15 Fakta Gunung Kidul Tersembunyi yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Herman Wedhy

Apa yang selama ini kamu tahu tentang Gunung Kidul? Gunung Kidul, merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Yogyakarta. Kebupaten ini melingkupi hingga 144 desa dan 18 kecamatan. Area yang masuk ke dalam Gunung Kidul ini pun cukup besar di Jogja, yakni mencapai satu per tiga bagian dari Yogyakarta termasuk ke dalam Gunung Kidul. Tak heran bila kabupaten dan daerah Gunung Kidul kerap kali menjadi jujugan dan mendapat perhatian yang besar dari pemerintah provinsi setempat.

Namun selain fakta singkat di atas, masih ada 15 fakta Gunung Kidul tersembunyi lain yang mungkin belum kamu tahu. Dan mungkin, membuat kamu tak sabar untuk segera berkunjung ke Gunung Kidul. Sudah siap? Dibawah ini ya, 15 daftar fakta menarik gunung kidul.

1. Pesisir Pantai Paling Panjang

A post shared by R e e r e (@reereirva) on

Ketika mendengar mengenai wisata Gunung Kidul, yang paling banyak dibicarakan tentu mengenai wisata pantainya. Wajar saja sih karena faktanya memang, Gunung Kidul memiliki area pesisir pantai terpanjang di bandingkan daerah lain di Yogyakarta.

Letak geografis Gunung Kidul memang menguntungkan, yakni berada di sisi selatan Yogyakarta dan tepat berbatasan dengan Samudera Hindia. Karena itu tak heran bila tercatat di daerah gunung Kidul, panjang pesisir pantainya mencaipai 65 km. Pesisir pantai tersebut terbentang mulai dari Kecamatan Purwosari hingga di Kecamatan Girisubo.

2. Dulunya Berada di Dasar Laut

A post shared by Waton JOGJA (@watonjogja) on

Tak hanya sebagai pusat wisata, Gunung Kidul pun memiliki peranan besar dalam hal penemuan sejarah. Mulai dari sejarah peradaban manusia hingga sejarah terbentuknya pulau-pulau di Indonesia. Salah satu penemuan mengenai hal ini, adalah pembuktian bahwa di jaman dahulu kala, daerah Gunung Kidul berada di dasar laut.

Fakta menarik Gunung Kidul tersembunyi ini terungkap dari ditemukan beberapa fosil hewan-hewan laut purba di Gunung Kidul.

3. Gunung Bekas Vulkanik di Jaman Purba

A post shared by Timo Guye (@timoguye) on

Tak hanya itu saja, di bila berwisata ke Gunung Kidul sempatkan untuk mampir ke perbukitan Baturagung di Kabupaten Gunung. Perbukitan nan indah ini memiliki ceritanya sendiri. Salah satunya, kisah terbentuknya dari perbukitan tersebut.

Perbukitan Baturagung terbentuk dari batu gamping serta abu sisa vulkanik dari jaman purba dulu, yang kemudian berhenti. Fakta ini saja rasanya cukup membuat sadar besarnya peranan Gunung Kidul untuk sejarah ya.

4. Cekungan Wonosari yang Kaya Peninggalan Sejarah


Source: Hardy Saputra

Cekungan Wonosari memang menjadi pusat pariwisata yang tak asing lagi. Cekungan ini sendiri terletak di sisi selatan Perbukitan Baturagung dan dipercaya terbentuk dari aliran sungai Oya. Menariknya, di cekungan Wonosari ini terdapat banyak sekali peninggalan sejarah. Terutama dari masa pra sejarah di Zaman Batu Tua sampai Zaman Batu Baru. Hal ini tentu saja menarik karena nyaris tak ada peninggalan sejarah dari kedua zaman tersebut di bagian daerah lain di Yogyakarta atau Jawa Tengah.

5. Pegunungan Panggung Sebagai Pembatas

Di kabupaten Gunung Kidul, terdapat pegunungan yang bernama dengan gunung panggung. Gunung Kidul memang menyimpan banyak sekali keunikan, salah satunya banyaknya pantai dan juga pergunungan. Gunung Panggung sendiri memiliki keunikan, salah satunya karena lokasi dari gunung ini sendiri yang berada sebagai pembatas antara kabupaten Gunung Kidul dengan Wonogiri di sisi timur laut.

