10 Hewan Terbesar yang Pernah dan Masih Hidup di Muka Bumi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: JerzyGorecki

Bumi adalah planet yang sangat kaya oleh beragam flora dan fauna yang masing-masing memiliki ciri dan kekhasannya masing-masing. Dalam artikel ini, kamu akan diajak untuk tahu lebih banyak khususnya tentang fauna atau hewan yang berukuran sangat besar dan pernah hidup di Bumi baik di masa lalu maupun masih hidup sampai saat ini. Jutaan tahun yang lalu ketika Bumi masih dihuni oleh flora dan fauna, hewan-hewan memang berukuran sangat besar sebelum akhirnya punah karena evolusi. Hal ini bisa diketahui karena fosil hewan-hewan purba itu banyak ditemukan di wilayah perairan maupun daratan di berbagai penjuru Bumi. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkap tentang 10 hewan terbesar di dunia berikut ini.

1. Meganeuropsis Permiana (Serangga Terbang Terbesar)

Bila sekarang kita hanya mengenal kupu-kupu atau capung sebagai serangga terbang yang berukuran cukup besar, di zaman purba sekitar 300 juta tahun yang lalu ada hewan bernama Meganeuropsis Permiana yang bentuknya menyerupai capung namun ukurannya sangat besar sekitar 70 cm dengan panjang badan sepanjang tangan orang dewasa. Ditengarai Meganeuropsis Permiana ini memang memiliki kebiasaan persis seperti hewan capung di masa kini.

2. Arthropleura (Arthropoda Terbesar)

A post shared by @sleeqersystem on

Arthropleura adalah spesies hewan terbesar dari family Arthropoda yang berarti hewan berkulit keras seperti udang atau lipan. Arthropleura hidup pada masa sekitar 320 tahun yang lalu. Ukuran hewan ini sangat besar sepanjang 2,5 meter dan bobotnya hampir 500 kilogram! Hewan ini berbentuk mirip lipan dengan dua antena di kepala dan kaki berpasangan dalam jumlah banyak. Bagian punggungnya memiliki semacam kulit keras yang menjadi perisainya.

3. Titanoboa (Ular Terbesar)

A post shared by harip (@hariipunk) on

Di zaman prasejarah memang banyak hewan melata yang berukuran besar, namun zaman modern saat ini pun ternyata masih ada hewan melata besar yang masih bertahan hidup. Apalagi kalau bukan ular anaconda. Ular anaconda memang layak disebut sebagai ular terbesar karena ukuran tubuhnya yang bisa mencapai 8 meetr dengan bobot tubuh ratusan kilogram. Namun, ternyata anaconda tak ada apa-apanya dibandingkan dengan ular purba Titanoboa. Ular purba ini adalah ular terpanjang di dunia dengan panjang tubuh sepanjang 15 meter lebih dan diameter tubuhnya bisa mencapai satu meter! Luar biasa sekali bukan?

4. Spinosaurus (Predator Terbesar)

Apakah predator terbesar di muka bumi ini? Tentu saja dinosaurus, tepatnya jenis spinosaurus yang ukuran tubuh dan keganasannya mengalahkan T-Rex yang juga dikenal sebagai hewan pemangsa darat paling mematikan yang pernah hidup di muka Bumi. Ciri fisik spinosaurus mirip dengan T-Rex, namun memiliki sebuah lengkungan khas pada bagian punggungnya. Karnivora darat ini hidup di Bumi pada masa 112 juta tahun yang lalu dengan panjang tubuh sepanjang 18 meter dan berbobot 9 ton. Tak bisa dibayangan bila hewan sebesar ini hidup di zaman modern seperti saat ini.

5. Carcharodon Megalodon (Ikan Terbesar)

A post shared by captain tabby (@captain.tabby) on

Dari golongan hewan air, mungkin banyak orang mengira paus pembunuh adalah predator terbesar dan paling ganas di lautan. Namun, jauh sebelumnya ada hewan bernama Carcharodon Megalodon yang merupakan penguasa lautan tanpa tanding. Hewan ini adalah nenek moyang ikan hiu yang panjang tubuhnya bisa mencapi 20 meter dengan bobot tubuh 103 ton. Dengan ukuran tubuh dan keganasannya, tak heran hewan ini pun menjadi raja lautan pada zaman purba dahulu.

