15 Manfaat Kenari untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Couleur

Kacang-kacangan sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Termasuk juga kacang kenari. Kacang yang biasa ditemukan sebagai topping atau bahan campuran kue dan cokelat ini tidak hanya lezat, tapi juga punya berbagai manfaat. Berikut ini 15 manfaat kenari untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menurunkan kolesterol


Source: Juhan Sonin

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti stroke bahkan sampai serangan jantung. Mengonsumsi kacang kenari secara rutin terbukti berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Selain itu kandungan asam amino dan asam lemak omega 3 dalam kacang kenari memiliki fungsi sebagai anti-radang dan juga mencegah pembentukan bekuan darah.

2. Mencegah diabetes


Source: stevepb

Semua jenis kacang, termasuk kenari, berhubungan dengan berkurangnya risiko terkena diabetes. Berdasarkan penelitian, perempuan yang mengonsumsi 28 gram kenari dua kali dalam seminggu, berisiko 24% lebih kecil untuk terkena diabetes tipe 2. Selain itu, bagi penderita diabetes tipe 2, mengonsumi kenari secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan tulang


Source: WetWebWork

Pengeroposan tulang atau osteoporosis merupakan penyakit yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Untuk membantu tulang agar tetap kuat dan sehat sampai tua nanti, mengonsumsi kenari bisa jadi pilihan. Kenari mengandung asam lemak yang bernama alpha-linolenic acid atau ALA. Berdasarkan penelitian, ALA memiliki manfaat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, serta membantu pembentukan tulang.

4. Mengatasi sulit tidur


Source: claudioscotece

Sering mengamali insomnia atau sulit tidur saat malam hari? Coba jadikan kacang kenari sebagai camilan. Kenari mengandung melatonin, hormon yang diproduksi oleh tubuh dengan fungsi mengatur siklus tidur atau ritme sirkadian. Karena melatonin sudah diproduksi oleh tubuh, mengonsumsi kenari berarti menambahkan kadar melatonin dalam tubuh yang berakibat munculnya rasa kantuk.

5. Menutrisi kulit


Source: PublicDomainPictures

Mengonsumsi kenari secara rutin membuat kulit tampak lebih muda, sehat dan bersinar karena kandungan vitamin E dan antioksidannya. Selain dimakan, kenari juga bisa dijadikan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan menumbuk (atau bisa juga blender) kenari, campurkan dengan madu dan aduk. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti minyak zaitun atau air lemon untuk hasil yang lebih baik. Setelahnya oleskan secara merata di wajah, tunggu selama 15 menit lalu pijat wajah dengan gerakan memutar selama tiga menit, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Mengurangi berat badan


Source: Mason Masteka

Ingin mengurangi berat badan tapi hobi nyemil? Kenari bisa jadi salah satu pilhan camilan untuk anda yang sedang menjalani program diet. Selain karena kemampuannya meningkatkan metabolisme tubuh, mengonsumsi sedikit kenari saja sudah bisa membuat perut terasa kenyang. Perut yang kenyang akan mengurangi nafsu makan dan akan membantu anda mengatur berat badan.

7. Mengatasi stres


Source: caio_triana

Kalau stres sudah mulai mengganggu kesehatan anda, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk makan kacang kenari. Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kacang dan minyak kenari mampu menurunkan tekanan darah yang merupakan respons dari stress. Selain itu, kandungan lain dalam kenari seperti asam lemak dan omega 3, merupakan nutrisi yang membuat kenari ampuh mengatasi stres.

8. Menjaga fungsi otak


Source: Neil Conway

Otak merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, maka dari itu sudah selayaknya kita menjaga kesehatannya. Salah satu cara yang tepat untuk menjaga fungsi otak adalah dengan mengonsumsi kenari. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kenari mengandung banyak omega 3. Dengan mengonsumsi kenari, kita bisa mencegah munculnya penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak seperti Alzheimer dan demensia.

9. Melembabkan kulit


Source: Martin Philpot

Punya kulit yang kering dan mudah iritasi? Jangan khawatir, hal-hal itu bisa diatasi dengan minyak kenari. Caranya juga mudah loh. Sebelum tidur, oleskan minyak kenari ke wajah secara merata, lalu pijat wajah dengan lembut. Biarkan semalaman lalu bilas wajah dengan air hangat keesokan harinya. Untuk mendapatkan kulit yang lembab dan halus, lakukan ini setiap hari selama sebulan.

10. Membantu perkembangan janin


Source: tasha

Walaupun ukurannya mungil, kacang kenari memiliki manfaat yang sangat besar jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan omega 3 yang tinggi di kacang kenari membantu pembentukan otak janin, pembentukan retina dan juga membantu pertumbuhan sistem saraf. Sementara kandungan asam lemak yang ada di kacang kenari mampu mengurangi kemungkinan bayi mengalami alergi makanan nantinya.

11. Membantu atasi baby blues


Source: alessandraamendess

Postpartum baby blues merupakan bentuk dari depresi yang dialami ibu yang baru melahirkan. Baby blues menyebabkan munculnya berbagai emosi seperti perasaan cemas yang berlebih, perubahan mood, dan insomnia. Biasanya baby blues didiagnosa dua atau tiga hari sebelum melahirkan dan bisa berlangsung hingga beberapa minggu. Mengonsumsi kacang kenari sudah banyak direkomendasikan oleh praktisi medis, karena kandungan dalam kenari dipercaya bisa membantu mengatasi baby blues.

12. Menjaga kesehatan rambut


Source: RyanMcGuire

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kekurangan vitamin B7 atau biasa disebut dengan biotin. Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang kenari yang kaya akan vitamin B7. Kenari juga mengandung berbagai komponen seperti asam lemak omega 6, zinc, dan zat besi yang dikenal penting untuk pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan dan memperkuat folikel rambut.

13. Mempercepat pertumbuhan rambut


Source: Tamara Bellis

Bukan hanya dikonsumsi saja, kenari juga bisa dijadikan minyak yang sama bermanfaatnya bagi tubuh. Salah satunya adalah menutrisi dan mempercepat pertumbuhan rambut, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kenari mengandung berbagai macam zat yang penting untuk kesehatan rambut. Caranya pun mudah, cukup aplikasikan minyak kenari ke kulit kepala dan lakukan pijatan ringan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

14. Mengatasi ketombe


Source: Ayurvedic India

Selain karena tidak cocok dengan shampo atau produk rambut lainnya yang digunakan, salah satu penyebab umum timbulnya ketombe adalah kulit kepala yang kering. Minyak kenari dikenal dengan kemampuan melembabkannya sehingga seringkali digunakan sebagai bahan campuran dalam minyak rambut. Maka tidak salah jika minyak kenari disebut-sebut sebagai bahan anti ketombe yang alami.

15. Menghilangkan mata panda


Source: Matteo Martinello

Punya mata panda dan kantung mata yang besar memang sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengaplikasikan minyak kenari secara rutin di daerah sekitar mata. Selain menghilangkan mata panda dan kantung mata, minyak kenari juga berkhasiat merilekskan mata dan membuat kulit terlihat bercahaya.  Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena kandungan antioksidan kenari yang tinggi.

Walaupun memiliki manfaat yang beragam, mengonsumsi kenari berlebihan juga tidak baik. Salah satu efek sampingnya adalah menimbulkan batu ginjal karena kandungan oxalate, zat kimia yang menyebabkan terbentuknya kristal-kristal kecil. Cukup konsumsi 1,5 ons kenari per hari untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health