6. Gua Bribin, Bendungan Dalam Tanah Pertama

A post shared by Yunan (@hasiayunan) on

Di Gunung Kidul, ada sebuah tempat tersembunyi yang mungkin tak banyak orang tahu. Gunung Kidul tersembunyi ini merupakan sebuah bendungan air yang berada di dalam tanah. Gua Bribin, bendungan pertama di dalam tanah yang ada di Gunung Kidul ini tak hanya unik untuk Indonesia. Namun juga menjadi yang pertama di dunia.

Saat ini, Gua Bribin dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari sebagai pembangkit listrik. Hingga untuk pariwisata. Bila ingin berwisata ke Gua Bribin sebaiknya memang mengajak pemandu untuk masuk ke dalam gua. Karena keadaan di dalam gua yang masih gelap dan penuh dengan arus sungia yang cukup kencang.

7. Pantai Siung yang Jadi Pusat Pendakian

A post shared by drina (@anirdrina) on

Gemar mendaki? Pantai Siung dengan bentangan bukit karang yang tinggi sekitarnya menjadi surga sendiri bagi para pendaki. Di sini, pendaki tak hanya bisa merasakan pantai yang indah dengan pasir pantai yang juga sama indahnya. Namun juga terdapat pusat pendakian. Tak tanggung-tanggung di pantai ini terdapat tak kurang dari 250 jalur pendakian yang bisa dilakukan oleh para pendaki.

Di pantai ini para pendaki juga bisa bermalam dengan kemah di area di pinggir pantai. Benar-benar lokasi yang tepat untuk berlibur!

8. Diusulkan Jadi Taman Bumi Dunia oleh UNESCO


Source: Jimmy McIntyre

Gunung Kidul tersembunyi memang memiliki banyak sekali keunikan. Bukan hanay bentangan pesisir pantai dan juga perbukitan dan pegunungan, namun juga kekayaan alam dari Gunung Kidul yang jadi pusat perhatian tersendiri. Keunikan inilah yang akhirnya menjadikan Gunung Kidul sempat diusulkan untuk masuk dan menjadi Taman Bumi Dunia oleh UNESCO.

UNESCO mengusulkan ini sebagai upaya untuk melindungi batuan karst yang ada di gunung kidul. Di Gunung Kidul sendiri terdapat 460 gunung Karst yang dulunya menjadi tempat tinggal manusia purba. Hanya saja keputusan untuk menjadikan Gunung Kidul sebagai taman bumi Dunia ini lantas tak dilanjutkan.

9. Pantai Pulang Sawal yang Kontroversial

A post shared by Jetrani Reza Dias (@jetrani.rd) on

Dunia pariwisata di Gunung Kidul sempat terlanda kontroversi. Kali ini mengenai penamaan salah satu pantainya. Pantai Pulang Sawal atau pantai Pulsa pertama kali diresmikan dengan nama tersebut di tahun 2012-an oleh pemerintah daerah Yogyakarta. Namun lambat laun, meski tidak resmi, nama pantai tersebut berubah menjadi pantai Indrayanti. Yang tak lain nama pemilik cafe dan restoran di pantai Pulang Sawal.

Sebab munculnya nama Indrayanti karena dulunya pantai ini begitu sepi dan tak ada plang nama. Yang ada hanya plang nama rumah makan Indrayanti. Sehingga pengunjung, dan media hingga sampai saat ini menyebut pantai tersebut dengan nama ini.

10. Pantai Ngobaran Penuh Keunikan

A post shared by melyana detriani (@meldyy_) on

Di Pantai satu ini, ada banyak sekali fakta Gunung Kidul tersembunyi yang menarik untuk dikulik. Yang pertama, di pantai ini terdapat 4 pusat agama dari 4 agama berbeda. Dan keempatnya pun aktif dijadikan lokasi pusat keagamaan. Misalnya saja adanya Pura di Pantai Ngobaran yang kerap jadi pusat keagamaan umat Hindu di Gunung Kidul dan di Yogyakarta.

Di pantai ini pula, warga lokal masih mengonsumsi Landak Laut yang langsung mereka cari di laut lepas. Biasanya pada sore hari akan ada banyak warga yang mulai mencari landak laut untuk dijadikan hidangan makan malam. Daging landak laut dipercaya memiliki tekstur kenyal dan lezat.

