Ini Loh 15 Cara dan Manfaat Melakukan Budaya Hidup Sehat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: jill111

Budaya hidup sehat memang agak sulit untuk diterapkan di zaman sekarang dimana manusia lebih menyukai sesuatu yang praktis dan instan. Padahal budaya hidup sehat memiliki banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh manusia terutama dalam hal kesehatan dalam jangka panjang. Seperti yang kita ketahui semakin berkembangnya zaman semakin buruklah gaya hidup yang sekarang dianut oleh manusia modern. Gaya hidup modern yang buruk dapat mengancam kesehatanmu dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Bahkan sekarang banyak kaum muda yang  sudah menderita berbagai penyakit mematikan karena menganut gaya hidup yang buruk. Untuk itu kini mulailah belajar untuk memperbaiki pola hidupmu menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa manfaat dan cara budaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan:

1. Kurangi Makanan Berlemak


Source: pashminu

Makanan berlemak cenderung memiliki cita rasa yang nikmat dan membuat kita mudah tergoda. Untuk menghindarinya kamu bisa menghindari beberapa tempat makan yang menjual makanan berlemak yang mungkin bisa menggoyahkan pendirianmu untuk menjalahi budaya hidup sehat. Lemak memang diperlukan oleh tubuh tetapi dengan batas dan jumlah tertentu. Tanpa banyak orang sadari mereka mengkonsumsi banyak lemak setiap hari yang bisa mempengaruhi beberapa kondisi kesehatan mereka seperti jantung, hipertensi, kanker, dan masih banyak lagi. Yu kita belajar budaya hidup sehat agar badan kita selalu terjaga dari penyakit-penyakit tersebut.

2. Rajin Melakukan Cek Kesehatan


Source: mojzagrebinfo

Banyak orang yang memilih mengubah gaya hidupnya setelah mereka menderita sakit, itu artinya mereka kurang peka dan juga terlambat untuk memperhatikan kesehatan mereka sebelumnya. Jangan sampai itu terjadi juga padamu, sebaiknya lakukanlah tes kesehatan paling tidak dua bulan sekali untuk dapat mengontrol tingkat kesehatanmu. Jika memang kamu sakit kamu bisa lebih dini untuk mengobati sakitmu sehingga kesempatan untuk sembuh pun akan lebih besar dibandingkan kamu melakukan pengobatan setelah penyakitmu sudah parah. Manfaat dari sering melakukan tes kesehatan juga berguna untuk kamu mengetahui gaya hidup sehat apa yang sesuai dengan kondisi badanmu.

3. Melakukan Aktivitas Fisik


Source: thatsphotography

Aktivitas fisik memang sangat baik untuk menunjang kebugaran tubuhmu. Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga bisa membuat tubuh tahan akan berbagai ancaman penyakit karena bisa berguna untuk mempercepat metabolisme tubuhmu. Melakukan olahraga setidaknya 2 minggu sekali juga sudah cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, namun melakukannya setiap hari akan lebih baik lagi. Aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan adalah seperti olahraga jogging, berenang, senam, bersepeda, bermain bola, dan masih banyak lagi. Tetapi ingat jika kamu akan melakukan olahraga berat seperti sepak bola sebaiknya melakukan pemanasan yang cukup terlebih dahulu sebelum bermain.

4. Perbanyak Sayuran dalam Konsumsi Sehari-hari


Source: Security

Sayuran mengandung serat yang memang tidak bisa larut dalam tubuh, tetapi sayuran bisa memberikan beberapa nutrisi dan juga beberapa vitamin untuk tubuh. Serat dalam sayuran juga berfungsi untuk menangkal segala penyakit usus karena mendorong semua kotoran dalam usus keluar dari tubuh. Usahakan untuk menambahkan sayuran pada setiap porsi makananamu sehari-hari terutama malam hari agar kamu tidak makan terlalu banyak. Sayuran juga akan memberikan efek mengenyangkan karena sifatnya yang sulit dicerna sehingga akan lebih lama di dalam pencernaan.

5. Rajin Mengkonsumsi Buah-Buahan


Source: Pexels

Mengkonsumsi buah-buahan juga memiliki dampak kesehatan untuk tubuh kita. Buah-buahan juga mengandung serat sama halnya dengan sayuran, untuk itu menambahkan menu buah dan sayuran dalam menu sehari-hari merupakan salah satu budaya hidup sehat yang paling utama. Buah-buahan memang tidak bisa memberikanmu energi namun bisa memberikan beberapa vitamin, nutrisi, dan juga serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah-buahan juga sangat bermanfaat untu menyehatkan sistem pencernaanmu agar tetap lancar. Jangan malas lagi untuk makan buah-buahan ya.

6. Kurangi Karbohidrat


Source: stevepb

Karbohidrat memang diperlukan oleh tubuh tetapi jika mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan setiap hari bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita. Kelebihan karbohidrat biasanya akan disimpan sebagai lemak dan bisa menyebabkan seseorang mudah terkena obesitas. Walaupun karbohidrat sangat baik dan bisa memberikan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari tetapi tetap konsumsilah dalam jumlah yang tepat. Beberapa dampak jika seseorang kelebihan karbohidrat diantaranya diabetes, meningkatken resiko penyakit jantung, obesitas, kanker, kekurang glukosa dalam darah, marasmus, kelebihan lemak dalam tubuh, dan masih banyak lagi masalah kesehatan lainnya. Untuk itu kontrolah konsumsi karbohidratmu setiap hari mulai dari sekarang.

7. Perbanyak Konsumsi Protein


Source: stevepb

Protein sebenarnya adalah senyawa organik komplek yang lebih banyak dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan dengan lemak dan juga karbohidrat yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan. Fungsi protein dalam tubuh diantaranya adalah memproduksi beberapa hormon dalam tubuh kita, berkontribusi dalam pembentukan otot, kulit, tulang, dan juga saraf. Selain itu protein juga berfungsi memproduksi enzim dan berbagai jeni zat kimia lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein juga bisa menunjang energi untuk setiap aktivitasmu sehari-hari agar lebih efektif. Kamu bisa mendapatkan protein dari berbagai sayuran dan juga dari mengkonsumsi makanan hewani.

8. Hindari Minuman Bersoda


Source: stevepb

Minuman bersoda adalah hasil dari gaya hidup seseorang dalam hal memuaskan hasrat manusia dengan bentuk minuman yang menyegarkan saat diteguk. Tetapi ternyata minuman bersoda lebih banyak memberikan efek buruk bagi kesehatan manusia. Beberapa dampak yang bisa kamu rasakan ketika kamu rajin meminum minuman ini adalah dapat merusak ginjal, menyebabkan perut buncit, membuat gigi keropos dan membusuk, tulang mudah rapuh, menyebabkan kecanduan, menyebabkan gangguan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Untuk itu usahakan kamu menghindari segala jenis minuman bersoda dalam menjalani budaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

9. Cukup Tidur


Source: claudioscotece

Memiliki waktu yang cukup untuk tidur setiap harinya juga merupakan perilaku budaya hidup sehat yang terlihat sederhana. Namun di zaman sekarang seakan sulit sekali menerapkannya karena lebih banyak orang sibuk melesaikan pekerjaan mereka dibandingkan dengan tidur. Padahal kurang tidur bisa menurunkan efetivitas kita dalam bekerja dan akan mengganggu konsentrasi kita. Usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya minimal 6-8 jam sehari agar kamu bisa menjalankan aktivitas dengan lebih fresh. Cukup tidur juga akan sangat bagus untuk kesehatan beberapa sistem tubuh karena ada beberapa sistem tubuh yang bekerja disaat kita tertidur saja. Selalu ingat untuk memiliki waktu tidur yang cukup ya.

10. Banyak Minum Air Putih


Source: Photoshot

Budaya hidup sehat yang satu ini juga biasanya disepelekan oleh banyak orang. Padahal kurangnya meminum air putih bisa menyebabkan permasalahan tubuh dan sistem kerja tubuh kita menjadi terganggu. Manusia diharuskan memenuhi setiap kebutuhan air minumnya setiap hari agar selalu terhidrasi. Selain itu meminum air akan mempercepat proses metabolisme tubuh kita dan juga mempercepat proses pembakaran lemak sehingga tubuh kita akan menjadi lebih sehat. Konsumsilah air putih paling sedikit 8 – 10 gelas perhari agar tubuhmu selalu sehat dan terhidrasi dengan baik.

