Bukan Hanya Rasanya yang Enak, Inilah 15 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Forest and Kim Starr

Buah sirsak atau dikenal dengan Annona muricata sebagai nama ilmiahnya, pohonnya dapat tumbuh hingga 30 kaki dan banyak ditumbuhkembangkan di daerah tropis. Buah dengan bentuk seperti hati ini berwarna kehijauan dengan daging buah berwarna putih yang lembut. Rasa dari buah sirsak ini sendiri manis dengan sedikit rasa masam ketika dimakan. Selain itu, buah sirsak mempunyai banyak biji yang tidak diboleh dimakan karena mengandung racun. Dengan rasanya yang lezat, sirsak banyak diolah menjadi beragam jenis makanan seperti es krim dan makanan manis lainnya.

Sejak dahulu, buah sirsak banyak dikonsumsi dan digunakan sebagai pengobatan alami karena kandungan nutrisi nya yang bermanfaat untuk mengobati beragam penyakit. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih jelas apa saja kegunaan dari buah sirsak, berikut ini akan dibahas manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Membunuh Sel Kanker


Source: Steve Davis

Buah sirsak dipercaya akan keefektifannya dalam membunuh sel kanker. Bahkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker berlipat kali lebih baik daripada pengobatan kemoterapi. Berdasarkan penelitian, buah sirsak dapat membunuh lebih dari 12 jenis sel kanker termasuk mencegah kanker payudara, prostat, paru-paru, dan kanker pankreas. Disamping itu, mengkonsumsi buah sirsak tidak menimbulkan efek samping seperti halnya pada kemoterapi yang menyebabkan mual, kehilangan berat badan, rambut rontok, dan efek samping lainnya.

Sebagai tipsnya, kamu dapat meminum ramuan buah sirsak dengan merebus beberapa helai daun sirsak ke dalam air panas. Ramuan ini sebaiknya diminum rutin yaitu dua kali seminggu sehingga kandungan nutrisi buah sirsak dapat bekerja dengan baik dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Meningkatkan Energi Tubuh


Source: GoToVan

Kandungan karbohidrat alami dalam buah sirsak dapat meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Karbohidrat disini juga menjadi sumber pembangun energi dalam tubuh, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan banyak energi ketika melakukan banyak perkerjaan berat. Selain itu, bukan hanya karbohidrat saja yang berperan, namun juga kandungan vitamin C disini ikut mengambil kendali dalam menyokong kebutuhan energi tubuh.

3. Meningkatkan Fungsi Jantung


Source: barnimages.com

Buah sirsak mengandung vitamin B1 yang dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan demikian, semakin lancar sirkulasi darah dalam tubuh, maka semakin baik juga fungsi jantung kita. Tak hanya itu saja, vitamin B1 dalam buah sirsak membantu meningkatkan fungsi otot jantung menjadi lebih baik. Jadi, yuk mulai konsumsi buah sirsak dari sekarang.

4. Sumber Kalsium


Source: German Tenorio

Kaya akan kalsium, buah sirsak menjadi favorit bagi banyak orang karena dapat mencegah penyakit tulang yaitu osteoporosis. Dengan kandungan kalsium yang tinggi, buah sirsak juga dapat menguatkan struktur dan kerapatan tulang. Kendati begitu, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan lain yang mengandung kalsium tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, contohnya yaitu pada susu, keju, dan daun selada.

5. Kaya akan Serat


Source: Hey Paul Studios

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mayoritas dari buah-buahan mengandung serat yang tinggi. Disamping itu, serat sudah lama dikenal sebagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Sama halnya dengan sirsak, kandungan serat yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Hasilnya yaitu, serat dapat juga mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti sembelit.

6. Sumber Vitamin C


Source: Colin Dunn

Tidak hanya kaya akan kalsium, namun buah sirsak banyak mengandung vitamin C yang sangat berguna dalam tubuh. Vitamin C disini juga berperan sebagai antioksidan yang sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan lain yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, mangga, apel, dan buah lainnya. Dengan tercukupinya nutrisi vitamin C, tubuhmu akan bekerja dengan lebih baik lagi.

7. Kaya akan Antioksidan


Source: Forest and Kim Starr

Sama seperti penjelasan sebelumnya, kandungan vitamin C menjadikan buah sirsak juga kaya akan nutrisi antioksidan. Antioksidan diketahui sebagai nutrisi yang penting dalam mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Dengan begitu, semakin banyak nutrisi antioksidan dalam tubuh, maka semakin baik pertahanan sistem tubuh kita dalam mencegah penyakit. Kemudian, kamu juga bisa mengkonsumi buah-buahan dan sayuran hijau untuk melengkapi kebutuhan nutrisi akan antioksidan yang cukup.