11. Pantai Baron Sebagai Lokasi Sedekah Laut

A post shared by Fauzi Akbar (@fauzi_akbar_) on

Yogyakarta memang menjadi daerah yang masih sangat kental dengan adat istiadat dan kebudayaan. Salah satu adat dan kebudayaan yang masih dianut oleh warga Yogyakarta adalah Sedekah Laut. Sedekah Laut dilakukan setiap malam satu Sura, yang dipercaya sebagai tahun baru di penanggalan Jawa. Upacara adat Satu Sura sedekah laut ini dilakukan di Pantai Baron.

Setiap tahunnya, pada malam satu Sura, perahu nelayan yang ada di pantai Baron akan berdandan dengan cantik dengan warna-wanra menarik. Mereka akan berlayar hingga ke tengah laut lepas dan memberikan hasil bumi pada laut. Ini dipercaya sebagai persembahan sekaligus doa untuk tahun yang lebih baik kedepannya.

12. Wisata Budaya yang Terkenal

A post shared by fitri wulandari (@fitriwulann_) on

Bila berkunjung ke Gunung Kidul, jangan hanya mengunjungi pantai-pantai cantik di sepanjang pesisir pantai. Namun juga kunjungi beberapa wisata budaya yang terkenal di Gunung Kidul. Yang pertama Pesanggrahan Gembirowati yang terletak di Ds. Watugajah, Girijati, Purwosari. Kemudian juga ada Pertapaan Kembang Lampir terletak di Girisekar, Panggang. Pertapaan Kembang Lampir ini sendiri dipercaya sebagai tempat bertapa Ki Ageng Pemanahan.

Terakhir terdapat Petilasan Gunung Gambar di Jurangrejo, Ngawen yang merupakan lokasi bertapa Pangeran Samber Nyowo.

13. Fakta Menarik Rasulan / Bersih Desa

A post shared by smartDamto (@damto) on

Rasulan atau Bersih Desa hingga kini masih dilakukan di beberapa daerah di Gunung Kidul. Biasanya acara ini digelar satu tahun sekali dan merupakan wujud dari rasa syukur dan terima kasih pada sang pencipta. Acaranya sendiri berisi makan-makan besar bersama warga desa dengan biaya sumbangan sukarela.

Selain itu untuk meramaikan acara juga biasanya akan ada acara hiburan tradisional yang meliputi jathilan, reog dan wayang kulit.

14. Candi di Gunung Kidul

A post shared by Oki T Wibowo (@oxxivinci) on

Gunung Kidul tersembunyi ada dua buah candi. Yang pertama, Candi Plembutan, yang letaknya di Plembutan sekitar 7 Km ke arah barat daya Kota Wonosari. Yang kedua ada candi yang bentuknya mirip perundakan, Candi Risan. Candi Risan terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Candi Risan tak hanya menawarkan wisata candi yang menarik, namun juga memberikan pengunjung kesempatan menjadi saksi untuk melihat situs purbakala yang terdapat di candi satu ini.

15. Gunung Nglanggeran nan Indah dan Penuh Rahasia

A post shared by infojogja (@infojogja.co) on

Gunung Nglanggeran merupakan gunung dengan pemandangan yang sangat indah di Gunung Kidul. Gunung ini sendir sebenarnya terletak di barisan gunung Baturagung dan termasuk memiliki batuan yang unik pula. Namun yang menjadikan gunung yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul ini begitu menarik dan menyimpan penuh rahasia, karena gunung tersebut terbentuk pada 0,6-70 juta tahun yang lalu.

Bisa dikatakan, Gunung Nglanggeran merupakan saksi dari terbentuknya Gunung Kidul dan pulau Jawa sendiri.

Demikian 15 fakta Gunung Kidul tersembunyi yang bisa kami hadirkan. Sebenarnya masih ada banyak lagi fakta-fakta menarik mengenai daerah yang berbatasan langsung dengan Sleman, Yogyakarta ini. Namun tentunya lebih baik lagi bila datang dan langsung merasakan dan menemukan sendiri fakta-fakta rahasia dari Gunung Kidul.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel