15 Aturan dan Fakta tentang Pakaian Muslimah

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

womanSource: helya

Pakaian muslimah adalah sebutan untuk pakaian serba tertutup yang dikenakan oleh perempuan beragama islam. Pakaian muslimah kini telah menjadi salah satu gaya yang mendunia dan disenangi oleh berbagai orang di belahan dunia. Untuk mengenal lebih jauh mengenai pakaian muslimah, inilah 15 aturang dan fakta tentang pakaian muslimah yang harus kamu ketahui:

1. Menutupi Seluruh Rambut


Source: gladys

Hal yang menjadi ciri khas dari pakaian muslimah adalah sebuah kerudung yang menutupi seluruh rambut seorang wanita muslim. Di dalam Al-Qur’an, disebutkan bahwa setiap wanita yang beragama islam wajib menutupi seluruh rambut mereka. Oleh karena itu Anda akan menemui wanita muslim menutupi seluruh rambut mereka dengan berbagai model dan kain.

2. Berhijab

Women Hijab
Source: banyu-waseso

Berhijab berarti mengenakan kain atau selendang untuk menutupi seluruh rambut, kepala dan leher kecuali bagian wajah. Berhijab yang dikenal di masyarakat juga berarti mengenkan pakaian panjang dan serba tertutup, yang hanya memperlihatkan tangan dan kaki hingga ke mata kaki seorang wanita. Namun, sebenarnya berhijab ini diwajibkan di dalam Islam bagi seluruh muslimah di dunia, tidak peduli dari negara manapun muslimah tersebut berasal.

3. Bedanya Hijab, Jilbab dan Kerudung

A post shared by hijab.keceh (@hijab.keceh) on

Terdapat beberapa istilah yang sering digunakan oleh orang-orang islam, diantaranya adalah hijab, jilbab dan kerudung. Banyak yang tidak tahu, bahwa hijab, jilbab dan kerudung berbeda satu dengan yang lainnya. Berdasarkan Al-Qur’an hijab berarti penutup, seperti tirai pembatas, kelambu, papan pembatas yang membuat seorang muslimah tertutupi dari pandangan laki-laki yang bukan muhrimnya. Sedangkan jilbab adalah busana terusan panjang yang menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, kaki dan wajah wanita muslim. Dan kerudung hanyalah penutup kepala dan leher. Sehingga kerudung tidaklah dianjurkan dalam islam.

4. Seluruhnya Aurat Kecuali Wajah

Di dalam islam, seluruh bagian tubuh seorang wanita kecuali wajah dan telapak tangan adalah aurat. Hal ini dijelaskan di dalam Q.S. An-Nur [24] : 31, tentang batas-batasan aurat bagi seorang wanita. Sedangkan untuk laki-laki, mulai dari pusar hingga lutut adalah auratnya. Dan bagian lain seperti wajah, tangan dan betis bukanlah sebuah aurat bagi seorang laki-laki muslim.

5. Perkembangan Style Hijab

Perkembangan style hijab kini menyesuaikan budaya dan perkembangan zaman. Hijab yang tadinya hanya berbentuk sederhana dan terlihat kedodoran, kini terlihat modis dengan model hijab lilit, jilbab bergo, jilbab panjang dan jilbab hoodies. Selain itu, hijab di zaman modern ini juga sedap di pandang mata dengan warna-warni kain yang digunakan. Dahulu hijab dikenakan hanya karena mengikuti ajaran agama Islam, namun kini hijab telah menjadi fashion dunia.

6. Industri Hijab Berkembang Pesat

Seiring dengan perkembangan zaman, industri hijab kini berkembang dengan sangat pesat. Di zaman modern ini, banyak sekali produsen-produsen tekstil besar yang memproduksi pakaian muslimah dan hijab. Untuk mencari berbagai macam hijab dan pakaian muslimah kini sangatlah mudah dan praktis, karena terdapat banyak penjual hijab di berbagai daerah dan kota yang merupakan distributor dari banyak produsen hijab.

7. Banyak Hijaber Jadi Terkenal

A post shared by Dian Pelangi (@dianpelangi) on

Hijaber adalah sebutan untuk perempuan islam yang mengenakan hijab dengan gaya trendy dan modis. Karena model dan bentuk hijab yang mereka kenakan, banyak hijaber menjadi terkenal. Tidak hanya itu saja, namun cara mereka memadu padankan pakaian dengan hijab yang mereka kenakan membuat mereka tampak gaya dan modis, sehingga kini banyak sekali hijaber yang terkenal karena style berpakaian hijab mereka.

8. Hijab Syar’i Sesuai Aturan Islam

Hijab syar’i yang sesuai aturang islam ialah hijab yang menutupi seluruh badan kecuali tangan dan wajah. Selain itu, dalam berhijab syar’i, pakaian yang dikenakan haruslah longgar dan tidak ketat, sehingga lekuk tubuhnya tidak terlihat. Bahan yang digunakan untuk baju dan hijab yang dikenakan haruslah tebal dan tidak tipis.

9. Ayat Al-Qur’an yang Mewajibkan Berhijab

Perintah berhijab di dalam Al-Qur’an sangatlah jelas dan tegas. Seperti di dalam Q.S. An-Nur ayat 31. Kebanyakan perintah berhijab di dalam Al-Qur’an dijelaskan di Q.S. Al-Ahzab, yaitu di ayat 32-33, ayat 53 dan ayat 59. Selain itu, ada juga hadis dan sabda Rasulullah mengenai kewajiban seorang wanita muslim untuk memakai hijab.

10. Kontroversi: Budaya VS Tekstual Kitab Suci


Source: fahrizi

Banyak kontroversi yang terjadi di kalangan masyarakat mengenai pemakaian hijab. Berdasarkan Al-Qur’an, seorang muslimah harus mengenakan hijab yang menutupi dadanya, memakai pakaian longgar yang menutupi seluruh lekuk tubuhnya dan hanya memperlihatkan tangan dan wajahnya. Namun karena pengaruh budaya, banyak wanita muslim yang mengenakan hijab hanya sebagai penutup kepala dan tidak menutupi bagian dada. Mereka juga mengenakan baju ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh mereka. Hal inilah yang selalu menjadi kontroversi di kalangan masyarakat karena pengaruh budaya, sehingga para muslimah tidak mengenakan hijab seperti apa yang tertera di dalam Al-Qur’an.

11. Tutorial Video Hijab Jadi Populer

A post shared by Mirza Ardiany (@mirza_ardiany) on

Banyak orang yang tertarik dengan hijab, karena hijab kini bukanlah hanya sebuah identitas bagi wanita muslim. Namun juga menjadi gaya fashion yang telah mendunia. Kendalanya adalah tidak semua orang tahu cara mengenakan hijab, terutama hijab dengan gaya modis dan trendi. Oleh karena itu tutorial video cara mengenakan hijab menjadi sangat populer dan banyak ditonton oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia.

12. Boleh Tidak Mengenakan Hijab di Depan Muhrim dan Suami


Source: gpalmisanoadm

Di dalam islam, seorang wanita muslim wajib mengenakan hijab saat mereka keluar rumah atau bertemu dengan orang yang bukan muhrimnya. Namun, seorang muslimah dapat tidak mengenakan hijab di hadapan muhrim dan suaminya. Muhrim bagi seorang wanita muslim adalah sesama muslimah, laki-laki yang terhubung karena pertalian darah, sepersusuan dan terhubung karena tali pernikahan dengan muslimah tersebut.

13. Terasa Gerah

Hijab menutupi seluruh bagian kepala dan leher seorang wanita terkecuali wajahnya. Karena rambut dan leher mereka yang tertutupi, hal ini membuat sebagian wanita muslim merasa gerah. Terlebih di saat mereka sedang menjalankan aktifitas yang cukup banyak dan sinar matahari yang terik. Karena sinar matahari yang terik, udara panas dan aktifitas yang banyak membuat berkeringat. Dan jika mengenakan hijab, angin atau udara sejuk tidak akan masuk mengenai kepala dan leher karena tertutup oleh hijab, kecuali jika mengenakan hijab model turban.

14. Membuat Kulit Lebih Bersih

A post shared by T U B Λ N I S T Λ (@tubanista) on

Pakaian muslimah adalah pakaian panjang dan serba tertutup. Pakaian yang panjang dan tertutup ini membuat kulit menjadi lebih bersih dan putih. Hal ini karena kulit Anda akan terhindar dari sinar matahari yang dapat menggelapkan warna kulit Anda. Selain itu kulit Anda juga akan terhindar dari debu dan kotoran di luar saat beraktifitas, karena Anda mengenakan pakaian serba tertutup yang menghalangi debu dan kotoran mengenai kulit Anda.

15. Hijab Menjadi Pilihan Hidup

A post shared by stylehijab (@style.hijabs) on

Hijab kini menjadi salah satu pilihan hidup bagi orang-orang dari berbagai belahan dunia dan tidak hanya orang islam namun juga orang-orang beragama selain islam. Hal ini dikarenakan terdapat banyak manfaat dengan mengenakan hijab dan juga hijab tidaklah kolot dan kaku. Dengan mengenakan hijab, Anda tetap bisa tampil gaya dan modis.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Hijab