8. Melawan Efek Radikal Bebas


Source: Malcolm Manners

Apa itu radikal bebas? Radikal bebas bisa disebut sebagai akar dari penyakit karena efek buruknya yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Penyebab radikal bebas beragam, namun mayoritas berasal dari lingkungan hidup yang buruk, polusi, serta racun di sekitar lingkungan. Untuk mencegah penyakit radikal bebas, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang baik contohnya seperti buah dan sayur yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan disini memang sanagat berperan dalam efek radikal bebas jahat yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Oleh karenanya, buah sirsak menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga tubuh dari ancaman penyakit radikal bebas.

9. Mencegah Dehidrasi


Source: Practical Cures

Jika kamu memiliki jam kerja yang padat, maka adalah hal yang wajib untuk tetap menjaga tubuh pada kesehatan yang optimal. Pada kasus ini, untuk mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh aktivitas yang padat, kamu bisa mengkonsumsi buah sirsak sebagai pilihan. Rupanya buah sirsak ini menyimpan kandungan air yang tinggi yaitu hingga melebihi 80%, lho. Nah, kandungan air yang tinggi inilah yang dapat mencegah tubuhmu dari kondisi dehidrasi yang bisa sangat membahayakan.

10. Menyembuhkan Ambeien dan Diare


Source: Evil Erin

Salah satu manfaat dari buah sirsak yaitu kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit ambeien dan diare. Sebagai pengobatan alternatif, kamu bisa menggunakan cara yang mudah untuk mengobati penyakit tersebut. Diantaranya adalah, kamu hanya perlu melarutkan daging buah sirsak ke dalam air minum. Kemudian, larutan ini hendaknya diminum setiap pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

11. Mencegah Hipertensi

Source: Forest and Kim Starr

Fungsi lainnya dari buah sirsak adalah untuk menegah hipertensi. Hipertensi sendiri adalah kondisi dimana tekanan darah mengalami peningkatan yang signifikan sehingga berada pada suatu level yang tinggi. Hipertensi juga berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencegah penyakit ini dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan kalsium dan natrium seperti pada buah sirsak.

12. Mengobati Rematik dan Radang Sendi


Source: Alex Popovkin, Bahia, Brazil

Khasiat buah sirsak yang satu ini berkaitan dengan perannya dalam mencegah inflamasi dalam tubuh. Jenis-jenis inflamasi bisa beragam termasuk radang pada tenggorokan dan saluran pernafasan. Dengan kandungan nutrisi baik yang terkandung dalam buah sirsak, maka buah ini sangat bermanfaat untuk mengobati perdangan dalam tubuh. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat mengobati rematik dan radang sendi secara alami.

13. Menjaga Kesehatan Kulit


Source: tommerton2010

Tidak hanya fungsinya dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh, namun buah sirsak juga berperan untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini membantu mencegah penuaan dini seperti adanya kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Selain itu, vitamin C juga membantu mencerahkan kulit yang kusam menjadi cerah dan lebih lembut. Akibatnya, rutin menggunakan masker daun sirsak juga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan baik.

14. Membantu Menyembuhkan Luka


Source: Forest and Kim Starr

Daun sirsak dikenal sejak lama dapat menutup dan menyembuhkan luka pada kulit secara cepat. Meminum ramuan daun sirsak secara rutin diketahui dapat menyembuhkan luka secara efektif. Nutrisi yang berperan dalam menutup luka pada kulit dengan cepat adalah kandungan vitamin C pada buah sirsak. Memang, kemampuan buah sirsak dalam hal ini tidak dapat diragukan lagi.

15. Baik untuk Perawatan Rambut


Source: Mainstream

Buah sirsak memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kemudian, manfaat kecantikan lainnya yang dapat kita peroleh dari buah sirsak yaitu kemampuannya dalam menjaga kesehatan rambut. Menggunakan daun sirsak yang telah ditumbuk terlebih dahulu ke rambut dapat membantu menghilangkan kutu pada rambut. Selain itu, vitamin C dalam buah sirsak juga dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut.

Kini kamu sudah tahu mengenai manfaat buah sirsak bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi, tunggu apalagi? Konsumsi buah sirsak secara rutin demi menjaga kesehatan tubuhmu secara optimal!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health