10 Resep Jus untuk Diet yang Paling Efektif

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: robertokabana

Di antara banyaknya jenis makanan dan minuman yang paling populer dikonsumsi orang untuk berdiet, jus adalah salah satu yang paling digemari. Selain ampuh untuk menghilangkan dahaga kita dengan rasanya yang segar, campuran buah dan sayur dalam bentuk jus juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh tanpa risiko menambah berat badan. Malahan, jika kita memilih dengan seksama, beberapa jenis jus tertentu efektif untuk mengurangi bobot. Mau tahu apa saja? Yuk, kita simak sepuluh resep jus yang paling baik untuk berdiet.

1. Jus lemon, kayu manis, dan jahe

Source: dmcd7223

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam jeruk, gingerol dalam jahe, dan insulin dalam batang kayu manis menghasilkan kombinasi yang baik untuk tubuh dan memperlancar metabolisme sehingga mempercepat pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Haluskan semua bahan di dalam blender dan campur dengan air secukupnya. Boleh ditambahkan madu jika suka dan minumlah dengan segera.

2. Jus wortel dan selada air

Source: North Charleston

Wortel dengan kandungan karotennya memiliki banyak sekali vitamin yang diperlukan untuk tubuh, terutama vitamin A untuk menjaga penglihatan agar tetap tajam. Untuk program diet, wortel juga dapat dijadikan jus yang berserat tinggi, walaupun kandungan gulanya juga agak tinggi sehingga jumlah konsumsinya harus dibatasi bagi penderita diabetes. Nah, untuk mengimbanginya, jus ini bisa dicampur dengan beberapa lembar daun selada yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah.

3.  Jus delima dan leci

Source: Poswiecie

Bukan hanya cantik, buah ini juga dapat membantu kita menjadi lebih cantik, karena senyawa di dalamnya yang dapat memperlambat penuaan.  Serat dan vitamin C-nya yang tinggi juga membuatnya aman untuk dikonsumsi setiap hari dalam bentuk jus untuk umeningkatkan metabolisme tubuh sehingga berat badan pun cepat turun.  Begitupun dengan buah leci, yang kurang lebih memiliki khasiat yang sama, sehingga perpaduan kedua buah ini akan menghasilkan jus yang lezat dan ampuh memangkas lingkar pinggang.

4. Jus kulit buah manggis

Source: DEZALB

Rasa buah manggis yang segar membuatnya digemari banyak orang. Jika Anda pun begitu, jangan buang kulitnya, sebab justru di dalam kulitnya itu terdapat kandungan xanthone-nya yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, contohnya untuk mengobati radang dan mencegah alergi. sManggis juga rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi saat berdiet. Rebus kulit manggis yang sudah dicuci bersih dengan perbandingan 4 gelas air untuk dua butir manggis, lalu godok hingga tinggal dua gelas air saja.

5. Jus Sirsak

Source: Forest and Kim Starr

Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini digemari di Indonesia karena rasanya yang segar dan khasiatnya yang melimpah. Daging buah sirsak dapat menyuplai banyak sekali nutrisi bagi seluruh tubuh kita. Salah satu khasiatnya adalah melancarkan pencernaan dan mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka, bahkan hingga melawan penyakit ganas seperti tumor dan kanker.  Untuk membuat jus sirsak,  cukup masukkan daging buah sirsak yang telah dibuang bijinya dan haluskan dengan blender. Hindari konsumsi gula untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Jus semangka dan lemon

Source: Harsha K R

Semangka dapat menjadi pilihan bahan jus untuk mengusir rasa dahaga di siang terik, sebab kandungan air di dalamnya sangat melimpah. Mengkonsumsi jus ini dapat menjauhkan rasa lapar karena satu gelas saja bisa mengenyangkan perut kita. Padukan dengan perasan air lemon untuk melancarkan pencernaan agar metabolisme tubuh kita pun ikut terdongkrak. Niscaya dengan meminumnya secara rutin, berat badan ideal pun bukan sekedar impian belaka.

7. Jus bayam dan apel hijau

Source: kkolosov

Bukan tanpa alasan ada pepatah yang mengatakan bahwa sebutir apel tiap hari bisa menjauhkan dokter. Apel berserat tinggi, rendah kalori, dan menurunkan kolesterol. Sedangkan bayam sarat dengan beragam vitamin dan zat besi, sehingga memadukan keduanya dapat menghasilkan jus penuh khasiat yang tetap terasa nikmat. Minum secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

8. Jus seledri

Source: pelambung

Seledri dapat menjadi pilihan untuk dijadikan komponen berdiet demi mendapatkan berat badan ideal. Kandungan serat dan vitamin C-nya tinggi sehingga membantu metabolisme tubuh dan peluruhan lemak yang menumpuk. Selain itu, meminumnya dapat menimbulkan rasa kenyang yang mengusir godaan untuk mengudap. Potong-potong batang seledri menjadi beberapa bagian lalu haluskan dalam blender.  Campurkan dengan setengah gelas air, dan boleh ditambahkan madu untuk memperbaiki rasanya.

9. Jus nanas

Source: Rob Bertholf

Buah nanas gampang ditemukan dan selalu ada sepanjang tahun di daerah tropis, sehingga tidak sulit untuk mengkonsumsinya kapan saja dalam program diet Anda. Nanas memiliki banyak vitamin, mineral, serta enzim untuk melancarkan pencernaan. Jika suka yang rasanya manis, pilihlah jenis nanas madu. Potong-potong dadu lalu hancurkan dengan blender bersama sedikit air.

10. Jus alpukat

Source: Unsplash

Meski mengandung  banyak lemak, buah alpukat tetap baik untuk dikonsumsi orang yang ingin mengurangi berat badan, sebab lemak yang dikandungnya adalah jenis tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, alpukat berkalori rendah dan mengandung banyak serat. Kerok daging alpukat dari kulitnya, lalu hancurkan dengan blender. Jika suka, Anda bisa menambahkan sedikit air dan madu agar rasanya lebih nikmat.

Alam Indonesia yang kaya menghasilkan  berlimpah buah-buahan dan sayuran segar dengan harga terjangkau, sehingga tidak susah bagi kita untuk mencoba berdiet dengan mengkonsumsi jus dari buah atau sayur di atas.

Cobalah dan segera nikmati kesegaran serta khasiatnya!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health, Lifestyle