15 Kebaikan Minyak Samin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source : gokalpiscan

Samin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat India, China, Timur Tengah, Meksiko dan Afrika Utara sejak masa nenek moyang. Samin dikenal memiliki manfaat yang sangat beragam bagi kesehatan, kecantikan serta digunakan untuk merawat rambut. Aroma samin juga sangat khas sehingga membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Terdapat lebih dari 100 komponen kimia dalam samin seperti mineral, protein, karbohidrat, asam lemak dan vitamin. Coba ladies simak kebaikan minyak samin bagi kesehatan dan kecantikan sebagai berikut:

1. Melawan kanker


Source : PDPics

Wah! Minyak samin ternyata dapat membantu melawan kanker, ladies. Terdapat bahan aktif dalam samin yang disebut sebagai cuminaldehyde. Bahan ini ditemukan dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor. Terlebih lagi biji samin juga dikemas dengan kandungan anti-karsinogenik atau anti-kanker seperti thymol, thymoquinone, thymohydroquinone, dan dithymoquinone. Minyak samin dapat membantu mengatasi kanker usus besar dan kanker payudara.

2. Menjaga pencernaan


Source : AdinaVoicu

Minyak samin bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan, ladies. Kandungan thymol dan nutrisi penting lain yang sangat tinggi dalam minyak samin dapat menstimulasi kelenjar ludah dan membantu memudahkan proses pencernaan. Samin juga bermanfaat sebagai karminatif. Hal ini akan meredakan masalah lambung ladies. Terutama yang berhubungan dengan gas lambung sehingga meningkatkan nafsu makan dan melancarkan proses pencernaan.

3. Mengatasi wasir


Source : midascode

Minyak samin ternyata juga dapat dimanfaatkan dalam mengatasi wasir. Wasir adalah masalah konstipasi yang diakibatkan karena infeksi pada area anal. Samin mengandung banyak serat, kandungan karminatif, antifungal dan antimikroba yang bertugas sebagai obat pencahar. Fungsi ini biasanya lebih maksimal jika menggunakan bubuk samin, ladies. Menambahkan samin dalam diet akan membantu mengatasi infeksi pada sistem pencernaan dan sistem ekskresi.

4. Mencegah diabetes


Source : stevepb

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa samin memiliki efek yang sangat baik dalam mencegah diabetes. Minyak samin mengurangi hipoglikemik yang berpotensi menyebabkan diabetes. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan, konsumsi samin bukan hanya menurunkan indeks glikemik namun juga glucosuria. Glucosuria adala kondisi dimana terkandung terlalu banyak glukosa dalam urin. Penelitian manfaat samin pada manusia sedang berjalan namun laporan terbaru menunjukkan bahan ini sangat bermanfaat dalam melawan diabetes.

5. Mengatasi insomnia


Source : cuncon

Aroma samin yang khas dapat membuat tubuh lebih rileks. Jika ladies merasa lebih rileks maka ladies dapat tidur dengan lebih baik. Minyak samin juga memberi efek hipnotik alami dan efek menenangkan sehingga dapat mengurangi stres dan kecemasan yang menjadi penyebab umum insomnia. Kandungan melatonin yang tinggi dalam samin juga melawan insomnia. Ladies bisa mencoba mengkonsumsi pisang dan samin sebelum tidur untuk mengatasi masalah insomnia.

6. Mengatasi masalah pernafasan


Source : alfcermed

Kandungan kafein dalam samin serta aroma esensial yang sangat kaya membuat samin menjadi bahan yang ideal sebagai kombinasi anticongestif dari beberapa masalah pernafasan seperti asma dan bronkhitis. Kandungan dalam samin dapat bekerja sebagai ekspektoran yang mengurangi akumulasi lendir dan mukus dalam saluran pernafasan. Ini akan memudahkan mengurangi mukus dan lendir melalui batuk atau bersin sehingga membantu menormalkan kondisi tubuh.

7. Mengatasi anemia


Source : emiliano marocchi

Minyak samin mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat tinggi, ladies. Zat besi merupakan zat utama dari hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin bertugas dalam mengantarkan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Jika ladies mengalami kekurangan hemoglobin maka ladies akan mengalami anemia. Samin mengandung nutrisi yang dibutukan penderita anemia. Konsumsi samin akan mencegah tanda anemia seperti masalah kelelahan, kecemasan, pencernaan dan malfungsi kognitif.

8. Meningkatkan konsentrasi


Source : Ataner007

Kandungan zat besi dalam minyak samin dapat meningkatkan produksi hemoglobin dan mencegah anemia. Disamping itu aliran darah yang optimal dapat memberikan manfaat lainnya. Ketika sirkulasi darah maksimal maka jumlah oksigen yang sampai ke organ dan otak juga akan maksimal. Hal ini akan mengoptimalkan kinerja dari sistem tubuh. Jumlah oksigen dan zat besi yang tepat pada otak akan meningkatkan kinerja fungsi kognitif dan menurunkan gangguan kognisi seperti alzheimer atau demensia.

9. Mengatasi pilek


Source : cenczi

Pilek dalam menyerang tubuh karena infeksi, sheingga menyebabkan sistem imun melemah dan mudah terkena serangan. Minyak samin dapat menjadi disinfektan dan membantu melawan infeksi kuman yang menyebabkan pilek. Kemampuan minyak samin dalam mengeluarkan mucus juga sangat membantu dalam mengatasi pilek dan flu. Minyak samin juga mengandung vitamin C dan zat besi yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan mencegah infeksi bertambah parah.

10. Mencegah penuaan dini


Source : huweijie07170

Ladies tidak perlu khawatir akan penuaan dini yang diakibatkan radikal bebas lingkungan. Banyak bahan yang dapat ladies manfaatkan dalam mencegah penuaan dini, salah satunya adalah minyak samin. Vitamin E yang terkandung dalam minyak samin dapat mengatasi proses penuaan dini dalam tubuh dan mencegah tanda penuaan pada kulit. Noda hitam dan keriput bisa ladies cegah dengan menggunakan minyak samin.

11. Mencegah rambut rontok


Source : nastya_gepp

Apakah ladies mengalami masalah rambut rontok? Sekarang saatnya ladies mengatasi masalah rambut rontok dengan menggunakan minyak samin. Ladies cukup mencampurkan minyak samin hitam dan minyak zaitun. Campuran ini selanjutnya ladies aplikasikan pada bagian kepala yang botak untuk meningkatkan pertumbuhan rambut di bagian tersebut. Ladies juga bisa menggunakan minyak samin dengan memberikan pijatan lembut di kulit kepala untuk mencegah rambut rontok.

12. Mengatasi ketombe


Source : RSB-Photography

Ladies pernah mengalami masalah ketombe? Warna putih dari ketombe dapat menimbulkan malu ya. Selain tidak peraya diri ketombe terlihat di kepala, ladies juga perlu menghindari baju berwarna hitam agar ketombe tidak terlihat rontok di baju. Kini ladies bisa menggunakan baju hitam dengan mengatasi ketombe menggunakan minyak samin. Minyak samin dapat bekerja sebagai antioksidan. Sifat karminatif dan diuretik dari minyak samin akan mencegah ketombe terbentuk. Disamping itu aroma dari minyak samin dapat dijadikan aromaterapi.

13. Mengatasi Jerawat


Source : AdinaVoicu

Benda kecil menjengkelkan yang muncul di wajah ini membuat kita tidak tenang ya ladies. Bukan hanya menganggu kecantikan namun juga menimbulkan ketidaknyamanan. Sudah begitu dia sulit sekali untuk hilang. Sekarang ladies perlu mencoba minyak samin untuk mengatasi masalah jerawat ini. Ladies bisa mencampurkan minyak samin dalam air hangat untuk membersihkan jerawat dari wajah. Kandungan dalam minyak samin ini juga akan membuat kulit semakin bercahaya.

14. Meremajakan kulit


Source : Pexels

Ladies sudah tau kan bahwa minyak samin mengandung banyak vitamin. Vitamin E menjadi salah satu vitamin yang sangat kaya dalam minyak samin. Vitamin E dikenal menjadi nutrisi yang baik dalam mengelola kulit yang sehat dan kenyal. Vitamin E juga dapat melindungi kulit dari efek penuaan yang diakibatkan radikal bebas. Properti antifungal dan disinfektan dalam samin juga mencegah infeksi mikroba dan jamur.

15. Mengatasi bisul


Source : lightstargod

Minyak samin dapat berguna dalam mengatasi bisul, ladies. Bisul yang muncul dapat mengindikasikan akumulasi racun yang berada dalam tubuh. Minyak samin mengandung cuminaldehyde, thymol, dan fosfor yang dapat menjadi agen detoksifikasi yang baik. Nutrisi ini membantu memfasilitasi pengeluaran racun dari tubuh melalui sistem ekskresi. Hal ini dapat mencegah munculnya eczema, psoriasis dan masalah kulit lainnya dengan cepat.

Itulah manfaat dari minyak samin untuk kecantikan dan kesehatan, ladies. Disamping itu minyak samin dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health