15 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Bali Zoo

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

A post shared by @vionaangelia on

Standar kebun binatang di Indonesia memang belum seapik dan semanusiawi kebun-kebun binatang di negara-negara maju, yang lebih berfungsi konservatif dan mengedepankan hak-hak hewan. Tapi beberapa kebun binatang di Indonesia sudah lebih peduli terhadap kesejahteraan hewan-hewannya dibanding kebanyakan. Kebun Binatang Bali atau Bali Zoo adalah salah satu dari kebun-kebun binatang yang patut di puji. Karena itulah, kamu harus ke sana. Apa saja alasan-alasannya?

1. Berada di Salah Satu Pulau Terindah di Indonesia

Source: kaulefm

Siapa yang tidak kenal keindahan Pulau Dewata? Pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa dengan pemisah Selat Bali ini menyimpan berbagai ragam pesona, alami maupun budaya. Jika biasanya kamu ke Bali untuk menyambangi pantai-pantainya yang sudah terkenal indah, kini kamu akan punya tujuan lain. Setelah puas berkeliling menikmati keindahan pantai dan pesona budaya agung masyarakat Bali, kamu bisa menyejukkan matamu dengan hijaunya kebun binatang ini. Liburanmu pun terasa lengkap.

2. Letaknya yang Strategis dan Mudah Diakses


Source: kolibri5

Salah satu kelebihan Pulau Bali sebagai destinasi wisata populer dunia adalah infrastrukturnya yang telah berkembang. Jika di provinsi-provinsi lain masih banyak jalan yang bolong-bolong dan belum teraspal, pemerintah dan investor Bali sudah menyediakan akses jalan mulus ke tempat-tempat wisatanya, termasuk ke Kebun Binatang Bali. Apalagi, lokasinya yang berada di Sukawati, Gianyar hanya berjarak sekitar setengah jam dari pusat kota Denpasar atau satu jam dari kawasan wisata paling ramai Kuta. Kamu pun tak perlu khawatir akan tersesat karena aksesnya mudah dengan petunjuk-petunjuk yang jelas.

3. Malam Spektakuler di Kebun Binatang

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Mau menghabiskan malam unik yang akan kamu kenang sepanjang masa? Nikmati Bali Zoo di bawah taburan bintang-bintang dan sejuknya udara malam serta temukan pengalaman yang tak ada duanya. Dengarkan suara-suara binatang di habitat aslinya pada malam hari dan saksikanlah hewan-hewan nokturnal beraktivitas. Seiring dengan sejuknya udara, terbenamnya matahari dan jatuhnya petang, siapkan dirimu untuk mengikuti tur petualangan yang benar-benar unik ini sembari berinteraksi dengan hewan-hewan malam kebun binatang. Saksikan juga performa fire dance yang menakjubkan di sekitar api unggun serta makan malam unik di bawah bintang.

4. Berinteraksi dengan Hewan

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Di Kebun Binatang Bali, para tamu bukan hanya bisa menyaksikan hewan-hewan yang terkurung di dalam habitat buatannya, tapi juga bisa mengajak mereka berinteraksi. Para tamu bisa memberi makan dan mengelus rusa, jika menemukan rusa yang jinak, bermain-main dengan kelinci, dan juga menyaksikan hewan-hewan eksotik dari jarak yang begitu personal, sepeti hewan, bayi buaya, burung-burung dengan bebuluan yang indah, dan bahkan hewan-hewan buas seperti harimau dan beruang.

5. Sarapan Bersama Orangutan

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Satu lagi pengalaman unik yang tak akan bisa ditemukan di tempat lain. Nikmati sarapan bersama orangutan-orangutan menggemaskan di taman bermain mereka. Sarapan di kebun binatang mungkin sudah biasa, tapi sarapan dengan orangutan? Bali Zoo jadi yang pertama di Indonesia meluncurkan program unik ini. Para tamu bisa menikmatinya di Restoran Gayo di Kamung Sumatra, dimana para orangutan bermain-main. Beberapa hewan lain juga akan ikut hadir dalam jamuan makan pagi tersebut, menambah semarak harimu!

6. Outbound Treewalk Adventure

Source: Andy Blackledge

Uji keberanianmu dengan kegiatan petualangan ini. Ini adalah instalasi wahana high rope salama 30 menit bersama instruktur profesional dan peralatan berstandar internasional. Kau bisa menyaksikan ratusan satwa di dalam indahnya kebun binatang dari atas ketinggian. Kamu juga bisa menguji adrenalinmu dalam wahana flying fox yang berketinggian 125 meter. Seru kan!

7. Salah Satu Kebun Binatang Terbaik di Asia Pasifik

Source: tiltti

Adalah tujuan Bali Zoo untuk menjadi yang terbaik dalam bidang dimana mereka beroperasi. Kebun binatang ini bertujuan untuk menjadi kebun binatang terbaik di Asia Pasifik. Karena itulah, para pengelola dan stafnya terus meningkatkan kualitas mereka. Kebun binatang ini adalah pilihan utama untuk taman rekreasi yang juga menawarkan edukasi menyenangkan atas satwa-satwa liar.

8. Komitmen Terhadap  Konservasi Hewan

Source: Dionisius Purba

Kebun Binatang Bali bukan hanya bertujuan menyenangkan dan memberikan momen-momen berharga untuk para pengunjungnya. Kebun binatang ini juga bermisi utama untuk memberikan kesejahteraan hewan yang terbaik sebagai komitmen dan pertanggungjawabanya terhadap konservas hewan. Beberapa aktivitas dan perlakuan memang masih khas kebun binatang, akan tetapi Bali Zoo terus berusaha meningkatkan aspek kesejahteraan hewannya sembari menemukan inovasi membuat para pengunjung puas.

9. Menginspirasi Pengunjung untuk Semakin Cinta Satwa Liar

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Menyaksikan hewan-hewan liar yang tak bisa kita temukan sehari-hari akan membuat pengunjung memahami lebih jauh mengenai hewan-hewan tersebut. Hal ini menimbulkan kecintaan dan hasrat untuk semakin mempelajari tentang hewan-hewant tersebut. Apalagi dengan interaksi langsung pengunjung dan latar yang dibuat semenyenangkan mungkin, pengalaman berkesan tersebut akan mendorong semakin tumbuhnya rasa cinta terhadap satwa.

10. Berfoto Bersama Hewan

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Banyak hewan-hewan langka jinak yang bisa kamu ajak berfoto di kebun binatang ini. Hewan-hewan ini tidak akan kamu temui di dalam kehidupan sehari-hari, tapi bayangkan bukan hanya bisa menyaksikannya, tapi berfoto dengannya. Bagikan pengalaman ini dengan teman-temanmu dan jadikan posemu paling unik dan menarik. Akan ada sesi khusus dalam tur dimana pemandu memperkenalkan hewan-hewan ini untuk kamu ajak foto bersama.

11. Jadilah Penjaga Kebun Binatang dalam Sehari

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Salah satu paket unik yang ditawarkan oleh kebun binatang ini adalah tur yang membuatmu memahami bagaimana rasanya menjadi penjaga kebun binatang dalam waktu sehari. Paket ini ideal untuk keluarga, kelompok pecinta hewan, anak-anak, bahkan pasangan. Rasakan bagaiamna meracik makanan yang bernutrisi untuk hewan, membersihkan area kandang, mengatur mainan-mainan untuk hiburan hewan, dan berinteraksi dengan hewan-hewan. Alih-alih melihat koleksi hewan dari kejauhan, kamu akan mengerti bagaimana terlibat langsung dalam proses perawatan hewan.

12. Dapatkan Foto-Foto Pre-Wedding Unik

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Satu lagi keunggulan paket Kebun Binatang Bali: dimana kamu dan pasangan bisa menjadikan momen pre-wedding kalian sebuah petualangan tiada duanya. Dapatkan foto-foto unik di kebun binatang Bali di area-area yang indah dan fotogenik. Tampilkan juga rasa cintamu dan pasangan terhadap hewan dengan berfoto bersama hewan-hewan pilihan, seperti pelikan, gajah, atau hewan lain. Selama satu jam, kamu, pasangan, make up artist, dan fotografermu bisa berburu foo-foto menarik di areal kebun binatang ini untuk hari istimewamu.

13. Area Binatang Luas

Kebun Binatang Bali memiliki luas 12 hektar. Luas ini cukup untuk menjadi tempat tinggal ratusan hewan. Bahkan, ada 100 spesies hewan yang bisa kamu jumpai di sini, mulai dari jenis reptil, unggas, hingga mamalia buas dan eksotik yang hanya ada di tempat-tempat tertentu. Karena kebun binatang ini luas, maka hewan-hewan yang ada di dalamnya juga mendapat ruang relatif lebih besar dan lega.

14. Memberi Makan Hewan

A post shared by Nikki de Groot (@xnikki1993) on

Dengan membayar sejumlah uang, kamu bisa memberi makan hewan-hewan liar yang ada di kebun binatang ini. Siapa yang pernah memberi makan harimau? Di kebun binatang ini, kamu bisa melakukannya dengan memberi ayam mentah dengan kail bambu. Jangan takut melukai sang hewan. Menurut penjaga kebun binatang ini, ada batasan berapa jumlah ayam, nanas, atau makanan lain sehari yang bisa dikonsumsi sehingga hewan-hewan tidak akan kekenyangan. Selain itu, masih juga ada jadwal rutin makan sehingga mereka tak hanya mengandalkan kebaikan hati pengunjung.

15. Lingkungan Asli dan Cocok Untuk Semua Orang

A post shared by Bali Zoo (@balizoo) on

Ini adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk liburan semua pengunjung. Anak-anak akan menyukai kesempatan menjumpai dan berinteraksi dengan hewan di kebun binatang. Tempat wisata ini menghibur dan mendidik. Orang dewasa pun akan bisa menikmati kesejukan dan keasrian alam kebun binatang ini. Apalagi, dengan luasnya, kamu akan bisa trekking sampai berkeringat puas di kebun binatang ini.

Selamat berkenalan dengan satwa-satwa Kebun Binatang Bali!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Perjalanan