11. Hidup Sehat adalah Pilihan


Source: Unsplash

Mulai menjalani hidup sehat adalah sebuah pilihan yang baik untuk hidupmu. Jika kamu ingin merasakan kesehatan, kebahagiaan, dan juga ingin merasakan kenikmatan dalam hidup, gaya hidup sehat adalah juga sebuah pilihan yang tepat. Gaya hidup sehat akan membawamu pada langkah untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan karena  kamu telah hidup di dunia ini. Bukankah sudah merupakan kewajiban kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita sendiri, salah satunya adalah dengan memberikan tubuhmu hak untuk menikmati makanan yang sehat dan juga istirahat yang cukup. Budaya hidup sehat juga salah satu cara kamu bisa menikmati hidup dengan lebih bermakna lagi dan kamu akan merasakan dampak yang menakjubkan dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

12. Membuat Kamu Awet Muda


Source: Pexels

Menjalani gaya hidup sehat bisa membuat kamu terlihat awet muda dan segar walaupun umurmu sudah lanjut sekalipun. Awet muda merupakan salah satu bonus yang bisa kamu rasakan ketika kamu memilih untuk menjalani budaya hidup sehat secara konsisten. Kulit wajah biasanya akan menentukan kamu memiliki wajah awet muda atau tidak, gaya hidup sehat bisa memberikan kamu kelebihan ini. Konsumsi buah dan sayuran akan baik untuk regenerasi kulitmu dan juga bisa membuang racun yang terdapat dalam kulit sehingga bisa membuat kulitmu segar dan terlihat awet muda. Selain itu, juga kamu akan mendapatkan nikmat kesehatan yang mungkin akan sulit didapat jika kamu terlambat memutuskan untuk menjalani budaya hidup sehat.

13. Penurunan Berat Badan adalah Bonus


Source: Tumisu

Biasanya manusia tidak menyukai peningkatan berat badan yang terjadi pada tubuhnya. Mereka bahkan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh ideal mereka lagi, khususnya para wanita. Kamu tentunya tidak ingin tubuhmu terlihat tidak menarik karena terlalu gemuk yang disebabkan oleh gaya hidup yang buruk selama ini. Jika kamu konsisten menjalani gaya hidup sehat, kamu bisa merasakan penurunan berat badan tanpa harus bersusah payah melakukan diet ketat yang malah akan berdampak buruk pada kesehatan. Gaya hidup sehat akan mengantarkan kamu pada penurunan berat badan sebagai bonus yang indah.

14. Membuat Kamu Hidup Lebih Panjang


Source: Pexels

Siapa yang tidak ingin hidup panjang umur, bisa bahagia melihat anak-anak dan cucu-cucu kita sehat di masa tua kita merupakan sebuah kebahagiaan tak terhingga. Tentunya semua orang ingin memiliki hidup yang panjang disertai dengan kesehatan yang baik, bukan? Budaya hidup sehat adalah solusi tepat untuk impian setiap manusia ini. Gaya hidup sehat bisa membuat seseorang memiliki umur lebih panjang karena kualitas kesehatan tubuhnyalah yang membuatnya demikian. Untuk itu kesehatan sangat utama untuk kamu pertahankan dengan menjalani budaya hidup sehat secara konsisten. Bagaimana apakah kamu siap menjalani budaya hidup sehat?

15. Membuat Kamu Merasa Sehat dan Bahagia


Source: jill111

Banyaknya permasalahan kesehatan di tubuh kita juga terkadang membuat seseorang mudah sekali terkena stres dan hidupnya menjadi tidak bahagia. Bagi kamu yang masih diberikan anugerah kesehatan jangan terlalu santai karena cepat atau lambat kesehatan kamu akan memburuk jika kamu tidak mengendalikannya. Budaya hidup sehat bisa membuat kamu sehat dan juga bahagia karena seperti kata pepatah ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’. Untuk itu kesehatan akan sangat menentukan pribadi kita menjadi kuat dan bisa mengantarkan kita untuk meraih impian dan kebahagian kita. Hidup sehat akan sangat bermanfaat bagi kualitas kehidupan semua manusia.

Itulah beberapa cara dan manfaat budaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Menjalani gaya hidup sehat akan berdampak baik untuk kesehatan dan kualitas hidupmu dalam jangka panjang. Budaya hidup sehat juga bisa menjadikanmu memiliki umur yang panjang tanpa dihinggapi penyakit di masa tua kamu. Bayangkan betapa bahagianya memiliki badan yang sehat sampai hari tuamu. Yu tunggu apalagi! Mari kita mulai menjalani hidup sehat mulai sekarang.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle