiliki sifat diuretik. Diuretik adalah istilah yang merujuk pada suatu kondisi atau keadaan penyebab naiknya laju urinasi. Sifat diuretik yang dimiliki daun ungu ini menambah kecepatan pembentukan urin di dalam tubuh, sehingga memperlancar buang air kecil.

8. Melancarkan Buang Air Besar


Source: antranias

Selain dapat melancarkan buang air kecil, daun ungu juga berkhasiat untuk melancarkan buang air besar. Daun ungu memiliki sifat laksatif selain sifat diuretik. Laksatif adalah sifat dari makanan atau obat-obatan yang membuat usus berkontraksi sehingga kotoran dapat bergerak dengan mudah di usus. Hal inilah yang membuat daun ungu dapat memperlancar buang air besar, karena kotoran di dalam usus bergerak dengan mudah hingga ke anus untuk dikeluarkan.

9. Menyembuhkan Peradangan pada Organ Tubuh

A post shared by jhohar (@jhohar29) on

Daun ungu mempunyai sifat sebagai anti inflamasi. Sifat anti inflamasi ini dapat menghilangkan radang pada organ tubuh yang disebabkan bukan karena mikroorganisme atau non infeksi, namun yang timbul sebagai respon dari terjadinya cedera ringan dan infeksi. Oleh sebab itu daun ungu sangat efektif untuk menyembuhkan peradangan pada organ tubuh karena sifat anti inflamasi yang dimilikinya.

10. Menurunkan Demam


Source: bykst

Selain memiliki sifat sebagai anti inflamasi, daun ungu juga bersifat sebagai antipiretik. Karena sifat antipiretik ini, daun ungu dapat menurunkan suhu tubuh karena demam. Caranya hanya dengan meminum air rebusan dari daun ungu pada saat anda mengalami demam. Istirahat yang cukup setelah meminum air rebusan daun ungu. Pada saat terbangun demam andapun akan menurun.

11. Meredakan Rasa Sakit Akibat Nyeri


Source: jill

Rasa nyeri yang menyerang tubuh ada berbagai macam, salah satunya adalah sakit encok atau reumatik. Penyakit encok ini disebabkan karena adanya penumpukan kristal asam urat di bagian bagian pinggang yang bisa dikurangi dengan mengonsumsi daun ungu. Daun ungu memiliki sifat analgesik yang berkhasiat untuk meredakan nyeri yang kerap diderita oleh orang yang berusia lanjut.

12. Ampuh Menyembuhkan Diabetes


Source: stevepb

Memiliki penyakit diabetes sangatlah berbahaya dan membuat penderitanya menjadi tidak bebas untuk memakan makanan kesukaannya. Diabetes atau penyakit gula ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pola hidup yang tidak sehat dan makanan yang dikonsumsi. Daun ungu sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Untuk menyembuhkan penyakit gula ini, anda dapat meminum air rebusan daun ungu secara teratur 1 kali sehari.

13. Antiplak Gigi


Source: jill

Gigi anda dipenuhi plak atau karang gigi? Hal ini sering terjadi dan dapat terjadi pada siapa saja. Plak gigi disebabkan akibat kotoran atau sisa makanan yang tertinggal di gigi, lalu terjadi pengerasan yang disebabkan oleh air liru yang mengandung mineral. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat mengonsumsi daun ungu. Daun ungu memiliki berbagai macam senyawa kimia aktif yang baik untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah untuk membersihkan dan menghilangkan plak pada gigi.

14. Mengatasi Sembelit


Source: melissaflor

Daun ungu ini ternyata juga dapat mengatasi sembelit atau konstipasi. Sembelit terjadi karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung serat, sehingga sulit untuk dicerna dan susah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Cukup dengan meminum air rebusan daun ungu, sembelit atau susah buang air besar dapat diatasi dan dihindari. Karena jika dibiarkan begitu saja, sembelit dapat berujung pada penyakit wasir atau hemoroid.

15. Mengobati Wasir


Source: Susan

Wasir atau ambeien merupakan penyakit di mana pembuluh darah vena di bagian terbawah poros usus mengalami pembengkakan atau pembesaran. Hal ini ditandai dengan adanya benjolan di sekitar anus yang berwarna merah kebiru-ruan atau kemerah-merah. Dan juga sering terjadi pendarahan setelah buang air besar. Rebus 10-15 lembar daun ungu dan minum air rebusannya sekali sehari selama 1-2 bulan. Meminum air rebusan daun ungu terbukti ampuh untuk mengobati wasir.

Seperti informasi di atas, ternyata daun ungu memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Tanaman ini mudah dijumpai di sekitar kita dan mudah dibudidayakan. Tetap sehat dengan bahan alami, ya.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty