15 Manfaat dari Minyak Atsiri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : monicore

Sudahkah ladies mengenal minyak atsiri? Minyak atsiri merupakan kelompok minyak nabati yang bersumber dari bagian tumbuhan. Minyak ini dikenal juga dengan nama minyak esensial, minyak eteris dan minyak aromatik, ladies. Minyak atsiri bisa didapatkan dari bunga, daun, batang, biji, buah dan akar tanaman, ladies. Aromanyanya dapat memberi efek psikologis tertentu, ladies. Coba simak dibawah ini

1. Meningkatkan mood


Source : AdinaVoicu

Berdasarkan sebuah penelitian tentang minyak atsiri melati, minyak ini dapat meningkatkan mood. Aroma yang dihasilkan bisa membuat ladies merasa rileks dan tenang sehingga mood semakin baik. Minyak melati juga dikenal dapat mengurangi gejala depresi. Berdasarkan sebuah penelitian, ketika dibandingkan dengan placebo, minyak melati meningkatkan prnafasan, arus oksigen dalam darah dan tekanan sistolik serta diastolik yang mengindikasikan peningkatan autonomic arousal.

2. Menurunkan stres


Source : AdinaVoicu

Minyak atsiri yang berasal dari lavender dikenal sebagai minyak yang sederhana. Aroma yang dihasilkan dapat memberi efek menenangkan. Jika digunakan secara topikal minyak ini juga dapat mengatasi iritasi kulit, memar dan goresan di kulit. Ladies bisa menambahkan beberapa tetes minyak atsiri lavender saat berendam di malam hari sebelum tidur. Aromanya akan membuat ladies tidur lebih nyenyak di malam hari.

3. Mengatasi masalah pencernaan


Source : PublicDomainPictures

Minyak atsiri peppermint dapat menjernihkan dan menstimulasi pikiran. Minyak ini juga dapat meningkatkan kewaspadaan. Seorang doktor dari University of Cincinhati menemukan bahwa menghirup minyak peppermint dapat meningkatkan fokus hingga 28 persen. Minyak ini juga bisa ladies gunakan secara internal. Minyak peppermint memiliki manfaat yang sangat banyak. Kandungan didalamnya dapat mengatasi masalah pencernaan, ladies.

4. Meningkatkan kualitas tidur


Source : claudioscotece

Aroma dari minyak atsiri bisa memberikan ketenangan, ladies. Ketika ladies menghirup aroma yang menenangkan sebelum tidur, ladies bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Ladies juga bisa tehindar dari insomnia. Beberapa minyak atsiri yang bisa ladies coba adalah lavender, chamomile, melati, mawar, neroli, kayu cendana, benzoin dan marjoram. Ladies sebaiknya menghindari aroma lemon karena aroma ini memberi kesegaran sangat kuat.

5. Mengurangi kecemasan


Source : Wokandapix

Minyak atsiri sering dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk mengatasi banyak hal, salah satunya adalah kecemasan. Ada beberapa bahan yang dapat mengurangi kecemasan. Ladies bisa mencoba lavender, mawar, lemon, geranium, kayu cendana, pinus, chamomile dan jeruk. Ketika ladies merasa cemas dengan sesuatu, ladies bisa mencoba menghirup aroma ini agar lebih tenang. Kini, ladies bisa membawa salah satu minyak atsiri saat akan memulai presentasi.

6. Mengurangi nyeri


Source : pricenfees

Minyak atsiri juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri, ladies. Ternyata sangat banyak ya manfaat dari minyak atsiri ini. Lavender, rosemary, juniper, eucalyptus dan peppermint menjadi pilihan bahan yang bisa ladies gunakan untuk mengurangi rasa nyeri. Rasa nyeri tentu membuat tidak nyaman jika terus menerus dibiarkan ladies. Ladies juga bisa mengatasi migrain dengan minyak atsiri yang terbuat dari apel hijau.

7. Meningkatkan energi


Source : Pexels

Apakah ladies pernah mengalami kekurangan energi? Tubuh terasa lemah dan lemas karena berbagai hal. Jika ladies mengalami kekurangan energi dan membutuhkan sesuatu untuk meningkatkan level energi, ladies bisa mencoba minyak atsiri. Aroma dari lada hitam, kapulaga, kayu manis, cengkeh, melati, tea tree, sage, citrus dan rosemary mungkin bisa membantu ladies untuk menambah semangat dan tenaga.

