15 Budaya Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: DEZALB

Banyak wisatawan asing yang lebih mengenal Bali dibandingkan dengan Negaranya sendiri Indonesia. Para orang luar negeri bahkan menyangka Bali adalah nama sebuah negara padahal Bali adalah salah satu pulau Indah yang dimiliki oleh Indonesia. Bali terkenal dengan beberapa budayanya yang mendunia bahkan Bali dikenal sebagai tempat berlibur bagi para turis asing ataupun wisatawan lokal yang ingin menikmati keindahan alam Bali. Berlibur ke Bali adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin merasakan suasana alam yang indah ataupun ingin menikmati suasana pantai-pantai Bali yang terkenal dengan keindahannya. Selain terkenal karena tempat wisatanya yang begitu mengagumkan, Bali sangat terkenal karena keunikan budaya yang dimilikinya. Bahkan ada beberapa turis asing yang rela tinggal di Bali hanya untuk melihat dan mempelajari kebudayaan Bali. Berikut ini adalah beberapa budaya Bali yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Terdapat Ribuan Pura


Source: kuelefm

Pura adalah tempat ibadah bagi umat Hindu yang ada di Bali. Di Bali sendiri terdapat ribuan pura yang berada di pusat kota sampai kawasan terpencil sekalipun. Ribuan pura tersebut seakan membawa suasana spiritual yang kental dengan agama Hindu. Beberapa pura diperbolehkan dilihat dan dinikmati oleh para wisatawan tetapi biasanya ada beberapa aturan yang harus dipenuhi. Jika kamu berada disekitar pura kamu akan merasakan suasana sejuk yang selalu menghiasi pura manapun, belum lagi aktivitas masyarakat Bali yang rajin mendatangi pura untuk berdoa dan untuk mengantarkan sesaji di pura.

2. Ramahnya Masyarakat Bali


Source: kolibri5

Hal yang sering dilontarkan oleh para turis asing adalah masyarakat bali sangat ramah kepada mereka. Padahal orang Bali bahkan belum mengenal mereka sepenuhnya tetapi orang Bali memiliki ketulusan untuk melempar senyum, menyapa, atau bahkan mengajak mereka bertamu ke rumahnya. Ini adalah salah satu budaya Bali yang sudah banyak diketahui masyarakat dunia. Mereka selalu rindu berkunjung ke Bali karena alasan keramahan dan kebaikan masyarakatnya.

3. Keindahan Alam Bali


Source: gabinovember

Banyak sekali daftar wisata alam yang terdapat di Bali. Keindahan alam Bali memang sangat terkenal masih mengandalkan keaslian alamnya. Masyarakat Bali memang memiliki adat untuk selalu menjaga keseimbangan alam dan manusia, dimana manusia dilarang untuk melakukan kerusakan apapun. Adat tersebut kini menjadi keuntungan tersendiri sampai sekarang, dimana wisata alam Bali selalu terjaga kebersihan dan kelestariannya sehingga dapat menarik hati para wisawatan mancanegara di seluruh dunia.

4. Wisata ke Bali itu Murah


Source: kolibri5

Beriwisata ke Bali bagi wisatawan mancanegara adalah hal yang mengagumkan yang tidak bisa mereka temukan di negara bagian manapun. Selain karena alasan tersebut, Bali dikenal memiliki kelebihan dalam hal harga yang murah saat berlibur disana. Mulai dari biaya transportasi, hotel, belanja, kuliner semuanya berada di bawah harga normal yang mereka temukan di tempat liburan lainnya. Ini menjadi kelebihan dari wisata ke Bali bagi para pelancong asing yang ingin menikmati keindahan alam Bali dan juga puas menjajaki semua aspek yang ada di Bali termaksud kuliner dan juga hasil kerajinan tangannya.

5. Wisata Air Terjun di Bali

Bali juga memiliki deretan daftar wisata untuk melihat keindahan air terjunnya yang masih sangat alami dan terjaga keindahannya sampai sekarang. Para turis asing tidak pernah melewatkan kesempatan ini untuk berenang sambil menikmati pemandangan yang begitu spektakuler dari air terjun yang asri di Bali. Air terjun di Bali biasanya memiliki mitos-mitos tersendiri yang dijelaskan oleh masyarakatnya, salah satu air terjun yang populer adalah air terjun Gitgit. Air terjun dengan ketinggian 40 meter ini begitu indah dan juga alami belum lagi kolam dibawah air terjunnya yang begitu menggoda kita untuk berenang disana. Namun ada mitos yang beredar bahwa pasangan yang mandi disana akan berpisah. Kamu boleh mempercayainya atau tidak tentang mitos tersebut.