6. Leedsichthys Problematicus

A post shared by Guy Forrest (@guynosaur101) on

Selain Megalodon, jenis ikan lain yang berukuran raksasa adalah Leedsichthys Problematicus. Ikan jenis ini adalah ikan yang memiliki struktur rangka tulang berbentuk tegak lurus seperti ikan konsumsi yaitu tongkol, salmon, tuna dan lain sebagainya. Ikan Leedsichthys Problematicus ini diperkirakan hidup sekitar 170 juta tahun lalu dan merupakan predator pemangsa ikan-ikan kecil. Panjang tubuhnya sekitar 21 meter dan beratnya bisa mencapa 50 ton.

7. Paraceratherium (Mamalia Darat Terbesar(

Saat ini, hewan mamalia darat terbesar adalah gajah. Hewan yang sangat setia kawan dan cerdas itu memiliki tinggi tubuh setinggi 5 meter dan berat 6 ton. Namun, di masa purba dahulu mamalia darat terbesar adalah Paraceratherium. Hewan ini seperti tapir namun badannya kekar dan kokoh seperti badak dan kakinya memiliki ciri yang mirip dengan kaki gajah. Panjang tubuh Paraceratherium dapat mencapai 8 meter dan bobotnya 8 ton dan hewan ini hidup pada masa 37 tahun yang lalu.

8. Quetzalcoatlus (Reptile Terbang Terbesar)

Jutaan tahun lalu, beberapa hewan reptile dapat terbang seperti halnya burung dan serangga. Ukurannya bahkan sangat besar seperti sebuah pesawat kecil. Adalah hewan Quetzalcoatlus yang memegang rekor predator reptile terbesar yang pernah ada. Hewan ini memang luar biasa besar dengan bentang sayap mencapai 16 meter dan berat sekitar 250 kilogram. Nama Quetzalcoatlus diambil dari nama Aztec yaity Quetzalcoatlus yang merupakan penguasa langit karena hewan ini memang jadi tampak seperti penguasa langit dengan ukuran tubuhnya.

9. Paus Biru (Mamalia Laut Terbesar)]

Mamalia laut terbesar yang pernah hidup di muka Bumi dan masih ada sampai saat ini adalah paus biru atau blue whale. Selama hampir 50 juta tahun, paus biru tidak mengalami perubahan apapun pada ukuran tubuhnya sehingga menjadikannya sebagai mamalia laut terbesar yang masih bertahan hidup hingga kini. Panjang tubuh paus biru bisa mencapai 30 meter dan bobot seberat 180 ton. Sejak 50 juta tahun lalu hingga hari ini, paus biru adalah satu-satunya mamalia laut terbesar yang tidak mengalami evolusi sama sekali.

10. Amphicoelias Fragillimus (Hewan Terbesar di Bumi)

Setelah diatas kita sudah mengenal hewan-hewan terbesar sesuai jenisnya, saatnya kita membahas hewan yang menjadi puncak hewan terbesar yang pernah hidup di muka Bumi. Adalah Amphicoelias Fragillimus, hewan berkaki empat dengan bentuk tubuh buntal dan memiliki leher dan ekor panjang dan ciri khasnya mirip dinosaurus. Makhluk ini adalah hewan terbesar sepanjang amsa dengan panjang tubuh mencapai 58 meter! Manusia hanyalah setengah dari panjang kaki sampai ke lututnya saja. Hewan darat ini bergerak lamban dan memakan segala jenis tumbuh-tumbuhan.

Luar biasa bukan 10 hewan terbesar di dunia yang sudah kamu ketahui sekarang. Tak bisa dibayangkan bila hewan-hewan tersebut masih hidup di zaman modern ini dan manusia pasti sudah kewalahan menghadapinya.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Knowledge