15 Khasiat Sayur Okra Agar Sehat dan Cantik

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Alice Henneman

Sayur Okra atau bahasa latinnya disebut Abelmoschus esculentus merupakan jenis tanaman dari famili kapas-kapasan atau Malvaceae. Bentuk sayur ini panjang dan runcing di ujungnya. Awalnya, tanaman ini berasal dari Afrika kemudian diperkenalkan di daratan Amerika. Di Indonesia, Okra masih memiliki jumlah peminat yang sedikit, namun beberapa negara di belahan Asia seperti Jepang dan Philipina, negara-negara Eropa dan Australia sudah sangat populer.  Negara-negara ini mengolah Okra menjadi makanan serta diolah menjadi bahan dasar pembuatan obat untuk kesehatan dan kulit. Okra dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan berkhasiat untuk kulit karena kaya nutrien, rendah kalori, dan bebas lemak.

Manfaat Sayur Okra

okraSource: wikimedia

Beberapa penelitian yang dilakukan menemukan bahwa sayur Okra kaya akan nilai Gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Natrium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, seng, Karoten-β, Crypto-xanthinn-β, dan Lutein zeaxanthin. Selain itu, biji Okra juga mengandung 40% minyak yang kaya asam oleat dan asam linoleat. Kandungan nutrisi yang terdapat pada Okra menjadikan sayur ini memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah:

1. Mencegah sembelit

Selain kaya nutrisi, Okra juga mengandung banyak zat lendir. Zat ini sangat berguna sebagai pelumas dalam hal peristaltik sehingga makanan yang dicerna melalui usus halus dapat lancar dan terhindar dari situasi sembelit. Nah, bagi kalian yang pernah mengalami sembelit, dianjurkan untuk mencoba mengonsumsi Okra agar terhindar dari kemungkinan terkena sembelit lagi.

2. Menjaga kesehatan kulit


Source: gerry

Okra atau Gambas mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan serta perbaikan jaringan rusak yang berdampak terhadap pigmentasi kulit dan pembentukan kolagen. Kandungan yang terdapat dalam Okra ini dapat menjaga kulit tetap sehat dan nampak awet muda. Selain itu, Okra juga dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh


Source: PublicDomainPictures

Apabila daya tahan tubuh berkurang, tentunya anda akan mudah terserang penyakit dan aktivitas anda akan terganggu. Ternyata, selain mampu menjaga kesehatan kulit, Vitamin C yang terkandung dalam Okra juga dapat meningkatkan sistem imun anda. Vitamin C ini mampu mengoptimalkan fungsi sel darah putih sehingga tubuh tidak mudah terserang infeksi, pilek, dan mencegah bahaya radikal bebas.

4. Menurunkan kolesterol


Source: Sasint

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa hasil ekstrak kulit Okra memiliki aktivitas hipolipidemik yang mampu menurunkan kolesterol. Kandungan zat yang terdapat pada Okra mampu menghambat aktivitas esterase kolesterol dari pankreas, mengikat asam empedu, mengurangi micellization kolesterol, serta tidak mengandung lemak jenuh. Tak heran bila beberapa ahli gizi merekomendasikan tanaman ini untuk mengendalikan kandungan kolesterol dalam tubuh, terlebih lagi untuk menurunkan berat badan.

5. Menstabilkan kadar gula darah

Okra juga terbukti mampu mengurangi penyerapan glukosa yang berujung pada menurunnya kadar gula darah. Okra tercatat sebagai tanaman yang tinggi serat dan telah dipakai secara tradisional untuk mengobati penyakit diabetes dengan indeks glikemik yang rendah yakni berkisar 20. Namun demikian, beberapa ahli menyarankan agar tidak mengonsumsi Okra bersamaan dengan Metforin pada pasien diabetes karena hal tersebut dapat meningkatkan kadar gula pasien.

6. Membantu proses pencernaan


Source: OpenClipart

Okra kaya akan serat sehingga sangat baik untuk proses pencernaan dalam tubuh. Tanaman ini memang cocok untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah berbagai macam gangguan pencernaan, seperti diare, kembung, kram, sembelit, atau kelebihan gas. Fiber yang dimiliki mampu menyerap air sehingga dapat meluruhkan produk-produk buangan dari dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

7. Menjaga keseimbangan tubuh

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar) on

Seperti yang telah dijelaskan pada poin kandungan nutrisi yang dimiliki Okra, tanaman ini mengandung vitamin B kompleks (niacin), Vitamin B-6 seperti pyridoxine, asam pantotenat, dan thiamin. Vitamin-vitamin ini sangat berguna terhadap keseimbangan tubuh. Apabila tubuh kekurangan Vitamin ini, maka energi dalam tubuh akan berkurang, sistem saraf menjadi kurang sehat, pencernaan serta kadar kolesterol terganggu.

8. Membantu metabolisme dalam tubuh

Source: yustina esti

Unsur Mangan dan Magnesium yang terkandung pada tanaman Okra berfungsi sebagai co-faktor dalam berbagai jenis enzim pada tubuh. Magnesium sebagai katalisator reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, sedangkan Mangan digunakan pada proses sintesis ureum, pencegahan peroksidasi lemak karena radikal bebas, serta berperan dalam pembentukan jaringan ikat dan tulang. Itulah sebabnya kedua senyawa ini memegang peranan yang sangat penting bagi proses metabolisme tubuh.

9. Mengurangi resiko penyakit jantung

Okra disebut sebagai tanaman obat alami karena berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Berbagai macam zat antioksidan yang dikandung oleh Okra seperti katekin, epicatehin, procyanidin, quercetin, dan serat dipercaya dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Serat yang dikandung oleh Okra mampu menurunkan kolesterol darah dengan cara mengubah produksi empedu dalam usus. Kolesterol darah yang tinggi merupakan faktor timbulnya penyakit jantung.

10. Mencegah resiko catat pada janin

Source: TawnyNina

Kandungan folat yang dimiliki oleh Okra sangat berperan pada wanita hamil. Zat ini dapat menjaga sel-sel baru sehingga kehamilan akan tetap sehat dan terhindar dari keguguran. Selain itu, kandungan Vitamin B bermanfaat dalam pertumbuhan sehat bayi dan mencegah cacat lahir seperti spina bifida dan Vitamin C yang terkandung di dalam Okra juga berperan untuk perkembangan janin selama dalam kandungan.

11. Membantu melindungi paru-paru

upper-bodySource: bykst

Kaya akan nutrisi mengakibatkan Okra mempunyai banyak khasiat, tidak hanya untuk meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan kulit, atau menjaga keseimbangan tubuh tapi juga mampu melindungi kesehatan paru-paru. Senyawa-senyawa flavonoid seperti xanthin, lutein, dan beta-karoten yang terkandung pada tanaman Okra berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi paru-paru atau mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

12. Menjaga kesehatan mata dan kulit

A post shared by Raline Shah (@ralineshah) on

Okra juga banyak mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata karena terdiri dari sejumlah senyawa antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten yang berperan untuk melindungi kornea mata. Senyawa lutein yang terkandung pada Okra dapat mencegah bahaya ultraviolet (UV) dan zeaxanthin berperan terhadap pengembangan visual. Selain itu, vitamin A juga mampu menjaga selaput lendir yang berperan dalam menjaga kulit tetap sehat.

13. Mencegah kanker rongga mulut

Source: aleksandra

Siapa yang menyangka jika khasiat lain dari tanaman Okra adalah mampu mencegah terjadinya kanker rongga mulut. Hal ini dikarenakan sayur Okra kaya akan senyawa Flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu mencegah timbulnya kanker rongga mulut. Kandungan vitamin serta nutrisi yang banyak terkandung didalamnya menjadikan Okra sebagai obat alami untuk berberapa jenis penyakit.

14. Mengatasi leukorea

Selain memiliki khasiat untuk mencegah beberapa penyakit yang telah disebutkan diatas, ditemukan hasil studi bahwa Okra juga mampu mengobati penyakit leukorrhea, yaitu penyebab terjadinya keputihan atau kekuningan antara menstruasi. Adanya mucilaginous pada Okra dapat membantu menghilangkan lendir dari sistem tubuh anda sehingga mengurangi keputihan. Sangat cocoklah bagi anda kaum wanita untuk mengonsumsi sayur ini agar terhindar dari keputihan yang berlebih.

15. Mencegah kanker hati dan kanker kolon

Source: Elionas

Okra memiliki kandungan klorofil yang berfungsi sebagai antiradang, antioksidan, antimutagenik, dan antikanker. Sebagai antikanker dan antimutagenik, klorofil dapat mencegah terjadinya kanker hati dan kanker kolon, sedangkan sebagai antioksidan, klorofil dapat mencegah proses oksidasi kolesterol akibat radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis dapat terhindarkan. Selain itu, klorofil yang terdapat pada Okra juga mampu menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Cara Penyajian Okra

OkraSource: arvind grover

Tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya, selama masa budidaya, Okra tentunya tidak terlepas dari penyemprotan pestisida maupun insektisida. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pencucian sebelum mengolah Okra. Pencucian dapat dilakukan di dalam air dingin sehingga tanah, kotoran, maupun residu dari pestisida tersebut dapat hilang. Setelah dicuci, lakukanlah pemotongan pada bagian ujung atas Okra. Kemudian potong tipis-tipis sesuai selera.  Untuk pengolahannya, Okra yang sudah dipotong-potong, direbus atau digoreng untuk memperoleh tekstur Okra yang lebih lembut. Okra dapat diolah dengan ikan, daging, maupun dijadikan sebagai bahan pembuatan sup atau acar. Bisa juga dimasak seperti sayur biasa lalu dimakan dengan nasi dan lauk-pauk lainnya.

Nah, itulah 15 khasiat sayur okra untuk kesehatan dan kulit yang perlu anda ketahui. Ingin segera mengkonsumsi Okra? Silahkan anda mencobanya!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health