6. Surga Belanja

Biasanya wisatawan asing selalu mencari berbagai jenis kerajinan tangan yang dihasilkan masyarakat Bali yang memang banyak disana. Masyarakat Bali dikenal menghasilkan banyak kerajinan tangan yang berhubungan dengan budaya Bali seperti miniatur pura, pakaian khas Bali, ataupun kerajinan tangan dari bahan-bahan alami, dan masih banyak lagi. Selain itu, harga-harga kerajinan tangan dan juga beberapa jenis sandang di Bali terkenal murah meriah dan beragam jenisnya. Para wisawatan yang berkunjung ke Bali pasti tidak akan melewatkan acara belanja di Bali sebagai kenang-kenangan untuk di bawa pulang.

7. Liburan Penuh Tantangan

Bagi kamu yang ingin liburan yang bisa menantang adrenalin kamu, kamu bisa menjadikan Bali sebagai tempat penuh petualangan yang menakjubkan. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menantang adrenalin di Bali sebut saja skydiving, flying fox, bungee jumping, surfing, diving, dan masih banyak lagi. Nilai tambah jika kamu memilih Bali adalah keindahan alam yang akan menjadi latar belakangnya saat kamu melakukan kegiatan tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana bahagianya menikmati pemandangan alam Bali dengan kegiatan yang menentang. Hal ini pastinya akan memberikan sensasi yang berbada buat kamu.

8. Pakaian Adat Bali

Pakaian adat Bali yang terkenal adalah primadona bagi para wisatawan asing, beberapa diantara mereka juga bahkan tertarik untuk mengenakan pakaian kebesaran Bali yang memang terlihat menarik dan membawa nuansa yang berbeda pada pemakainya. Salah satu pakaian adat Bali untuk wanita yang masih remaja menggunakan kemben songket, sabuk prada (sagen) untuk membelit pinggul dan dada, juga kain wastra. Untuk bagian dalam pakaian wanita diantaranya berupa kain tapih dan sinjang. Ditambah dengan indahnya ornamen perhiasan yang menghiasi bagian kepala dan juga rambut wanita yang disanggul. Sedangkan pakaian budaya Bali untuk pria salah satunya adalah menggunakan udeg atau ikat kepala, ditambah mengenakan selendang pengikat atau umpal, kain wastra, kain tampuh, lalu ditambahkan juga ornamen keris dan sabuk kemeja. Pakaian adat Bali ini pastinya akan membuat kamu tampak berbeda. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

9. Tari Bali


Source: keulefm

Hal yang jangan sampai terlewatkan saat berkunjung untuk berlibur ke Bali adalah menonton pertunjukkan tari Bali yang sudah mendunia. Bahkan banyak sekali wisatawan yang rela datang ke Bali hanya untuk mempelajari ataupun ingin menyaksikan tarian Bali oleh mata mereka sendiri. Tarian Bali memiliki keunikkan tersendiri bahkan setiap tariannya mengandung beberapa pesan moral yang ingin disampaikan. Tarian Bali yang terkenal diantaranya seperti Tari Panji Semirang, Tari Pendet, Tari Condong, Tari Kecak, dan masih banyak lagi. Jika kamu merasa tertarik untuk menari tari Bali, kamu bisa mengikuti salah satu tarian yang mudah untuk kamu ikuti seperti tari kecak yang cukup mudah untuk dilakukan.

10. Upacara Potong Gigi

Kebudayaan Bali yang bisa disebut unik adalah upacara potong gigi. Upacara potong gigi wajib dilakukan pada wanita dan pria yang sudah beranjak dewasa yang ditandai dengan menstruasi pada wanita dan membesarnya suara pada pria. Tidak seperti namanya sebenarnya upacara ini hanya mengikir atau merapikan bagian gigi tertentu. Gigi yang dirapikan adalah 6 gigi yang terdapat pada rahang atas diantaranya adalah 4 gigi seri dan 2 gigi taring kiri dan kanan. Tujuan dari upacara ini adalah untuk menghilangkan 6 sifat buruk yang biasanya dimiliki oleh manusia yaitu loba (tamak), krodha (amarah), kama (hawa nafsu), moha (bingung), mada (mabuk), dan matsarya (iri hati).

11. Upacara Kematian

Upacara kematian atau sering disebut dengan upacara ngaben adalah upacara disaat ada kerabat atau warga Bali yang beragama Hindu meninggal. Upacara ini bertujuan untuk melakukan pembakaran pada orang yang sudah meninggal. Inti dari upacara ngaben ini adalah untuk mengembalikan roh leluhur (orang yang sudah meninggal) kepada dewa yang mereka percaya yaitu Dewa Siwa. Orang hidup dipercaya memiliki Bayu, Sabda, dan Idep. Setelah seseorang meninggal ketiganya dikembalikan pada Dewa Siwa melalui upacaya ngaben ini.

12. Upacara Pernikahan Adat Bali


Source: MAK1950

Sama halnya dengan upacara pernikahan yang biasanya melibatkan banyak ritual yang harus dilakukan, sama halnya dengan budaya Bali dalam acara pernikahan beberapa hal harus dilalui oleh kedua mempelai. Beberapa ritual pernikahan yang harus dilewati diantaranya seperti upacara ngekeb, mungkah lawang, madengen dengan, mewidhi widana, dan mejauman ngabe tipat bantal. Semua ritual tersebut memiliki makna yang mendalam untuk mengajarkan para calon mempelai cara menjalani rumah tangga ke depannya tentu saja disertai doa-doa pada Dewa agar calon mempelai diberkati selalu di dalam kehidupan mereka.

13. Alat Musik Rindik

Jangan menyangkan bahwa budaya Bali tidak memiliki alat kesenian berupa alat musik yang nenek mereka turunkan secara turun-temurun. Banyak sekali alat musik yang merupakan hasil dari kebudayaan masyarakat Bali dan sampai sekarang masih terus dilestarikan keberadaannya. Salah satu alat musik yang populer dengan budaya Bali adalah alat musik rindik. Alat musik tradisional ini terbuat dari bambu yang bernada salendro. Rindik bisa dimainkan oleh 2 sampai 4 orang. Alat musik ini sering digunakan untuk mengiringi acara pementasan tarian joged bumbung dan juga untuk musik di acara pernikahan.

14. Upacara Ngurek


Source: kolibri5

Upacara ngurek sama hanya seperti pertunjukan debus yang biasanya ada di daerah Jawa Timur. Dimana para pelakunya wajib menusukkan benda tajam seperti keris kepada tubuhnya tanpa merasa kesakitan dan terluka. Para wisatawan asing biasanya akan tertarik dengan upacara ini. Upacara ini bertujuan untuk menyakinkan manusia untuk yakin kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika seseorang sudah mempercayai dan melakukan segala perintah Tuhan mereka akan mendapatkan anugerah dan juga berkah oleh Tuhan.

15. Upacara Melasti

Upacara melasti biasaya dilakukan sebelum Hari Raya Nyepi yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Upacara ini bertujuan sebagai penyucian diri sebelum melakukan Hari Raya Nyepi. Upacara ini dilakukan oleh para umat Hindu di tepi pantai dengan melakukan kegiatan berdoa dan sembayang sambil memohon ampun pada Dewa tentang kesalahan dan kekhilafan mereka. Mereka percaya bahwa upacara melasti bisa menghapuskan dosa-dosa mereka yang telah lalu dan membuat mereka terlahir kembali dalam keadaan suci.

Itulah beberapa budaya Bali yang harus kamu ketahui. Bali adalah sebuah tempat yang mewakili keberagaman budaya di Indonesia tetapi kita tetap saling menghargai dan saling menghormati perbedaan tersebut. Budaya Bali adalah sebuah kebudayaan yang patut untuk dilestarikan oleh para penerus bangsa sehingga tidak sampai pada titik kepunahan. Budaya Bali bisa menjadi peluang besar untuk mengenalkan salah satu budaya yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, untuk itu kita patut berbangga.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Knowledge