8. Meningkatkan fokus dan daya ingat


Source : congerdesign

Seringkali kita sudah kehilangan fokus saat melakukan kegiatan di tengah hari atau penghujung hari ya, ladies. Tubuh merasa sedikit lelah sehingga fokus dan daya ingat semakin menurun. Hal-hal yang baru kita lakukan bisa saja kita lupakan tanpa sadar. Jangan khawatir dulu, ladies. Ladies bisa mencoba meningkatkan fokus dengan menghirup aroma dari beberapa minyak atsiri. Cobalah menghirup peppermint, sage dan kayu manis untuk meningkatkan fokus ladies.

9. Mengatasi mual


Source : jarmoluk

Ladies merasa kurang enak badan dan merasa ingin mual? Rasa mual dan muntah tentu sangat tidak nyaman ya, ladies. Tapi tenang ladies bisa mengatasi masalah ini dengan sangat mudah. Manfaatkan saja aroma dari minyak atsiri untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Beberapa minyak atsiri yang disarankan adalah mint, jahe, lemon, jeruk, dill, adas, chamomile, sage dan lavender. Aroma dari minyak atsiri ini akan memberi ketenangan sehingga rasa mual dapat berkurang.

10. Mencegah penuaan dini


Source : AdinaVoicu

Terdapat antioksidan yang terkandung dalam minyak atsiri. Seperti yang kita ketahui ladies, antioksidan menjadi bagian yang sangat penting dalam memerangi radikal bebas. Ladies bisa terpapar radikal bebas dari lingkungan tanpa bisa dihindari. Padahal radikal bebas mendorong penuaan dini pada sel tubuh. Ladies bisa menggunakan minyak atsiri untuk perawatan kulit wajah sehingga bisa terhindar dari tanda penuaan dini.

11. Menstimulasi aktivitas sistem saraf


Source : Liam Matthews

Beberapa minyak atsiri memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, antifungal dan antivirus, ladies. Disamping itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2002, minyak atsiri dapat menstimulasi aktivitas sistem saraf. Minyak mawar dan minyak nilam dapat meningkatkan aktivitas sitem saraf hingga 40 persen, lho! Minyak mawar juga dapat menurunkan adrenalin hingga 30 persen.

12. Mengatasi alergi


Source : dotigabrielf

Minyak atsiri dari kayu putih menjadi minyak yang sangat baik dalam mengatasi flu dan mengurangi gejala alergi yang mempengaruhi pernafasan ladies. Minyak ini dapat meringankan otot yang sakit dan membantu membersihkan sinus. Kandungan anti bakteri didalamnya juga diketahui dapat bermanfaat bagi sistem imun. Ladies bisa menggunakannya dalam vaporizer untuk mengurangi hidung tersumbat.

13. Mengatasi kelelahan perjalanan


Source : LoboStudioHamburg

Minyak atsiri dari citrus atau jeruk bali merah dapat digunakan untuk mengatasi kelelahan setelah perjalanan. Ini juga akan membantu untuk mengatasi efek jet lag, ladies. Ladies dapat menghirup aromanya agar lebih rileks sekaligus menghilangkan lelah perjalanan. Minyak ini juga dapat menjadi antiseptik alami yang dapat ladies tambahkan ke pembersih ruangan. Ini akan membantu rumah tetap aman dan bersih.

14. Mengatasi flu


Source : Myriams-Fotos

Ladies mungkin pernah mendengar manfaat minyak atsiri oregano sebelumnya. Minyak oregano dikenal dapat melawan gejala flu. Rasanya yang sangat kuat membuat minyak ini memiliki kualitas anti bakteri alami sehingga banyak yang berpikir minyak ini dapat membantu melawan flu dan penyakit lainnya. Minyak ini dapat ladies gunakan secara topikal atau memberi beberapa tetes di lidah. Rasanya memang tidak enak, namun banyak orang membuktikan ini dapat mengatasi flu.

15. Mengatasi jerawat


Source : tummerton2010

Minyak atsiri lemon bukan hanya dapat digunakan untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh, minyak ini juga dapat mengatasi jerawat. Ladies dapat menggunakannya secara topikal pada wajah yang berjerawat. Minyak lemon juga dapat ladies gunakan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, lho! Ladies bisa menggunakan sedikit campuran minyak lemon untuk meningkatkan kewaspadaan. Ladies bahkan bisa menggunakan minyak lemon untuk menjauhkan kutu dari hewan peliharaan.

Ituah manfaat dari minyak atsiri, ladies. Sebagian besar manfaat minyak atsiri berkaitan dengan mood dan stres karena memang minyak ini memiliki aroma yang khas. Semoga bermanfaat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health